3 Cara Cek NFC di iPhone Dijamin Berhasil ✨

Cara Cek NFC di iPhone
Cara Cek NFC di iPhone

Pindahlubang.com | Teknologi Near Field Communication (NFC) pada iPhone adalah fitur yang sangat berguna untuk melakukan pembayaran mobile dan berbagai hal lainnya. Jika kamu ingin memastikan apakah fitur NFC telah diaktifkan pada iPhone atau belum, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah bagaimana cara cek NFC di iPhone. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu NFC

Sebelum lebih lanjut membahas cara cek NFC di iPhone, perlu diketahui terlebih dahulu tentang apa itu NFC. NFC atau Near Field Communication adalah teknologi komunikasi nirkabel yang memungkinkan pertukaran data antara dua perangkat elektronik yang berdekatan secara fisik. Teknologi ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi rendah untuk mengirimkan informasi antara perangkat.

Read More

NFC biasanya digunakan dalam jarak yang sangat dekat, yaitu hanya beberapa sentimeter. Oleh karena itu, perangkat perlu berada dalam jarak yang sangat dekat satu sama lain untuk berkomunikasi. Ini membuat NFC sangat nyaman untuk digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pembayaran mobile, transfer data, identifikasi, dan interaksi antara perangkat elektronik.

Cara Cek NFC di iPhone

Cara Cek NFC di iPhone
Cara Cek NFC di iPhone

Setelah mengetahui sekilas tentang NFC, berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek fitur NFC di iPhone, antara lain:

1. Buka Pengaturan

Pertama, buka menu Pengaturan yang ada di layar iPhone. Menu ini biasanya berbentuk ikon bergerigi dengan warna abu-abu.

Terkait:  Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP

2. Cari Opsi NFC

Setelah  menu Pengaturan terbuka, gulir ke bawah dan cari opsi yang disebut NFC. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di antara opsi lainnya seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan Data Seluler.

3. Periksa Status NFC

Langkah selanjutnya adalah memeriksa status NFC di iPhone milikmu. Pada menu NFC, kamu akan melihat apakah fitur ini telah diaktifkan atau dalam kondisi nonaktif. Jika NFC telah diaktifkan, akan terlihat indikator berwarna hijau atau tombol berlabel Aktif. Jika belum, maka kamu akan melihat indikator berwarna abu-abu atau tombol berlabel Nonaktif.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Jika setelah dicek NFC pada iPhone kamu belum aktif, cukup geser tombol ke posisi Aktif untuk mengaktifkannya. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti cara mengaktifkan nfc di iphone XR, 14, 12, dan lainnya berikut ini:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan di iPhone. 
  • Pilih menu Control Center.
  • Selanjutnya, gulir layar ke bawah hingga melihat opsi NFC Tag Reader.
  • Geser toggle dari warna abu hingga berwarna hijau untuk mengaktifkannya. 
  • Fitur NFC akan otomatis diaktifkan.
  • Kamu mungkin perlu memasukkan kata sandi atau menggunakan identifikasi sidik jari/face ID untuk mengonfirmasi perubahan ini.
  • Setelah NFC diaktifkan, kini kamu dapat mulai menggunakan fitur tersebut untuk melakukan pembayaran mobile, seperti m banking, dompet digital, dan sebagainya.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

NFC memiliki berbagai fungsi untuk membantu pengguna, seperti mengecek hingga top up saldo e-money. Namun, untuk dapat menggunakan fitur ini harus dilengkapi juga dengan menginstal aplikasi yang memerlukan bantuan NFC di iPhone. Adapun langkah-langkah menggunakan NFC adalah sebagai berikut.

  • Download dan instal aplikasi yang membutuhkan fitur NFC, seperti aplikasi transaksi dan scanning untuk keperluan membayar non-tunai (cashless).
  • Lakukan login menggunakan akun (user id) dan password sesuai dengan ketentuan dalam aplikasi yang diunduh.
Terkait:  Cara Endorse Makanan

Cara mengaktifkan NFC di iPhone memerlukan aplikasi tambahan, seperti BRIZZI, BCA FLAZZ, BNI Tapcash, dan lainnya.

Cara Menggunakan NFC untuk Cek Saldo e-Money

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan NFC, antara lain:

  • Pertama, buka aplikasi m-Banking dari bank yang ingin digunakan.
  • Login ke akun m-Banking kamu. 
  • Pilih menu e-money lalu klik opsi lihat atau perbarui saldo.
  • Tempelkan kartu e-money yang terletak di bagian belakang iPhone.
  • Tunggu hingga pemindaian selesai.
  • Sistem akan secara otomatis mengirimkan notifikasi informasi saldo yang ada dalam kartu e-money tersebut.

Cara Menggunakan NFC untuk Top Up e-Money

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan NFC untuk top up saldo e-Money, yaitu:

  • Buka aplikasi marketplace pilihanmu.
  • Pilih menu top-up.
  • Selanjutnya, masukkan jumlah saldo yang ingin di-top up
  • Tekan tombol Pembayaran.
  • Pastikan untuk memeriksa kembali nomor yang dimasukkan apakah sudah sesuai.
  • Setelah pembayaran berhasil, selanjutnya pilih menu top up dan tagihan.
  • Klik opsi uang elektronik dan pilih update saldo.
  • Arahkan kartu e-money yang ingin dilakukan top up atau isi saldo ke bagian NFC.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses terkonfirmasi.
  • Sebagai catatan, pastikan kamu tidak menggeser kartu ketika proses pembayaran berlangsung.

NFC Itu Digunakan Untuk Apa

Berikut adalah beberapa kegiatan yang memanfaatkan penggunaan NFC:

Pembayaran Mobile

NFC digunakan dalam teknologi pembayaran mobile, seperti DANA, Go Pay, Apple Pay, Google Pay, dan sebagainya. Dalam hal ini, pengguna dapat menyimpan informasi kartu kredit atau debit mereka pada perangkat yang mendukung NFC, dan kemudian melakukan pembayaran hanya dengan menempelkan perangkat ke sistem pembayaran yang kompatibel.

Transfer Data

NFC memungkinkan pertukaran data antara perangkat elektronik, seperti membagikan kontak, foto, video, atau dokumen dengan hanya menempelkan perangkat satu sama lain.

Terkait:  Cara Beli iPhone di iBox dan Daftar Harga Terbaru

Akses Cepat (Quick Access)

NFC dapat digunakan untuk memberikan akses cepat ke fitur atau pengaturan tertentu pada perangkat. Misalnya, dengan menempelkan perangkat pada tag NFC yang terpasang di suatu tempat, kamu dapat mengaktifkan mode tidak mengganggu, membuka aplikasi tertentu, atau mengubah pengaturan lainnya secara otomatis.

Identifikasi

NFC juga digunakan dalam kartu identifikasi elektronik, seperti kartu pintar (smart card) atau kartu akses untuk keamanan pintu masuk. Dalam hal ini, perangkat yang mendukung NFC dapat berkomunikasi dengan pembaca NFC untuk mengenali atau mengirimkan informasi identifikasi.

Keamanan merupakan aspek penting dalam NFC, karena komunikasi antara perangkat biasanya menggunakan enkripsi data. Selain itu, NFC juga memiliki keuntungan karena tidak memerlukan daya baterai yang besar, sehingga banyak perangkat seperti smartphone dan smart card dapat menggunakan teknologi ini tanpa menguras daya baterai dengan cepat.

Secara umum, NFC telah menjadi teknologi yang semakin populer dan digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi yang memanfaatkan komunikasi jarak dekat dan pertukaran data antara perangkat.

FAQ

Apakah ada NFC di iPhone?

NFC adalah salah satu fitur yang bisa kamu temukan secara mudah di iPhone. Selain itu, fitur ini bisa dimanfaatkan sebagai tag reader yang akan memudahkan sejumlah transaksi, membaca beberapa kartu, dan sebagainya.

Apakah ada NFC di iPhone XS?

Pada iPhone 7 dan model yang lebih baru, fitur itu memungkinkan untuk membaca tag NFC melalui aplikasi pihak ketiga. Sementara itu, pada seri iPhone XS dan versi terbaru, NFC bisa digunakan tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Apakah ada fitur NFC di iPhone 11?

Berikut adalah daftar iPhone yang mendukung fitur NFC, diantaranya adalah iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max. iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max. iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (Gen ke-2).

Demikian informasi lengkap dan detail tentang cara cek NFC di iPhone hingga cara mengaktifkannya. Semoga membantu!

Related posts