Cara Cek Gangguan IndiHome

Cara Cek Gangguan IndiHome dan Solusi Untuk Mengatasinya Berikut

IndiHome merupakan penyedia layanan jaringan WiFi yang banyak digunakan saat ini. Jaringan tersebut diklaim yang paling cepat dan stabil. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa ada masalah yang muncul. Berikut ini cara cek gangguan IndiHome yang bisa Kamu lakukan. 

Mengetahui gangguan yang muncul membuatmu bisa mengakses internet dengan nyaman. Karena salah satu tanda adanya gangguan yaitu koneksi menjadi sangat lemot. Akibatnya, Kamu tidak bisa membuka situs web sama sekali. 

Pastinya sayang jika sudah membeli paket layanan IndiHome mahal-mahal, tapi tidak dapat terhubung ke jaringan sama sekali. Itulah kenapa Kamu perlu cek gangguan apa yang muncul. Selain itu, pahami pula bagaimana solusi untuk mengatasi gangguan tersebut. 

Cara Cek Gangguan IndiHome

Cara Cek Gangguan IndiHome
Cara Cek Gangguan IndiHome

Kamu bisa tahu apa yang membuat WiFi IndiHome mengalami gangguan dengan melakukan pengecekan. Di sini ada berbagai cara sesuai dengan faktor yang menyebabkan permasalahan jaringan muncul. Coba lihat pada uraian di bawah ini. 

1. Mengecek Lampu Indikator di Router

Untuk memastikan ada tidaknya gangguan pada WiFi IndiHome, Kamu bisa lihat pertama kali pada lampu indikator router. Cara cek gangguan IndiHome yang pertama ini dilakukan kalau ternyata terdapat kerusakan pada router di rumah. Terlebih lagi ada tanda-tanda yang bisa Kamu amati. 

Selain ditandai dengan lampu indikator yang berkedip, Kamu juga dapat merasakan dampaknya ketika menghubungkan perangkat ke jaringan. Koneksi pasti terasa lemot dari biasanya. Bahkan bisa saja tidak terhubung sama sekali ke jaringan WiFi IndiHome. 

Terkait:  Cara Ganti Sandi IndiHome Semua Router Paling Baru 🥭

Karena faktor itulah, mengecek lampu indikator dapat dilakukan pertama kali. Kamu bisa cek beberapa lampu indikator berikut ini:

  • PON. Jika lampu indikator PON berwarna hijau, itu artinya dalam keadaan normal. Kalau berwarna merah berarti ada gangguan yang diakibatkan oleh belum teregistrasinya ONT. 
  • LOS. Untuk lampu LOS, jika mati berarti normal. Sedangkan warna merah menunjukkan sinyal yang diterima ONT tidak normal. 
  • WLAN. Lampu indikator WLAN berwarna hijau berarti enable. Jika lampunya mati, itu tandanya disable
  • POTS. Kalau Kamu menemukan lampu indikator POTS berwarna merah, artinya ONT sudah teregistrasi di SS/IMS dan tidak ada trafik yang ditangkap. Sedangkan kalau mati, berarti belum teregistrasi di SS/IMS. Jika flashing, tandanya sedang ada percakapan yang terjadi. 
  • LAN. Warna merah lampu indikator LAN menunjukkan port sudah terkoneksi, tapi tidak ada data yang terkirim. Kalau mati, berarti tidak ada koneksi. Untuk lampu flashing menandakan ada percakapan yang sedang berlangsung. 

2. Mengecek di Sosial Media IndiHome

Cara cek gangguan IndiHome yang kedua yaitu lewat media sosial IndiHome. Cara ini bisa Kamu lakukan kalau merasakan masalah pada jaringan WiFi, tapi tidak muncul tanda pada lampu indikator router. Tiba-tiba koneksi lemot dan tidak dapat digunakan untuk akses internet. 

Coba buka akun sosial media resmi milik IndiHome dan lihat informasi penting yang disampaikan. Karena perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan internet seperti IndiHome ini rutin melakukan pemeliharaan atau perbaikan. Tujuannya untuk meningkatkan kestabilan jaringan dan kepuasan pelanggan. 

Namun saat proses perbaikan tersebut pelanggan merasakan dampaknya. Gangguan muncul dan tidak bisa menghubungkan ke jaringan WiFi IndiHome. Karena itulah, coba cek apakah di akun media sosial IndiHome ada postingan peringatan yang menunjukkan adanya pemeliharaan. 

Terkait:  Cara Cek BPUM BRI, Persyaratan dan Cara Daftarnya

Selain lewat postingan, cara cek gangguan IndiHome yang lain dengan melihat permasalahan yang sama dari pelanggan lain. Para pengguna IndiHome biasanya berbagi keluhannya di sosial media tersebut dengan mention akun IndiHome. Kamu bisa cek di beberapa akun berikut ini:

  • Call center: kode area + 147
  • Twitter dan Instagram: @IndiHome atau @IndiHomeCare
  • Facebook: IndiHome
  • Email: [email protected]

3. Memastikan Tagihan yang Masih Tersisa

Memang ada beberapa faktor yang membuatmu merasakan gangguan pada jaringan WiFi IndiHome. Salah satunya adalah belum melunasi tagihan. Mungkin Kamu terlalu asyik akses internet sampai lupa dan tidak sadar kalau ternyata masih ada tagihan yang belum dibayarkan. 

Umumnya pihak IndiHome memberikan waktu tenggat pembayaran paket layanan yang Kamu pilih. Jika lewat waktu tersebut masih saja tidak membayar tagihan, dampaknya langsung terasa. Bukan hanya tiba-tiba lemot, tapi tidak dapat terkoneksi sama sekali. 

Lantas, apa yang harus Kamu lakukan jika mengalami permasalahan tersebut? Satu-satunya cara cek gangguan IndiHome yaitu dengan melihat sisa tagihan. Kamu bisa melihatnya di aplikasi My IndiHome. Kalau ternyata benar masih ada tagihan, segera lakukan pembayaran agar tidak ada masalah lagi. 

4. Memastikan Batas FUP

Memasang WiFi IndiHome memang bisa akses internet kapan saja. Tapi ada FUP atau Fair Usage Policy yang diterapkan oleh pihak IndiHome. Kebijakan tersebut merupakan batas penggunaan normal dalam pemakaian internet. 

FUP yang ditetapkan oleh IndiHome tidak hanya ada satu batas saja, tapi hingga dua FUP untuk setiap paket. Jadi bisa saja kecepatan turun dua kali. Tapi ini dikecualikan pada paket dengan kecepatan 100 Mbps. 

Jadi, cara cek gangguan IndiHome dengan memastikan kalau Kamu menggunakan WiFi tanpa melewati batas FUP. Karena kalau jatah sudah digunakan, otomatis speed akan menurun dan mengalami sedikit gangguan. Biasanya ini terjadi mulai tengah sampai akhir bulan. 

Terkait:  Cara Cek WiFi IndiHome Digunakan oleh Perangkat Apa Saja

Cara Mengatasi Gangguan IndiHome

Sebelumnya sudah diterangkan cara melihat gangguan IndiHome dengan berbagai faktor penyebab. Berikutnya akan diberikan beberapa solusi yang bisa Kamu coba untuk mengatasi gangguan tersebut. Lihat pada penjelasan berikut ini:

1. Melakukan Restart dan Reset pada Router

Jika gangguan muncul dari router, Kamu bisa melakukan restart. Caranya yaitu dengan menekan tombol power dan membiarkannya mati kira-kira lima menit. Setelah itu coba menyalakannya ulang dan tunggu koneksi stabil serta tidak ada lampu yang kedap-kedip lagi. 

Selain restart, Kamu juga dapat melalui hard reset pada router. Dalam kondisi router menyala, tekan dan tahan tombol reset yang ada di belakang selama 6—10 detik. Kemudian lepas dan tunggu proses reboot secara otomatis. Setelah itu, coba menghubungkan perangkat lagi. 

2. Memanggil Teknisi

Solusi selanjutnya yaitu dengan memanggil teknisi IndiHome. Ini dapat Kamu lakukan kalau terdapat kerusakan pada komponen perangkat yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Contohnya ada kerusakan pada kabel optic. 

Tidak mungkin jika Kamu memperbaikinya sendiri karena kalau salah bisa menimbulkan masalah yang lebih parah. Jadi, memanggil teknisi adalah cara yang paling efektif. Kamu dapat menghubungi kontak yang ditinggalkan saat pemasangan. 

3. Membuat Pengaduan

Cara mengatasi gangguan yang muncul di WiFi IndiHome terakhir kali yaitu dengan membuat pengaduan. Kamu bisa mengadukannya lewat sosial media yang sudah disebutkan. Pastikan menyebutkan nama, ID pelanggan, alamat, dan nomor HP. 

Paling bagus jika Kamu membuat pengaduan lewat pesan email. Kamu bisa lebih leluasa mendeskripsikan permasalahan yang muncul. Caranya sebagai berikut:

  • Isi subjek dengan “Pengaduan Gangguan Koneksi Internet IndiHome.”
  • Alamat diisi dengan [email protected].
  • Kemudian sampaikan keluhan di badan email. Jangan lupa mencantumkan nama, ID IndiHome, alamat, dan nomor HP. 

Demikianlah beberapa cara cek gangguan IndiHome. Kamu dapat mengeceknya sesuai dengan faktor yang mengakibatkan masalah. Jika itu terjadi padamu, bisa mencoba berbagai solusi yang diberikan. 

Similar Posts