Cara Cek Nomor Telkomsel yang Sudah Tidak Aktif

5+ Cara Cek Nomor Telkomsel yang Sudah Tidak Aktif 😎

Pindahlubang.com | Adakah cara cek nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif? Kamu dapat mengecek kartu Telkomsel untuk mengetahui apakah masih aktif atau memang sudah melewati masa tenggang melalui artikel berikut.

Di era digital seperti sekarang, nomor telepon adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada kalanya kita lupa untuk memeriksa atau menggunakannya dalam waktu yang lama, dan akibatnya, nomor tersebut menjadi tidak aktif. Setelah nomor tidak aktif, pelanggan mungkin tidak dapat menerima panggilan, pesan teks, atau mengakses layanan operator terkait. Nah, dalam artikel berikut akan dibahas secara lengkap bagaimana cara cek nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif serta beberapa alasan mengapa nomor tersebut bisa hangus.

Alasan Mengapa Nomor Telkomsel Bisa Menjadi Tidak Aktif

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah untuk memeriksa nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif, penting untuk memahami beberapa alasan umum mengapa hal ini bisa terjadi:

Kurangnya Pengisian Pulsa: Hal umum yang menyebabkan nomor tidak aktif adalah pelangganΒ  tidak pernah mengisi pulsa. Jika kamu tidak mengisi pulsa secara teratur, nomor Telkomsel bisa menjadi tidak aktif dan hangus. Setiap operator memiliki kebijakan berbeda tentang batas waktu untuk mengisi pulsa sebelum nomor menjadi tidak aktif.

Pemutusan Oleh Operator: Operator Telkomsel memiliki hak untuk memutuskan nomor yang dianggap tidak aktif atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Masa Aktif Kadaluarsa: Setiap nomor Telkomsel memiliki masa aktif yang berlaku. Jika kamu tidak menggunakan nomor tersebut dalam jangka waktu tertentu bisa menyebabkan nomor hangus.

Terkait:  4 Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Masih Aktif Tidak

Non-Aktivasi: Jika kamu membeli kartu Telkomsel baru dan belum mengaktifkannya dalam jangka waktu yang ditentukan oleh operator, nomor tersebut bisa menjadi tidak aktif.

Perubahan Kebijakan Operator: Kebijakan operator dapat berubah dari waktu ke waktu, dan nomor yang dulunya aktif dapat menjadi tidak aktif karena perubahan kebijakan tersebut.

Cara Cek Nomor Telkomsel yang Sudah Tidak Aktif

Cara Cek Nomor Telkomsel yang Sudah Tidak Aktif
Cara Cek Nomor Telkomsel yang Sudah Tidak Aktif

Pernahkah kamu menemukan kartu SIM Telkomsel yang sudah lama tidak digunakan dan ingin mengetahui apakah nomor tersebut masih aktif atau tidak? Ini adalah pertanyaan yang sering muncul dari banyak pengguna. Khususnya bagi mereka yang memiliki beberapa nomor telepon atau sering berganti kartu SIM. Untuk mengecek apakah nomor Telkomsel kamu masih aktif atau tidak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Status nomor aktif dan tidak memiliki pengaruh pada layanan telepon yang akan pelanggan dapatkan. Untuk itu, pelanggan perlu memastikan bahwa kartu yang digunakan masih aktif. Hal ini tentunya akan memudahkan dalam menikmati berbagai layanan serta fitur yang disediakan oleh Telkomsel, seperti menelepon, mengirimkan SMS, hingga mengakses Internet.

Seperti provider yang lain, cara memastikan nomor Telkomsel aktif atau tidak adalah dengan mengecek informasi pulsa. Apabila layanan cek pulsa tidak dapat diakses, maka nomor telepon Telkomsel tersebut bisa jadi sudah tidak aktif. Selain cara tersebut juga ada beberapa metode lain untuk mengetahui apakah nomor Telkomsel kamu masih aktif atau sudah hangus.

Lalu, bagaimana cara cek nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif? Berikut uraian selengkapnya.

1. Cek Masa Aktif Nomor Telkomsel

Cara cek nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif pertama adalah dengan memeriksa masa aktif kartu. Dikutip dari laman resmi telkomsel.com, berikut adalah langkah-langkah cek masa aktif nomor Telkomsel lewat kode USSD dan lainnya.

Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kartu AS

Kode USSD

  • Buka menu dialer telepon.
  • Lalu, tekan tombol *888# dan klik OK atau Call.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul beberapa pilihan menu..
  • Ketik angka 6 untuk mengakses layanan Cek Pulsa.
  • Selanjutnya akan ditampilkan pada layar mengenai informasi sisa pulsa dan masa aktif nomor Telkomsel kamu.

Aplikasi MyTelkomsel

Berikut langkah-langkah cek masa aktif kartu lewat aplikasi MyTelkomsel, antara lain:

  • Jika belum memiliki aplikasinya, silakan unduh dan pasang aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store/ App Store terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, masukkan nomor Telkomsel dan lakukan proses verifikasi.
  • Setelah proses verifikasi berhasil, layar akan dialihkan ke halaman utama aplikasi.
  • Kamu dapat melihat detail informasi nomor telepon, masa aktif, hingga sisa saldo pulsa.

2. Menghubungi Layanan Pelanggan Telkomsel

Salah satu mudah untuk mengecek apakah nomor Telkomsel masih aktif atau tidak lainnya adalah dengan menghubungi layanan pelanggan Telkomsel. Kamu dapat menghubungi mereka melalui telepon atau pesan singkat (SMS). Berikut adalah langkah-langkahnya:

Lewat Telepon

  • Buka HP, lalu tekan tombol 188 pada menu dialer handphone.
  • Kamu akan terhubung langsung dengan layanan pelanggan Telkomsel.
  • Tanyakan kepada mereka apakah nomor Telkomsel kamu masih aktif atau tidak.
  • Mereka akan memeriksa status nomor kamu dan memberikan informasi yang dibutuhkan.

Lewat Pesan Singkat (SMS)

  • Ketik SMS dengan format: CEK (spasi) NOMOR Telepon
  • Kirim SMS tersebut ke nomor 4444.
  • Nantinya kamu akan menerima balasan dari Telkomsel yang menampilkan informasi apakah nomor tersebut masih aktif atau tidak.

3. Melalui Situs Web Telkomsel

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga dapat mengakses situs web resmi Telkomsel untuk mengetahui status nomor kamu. Berikut langkah-langkah yang diperlukan:

  • Buka browser di ponsel.
  • Akses laman resmi Telkomsel di alamat www.telkomsel.com.Β 
  • Pada halaman website, tekan tombol Masuk atau Daftar. Jika kamu sudah memiliki akun Telkomsel, masuklah dengan akun tersebut. Jika belum, klik daftar akun baru.
  • Setelah masuk ke akun kamu, cari opsi yang memungkinkan untuk melihat status nomor Telkomsel. Informasi ini biasanya tersedia di dashboard atau pengaturan akun.
Terkait:  Cara Kirim Pulsa Axis ke Telkomsel Update Desember 2023

4. SMS Ke 3636

Selain mengirim SMS ke 4444, kamu juga dapat mengirimkan SMS ke nomor 3636 dengan format yang sama, yaitu CEK (spasi) NOMOR TELKOMSEL. Selanjutnya, Telkomsel akan mengirimkan balasan ke nomor tersebut dengan informasi mengenai status nomor.

5. Mengunjungi Gerai GraPARI

Apabila cara-cara di atas tidak berhasil, maka sebaiknya kamu langsung mendatangi gerai GraPARI terdekat. Kamu juga bisa meminta bantuan operator di GraPARI untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah hangus. Pastikan kamu membawa kartu identitas dan syarat yang diperlukan, seperti KTP dan simcard nomor yang ingin diaktifkan.

Mengecek status nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan berbagai metode yang telah dijelaskan di atas. Ada cara lain yang tak kalah mudah untuk mengetahui nomor yang digunakan masih aktif atau tidak adalah dengan melihat tampilan sinyal pada handphone. Biasanya, nomor yang sudah tidak aktif tidak akan menampilkan nama provider, seperti Telkomsel atau layanan operator seluler lainnya. Selain itu, pada nomor telepon yang tidak aktif, tampilan sinyal tidak akan muncul.

Untuk menghindari nomor telepon Telkomsel kamu hangus, pastikan untuk mengisi pulsa secara berkala atau menggunakan paket data yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kamu dapat terus menggunakan nomor Telkomsel tanpa khawatir kehilangan akses atau nomor yang sudah tidak aktif.

Demikian informasi berbagai cara cek nomor Telkomsel yang sudah tidak aktif serta alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Semoga membantu

Similar Posts