Cara Screenshot Hp Samsung A12

Bagaimana cara screenshot hp Samsung A12? Apakah ada cara lain selain menggunakan tombol Power dan Volume Bawah? Nah, mungkin pertanyaan tersebut terlintas bagi kamu pengguna Samsung A12 dan ingin melakukan screenshot dengan cara yang lain.

Kebetulan pada artikel ini mimin akan menjelaskan mengenai cara screenshot hp Samsung A12. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk screenshot.

Read More

Samsung dengan tipe A12 ini sudah memiliki fitur bawaan yang bisa kamu gunakan untuk screenshot. Mungkin kamu sebagai pengguna baru hp Samsung belum mengetahui cara apa saja yang bisa digunakan untuk screenshot di hp Samsung A12.

Atau mungkin kamu memang jarang mengecek aplikasi dan fitur-fitur yang terdapat di hp kamu sehingga kamu tidak mengetahuinya.

Biasanya screenshot digunakan untuk apa sih min? Biasanya screenshot digunakan ketika pengguna hp ingin meng-capture layar yang digunakannya, seperti capture percakapan WhatsApp, capture kemenangan bermain games, capture infotmasi dari internet, dan lain sebagainya.

Berikut di bawah ini mimin akan menjelaskan mengenai cara apa saja yang bisa digunakan untuk screenshot di hp Samsung A12. Yuk dibaca sampai tuntas dan pilih cara mana yang menurutmu mudah.

Cara Screenshot Hp Samsung A12

Cara Screenshot Hp Samsung A12
Cara Screenshot Hp Samsung A12

Cara screenshot hp Samsung A12 sangatlah mudah. Namun, kamu mungkin belum mengetahui atau masih asing dengan cara yang akan mimin jelaskan di bawah ini. Dikarenakan memang kamu tidak pernah menggunakan fitur tersebut.

Apa itu screenshot? Screenshot atau yang biasa disebut Sreen Capture ini merupakan kegiatan menangkap layar hp yang ingin disimpan ke galeri atau ingin dibagikan ke teman.

Terkait:  Harga Samsung Galaxy M20 Terbaru

Screenshot kurang lebih sama dengan screen record, tapi hanya berbeda jenis file penyimpanannya. Screenshot bentuknya berupa gambar, sedangkah screen recorder bentuknya berupa video.

Cara Screenshot Hp Samsung A12 Menggunakan Tombol Power & Volume Bawah

Cara pertama atau cara yang paling umum digunakan oleh hp merek lain adalah menggunakan tombol fisik, yaitu kombinasi antara tombol Power dan Volume Bawah untuk screenshot hp Samsung A12 kamu.

Cara ini terbilang mudah dan hampir seluruh pengguna hp mengetahui cara ini. Yang terpenting adalah kedua tombol tersebut berfungsi dengan baik. Berikut langkah-langkah screenshot menggunakan kombinasi tombol untuk screenshot.

  • Langkah pertama persiapkan terlebih dahulu aplikasi, foto, teks, atau lainnya yang ingin kamu screenshot
  • Apabila sudah siap, silakan tekan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan sebanyak satu kali
  • Saat kamu menekannya, tunggu hingga layar berkedip dan mengeluarkan suara tanda screenshot
  • Kemudiam, saat layar mengedip, di bawah terdapat Pop up yang bisa kamu manfaatkan, yaitu Preview untuk melihat hasil yang discreenshot, Scroll Capture untuk menggulirkan layar sampai ke bawah untuk screenshot, Edit untuk memotong hasil screenshot, dan Share untuk langsung membagikan hasil screenshot

Hasil screenshot-mu secara otomatis tersimpan ke galeri. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Selain karena tidak perlu mengunduh aplikasi piha ketiga lagi, juga mudah ditemukan karena tombolnya berada di sisi hp.

Cara Screenshot Hp Samsung A12 Menggunakan Menu Asisten atau Assistant Menu

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk screenshot hp Samsung A12 selain menggunakan tombol Power dan Volume Bawah adalah dengan menggunakan Menu Asisten atau Assistant Menu.

Ini merupakan fitur bawaan yang disediakan Samsung untuk memudahkan penggunanya. Kamu mungkin masih asing dengan fitur ini dikarenakan fitur ini tidak berbentuk aplikasi yang mungkin kamu bisa melihatnya. Tapi kamu bisa menemukan fitur ini di aplikasi Pengaturan.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung A22

Kalau kamu pernah melihat hp iphone, mungkin kamu ada sedikit gambaran mengenai Menu Asisten ini. Dikarenakan Menu Asisten yang dimiliki oleh Samsung ini mirip dengan Menu Assistive Touch yang dimiliki oleh perangkat iPhone.

Menu Asisten ini selain digunakan untuk screenshot, menu ini juga bisa digunakan untuk aktivitas lainnya seperti mengatur volume suara, menjadi kursor seperti pada PC atau laptop, notification panel, dan lain sebagainya. Karena bentuknya menu, jadi memiliki fitur yang lebih dari satu.

Kamu tidak bisa menggunakan Menu Asisten kalau kamu belum mengaktifkannya terlebih dahulu pada aplikasi Pengaturan. Nah untuk mengaktifkannya berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, silakan Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Lalu pilih Accessibility (Aksesibilitas)
  • Kemudian, klik Interaction and Dexterity (Interaksi dan Kecelakaan)
  • Selanjutnya pada Menu Asisten, silakan geser toggle ke arah On
  • Menu Asisten berhasil ditambahkan ke layar hp kamu

Kamu bisa melihat pada layar hp kamu terdapat lingkaran dengan empat kotak di dalamnya. Itu merupakan bentuk dari Menu Asisten, Kamu bisa menggesernya ke mana pun sesuka kamu karena Menu Asisten akan mengikuti pergerakan jarimu jika menyentuhnya.

Selnjutnya kamu tinggal menggunakan Menu Asisten untuk screenshot layar hp kamu. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

  • Persiapkan terlebih dahulu layar atua tampilan yang ingin kamu screenshot, baik itu aplikasi, foto, pesan, atau lainnya
  • Silakan klik Menu Asisten tadi yang berbentuk lingkaran dengan empat kotak di dalamnya
  • Cari opsi Screenshot pada Menu Asisten
  • Kemudian, klik opsi Screenshot tersebut untuk mengambil tangkapan layar di hp kamu
  • Tunggu hingga layarmu berkedip dan mengeluarkan suara capture

Nah, secara otomatis hasil screenshot kamu tersimpan ke galeri hp. Fitur Menu Asisten ini sangat bermanfaat apabila tombol fisik kamu yaitu Power dan Volume sedang bermasalah. Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

Terkait:  Cara Ngelacak Hp Samsung

Cara Screenshot Hp Samsung A12 Menggunakan Usapan Telapak Tangan

Cara terakhir yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan screenshot di hp Samsung A12 kamu adalah menggunakan fitur Usapan Telapak Tangan atau Swipe to Capture. Ini merupakan fitur yang bisa kamu gunakan untuk screenshot pada layar hpmu.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggap menggunakan tepi telapak tangan kamu dan mengusapnya. Sama dengan Menu Asisten, kamu diharuskan mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kamu bisa mengaktifkannya melalui aplikasi Pengaturan.

Berikut langkah-langkah screenshot menggunakan usapan telapak tangan. Langkah pertama adalah kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu, yaitu dengan cara di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat di hp Samsung A12 kamu
  • Kemudian, pilih Advanced Features
  • Lalu pilih Motions and Gestures
  • Setelah itu, aktifkan Palm Swipe to Capture
  • Fitur Screenshot dengan Usapan Telapak Tangan pun berhasil diaktifkan

Selanjutnya kamu sudah bisa melakukan screenshot menggunakan fitur ini. Berikut langkah-langkah menggunakannya.

  • Siapkan terlebih dahulu layar atau tampilan yang ingin kamu screenshot
  • Jika kamu sudah berada di layar yang ingin kamu screenshot, letakan tepi telapak tanganmu pada layar
  • Silakan Usap secara perlahan dari tepi kiri layar sampai ke tepi kanan layar
  • Usahakan ketika melakukan screenshot, tanganmu menyentuh layar dalam satu gerakan
  • Saat screenshot, layar hp kamu akan berkedip dan mengeluarkan bunyi capture

Hasil screenshot kamu tadi tersimpan secara otomatis ke galeri hpmu. Silakan untuk mengecek hasil screenshot kamu sebelumnya. Apabila butuh untuk diedit, kamu bisa mengeditnya langsung melaui galeri hp kamu.

Kesimpulan

Itulah tadi tiga cara screenshot hp Samsung A12 yang telah mimin jelaskan. PIlihlah cara yang menurutmu mudah dan lebih efisien. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Rate this post

Related posts