Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Seperti yang kita tahu, Hp dan televisi merupakan dua jenis barang yang berbeda. Tetapi perbedaan itu bukanlah hal yang serius untuk generasi dijaman sekarang. Semakin berkembangnya teknologi pun, bisa membuat Hp dan televisi saling berhubungan. Maksudnya gimana sih? Kita bahas dulu yuk, sebelum mengulas tentang cara menghubungkan Hp ke televisi.

Manfaat dan Fungsi Menghubungkan Hp ke Televisi

Dengan menghubungkan hp ke televisi, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaatnya. Salah satunya, jika kamu suka main game maka kamu bisa loh main game di televisi. Ya dengan cara menghubungkan Hp ke televisi. Layar jadi lebih besar dibandingkan saat kamu bermain lewat Hp. Rasanya sama seperti saat kamu bermain PlayStation.

Selain bisa digunakan untuk bermain game, dengan menghubungkan Hp dan televisi kamu bisa juga menonton film di televisi. Kamu juga bisa browsing, ya sama seperti saat kamu browsing di Hp, hanya saja layarnya lebih besar. Untuk menghubungan Hp ke televisi juga cukup mudah kok.

Menghubungkannya bisa menggunakan kabel atau tanpa kabel. Tapi sebelum kamu coba untuk menghubungkan Hp ke televisi, kamu perlu tau spesifikasi Hp dan televisi yang akan kamu gunakan. Karena ada beberapa spesifikasinya yang mungkin juga diperlukan saat akan menghubungkan Hp ke televise nantinya.

Fitur yang Terdapat pada Hp dan Televisi

Jika kamu ingin menghubungkan Hp ke televisi tanpa kabel, kamu perlu pastikan dulu apakah fitur Miracast ada pada Hp dan Televisimu. Kemudian untuk koneksi antara Hp dan televisi, kamu pastikan juga mengenai port output video yang ada pada Hpmu dan kamu juga perlu mengetahui tipe port apa yang digunakan.

Jika kamu menggunakan Hp android tipe Jelly Bean keatas, pasti sudah dilengkapi dengan fitur Miracast bawaan. Pada beberapa Hp, fitur Miracast ini mereka beri nama yang berbeda-beda. Misalnya pada Hp Samsung Galaxy, mereka menamakan fitur Miracast ini dengan nama All Share atau Samsung Link.

Terkait:  Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP

Sedangkan untuk Hp android lain, biasanya mereka menamakan fitur Miracast ini dengan Wireless Display. Jika kamu sudah memastikan bahwa Hp mu memiliki fitur Miracast, maka kamu tinggal melihat dukungan fitur Miracast tersebut pada perangkat televisimu. Lalu bagaimana jika televisimu tidak punya fitur Miracast?

Hal ini perlu diingat, jika televisimu tidak memiliki fitur Miracast, kamu bisa membeli dongle tambahan. Apa itu dongle? Dongle adalah sebuah bagian kecil dari perangkat keras komputer yang telah terhubung ke port milik perangkat lain yang berfungsi untuk menyediakan fungsional tambahan.

Jika kamu sudah memastikan tentang spesifikasi Hp dan televisimu. Serta sudah memastikan tentang fitur Miracast antara keduanya. Sekarang kamu sudah siap untuk menghubungkan Hp ke televisimu. Bagaimana caranya? Yuk langsung saja saya jelaskan tentang cara menghubungkan Hp ke televisi, selamat membaca!

Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Cara Menghubungkan HP ke Televisi
Menghubungkan HP ke Televisi

Kamu pasti pernah menonton TV yang acaranya kurang menarik, kan? Untuk menikmati tayangan berkualitas dan menghibur biasanya orang-orang selalu menonton video dari HP yang disambungkan ke TV mereka.

Namun, banyak orang bahkan kamu sendiri belum tahu prosedurnya dimana kondisi ini mulai booming dan diandalkan siapa saja pada saat ini. Kamu bisa memahami dan menyimak ulasan ini untuk hubungkan HP ke TV seperti berikut :

1. Cara Menghubungkan HP ke Televisi dengan Koneksi Kabel

  • Padam TV dengan menekan tombol On/Off dari remote.
  • Sambungkan TV ke HP android.
  • Gunakan kabel HDMI untuk menghubungkan kedua perangkat.
  • Hidupkan TV dan pindahkan saluran ke menu HDMI.
  • Untuk HP, beri tanda centang pada menu yang bertuliskan HDMI Connection.
  • Jangan lupa memastikan HP kamu tidak sedang dalam Lock Mode supaya bisa diatur lebih mudah.
  • Perhatikan tampilan layar TV yang disambung dengan HP android kamu.
  • Kalian boleh mengubah orientasinya menjadi landscape sesuai bidang layar TV demi kenyamanan saat nonton TV.
Terkait:  Cara Melihat QR WiFi di HP Oppo

2. Cara Menghubungkan HP ke Televisi dengan Miracast

  • Periksa TV kalian apakah sudah mendukung layanan Miracast atau belum.
  • Apabila sudah, maka buka pengaturan ponsel dengan mengunduh aplikasi Miracast terlebih dahulu.
  • Jika telah diunduh, kalian bisa melihat nama TV yang muncul di dalam aplikasi Miracast dan sambungkan dengan benar.
  • Sambungkan HP ke TV kamu.
  • Tampilan TV bakal berubah sesuai video maupun konten yang tersimpan pada ponselmu.

3. Cara Menghubungkan HP ke Televisi dengan Google Chromecast

  • Sambungkan Chromecast dengan TV kalian lewat kabel HDMI.
  • Aktifkan Wi-Fi untuk melakukan sinkronisasi.
  • Jangan lupa pastikan HP maupun TV chromecast sudah tersambung dengan jaringan Wi-Fi yang sama.
  • Buka aplikasi Google Home lewat HP kamu.
  • Gunakan akun Google (Gmail) kamu di bagian bawah.
  • Pastikan akunmu sudah terverifikasi untuk terhubung dengan Google Chromecast.
  • Pilih menu Local Devices supaya kamu bisa menemukan TV yang bakal dihubungan dengan HP.
  • Tekan Device Setting untuk melihat daftar nama TV yang sudah tersambung dengan akun Google kamu.
  • HP kamu bisa terhubung dengan TV secara otomatis.

Kelebihan Sambung HP ke Televisi yang Menguntungkan

Tak menutup kemungkinan bahwa TV yang sudah dihubungkan dengan smartphone memberi dampak signifikan bagi para penggunanya. Pasalnya, semua tayangannya ditentukan pemilik gadget sendiri tanpa menunggu jadwal siaran dari stasiun TV yang biasa ditonton setiap hari. Kamu juga boleh memilih channel mana saja yang bakal ditonton, serta menggunakan aplikasi menonton video lain untuk disambungkan ke TV agar dapat menyaksikannya dengan jelas.

Similar Posts