Cara Mengatasi HP Ngeblank

Cara Mengatasi HP Ngeblank
Cara Mengatasi HP Ngeblank

Cara mengatasi hp ngeblank memang menjadi salah satu cara yang saat ini banyak dicari dan juga dibutuhkan para pengguna smartphone yang mana mengalami masalah pada ponsel mereka yang tiba-tiba stuck atau ngeblank dan tidak bisa untuk digunakan baik di tap, di tekan back, atau bahkan untuk masuk ke dalam settings dan lain sebagainya. Tentu saja, hal ini jadi masalah yang cukup menyebalkan bagi sebagian pengguna smartphone.

Seperti yang kita tau, fenomena hp ngeblank ini memang sering dialami beberapa pengguna smartphone yang cukup jadi masalah untuk mereka ketika menggunakan ponsel. Biasanya, fenomena hp ngeblank ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun sayangnya, ada banyak pengguna yang lebih dulu panik dengan hal ini dan memilih untuk mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan servis pada ponsel mereka.

Read More

Cara Mengatasi HP Ngeblank

Cara Mengatasi HP Ngeblank
Cara Mengatasi HP Ngeblank

Padahal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika hp atau ponsel kalian mengalami masalah ngeblank ini. Seperti melakukan pengecekan perangkat, pengecekan system update, atau lain sebagainya. Karena memang, cara mengatasi hp ngeblank sendiri memiliki banyak metode yang bisa kamu gunakan. Dan tentu saja, caranya sangat mudah lho!

Cara Mengatasi HP Ngeblank dengan Hard Reset

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan menggunakan hard reset. Eits, jangan dulu panik ya. Hard reset yang dimaksud di sini bukan semata-mata menghapus keseluruhan data dari ponsel kalian kok. Melainkan, di sini kamu bisa melakukan restart paksa pada perangkat yang sedang ngeblank atau stuck pada sistem android, dan caranya juga mudah banget.

  1. Siapkan ponsel kamu yang berada dalam kondisi ngeblank atau stuck
  2. Kemudian jika sudah, kamu bisa tekan tombol power agak lama sekitar 3 – 10 detik
  3. Lalu tunggu sampai ponsel kamu melakukan booting ulang atau restart
  4. Tunggu sampai masuk lock screen dan tunggu sekitar 3 – 5 detik agar sistem kembali melakukan penyesuaian
  5. Selesai.
Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Setelah proses reboot selesai, kamu bisa memastikan lagi nih kiranya ada aplikasi apa atau kerusakan apa yang menyebabkan ponsel kalian menjadi stuck atau ngeblank. Dari sini, kamu bisa langsung menghapus aplikasi yang menjadi penyebab kerusakan tadi, ataupun mendiagnosa kerusakan lainnya,

Cara Mengatasi HP Ngeblank dengan Mengganti ROM

Kemudian untuk cara yang kedua, di sini kamu bisa mengganti ROM yang memang menjadi salah satu ROM bawaan dari tiap ponsel. Namun dengan catatan, cara ini hanya berlaku untuk pengguna yang sudah melakukan root dan menginstall TWRP. Caranya juga mudah banget kok!

  1. Siapkan terlebih dahulu bahan atau file custom rom yang ingin kamu install, pastikan juga Custom ROM yang digunakan sudah compatible dan sesuai dengan seri atau tipe ponsel kalian
  2. Kemudian jika sudah, matikan ponsel kamu dan masuk ke menu TWRP dengan menekan tombol power + volume up
  3. Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk ke dalam menu TWRP
  4. Kemudian pilih pada menu Install dan pilih pada file custom ROM yang beformat .zip yang sudah kamu unduh sebelumnya
  5. Jika sudah, silakan lakukan Swipe to install dan tunggu sampai prosesnya selesai
  6. Terakhir, jika proses penginstallan sudah selesai lakukan reboot to system untuk ponsel kamu kembali masuk ke system android dengan ROM yang baru
  7. Selesai.

Perlu untuk diperhatikan juga ya sob, untuk cara ini selain hanya bisa dilakukan untuk pengguna yang sudah melakukan root, kamu juga harus tau custom ROM apa yang sekiranya cocok dan memang sesuai dengan ponsel kalian. Sebab jika kamu menginstall custom ROM yang tidak compatible, maka akan terjadi kerusakan sistem yang lebih jauh dan kemungkinan mengalami bootloop.

Terkait:  Cara Jumper Mobil

Cara Mengatasi HP Ngeblank dengan Mengganti Kernel

Kemudian untuk cara yang ketiga di sini kamu bisa menggunakan custom kernel pada smartphone atau hp yang mengalami stuck atau ngeblank. Buat yang belum tau, custom kernel ini juga mirip dengan penggunaan custom ROM, karena cara ini juga hanya bisa dilakukan untuk pengguna hp yang sudah di root. Dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Silakan download file custom rom yang sesuai dengan tipe hp atau ponsel kalian, lalu simpan ke folder Download atau directory folder yang mudah diingat
  2. Kemudian jika ponselmu masih dalam kondisi ngeblank, silakan lakukan hard reset dan tekan volume atas ketika proses restart berjalan untuk masuk ke mod TWRP
  3. Pada mode twrp, silakan pilih menu Install lalu pilih pada file Custom Kernel yang sudah kamu download sebelumnya tadi
  4. Jika sudah di pilih, lanjut untuk swipe to install dan tunggu hingga prosesnya selesai
  5. Setelah prosesnya selesai, silakan klik pada reboot to system untuk kembali masuk ke home screen atau tampilan awal ponsel kalian masing-masing.

Sama seperti custom ROM, custom kernel yang tidak sesuai dengan versi dari hp atau tipe hp kalian juga akan membuat sistem menjadi bootloop atau stuck di logo android saja. Tapi gak usah panik, karena kamu bisa melakukan hard restart atau hard reset lagi, dan menginstall custom kernel lain sebagai opsional ketika ponselmu mengalami bootloop.

Cara Mengatasi HP Ngeblank dengan Lepas Baterai

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, di sini kita akan menggunakan metode yang cukup jadul namun masih tetap worth it untuk di lakukan. Karena biasanya, sampai saat ini juga masih banyak kok smartphone yang menggunakan baterai tidak tanam pada ponsel mereka.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang Baterai Tanam (3 Metode) Mudah

Dan jika kamu mengalami stuck atau ngeblank pada ponsel yang masih menggunakan baterai tidak tanam, maka kamu bisa membuka bagian belakang ponsel atau backdoor, dan kemudian melepas baterainya selama 2 – 3 menit saja.

Kemudian jika sudah, kamu bisa memasang lagi baterai ponsel yang dilepas tadi, dan kemudian menyalakan ponsel seperti biasa.

Cara Mengatasi HP Ngeblank dengan Menghapus Dalvik/Cache

Dan cara terakhir adalah kita akan menghapus dalvik/cache pada sistem android yang mana cara ini bisa kamu lakukan ketika kamu sudah menginstall twrp, walaupun tanpa melakukan root pada ponsel. Dan jujur saja, cara ini bisa jadi alternatif untuk para pengguna ponsel yang sering mengalami stuck atau ngeblank pada perangkat mereka. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Masuk ke TWRP dengan menekan tombol power + volume up secara besamaan hingga masuk ke mode TWRP
  2. Kemudian kamu bisa klik pada menu Wipe
  3. Di dalam menu Wipe, kamu bisa pilih advanced wipe
  4. Kemudian, di advanced wipe tadi kamu bisa pilih dalvik/cache dan cache
  5. Terakhir, lakukan swipe to wipe dan tunggu sampai prosesnya selesai dan pilih opsi reboot to system
  6. Selesai.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa menghapus sisa-sisa file sampah atau cache yang mungkin membuat sistem menjadi ngeblank, dan dengan begitu juga kamu bisa menggunakan ponselmu seperti biasa tanpa kendala.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi hp ngeblank yang bisa kamu coba, silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts