Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Sebelum kita membahas tentang cara menonaktifkan kartu Simpati, apakah kalian kenal betul dengan kartu SIM yang satu ini? Berbicara tentang Simpati, pasti tidak terlepas dari yang namanya Telkomsel. Lalu, Telkomsel itu apa? Apa hubungannya Simpati dengan Telkomsel? Nih khususnya buat para ibu-ibu yang masih sering bingung, berikut penjelasannya.

Para kaum milenial pasti sudah kenal kan sama Telkomsel ini? Bisa dibilang sih, Telkomsel merupakan kartu perdana yang paling mahal. Tapi tentu saja mahal itu ada sebabnya, buktinya para pengguna telkomsel jarang tuh susah sinyal atau internet yang ngadat. Lalu, apa hubungannya Simpati dengan Telkomsel?

Jadi, Simpati merupakan produk dari Telkomsel, seperti halnya IM3 dengan Indosat. Jadi jika kita membahas Simpati, otomatis secara tidak langsung kita juga membahas tentang Telkomsel. Simpati ini merupakan salah satu produk andalan Telkomsel dan menjadi salah satu kartu favorit di Indonesia.

SimPATI juga menjadi salah satu merek provider seluler paling berkualitas di Indonesia, bahkan menduduki urutan pertama daripada operator lain dimana cara menonaktifkan kartu Simpati perlu kalian tahu.

Hal ini dikarenakan tidak semua orang merasa nyaman selama SIM card diaktifkan karena orang lain bisa saja terganggu dengan siapapun yang jahil. Kamu bisa mematikan kartu ponsel sementara bahkan menggantinya dengan provider sejenis yang baru.

Apabila kamu menggunakan Simpati sebagai provider seluler utama, maka kalian bisa ikuti dan simak pembahasan ini sampai akhir supaya kartu ponselnya bisa dimatikan untuk menghindari hal-hal yang mengganggu kehidupan pribadi kalian.

Pasalnya, belakangan ini orang-orang selalu menerima pesan maupun panggilan tidak jelas dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan kerabat terdekat dimana tujuannya untuk menipu calon korban sebagai penerimanya.

Terkait:  Cara Registrasi Ulang Kartu Simpati ke 4444

Fitur dan Fasilitas Menarik di Simpati

Simpati selalu memberikan fitur-fitur canggih dan memiliki kualitas jaringan yang sangat baik, itu sebabnya mengapa kartu ini difavoritkan oleh banyak masyarakat Indonesia.

Sebelum kamu mengaktifkan kartu ini, seperti yang sudah pemerintah tetapkan. Bahwa kalian harus melakukan registrasi kartu Simpatimu berdasarkan nomor NIK dan nomor KK mu.

Peraturan tersebut sudah tercantum kedalam Badan Regulasi Komunikasi Indonesia nomor 1 Tahun 2018 tentang pentunjuk pelaksanaan kartu prabayar seluler.

Tapi, kalau misalnya kamu ingin mengganti nomor, kamu harus menonaktifkan kartu Simpatimu terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Nanti akan saya jelaskan tentang cara menonaktifkan kartu Simpati.

Meskipun menonaktifkan kartu Simpati terlihat mudah, namun ada beberapa kasus mereka gagal untuk menonaktifkan kartu mereka.

Ada beberapa hal yang menyebabkan proses menonaktifkanmu gagal. Yang biasanya sering ditemukan adalah saat jaringanmu sedang tidak stabil. Atau saat jaringan Simpatimu sedang ada gangguan maka proses penonaktifan tidak bisa berjalan lancar.

Tapi kamu juga jangan menyalahkan kartumu, bisa saja kegagalan itu muncul juga karena dirimu sendiri. Misalnya saat kamu mencoba memasukkan nomor NIK mu, dan kamu tidak sadar bahwa kamu salah saat menekan nomor NIK mu.

Jadi sebaiknya kamu siapkan dulu apa saja yang diperlukan sebelum kamu hendak menonaktifkan kartumu, ya.

Meskipun proses registrasi ataupun proses menonaktifkan kartu tersebut sangatlah mudah, tentu bagi beberapa orang masih merasa terlalu ribet.

Berbeda dengan dulu sebelum peraturan ini ditetapkan. Tapi mau tidak mau kalian juga harus mentaati peraturan, karena itu juga untuk kebaikan diri kita sendiri.

Kalau registrasinya saja sudah terlihat ribet, jangan dong kamu tambah ribet lagi dengan gagal menonaktifkan kartumu. Ya sudah yuk langsung aja supaya tidak gagal, berikut penjelasan cara menonaktifkan kartu Simpati, simak di bawah ini ya.

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati
Menonaktifkan Kartu Simpati | Freepik.com

Kalian harus tahu bahwa para pengguna Telkomsel, terutama Simpati bisa mematikan providernya dengan dua metode berbeda yakni SMS maupun telepon.

Terkait:  Cara Hapus NSP Telkomsel Update Desember 2023

Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan pulsa reguler untuk menonaktifkannya karena pihak operator menerima permintaanmu secara gratis. Kamu juga tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan semua tahapannya. Beberapa langkah cepat dan mudah yang harus kamu perhatikan antara lain :

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati via Pesan Singkat (SMS)

  • Buka menu Message atau Pesan dari HP kamu.
  • Buat pesan baru dengan format UNREG#Nomor Kartu Keluarga (Contoh : UNREG#123456789123456789).
  • Kirim SMS ke nomor 444.
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima pesan balasan dari operator soal status permintaan UNREG provider selulermu.

Cara Menonaktifkan Kartu Simpati via Panggilan Telepon

  • Buka menu Dial Phone atau Telepon dari HP kamu.
  • Gunakan nomor telepon *444#.
  • Tekan tombol OK/Call/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi berupa menu bar soal opsi permintaan layanan dari Telkomsel.
  • Pilih nomor 3 untuk UNREG provider seluler.
  • Lampirkan 16 digit nomor KK kalian saat registrasi kartu Simpati.

Apakah Menonaktifkan Kartu Simpati Bersifat Permanen?

Secara umum bahwa sebuah provider seluler alias SIM card yang dimatikan tidak akan bersifat permanen. Hal ini dikarenakan nomor KK tidak boleh diterapkan ke dalam tiga nomor ponsel berbeda yang mengakibatkan siapapun bakal sulit mendaftarkan kartu ponsel bila kamu membeli HP baru.

Jangan khawatir lantaran cara menonaktifkan kartu Simpati yang kami bahas seperti di atas tidak mengakibatkan SIM card kalian ditutup dan sulit dipakai lagi.

Hal ini dikarenakan kartu Simpati yang dimatikan masih bisa diaktifkan lagi dengan memakai prosedur yang sama seperti kalian mendaftarkannya.

Kamu bisa memasukkan nomor KK dan nomor KTP dengan benar, gunakan nomor penerima 4444 untuk mendata ulang kedua nomor penting tersebut.

Terkait:  Cara Setting APN Telkomsel Tercepat dan Stabil, Cek Disini!

Tunggu beberapa saat sampai pihak operator Telkomsel menganalisa informasi pribadimu dan kartu Simpati bisa dipakai lagi untuk internet, telepon maupun SMS seperti biasa.

Similar Posts