Cara Bisa Bahasa Inggris

  • Whatsapp

Bahasa yang menjadi pemersatu nomor satu di dunia saat ini, adalah Bahasa Inggris. Meskipun kalian memiliki kesulitan dalam mempelajari bahasa asing dari suatu negara yang tengah dikunjungi. Asalkan bisa berbahasa Inggris, semuanya akan mudah. Komunikasi dapat terus berlangsung dalam kehidupan sehari-hari. Sambil, sesekali pelajari bahasa lain.

Kebiasaan seseorang dalam menggunakan suatu bahasa, akan berpengaruh besar dalam caranya berkomunikasi. Oleh karena itu, ada yang menyarankan kalau ingin mahir berbahasa asing dari suatu negara. Tinggal lah kalian di dalam negara tersebut. Minimalnya, bisa 1 atau bahkan belasan tahun. Secara otomatis, lambat laun lidah akan terbiasa dalam pengucapannya.

Akan tetapi, hanya sedikit orang yang memiliki tekad kuat untuk mempelajari bahasa asing. Bahkan, dirinya sampai rela mempertaruhkan nasib di negara orang. Ada cara yang lebih mudah. Tidak perlu ke luar negeri, karena biaya yang dibutuhkan juga sangat besar. Kalian dapat mengambil les bahasa yang diinginkan di tanah air. Biayanya juga jauh lebih murah.

Lingua franca merupakan, bahasa yang digunakan orang-orang dari berbagai belahan dunia, untuk dapat berkomunikasi dan saling mengerti ucapan yang disampaikan satu sama lain. Selama perkembangannya, Bahasa Inggris awalnya berasal dari kata “Englisc” saat Angles melakukan penyerangan di Britania Raya. Berikut, cara bisa Bahasa Inggris dengan mudah!

Cara Bisa Bahasa Inggris

Cara Bisa Bahasa Inggris
Cara Bisa Bahasa Inggris

Cara Bisa Bahasa Inggris Tanpa Les

Komunikasi, termasuk kunci dari keberhasilan seseorang. Oleh sebab itu, penting untuk dapat saling mengerti hal yang diucapkan oleh lawan bicara. Seperti halnya, kebiasaan yang sering dilakukan secara berulang-ulang dan terus-menerus setiap harinya. Bahasa juga demikian. Semakin dilatih, lidah akan menjadi luwes. Awalnya memang kaku, karena belum terbiasa.

Terkait:  Cara Kerja di Shopee

Mempelajari cara bisa Bahasa Inggris tanpa les, bukan suatu hal yang mustahil. Banyak sekali metode atau bahan ajaran yang dapat kalian temukan secara online maupun offline. Sosial media, juga bisa digunakan sebagai alat untuk melatih diri dalam membiasakan menggunakan Bahasa Inggris. Jangan takut salah. Namanya, juga masih proses belajar.

Beberapa tips berikut ini, sebenarnya sudah tidak perlu dibahas satu per satu lagi. Karena kalianpun, pasti sudah pernah terlintas dalam pikirannya untuk membiasakan hal tersebut. Apalagi, untuk persoalan Bahasa Inggris. Baik itu karena sudah masuk ke dalam perencanaan, atau tanpa disadari melakukannya. Apa saja hal tersebut? Simak selengkapnya, di bawah ini!

1. Mendengarkan Lagu

Kegemaran satu ini, hampir tidak dapat dilewati oleh kalangan anak muda. Orang dewasa, juga banyak loh yang suka dengar lagu. Apakah kalian salah satunya? Ya, bisa jadi. Tapi, tahukah kalau pengaruh dari mendengarkan musih, ternyata berdampak besar. Coba saja dengarkan lantunan musik barat yang disukai. Secara otomatis, Kamu dapat menyanyikannya.

2. Menonton Film

Terlepas dari genre film yang ditonton oleh kalian, ada bagian yang menarik nih. Kalau tujuannya ingin sambil mempelajari cara bisa Bahasa Inggris di kemudian hari, penting untuk mencoba memahami arti dari setiap ucapan yang dikatakan oleh sang aktor maupun aktris. Hindari terlalu fokus melihat teks terjemahannya. Akan lebih baik lagi, bila tidak ada teksnya.

3. Main Games

Hobi yang seringkali membuat para pemainnya kecanduan ini, bisa membantu juga dalam mencari cara bisa Bahasa Inggris tanpa les. Apalagi, game memiliki lingkup pasar yang luas. Otomatis, sebagian besar teks menunya, dibuat dalam Bahasa Inggris. Bahkan, percakapan singkat atau voice sound heronya, dimuat menggunakan bahasa tersebut. Belajarnya, jadi seru.

4. Cari Teman Luar Negeri Secara Virtual

Cara paling ampuh untuk melatih kemampuan kalian dalam belajar cara bisa Bahasa Inggris, yaitu melalui obrolan. Entah itu sekedar chatting atau bisa juga langsung video call. Asalkan, berani untuk mencobanya. Jangan takut melakukan kesalahan kosa kata saat berkomunikasi. Sebaiknya, berikan warning terlebih dahulu kepada lawan bicara, sebelum mengobrol.

Terkait:  Cara Cat Tembok yang Benar

5. Ngobrol Bersama Google Assistant

Takut ngobrol langsung dengan bule? Mau latihan dengan kecerdasan buatan saja, juga bisa. Gratis! Kalian cukup setting dan update akun Google lama ke versi terbaru. Nanti, akan muncul tampilan fitur Google Assistant. Pilih mode dalam Bahasa Inggris. Pastikan, ponsel atau gadget sudah terkoneksi dengan internet. Cukup bicara apapun, nanti akan direspon.

Cara Bisa Bahasa Inggris Otodidak

Mempelajari bahasa asing diluar bahasa ibu (mother tounge) ini, memang terkadang memiliki rintangannya tersendiri. Ada beberapa orang, yang dapat dengan cepat menangkap pelajaran bahasa baru. Sebagian lainnya,butuh proses dalam jangka waktu lama. Daripada kalian susah payah mempelajari bahasa China atau semacamnya, lebih baik belajar Bahasa Inggris.

Bahasa satu ini, diprioritaskan untuk dipelajari disamping penggunaan bahasa dari negara asal masing-masing. Di Indonesia, ada yang namanya Kampung Inggris. Kalian bisa mempelajari bahasa asing tersebut, dalam kegiatan sehari-hari. Mengobrol, beli keperluan harian, semuanya harus diucapkan dalam bahasa internasional. Tapi, biayanya mahal.

Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari cara bisa Bahasa Inggris dengan jalur otodidak. Atau, mempelajarinya secara mandiri. Tanpa les, pastinya. Apakah memungkinkan? Tentu saja. Semua bahan-bahan ajaran baik kosa kata ataupun cara pengucapan, dapat dipelajari di aplikasi serta dapat dicari di Google. Sosial media juga banyak yang menyediakannya.

Aksikan, keinginan untuk dapat fasih dalam Bahasa Inggris, mulai dari sekarang juga! Selain beberapa tips yang telah disebutkan diatas. Ada juga nih, kiat baru agar pemula bisa sukses dalam melatih dirinya belajar berbahasa Inggris. Penasaran dengan caranya? Berikut teknik yang bisa kalian tiru dari Eng Breaking.

  • Catching Up (Kecepatan Berbicara)

Kalian dapat mencoba teknik satu ini, agar tidak hanya mampu berbahasa Inggris secara teks saja. Tapi, verbalnya juga bisa terlatih sebaik mungkin. Dalam prosesnya, usahakan coba menirukan pelafalan dari setiap kosa kata dalam Bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Lakukan dengan berbicara dari lambat ke cepat, baik intonasi atau ucapannya harus benar.

  • Rapid Response (Teknik Gabungan)
Terkait:  Cara Kerja Flow Switch

Berlatih cara bisa Bahasa Inggris, tidak dapat hanya mengandalkan salah satu indera saja. Entah itu pendengaran, atau hanya lisan. Keduanya harus saling bersinkronasi supaya tujuan kalian bisa fasih dengan cepat, tercapai. Kombinasi gebungan tersebut, memungkinkan seseorang dapat merefleksikan kemampuan berbahasa, tanpa butuh waktu berpikir lama.

  • Deep Listening (Pendengaran)

Orang yang pada dasarnya termasuk ke dalam kategori Auditori, sangat cocok menggunakan cara deep listening. Kalian dapat berlatih secara aktif dengan rajin mendengarkan lagu, film, atau berita sekalipun. Tentunya, dalam Bahasa Inggris. Sebaiknya, dilatih dalam ritme lambat, dan diubah ke cepat saat sudah memahaminya. Perhatikan ucapan dari sang native speaker!

Keberhasilan kalian dalam mempelajari cara bisa Bahasa Inggris tanpa perlu mengeluarkan biaya ini, memiliki tingkatan yang berbeda. Tergantung, dari individual masing-masing. Semakin rajin berusaha melakukan tips yang telah disebutkan diatas. Peluang berhasilnya, besar. Begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, jangan mudah menyerah ya.. nikmati prosesnya!

Itulah penjelasan mengenai cara bisa Bahasa Inggris di kesempatan kali ini. Ada juga informasi terkait, seperti cara bisa Bahasa Inggris tanpa les, dan cara bisa Bahasa Inggris otodidak yang dapat kalian temukan diatas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics, keep learn and do more practice, bye bye!

Related posts