Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

  • Whatsapp

Studi Hubungan Internasional merupakan prodi dinamis dan semakin tumbuh dengan beragam penyesuaian seiring dinamika internasional. Oleh karena itu, banyak pelajar tanah air belum tahu biaya kuliah jurusan hubungan internasional yang sebetulnya tidak terlalu mahal.

Hubungan Internasional sebagai prodi disiplin dan terampil dalam menyikapi berbagai macam problematika di kancah dunia, sehingga lulusannya diharapkan dapat berkecimpung untuk membuat kehidupan global lebih baik.

Apabila kalian termasuk seorang mahasiswa kurang disiplin, mau tidak mau kamu harus menumbuhkan sikap tersebut selama bergabung sebagai pelajar yang menekuni prodi hubungan internasional.

Hal ini dikarenakan segalanya semakin meningkatkan peran antara jembatan kolaborasi lintas disiplin beragam ilmu pengetahuan dan sosial berperspektif global. Hubungan Internasional sudah menjadi jurusan kuliah yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mahasiswa Hubungan Internasional bukan hanya tahu apa saja yang harus dilakukan selama menjalani prodi tersebut di kampus masing-masing. Hal ini dikarenakan mereka bahkan kamu sendiri perlu tahu berapa uang kuliah yang harus dibayarkan, baik uang pendaftaran maupun uang semester.

Stigma masyarakat umum kerap menganggap kalau jurusan tersebut diklaim sebagai salah satu prodi yang butuh uang kuliah cukup besar, sedangkan peminatnya tidak terlalu banyak, padahal asuumsi tersebut salah.

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional
Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Biasanya orang-orang mengira Hubungan Internasional hanya berfokus terhadap persoalan politik, ekonomi dan keamanan, seiring berjalan waktu bahwa globalisasi lingkungan jurusan tersebut semakin beragam.

Belakangan ini prodi tersebut mulai memahami dan mempelajari segala aspek tentang terorisme, masalah lingkungan sampai human security. Tak mustahil kamu akan mengulas semuanya sejak awal berstatus sebagai mahasiswa jurusan Hubungan Internasional.

Terkait:  Biaya Buat Kolam Ikan

Jurusan Hubungan Internasional sudah menjadi salah satu prodi pilihan sebagian besar calon mahasiswa yang hendak meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi. Sebab, kamu tidak perlu menganalisa sistem perhitungan layaknya fakultas ekonomi atau sejenisnya.

Di samping itu, kamu bisa menjalin relasi luas bahkan kancah internasional. Hal ini dikarenakan sebagian besar mahasiswa jurusan tersebut kerap menjalani KKN atau kunjungan kerja ke luar negeri.

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya

Hal yang utama sebelum menempuh pendidikan perkuliahan jurusan Hubungan Internasional adalah pastikan kamu tahu uang kuliah yang harus dibayarkan. Selain itu, kalian perlu bertanya kepada pihak kampus terkait apa saja persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa bergabung sebagai mahasiswanya.

Kami pastikan kamu betah dan bisa menjadi lulusan berkualitas yang dibutuhkan dalam memajukan kehidupan secara global. Kamu bisa menyimak informasinya seperti berikut :

Apa Itu Jurusan Hubungan Internasional?

Hubungan Internasional adalah salah satu jurusan kuliah yang sedang dicari banyak calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sebab, prodi tersebut cukup bergengsi di Indonesia, para lulusannya juga memiliki prospek kerja menjanjikan setelah menyandang gelar sebagai alumni jurusan Hubungan Internasional.

Di Indonesia, prodi ini bahkan sudah terdapat di beberapa kampus negeri maupun swasta yang menawarkan sistem pendidikan berkualitas.

Sementara itu, biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional sangat bervariasi tergantung PTN atau PTS pilihan setiap mahasiswanya. Tak bisa dipungkiri kalau jurusan tersebut bukan hanya menjanjikan di dalam negeri, namun juga mancanegara.

Bahkan, banyak mahasiswa Indonesia termotivasi untuk mendalami ilmu pembelajaran dari Hubungan Internasional ke negeri orang. Guna memaksimalkan potensi diri sebagai lulusan HI yang siap bersaing dalam dunia kerja.

Alasan Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

  • Mempelajari Budaya Asing.
  • Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi.
  • Kuliah Teori dan Praktik.
  • Prospek Kerja di Luar Negeri.
  • Teman Mancanegara.

Keterampilan yang Dibutuhkan Jurusan Hubungan Internasional

  • Interpersonal dan Komunikasi.
  • Rasional.
  • Senang Melakukan Riset.
  • Mempunyai Keterampilan dalam Bernegosiasi.
  • Berwawasan Luas.
  • Suka Memecahkan Masalah.
Terkait:  Biaya Cat Mobil Full Body

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional UNAIR

Golongan Biaya
UKT 1 Rp.500,000
UKT 2 Rp.1,000,000
UKT 3 Rp.3,000,000
UKT 4 Rp.6,000,000
UKT 5 Rp.8,000,000
UKT 6 Rp.12,000,000

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional UGM

Golongan Biaya (Kriteria Penghasilan) Uang Semester
UKT 0 Peserta Bidikmisi Rp.0
UKT 1 < Rp.500,000 Rp.500,000
UKT 2 Rp.500,000 s/d Rp.2,000,000 Rp.1,000,000
UKT 3 Rp.2,000,000 s/d Rp.3,500,000 Rp.2,900,000
UKT 4 Rp.3,500,000 s/d Rp.5,000,000 Rp.4,350,000
UKT 5 Rp.5,000,000 s/d Rp.10,000,000 Rp.5,800,000
UKT 6 Rp.10,000,000 s/d Rp.20,000,000 Rp.6,500,000
UKT 7 Rp.20,000,000 s/d Rp.30,000,000 Rp.7,500,000
UKT 8 > Rp.30,000,000 Rp.9,000,000

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional UI

Secara umum uang kuliah jurusan Hubungan Internasional disesuaikan dengan kemampuan ekonomi setiap penanggung biayanya. Skemanya terdiri dari BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) yang berkisar Rp.100,000 s/d Rp.5,000,000.

Untuk calon mahasiswa yang sudah daftar sejak tahun 2013, tidak dikenakan uang pangkal karena telah disubsidi pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). UI menetapkan sistem UKT dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di Luar Negeri

Negara Tujuan Biaya Kuliah Biaya Kuliah dalam Rupiah
Inggris GBP 18,900 Rp.348 juta per tahun
Singapura SGD 14,000 Rp.148 juta per tahun
Swiss CHF 12,450 Rp.184 juta per tahun

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Bidang Kerja Penghasilan
Kedutaan Besar Rp.43 juta per bulan
Staf Kedubes Rp.15 juta per bulan
Konsultan Internasional Rp.50 juta per bulan
Government Relations Officer (GRO) Rp.95 juta per bulan
Dosen (Luar Negeri) Rp.20 juta per bulan
Jurnalis (Luar Negeri) Rp.58 juta per bulan

Universitas yang Punya Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Luar Negeri

Universitas Negara
Harvard University Amerika Serikat
Princeton University Amerika Serikat
Stanford University Amerika Serikat
Georgetown University Amerika Serikat
Columbia University Amerika Serikat
Yale University Amerika Serikat
University of Chicago Amerika Serikat
George Washington University Amerika Serikat
American University Amerika Serikat
University of California-Berkeley Amerika Serikat

Berapa Lama Durasi Kuliah Hubungan Internasional?

Jurusan Hubungan Internasional sama dengan prodi mana pun, termasuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Hal ini dikarenakan kalian harus menghabiskan waktu selama 4 tahun untuk menyelesaikan program sarjana (S1) dan program pasca sarjana (S2) selama 2 tahun.

Terkait:  Biaya Iklan Shopee

Apabila kamu lebih berminat belajar di luar negeri, kami tegaskan daftar biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional di atas belum termasuk akomodasi maupun kebutuhan sehari-hari selama menetap di negara tujuan.

Negara Terbaik untuk Kuliah Hubungan Internasional

  • Swiss
    Negara ini menempati urutan pertama sebagai destinasi terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi jurusan Hubungan Internasional. Kamu bisa mendaftarkan diri di salah satu kampus terbaik nya, yakni Geneva School of Diplomacy and International Relations. Swiss termasuk negara maju dan berdekatan dengan negara-negara lain seperti Jerman, Prancis dan Belgia.
  • Amerika Serikat
    Kamu pasti merasa bangga bisa berkuliah di Amerika Serikat, bukan? Jurusan Hubungan Internasional bisa ditemukan dan cukup menjanjikan selama menetap di sana. Kamu juga harus punya kemampuan Bahasa Inggris untuk mendapat prospek kerja cukup baik di Negeri Paman Sam.
  • Inggris
    Jurusan Hubungan Internasional menjadi prodi unggulan yang sering dipilih mahasiswa asing yang kuliah di Inggris. Kamu bisa kuliah di Oxford University dan London School of Economics and Political Sciences. Kamu bahkan bisa berpeluang bekerja di Parlemen Kerajaan Inggris.
  • Belanda
    Kuliah Hubungan Internasional di Eropa ternyata bisa kamu tempuh di Belanda. Kamu bukan hanya dikenalkan dengan kebudayaan berbagai macam negara dari seluruh dunia, namun prospek kerja sangat luas. Kalian bisa memilih Kota Amsterdam sebagai wilayah terbaik untuk kuliah di sana.
  • Singapura
    Singapura menjadi salah satu negara terbaik di Asia yang paling tepat untuk menempuh pendidikan tinggi jurusan Hubungan Internasional. Kamu bisa tahu apa saja soal bisnis internasional dan multicultural yang tidak kalah saing dengan negara-negara Amerika dan Eropa.

Jangan mengurungkan niatmu menempuh pendidikan tinggi jurusan Hubungan Internasional. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri untuk meraih mimpi dengan mendapat prospek kerja menjanjikan dari prodi ini, terutama sampai ke luar negeri.

Related posts