Home » Mengatasi » Penyebab Rem Mobil Bunyi

Penyebab Rem Mobil Bunyi

Penyebab rem mobil bunyi umumnya didasari oleh berbagai macam hal pada bagian rem yang berperan penting saat anda berkendara. Tak bisa dipungkiri bahwa rem yang menghasilkan suara keras bahkan berdecit tentu saja sangat mengganggu diri anda bahkan orang lain.

Anda tidak perlu khawatir lantaran kendalanya disebabkan faktor-faktor umum yang dipastikan mampu diatasi bila anda mampu mengamati masing-masing komponen dengan tenaga ahli dari bengkel terpercaya.

Hal penting yang harus anda ketahui bahwa penyebab rem mobil bunyi dan berdecit saat diinjak tidak boleh diabaikan begitu saja.

Dampak serius yang mengancam diri anda maupun orang lain adalah kecelakaan berujung hilangnya nyawa saat berkendara.

Maka dari itu, pembahasan berikut bisa menjawab semua keluhan yang anda alami soal rem mobil yang bunyi untuk ditangani secepat mungkin dalam menjaga keselamatan saat berkendara setiap hari.

Penyebab Rem Mobil Bunyi

Penyebab Rem Mobil Bunyi

Penyebab Rem Mobil Bunyi

Apa yang Menyebabkan Rem Mobil Bunyi dan Berdecit Keras?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan rem mobil menghasilkan bunyi keras dan berdecit saat anda menginjaknya dan harus diatasi demi keselamatan bersama, yaitu :

  1. Kampas Rem Tidak Berkualitas

Penyebab rem mobil bunyi adalah kampas rem tidak berkualitas. Anda tidak boleh keliru bahkan salah memilih jenis-jenis kampas yang berkualitas lantaran mereknya sangat berdampak terhadap kinerja rem saat digunakan.

Tak menutup kemungkinan bila bunyi keras bahkan berdecit yang berasal dari rem mobil anda berasal dari kampas yang kurang berkualitas. Oleh sebab itu, anda patut memperhatikan kampas yang dipakai dan menyesuaikan dengan standar mobilnya.

  1. Kotoran pada Permukaan Rem

Rem yang menghasilkan bunyi keras maupun berdecit rupanya disebabkan oleh kotoran yang menempel pada permukaan rem.

Kotoran tersebut cenderung menyerupai tanah maupun debu, penyebab rem mobil bunyi dan berdecit satu ini memang terkesan sepele namun bila kotorannya menempel antara cakram otomatis dan kampas rem bakal menghasilkan suara lebih keras.

Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan kotorannya yang menempel pada piringan cakram untuk bekerja normal seperti biasa.

  1. Tumpukan Debu pada Rem Tromol

Jangan pernah menilai semua mobil menggunakan rem cakram depan maupun belakang, namun sebagian besar dari para pengguna kendaraan roda empat masih mengandalkan rem tromol.

Kendala rem bunyi cukup keras biasanya disebabkan oleh tumpukan debu pada bagian tersebut dan menghalangi rem ketika diinjak, serta bunyi yang dihasilkan cukup keras ketika anda menginjak remnya untuk menghentikan mobil saat mengemudi di jalan raya.

  1. Pedal Rem Kekurangan Pelumas

Suara rem yang terdengar bukan hanya berasal dari bagian luar saja, namun juga di dalam dan terutama pada bagian kabin.

Hal ini dikarenakan kekurangan pelumas di sekitar kabinnya dan berujung terhadap munculnya suara rem cukup keras dan berdecit ketika diinjak.

Jika hal itu terjadi, maka anda bisa mengunjungi bengkel terdekat dan berkonsultasi dengan tenaga ahli untuk memperbaiki pedal rem supaya anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

  1. Kampas Rem Habis

Jika anda selalu mengendarai mobil secara rutin, maka kampas rem bakal menipis bahkan habis dengan cepat. Apabila kampasnya sudah habis, maka bisa menimbulkan gesekan langsung dengan disk brake dan mengakibatkan kekuatan rem semakin berkurang dan menghasilkan bunyi cukup keras.

Penyebab rem mobil bunyi dan berdecit seperti ini sangat mudah diatasi melalui penggantian kampasnya yang baru melalui bengkel atau dealer resmi yang menyediakan produk serupa bak mobil anda.

  1. Percikan Air pada Piringan Cakram

Faktor terakhir adalah percikan air pada piringan cakram mampu menghasilkan bunyi pada rem mobil anda. Kendati demikian, anda harus tenang atas hal tersebut dan suaranya bakal hilang bila melakukan pengereman saat berkendara.

Percikan air yang masuk ke dalam piringan cakram biasanya disebabkan oleh curah air hujan cukup besar saat anda mengemudi mobil kesayangan di jalan dan komponen tersebut perlu diperiksa setelah selesai berkendara.

Cara Mengatasi Rem Mobil Bunyi dan Berdecit yang Benar

Bagaimana Menangani Rem Mobil Bunyi yang Cepat dan Tepat? Penyebab rem mobil bunyi tentu saja mampu ditangani sesuai penyebab utamanya. Jika anda merupakan pemilik mobil matic, maka bisa memperhatikan kondisi kampas rem yang menjadi penyebab dasar rem mobil berdecit.

Apabila kampas remnya menipis bahkan habis, anda harus menggantinya dengan komponen baru, harganya pun lebih mahal bila dibandingkan kampas rem motor yang relatif lebih murah.

Jika kampas remnya masih tebal atau bagus, anda bisa membersihkannya dengan alat khusus bernama brake cleaner yang merupakan cairan untuk membersihkan air maupun oli yang menempel pada permukaan rem, supaya rem mobilnya bisa bekerja dengan normal.

Anda juga perlu mengamplas kampas rem agar permukaannya semakin kasar dan tidak menghasilkan bunyi ketika rem diinjak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *