Cara Jual Mobil

Cara Jual Mobil yang Masih Kredit

Cara jual mobil yang masih kredit biasanya dilakukan oleh seseorang yang sedang membutuhkan uang. Jadi mereka terpaksa harus menjual mobil, meskipun masih dalam proses kredit atau cicilan.

Namun bagi Kamu yang mengalami kondisi serupa, tidak perlu khawatir, karena Kami akan membagikan trik jual mobil kredit dengan harga jual yang tinggi.

Jual Mobil yang Masih dalam Masa Kredit

Mobil sebenarnya bisa dijadikan sebagai aset sekaligus kebutuhan untuk sebagian orang. Di samping itu, mobil pun bisa menjadi hobi para peminatnya.

Hanya saja, nilai aset ini bisa dikatakan cukup tinggi, karnanya banyak yang menggunakan fasilitas kredit untuk pembiayaannya.

Sebenarnya kredit mobil tergolong ke dalam jenis KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) sebagai alternatif pembiayaan agar mendapatkan motor atau mobil baru maupun bekas dengan cepat melalui sistem pembayaran kredit atau mengangsur.

Untuk kredit sendiri bisa diajukan ke pihak leasing, bank maupun lembaga pembayaan lainnya yang menawarkan produk pinjaman.

Biasanya, jaminan yang dipakai dalam proses Kredit Kendaraan Bermotor ialah kendaraan, sehingga jika Kamu gagal bayar, maka mobil yang Kamu cicil pun akan disita.

Namun terkadang seseorang terpaksa menjual mobilnya, baik itu dikarenakan masalah finansial maupun ingin berganti tipe atau model mobil.

Kasus tersebut dapat terjadi kapan pun, baik di waktu dekat maupun dalam waktu yang cukup lama. Bahkan bisa saja terjadi ketika mobil tersebut sebenarnya masih dalam proses kredit atau belum lunas.

Nah, jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya mobil tersebut harus terjual cepat dengan harga tinggi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerugian. Lalu, bagaimana sih cara jual mobil kredit dengan nilai jual yang tinggi? Simak ulasannya di bawah ini!

Terkait:  Biaya Cat Mobil Baret

Cara Jual Mobil Cepat yang Masih Kredit

Cara Jual Mobil
Jual Mobil Cepat

Mobil bisa dikatakan sebagai aset yang nilainya terus menurun seiring waktu. Sehingga, Kamu yang terpaksa harus menjual kendaraanmu yang masih dalam masa kredit, perlu memutar otak supaya Kamu bisa menjual mobilmu dengan harga tinggi.

Apalagi jika Kamu memerlukan dana darurat, ini artinya Kamu perlu mencari ide supaya mobil dapat dijual cepat. Simak ulasan cara jual mobil cepat yang masih kredit berikut!

Jual Mobil dengan Sistem Over Kredit

Cara yang bisa Kamu lakukan pertama kali ialah dengan menjual mobil lewat sistem over kredit. Sebenarnya cara ini cukup menguntungkan bagi Kamu yang terburu-buru untuk membeli kendaraan baru sebab Kamu akan langsung memperoleh dana hasil penjualan dari pembeli.

Sistem over kredit kendaraan adalah tindakan pengalihan proses kredit kendaraan ke pihak atau orang lain yang telah dilakukan dengan cara sah sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Adapun beberapa faktor kenapa Kamu melakukan over kredit, diantaranya mendapatkan suku bunga lebih ringan, kebutuhan finansial yang sangat mendesak, dan ingin membeli mobil baru yang lebih bagus.

Jadi singkatnya, sistem over kredit itu sendiri ialah sebuah cara penjualan mobil dengan “melimpahkan” proses kredit mobil ke pembeli. Dengan kata lain, Kamu tetap dapat menjual mobil tersebut saat ini walaupun status kreditnya masih belum lunas.

Namun proses over kredit sendiri tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab hal tersebut telah tertuang dalam aturan undang-undang, yang menjelaskan bahwa dilareang melakukan transaksi jual beli, gadai, pengalihan atau sewa kendaraan bermotor yang masih kredit tanpa seizin dari pihak perusahaan pembiayaan.

Jual Mobil dengan Sistem Refinancing

Cara yang bisa Kamu lakukan kedua ialah dengan sistem refinancing. Apa sih yang dimaksud dengan refinancing?

Refinancing di sini maksudnya ialah mengganti pinjamanmu dengan pinjaman yang lain. Proses ini bisa dilakukan dengan cara memberi pinjaman sekarang atau Kamu bisa berpindah ke pemberi pinjaman lain.

Terkait:  Merek Mobil Suzuki

Sehingga Kamu bisa mengalihkan kredit mobil ke pihak pembiayaan atau leasing lain. Kesimpulannya, cicilanmu yang masih tersisa di perusahaan pembiayaan sekarang akan dilunasi leasing pengganti, kemudian proses cicilan selanjutnya akan dibayarkan pada leasing pengganti.

Alasan umum memilih proses refinancing kredit kendaraan ini ialah ketika Kamu mendapatkan suku bunga lebih ringan dari tempat yang lain. Sehingga dapat dikatakan, Kamu bisa melunasi cicilan mobil dengan cepat melalui cara ini.

Selain itu, proses refinancing sendiri sebenarnya cukup mudah. Kamu akan dibantu pihak pemberi cicilan atau kredit. Tapi sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini :

1. Pastikan Suku Bunga Pengganti Lebih Rendah

Refinancing ke lembaga pembiayaan pengganti tentunya akan dibebankan bunga. Jadi untuk memperoleh keuntungan, sebaiknya pastikan bunga pada leasing pengganti nilainya lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum memilih leasing baru Kamu harus sudah menerima informasi lengkap mengenai leasing tersebut. Kamu juga bisa membandingkan lembaga pembiayaan yang satu dengan lembaga pembiayaan lainya secara online.

2. Hitung Besarnya Dana yang Dapat Diperoleh

Sesudah Kamu menentukan leasing pengganti sesuai kriteriamu, maka langkah berikutnya ialah dengan menghitung besarnya dana yang dapat Kamu peroleh dari hasil refinancing tersebut. Perlu Kamu ketahui bahwa setiap lembaga pembiayaan, mempunyai prosedur berbeda, oleh karenanya pastikan Kamu menghitungnya dengan cermat.
Jangan lupa pula untuk berkomunikasi dengan pihak leasing pilihanmu supaya mendapatkan informasi lebih detail mengenai dana yang dapat Kamu peroleh.

3. Persiapkan Dokumen atau Data yang Diperlukan

Sama halnya dengan over kredit, Kamu harus mempersiapkan dokumen dan data yang diperlukan guna melengkapi permohonan pengajuan refinancing, salah satunya ialah bukti pembayaran cicilan per bulannya. Sebab bukti tersebut bisa menentukan apakah permohonan refinancing yang Kamu ajukan diterima ataukah tidak.

Terkait:  Cara Menghitung Pajak Mobil

Biasanya, apabila Kamu sering telat melakukan pembayaran cicilan, maka kemungkinan pengajuan refinancing Kamu akan ditolak lembaga pembiayaan baru sebab bisa menimbulkan resiko cicilan macet. Oleh karena itu, Kamu harus disiplin membayar cicilan.

Refinancing akan memberikan keuntungan dan bisa meringankan kredit mobil sekaligus dapat membantu pelunasan menjadi lebih cepat, apabila dilakukan dengan tepat waktu, mengukur kemampuan keuangan terlebih dahulu, mencari pihak kreditur baru yang suku bunga dan biayanya lebih kompetitif, mengumpulkan informasi mengenai info kreditur yang lama dan membandingkannya dengan yang baru.

Kredit mobil merupakan kredit dalam jangka menengah karena memakan waktu mulai dari 3-5 tahun lamanya. Maka dari itu, Kamu harus teliti ketika membeli mobil saat awal agar terhindar dari kerugian dalam jangka panjang.

Ketika Kamu terpaksa harus menjual mobilmu meskipun masih dalam masa kredit, sebaiknya pergunakan dan pilih salah satu dari cara jual mobil yang masih kredit di atas. Selamat mencoba!car

Similar Posts