Home » Cara Kerja » Cara Kerja Adsense

Cara Kerja Adsense

Bagaimana cara kerja Adsense? Google Adsense merupakan program kerjasama sistem periklanan internet dari Google yang dapat memfasilitasi publisher saat mempromosikan atau memasang iklan kepada para advertiser yang telah terdaftar dalam Google, baik di situs atau blog mereka.

Darimana sebenarnya iklan Adsense berasal? Di dunia persaingan bisnis, ada banyak cara supaya bisnis bisa terkenal atau poopuler, dan produk bisnis cepat diketahui khalayak ramai, adapun salah satu caranya ialah lewat media iklan.

Kita tahu bahwa Google sebagai sebuah perusahaan raksasa dengan pengguna terbanyak di dunia menawarkan layanan khusus dalam memfasilitasi para advertiser atau pengiklan untuk memasarkan/mempromosikan perusahaan atau produk yang dimiliki.

Lewat berbagai macam cara, Google dengan memanfaatkan sejumlah teknologi internet berusaha mempromosikan dan menyampaikan iklan dari para advertiser ke konsumen dengan tepat sesuai kategori dan kriteria iklan yang telah dipilih.

Cara Kerja Adsense

Cara Kerja Adsense

Cara Kerja Adsense | Google Adsense Youtube

Pada ummnya, terdapat 4 aktor yang ikut terlibat serta berinteraksi dengan Adsense, yakni penyedia layanan iklan, konsumen, publisher, dan advertiser sebagai pengiklan. Dimana jika dilihat berdasarkan garis besar, cara kerja Adsense itu sendiri ialah sebagai berikut.

Pihak publisher memajang iklan lewat layanan Google, kemudian Google sebagai pihak yang menyediakan layanan iklan menawarkan program untuk mempromosikan iklan tersebut supaya mudah dijumpai konsumen dengan target yang sesuai. Adapun program ini lebih dikenal sebagai Google Adsense.

Lewat layanan inilah iklan disalurkan atau dipromosikan ke Publisher iklan, dan telah disetujui Google. Selanjutnya para Publisher akan mempromosikan iklan Adsense di halaman blog atau situs yang mereka punya.

Untuk menjadi seorang Publisher sendiri tak ada pungutan biaya apapun alias gratis, para Publisher akan menerima income atau keuntungan, saat iklan yang mereka pasang di halaman situs/blog mereka di klik para pengunjung.

Pubsliher akan langsung dibayarkan oleh Google lewat rekening akun virtual secara khusus dari Adsense. Adapun perhitungan penghasilan yang diperoleh Publisher sendiri menyesuaikan biaya CPC alias Cost per Click yang biasanya dipasang para advertiser berdasarkan iklan yang telah dillik tersebut.

Selain itu, Publisher pun dapat mencairkan penghasilan mereka berbentuk dolar saat sudah memenuhi limit pembayaran.

Mengenali Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Adsense

Setelah mengetahui cara kerja Adsense, ada beberapa pihak yang ikut terlibat dalam Goodl Adsense yang harus Kamu ketahui, di bawah ini :

1. Advertiser (Pengiklan)

Pengiklan atau advertiser ini nantinya berusaha untuk menggunakan jasa layanan iklan di internet, yakni Google Adsense guna mempromosikan perusahaan atau produk yang dimiliki oleh mereka.

Para pengiklan saat hendak beriklan di Adsense harus memakai tool khusus di Google, dimana tool tersebut ialah Google Adword, namun sebelum memanfaatkan tool tersebut, maka pengiklan harus mendaftar atau melakukan registrasi terlebih dahulu di Google Adword.

Untuk persyaratan pendaftaran di Adword sendiir cukup mudah, hanya memerlukan alamat akun Email Google, dan langsung daftar di Google Adword.

Jika Kamu sudah mempunyai akun di Google Adword, selanjutnya para pengiklan dapat mengajukan permhonan memasang iklan lewat fasilitas yang tersedia di Google Adword, advertiser atau para pengiklan dapat memilih iklan yang nantinya mereka pasang.

Lalu mereka pun akan dibebankan biaya untuk berikan sesuai kesepakatan antara pihak Google dengan pengiklan.

2. Penyedia Layanan Iklan

Penyedia layanan iklan adalah Google, dimana Google menawarkan platform web khusus untuk memfasilitasi para advertiser dalam beriklan. Aplikasi ini dikenal sebagai Google Adword.

Jadi saat advertiser atau pengiklan memutuskan beriklan lewat Google maka mereka harus mempunyai akun Adword lebih dahulu.

Selanjutnya dengan memanfaatkan fasilitas di Google Adword, pengiklan dapat memasang iklan lewat format iklan tertentu dan biaya sesuai yang sudah ditetapkan oleh Google.

3. Publisher Adsense

Publisher sendiri merupakan pihak yang ikut membantu Google dalam mempromosikan atau mempublikasikan iklan dari para pengiklan yang telah terdaftar dalam Google.

Para Publisher ini akan mempromosikan iklan tadi lewat halaman blog atau situs mereka. Maka dari itu, persyaratan menjadi seorang Publisher ialah harus mempunyai alamat blog atau situs, entah itu berbayar maupun gratis.

Dimana situs/blog tersebut nantinya dipakai untuk memajang iklan Adsense. Akan tetapi untuk bisa memasang iklan Google Adsense di Blog yang Kamu miliki seperti tidak mudah.

Biasanya para Publisher yang diperkenankan ialah publisher yang blog atau situs yang harus mengajukan ke pihak Google untuk memasang iklan. Ini artinya, Kamu harus mendaftarkan diri ke Google Adsese lebih dahulu. Sementara untuk melakukan registrasi menjadi Publisher sendiri gratis tanpa pungutan biaya.

Akan tetapi persyaratannya, Kamu harus mempunyai situs atau alamat blog sndiri, sesudah mengajukan, Google nantinya akan melakuakn review setiap registrasi dari calon Publisher, lalu Google akan langsung menerima dan memilih Publisher mana yang sudah memenuhi kriteria menurut ketentuan dan kebijakan mereka.

Jika calon Publisher sudah diterima sebagai Publisher Adsense, maka Publisher diizinkan untuk memajang iklan Adsense di blog mereka sesuai ketentuan pemasarangan yang telah ditetapkan Adsense.

4. Konsumen

Konsumen merupakan pihak terakhir yang ikut terlibat dalam siklus cara kerja Adsense, konsumen merupakan orang yang menemukan iklan tersebut baik secara sengaja ataupun tidak.

Saat konsumen berminat pada iklan Adsense, biasanya mereka langsung mengklik link iklan tersebut guna memperoleh informasi lebih lengkap tentang iklan Adsense tersebut.

Sehingga tujuan advertiser dapat terpenuhi, sedangkan pemasang iklan nantinya dipungut biaya untuk proses pengiklanan tersebut oleh Google, sementara Publisher inilah yang nantinya mendapatkan pembagian profit dari Google sesuai biaya yang sudah ditetapkan.

Cara Kerja Adsense di Blog

Jika Kamu berada di posisi Publisher, maka ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa Kamu memilih Publisher Adsense kemudian memasang iklan di blog Kamu.

Alasan tersebut tentu saja dikarenakan profit atau keuntungan yang didapat cukup menggiurkan. Ini artinya, dengan Kamu memasang Adsense, maka Kamu akan mendapatkan income atau keuntungan tanpa mengeluarkan sedikitpun modal alias gratis.

Darimana profit tersebut didapatkan? Penghasilan atau profit yang kamu peroleh dari Adsense, sebenarnya baru bisa Kamu dapatkan saat ada pengunjung blogmu yang mengklik iklan Adsense di halaman blog Kamu.

Jadi setiap klik ke iklan yang Kamu pasang, Google akan menghargainya sebagai nilai upah yang wajib dibayarkan ke Publisher berdasarkan perhitungan tertentu.

Adapun perhitungan pendapatan yang akan Kamu dapatkan dikenal sebagai Cost Per Click atau CPC atau biaya tiap kali iklan di klik, para pengiklan akan memasang besarnya biaya setiap kali klik iklan yang telah dipasang dengan biaya berbentuk dolar.

Sementara CPC sendiri ialah penghasilan yang akan diperoleh saat iklan yang Kamu pasang di blog mendapatkan klik pengunjung. Maka dari itu, tugas seorang Publisher ialah berusaha supaya blog/situs mereka mendapatkan traffic pengunjung yang melimpah, dengan demikian peluang klik di iklan yang Kamu pasang akan semakin banyak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *