Cara Kerja Antena TV

Cara Kerja Antena TV
Cara Kerja Antena TV

Cara kerja antena TV sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara kerja sistem antena di perangkar yang lainnya. Antena mempunyai peranan sangat penting bagi sebuah perangkat atau rangkaian elektronik yang berkaitan dengan perangkat radio atau gelombang elektronik.

Ada beberapa perangkat elektronik tertentu yang memerlukan antena, diantaranya radar, radio, bluetooth, wifi, ponsel, dan TV. Perangkat antena ini sangat diperlukan, baik untuk menerima maupun memanycarkan sinyal televisi.

Read More

Apa Itu Antena?

Antena dapat didefinisikan sebagai salah satu alat listrik untuk mengubah sinyal atau energi listrik ke dalam gelombang elektromagnetik, lalu memancarkan gelombang tersebut ke ruang bebas, dan sebaliknya.

Antena juga bisa dikatakan sebagi Transduser sebab bisa mengubah bentuk energi yang satu ke bentuk energi yang lainnya.

Fungsi Antena

Antena merupakan komponen terpenting diantara semua jenis perangkat dengan memanfatkan radio. Tidak terkecuali untuk siaran televisi, siaran radio, penerima komunikasi, ponsel, radar, radio dua arah, hingga komunikasi satelit.

Bahkan pada perangkat lainnya, diantaranya seperti pada mikrofon nirkabel, pembuka pintu garasi, jaringan komputer nirkabel, bluetooth perangkat yang diaktifkan, tag RFID dalam barang dagangan, dan monitor bayi.

Selain itu, Antena juga bisa mencakup semua unsur direktif atau reflektif maupun permukaan yang tak terhubung ke penrima atau pemancar, seperti reflektor parabola, elemen parasit, maupun tanduk.

Ini berguna untuk mengarahkan sistem gelombang radio ke dalam sinar maupun pola radiasi yang diinginkan.

Perangkat antena bisa dirancang untuk menerima atau mengirimkan gelombang radio ke seluruh arah yang sama atau mengirimkan geombang dalam balok pada arah tertentu sekaligus menerima gelombang hanya satu arah.

Terkait:  Cara Kerja Cloud Computing

Antena bisa bekerja dengan baik dimana saja sebab gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruangan hampa udara, udara terbuka, lorong bawah tanah atau di dalam air.

Antena paling baik adalah antena yang bisa meneruskan sinyal menggunakan spektrum energi frekuensi radio yang paling besar, jika dilihat dari sisi penerimaan dalam jarak jauh.

Jenis-Jenis Antena

Sebelum kita membahas cara kerja antena TV, ada beberapa jenis antena yang perlu Kamu ketahui di bawah ini :

1. Antena Omni Directional

Ialah antena berjenis wide beam width dengan sudut pancaran lebih besar, tapi jaraknya bisa dikatkana lebih pendek. Antena ini dipakai untuk menerima atau mengirimkan sinyal ke semua arah. Seperti antena yang digunakan sebagai pemancar hostpot, dipole, antena Hp, dan lain sebagainya.

2. Antena Directional

Adalah antena sejenis narrow beam width, yang artinya hanya mempunyai sudut pancaran kecil tapi lebih terarah. Adapun contohnya ialah antena satelit parabola, antena sectoral, yagi, grid, wajan bolic, dan lain sebagainya.

Contoh-Contoh Antena Beserta Kegunaannya

1. Antena TV Parabola

Antena yang satu ini biasanya dipakai untuk menangkap gelombang atau sinyal pada satelit TV. Dengan kata lain sinyal elektromagnetik akan dikumpulkan dan dipantulkan ke titik fokus.

Oleh karenanya, antena ini dapat dipakai untuk menonton siaran TV, mengakses internet, dan lain sebagainya lewat receiver parabola. Jenis antena ini ada 2, diantaranya jenis Offset dan Prime fokus.

2. Antena Grid

Antena jenis ini banyak dipakai untuk menangkap sinyal Wifi, sebab sinyal yang telah diterimanya akan difokuskan ke titik tertentu.

Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, jenis antena Grid banyak dimodifikasi dalam menangkap jaringan 3G, HSPA atau EVDO.

Terkait:  Cara Bom Like di Instagram

3. Antena Wajan Bolic

Antena jenis ini dapat Kamu aplikasikan untuk menerima sinyal Wifi atau 3G yang berasal dari BTS terdekat.

4. Antena Yagi

Antena ini biasanya digunakan untuk menangkap sinyal elektomagnetik yang berasal dari sistem pemancar TV Telestrial atau Radio.

Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, jenis antena ini pun banyak digunakan untuk menguatkan gelombang Hp atau modern HSPA.

5. Antena Omni

Antena jenis ini banyak digunakan sebagai transmitter atau pemancar FM. Pada perangkat TV jadul, jenis antena ini masih sering dipakai.

Namun jika digunakan untuk menangkap atau menerima, antena ini bisa dibilang kurang efektif. Sebab masih belum terfokus atau terarah. Maka dari itu, antena jenis ini sekarang jarang digunakan untuk menerima.

6. Antena Sectoral

Termasuk jenis antena paling banyak digunakan sebagai access point. Dengan perangkat antena ini Kamu dapat mengirim atau menerima sinyal Wifi atau Hostpot.

Cara Kerja Antena TV

Cara Kerja Antena TV
Antena TV

Dalam sistem tranmisi, selanjunya sinyal informasi dimodulasi lebih dahulu menggunakan sinyal analog dengan frekuensi yang lebih tinggi.

Selanjutnya dikuatkan sampai level daya yang ditentukan. Lalu sinyal akan termodulasi dan sudah dikuatkan. Kemudian inilah yang nantinya dimasukkan ke dalam antena.

Biasanya antena terbuat dari material logam bersifat konduktor. Jadi ketika antena menangkap energi listrik, maka antena akan mengubahnya ke gelombang elektromagnetik lalu melepaskannya ke udara bebas.

Radiasi elektromagnetik sendiri merupakan kombinasi dari medan magnet dan medan listrik yang telah berisolasi serta merambat melalui ruang tertentu, kemudian membawa energi yang berasal dari suatu tempat menuju tempat lainnya.

Sementara pada penerima sendiri, radiasi gelombang elektromagetik yang telah diterima antena di udara akan menghasilkan sebuah pergerakan elektron dalam elemen antena, sampai dihasilkan sebuah gelombang listrik.

Terkait:  Cara Investasi Reksadana untuk Pemula: Untung Mudah Terjamin!

Adapun sinyal yang dihasilkan itu sendiri tergantung diterimanya kekuatan radiasi, dan akan dilanjutkan ke sistem, biasanya akan dikuatkan, dalam filter lalu demodulasi sampai memperoleh informasi.

Seperti halnya cara kerja antena TV, yang mana hasil dari rekaman kamera diubah ke dalam bentuk sinyal-sinyal listrik. Sinyal tersebut kemudian diperkuat lalu dialirkan lewat kabel hingga sampai di antena.

Lalu sinyal listrik akan menghasilkan radiasi gelombang elektromagnetik. Nah, gelombang elektromagnetik inilah yang akan dipancarkan atau dilepaskan ke ruangan bebas.

Apabila seseorang menyalakan TV dengan frekuensi yang pas, maka gelombang elektromagnetik tadi akan dapat ditangkap antena si penerima.

Kemudian gelombang tersebut menciptkana gerakan secara bolak-balik untuk menghasilkan sinyal atau energi listrik. Apabila sinyal tersebut diteruskan ke penerima, maka siaran TV pun bisa ditonton.

Agar tayangan TV yang Kamu tonton lebih jernih, sebaiknya tambahkan booster sebagai pengat sinyal listrik. Jadi, bisa dikatakan bahwa cara kerja antena TV tak jauh berbeda dari antena radio maupun perangkat lainnya.

Parameter Kinerja Antena

Tiap-tiap antena mempunyai paramter kinerja sebagai patokan kualitas antena itu sendiri. Parameter pertama ialah pola radiasi. Dimana parameter tersebut berkaitan dengan kekuatan gelombang elektromagnetik yang dipancarkan atau kualitas penerimaan sinyal pada antena.

Sedangkan paramter kedua ialah keterarahan. Dalam mengukur keterarahan sebuah antena, maka dayanya harus dibandingkan di suatu titik tertentu menggunakan pemancaran radiasi ke semua arah yang lainnya.

Semua parameter antena TV sangat berkaitan dengan prinsip dan cara kerja antena TV sehingga bisa menjadi patokan dalam memilih antena jenis apa yang ingin dibeli.

Cek Juga Daftar Artikel Rekomendasi Berikut:

» Cara Nego Gaji
» Cara Merekam Google Meet
» Cara Muka Tidak Kusam
» Cara Narik Duit di DANA
» Cara Mobile Banking BNI
» Cara Over Kredit Rumah

Related posts

Leave a Reply