Cara Muka Tidak Kusam

Wajah kusam bisa mengganggu penampilanmu, apalagi kalau sering bertemu dengan banyak orang setiap hari. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui cara muka tidak kusam supaya bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan konturnya yang bersih dan sehat.

Wajah merupakan aset utama dalam menunjang penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Apabila kamu punya kulit wajah kotor dan kusam, maka bisa menurunkan kepercayaan diri ketika bertemu dengan orang lain, apalagi saat momen Idul Fitri seperti sekarang.

Kami beritahu bahwa wajah kusam biasanya disebabkan oleh kelalaian dirimu sendiri dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area tubuh tersebut. Debu dan polusi sudah menjadi faktor klise yang mana sebagian besar orang hampir sering mengeluh mukanya kotor karena sering terkena asap kendaraan.

Kamu tidak perlu cemas bila mempunyai wajah kusam dan berjerawat, cara muka tidak kusam bisa diatasi dengan cepat dan mudah. Bahkan, kamu jangan menghabiskan uang banyak untuk mendapat muka glowing dan putih permanen, lho.

Cara Muka Tidak Kusam
Cara Muka Tidak Kusam

Penyebab Wajah Kusam

Wajah kusam dan berjerawat tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor, lho. Kamu harus mengetahui hal-hal yang menyebabkan timbulnya kekusaman pada mukamu sebagai berikut:

  • Pertambahan Usia
    Manusia akan selalu mengalami pertambahan usia selama masih diberikan kesempatan hidup oleh Tuhan. Namun, tak bisa dimungkiri seiring bertambah umur seseorang ternyata wajah akan mengalami masalah umum, salah satunya adalah kusam dan timbulnya garis halus.
  • Penggunaan Skincare yang Salah
    Kini, banyak merk skincare dengan harga dan varian berbeda untuk setiap jenis kulit. Jika kamu menggunakan produk skincare yang salah, maka bisa menimbulkan kusam bahkan jerawat pada wajah. Alhasil, kamu harus habiskan waktu dan uang untuk menghilangkannya.
  • Paparan Sinar Matahari
    Sinar matahari memang bagus untuk kesehatan tubuh, namun tidak berlaku untuk wajah dalam jangka panjang. Jika muka kamu terkena paparan sinar matahari terus menerus, kulit wajah rentan mengalami masalah seperti kusam dan noda hitam akibat radiasi dan sinar UV.
  • Penumpukan Sel Kulit Mati
    Faktor selanjutnya adalah penumpukan sel kulit mati. Sel-sel kulit mati akan mengelupas secara alami untuk meregenerasi sel-sel baru selama 30 hari atau lebih. Namun, sel kulit mati justru tidak mengelupas sepenuhnya dan justru mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam.
  • Pemakaian Pelembab Tidak Teratur
    Pelembab bukan hanya dibutuhkan oleh wanita, namun juga pria. Jika kamu punya kulit muka kusam dan berjerawat, pelembab menjadi obat penting untuk mengatasinya. Jika kamu jarang memakai pelembab sesuai jenis kulit wajah, masalah kusam dan flek akan susah hilang.
Terkait:  Cara Menutup Akun Jenius

Cara Muka Tidak Kusam

Cara muka tidak kusam dan berjerawat sebetulnya bisa ditangani dengan cepat. Kamu akan tahu semua resepnya melalui artikel ini. Kami sudah merangkum semua informasinya supaya kamu bisa mengatasi kekusaman dan warna kulit wajah tidak merata dengan mudah.

Kusam memang menjadi momok tersendiri bagi siapa saja yang sulit punya kulit muka glowing. Maka dari itu, perhatikan hal-hal sederhana mulai dari produk skincare sampai asupan nutrisi yang dikonsumsi agar dapat membantu menghilangkan kusam di wajahmu.

Langkah 1: Membersihkan Wajah Secara Teratur

Cara membuat muka tidak kusam yang pertama adalah membersihkan wajah secara teratur. Jangan membuat sibuk menjadi alasanmu tidak punya waktu untuk mencuci muka, paling tidak dua kali sehari. Kamu harus membersihkan wajah saat pagi dan malam agar kotoran dapat terangkat.

Kamu harus menggunakan facial wash atau cleanser sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Jangan memakai pembersih wajah berbahan dasar alkohol karena dapat menimbulkan iritasi, apalagi kalau kulit wajah kamu sensitif.

Langkah 2: Memakai Pelembab

Jarang menggunakan pelembab merupakan salah satu faktor mengapa kulit wajahmu rentan kusam dan berjerawat. Gunakan pelembab sebagai cara membuat muka tidak kusam, pilih produk sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Kamu harus memilih pelembab dengan kandungan SPF cukup tinggi, sehingga zat aktifnya dapat melindungi kulit wajah selama berada di bawah sinar matahari. Kami anjurkan menggunakan pelembab yang mengandung zat-zat aktif seperti alpha arbutin, kojic acid serta niacinamide.

Langkah 3: Melakukan Eksfoliasi Kulit

Cara membuat muka tidak kusam selanjutnya dengan melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Tujuan ekfoliasi muka supaya bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori wajah, mencerahkan kulit dan menyamarkan garis halus maupun kerutan.

Terkait:  Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris

Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit muka paling tidak 2-3 kali seminggu. Namun, waktu terbaik untuk mengeksfoliasi wajah dilakukan saat malam hari, apalagi sebelum tidur sehingga kamu dapat melihat perbedaan kontrasnya saat bangun tidur keesokan harinya.

Langkah 4: Mengoleskan Tabir Surya

Jangan pernah meremehkan pemakaian tabir surya secara teratur. Sunscreen merupakan salah satu skincare penting supaya kulit wajah bisa tetap bersih dan cerah setiap hari. Apabila kamu selalu beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan tabir surya setiap hari.

Kamu harus mengoleskannya sebelum beraktivitas dan saat hendak tidur. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 15 atau lebih sehingga dapat memberi perlindungan maksimal untuk wajahmu.

Langkah 5: Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Sehat

Makan makanan bergizi seperti buah dan sayur adalah cara muka tidak kusam yang wajib kamu terapkan. Buah-buahan dan sayur-sayuran terbukti ampuh menjaga kesehatan dan kulit dalam jangka panjang, lho.

Kami anjurkan mengonsumsi beberapa makanan bergizi yang mengandung antioksidan dan vitamin C dan E tinggi. Pasalnya, zat-zat penting tersebut mampu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit tubuh dan wajah. Jika dikonsumsi secara rutin, maka bisa mengatasi masalah kusam dan flek hitam.

Langkah 6: Minum Air Putih Secukupnya

Cara membuat muka tidak kusam berikutnya adalah minum air putih secukupnya. Secara umum setiap orang dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Cairan tubuh harus diperhatikan keseimbangannya, sehingga kamu dapat terhindar dari dehidrasi.

Apabila tubuhmu kekurangan cairan, maka bisa membuat konsentrasi terganggu dan kulit wajah tampak kusam bahkan lebih tua. Kamu harus membiasakan diri meminum air putih paling tidak 8 gelas per hari untuk mengatasi wajah kusam dari sekarang.

Terkait:  Cara VIP WeTV

Langkah 7: Menjauhi Asap Rokok

Apabila kulit wajah sering terkena asap rokok, maka bisa menimbulkan stress oksidatif pada sel-sel kulit, lho. Masalah tersebut bisa memicu timbulnya kusam sampai penuaan dini, sedangkan orang yang sering merokok rentan mengalami kedua masalah kulit tersebut.

Apabila kamu masih merokok sampai sekarang, sebaiknya kurangi bahkan hentikan saat ini juga. Gunanya agar wajahmu dapat terlihat lebih segar dan cerah, serta terhindar dari penuaan dini akibat zat-zat aktif yang cukup berbahaya melalui rokok tersebut.

Demikian informasi tentang cara muka tidak kusam dan berjerawat yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya siapa saja bisa menghilangkan kusam sampai penuaan dini pada wajah dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Rate this post

Related posts