Cara Merubah XL Pascabayar Ke Prabayar

Cara Merubah XL Pascabayar Ke Prabayar
Merubah XL Pascabayar Ke Prabayar | IMG: XL.co.id

Apakah anda ingin mengetahui cara merubah XL Pascabayar ke Prabayar? Apa saja langkah-langkahnya? Apa saja peredaan keduanya.

XL Pascabayar atau XL Prioritas adalah layanan pascabayar yang disediakan oleh XL Axiata selaku provider, dimana kamu akan melakukan pembayaran di akhir. Dengan demikin, kamu bisa menggunakan layanan terlebih dahulu, baru setelahnya kamu melakukan pembayaran di akhir periode, setelah kamu menerima tagihan.

Berbeda dengan XL Prioritas, pada layanan XL Prabayar kamu harus melakukan pembayaran sebelum menikmati layanan paket. Kartu prabayar umumnya efektif digunakan ketika kamu tidak mempunyai pengeluaran bulanan yang rutin untuk kebutuhan komunikasi.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan promosi paket murah yang biasanya ditawarkan oleh XL Prabayar untuk kurun waktu tertentu.

Perbedaan utama layanan antara pascabayar dengan prabayar adalah sebagai berikut:

Pascabayar

  • Untuk pembayaran ada tiga cara, yaitu pertama menggunakan Auto debit dengan kartu kredit, kedua dengan ATM ataupun Mobile banking, yang terakhir pembayaran dengan Tunai/ Cash melalui Indomaret atau PT POS Indonesia
  • Untuk pemakaian, layanan pascabayar bebas digunakan hingga batas pemakaian
  • Pada layanan pascabayar, perpanjangan paket dilakukan secara otomatis tanpa pulsa
  • Fitur yang disediakan adalah isi pulsa dengan menggunakan PRIO FLEX, dan dapat menambah batas pemakaian

Prabayar

  • Untuk pembayaran hanya ada satu cara, yaitu menggunakan pulsa
  • Untuk pemakaiannya, pengguna dapat menggunakan sesuai pulsa yang dimiliki dan harus isi ulang apabila kuota habis
  • Pada layanan prabayar, perpanjangan paket dilakukan secara otomatis jika saldo pulsa yang kamu punya mencukupi
  • Fitur yang disediakan adalah isi pulsa saja
Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu XL

Biasanya tidak sedikit pengguna layanan XL Pascabayar ingin bermigrasi ke layanan pra bayar karena sudah tidak terikat harus menggunakan layanan pascabayar karena paket yang dipakai tersebut awalnya karena biasanya membeli smartphone dengan cara bundling. Sedangkan mungkin sekarang sudah cicilannya sudah lunas.

Selain itu, alasan lainnya adalah akibat paket yang digunakan terlalu besar kuotanya. Padahal, dalam sebulan penggunaannya tidak sampai setengahnya dari total kuota tersedia. Tentu sangat mubazir bukan?

Banyak pengguna provider menggunakan layanan prabayar karena dinilai lebih simpel dan praktis, layanan prabayar sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin repot membayar tagihan dan lain sebagainya.

Meski memiliki jaringan prioritas, nyatanya kartu pascabayar bisa dibilang kurang fleksibel karena kamu tidak bisa mengganti-ganti paket sesuai kebutuhan internet maupun telepon atau sms, berbeda dengan layanan kartu XL Prabayar yang bisa digunakan dengan beragam paket internet.

Dengan kartu XL Prabayar, kamu bisa menikmati banyak sekali jenis paket menarik, mulai dari yang sangat murah hingga paket dengan kualitas terbaik yang lebih mahal.

Cara Merubah XL Pascabayar Ke Prabayar

Cara Merubah XL Pascabayar Ke Prabayar
Merubah XL Pascabayar Ke Prabayar | IMG: XL.co.id

Lalu apa saja langkah-langkah atau cara merubah XL Pascabayar ke Prabayar?

Dari Pascabayar Ke Prabayar Tanpa Pengembalian Dana

Untuk kamu yang kebetulan tidak memiliki dana cadangan sebagai batas kredit. Prosesnya akan cukup sederhana. Kamu tinggal datang ke XL Center terdekat di kota mu. Lalu permintaan untuk berpindah ke prabayar akan langsung diproses. Kartu SIM pun juga tidak perlu diganti lagi. Yang terpenting, lunaskan saja jika ada tagihan.

Dari Pascabayar Ke Prabayar Dengan Pengembalian Dana

Namun, untuk kamu yang kebetulan ternyata memiliki dana cadangan untuk batas kredit, mungkin agak sedikit ribet prosesnya.

Terkait:  Cara Mengisi Kuota XL

Selain semua tagihan harus lunas, ternyata apabila ada sisa saldo atau batas kredit yang perlu dikembalikan, kamu juga harus membawa buku tabungan saat datang ke XL Center karena dana saldo/batas kredit XL Prioritas akan ditransfer melalui rekening bank.

Jadi, sebaiknya jangan sampai tidak membawa buku tabungan apabila kamu ingin mengurus perubahan layanan ke prabayar. Karena, aturan mengenai pengembalian dana ke rekening tabungan dengan menyertakan salinan buku tabungan tidak bisa ditawar/ dinego.

Jangan sampai kamu sudah mengantri ramai dan panjang, ketika kamu sudah di giliran antiranmu malah tidak bisa diproses. Dan meski, pulang untuk mengambil buku tabungan lagi.

Untuk pencairan dana nya pun agak lama, yakni hingga empat belas hari kerja. Biasanya ini akan di informasikan oleh costumer service disana.

Dan proses berhenti layanan XL Pascabayar pun selesai. Dan sama saja, kamu tidak perlu melakukan penggantian kartu SIM. Jadi tidak ada biaya tambahan lainnya.

Cara Berhenti XL Prioritas via Live Chat

Apabila kamu tidak ingin datang langsung ke XL Center karena sibuk atau lain hal, kamu bisa juga menggunakan Live Chat, berikut caranya

Kunjungi situs layanan XL Prioritas di prioritas.xl.co.id pada browser

Lalu pada bagian kanan bawah, temukan menu “Chat With Us” lalu klik.

Kemudian akan muncul form untuk anda isi terlebih dahulu seperti nama, email, nomor xl yang digunakan, topik, dan isi pesan. Pastikan nama, email, serta nomor hp yang digunakan sudah sesuai dengan data pada XL Prioritas yang kamu gunakan.

Setelah itu, tunggu sampai muncul customer service XL yang masuk ke halaman chat itu, lalu kamu boleh tulis langsung jika kamu akan berhenti XL Prioritas. Dan pastikan seluruh tagihan sudah dibayar, kemudian pihak XL akan mengecek berapa total tagihan berjalan yang harus dibayarkan.

Terkait:  Cara Melihat Nomor XL

Setelah pihak XL memberitahu kamu berapa sisa tagihan yang meski kamu bayarkan, kamu harus segera transfer ke rekening XL yang diberitahu petugas tersebut, akan tetapi alangkah baiknya kamu lebihkan dari jumlah tagihan yang ada.

Sebagai contoh, misal pada saat saya berhenti berlangganan XL Prioritas, tagihan yang harus dibayar sekitar seratus ribu rupiah, maka sebaiknya kamu transfer sekitar seratus dua puluh ribu rupiah karena ditakutkan tagihan pada XL Prioritas masih bertambah.

Oh ya, usahakan untuk nomor XL Priortas kamu jangan digunakan dulu baik untuk sms, telepon, atau internet selama proses berhenti berlangganan berlangsung. Karena dikhawatirkan nantinya tagihan yang meski dibayarkan akan bertambah.

Setelah kamu berhasil transfer, silahkan segera lakukan konfirmasi kembali melalui halaman live chat tersebut dengan mengirimkan bukti transfer pembayaran tagihannya.

Selanjutnya kamu akan disuruh untuk menunggu dua kali dua puluh empat jam atau dua hari sampai proses ini selesai. Biasanya, pihak XL Prioritas akan memberitahukan kamu jika layanan XL Prioritas berhasil di stop, maka signal dari kartu akan hilang.

Biasanya, banyak pengguna yang pernah berhenti dari layanan XL Pascabayar mengatakan tidak sampai satu jam akan muncul beberapa notifikasi sms yang masuk dari XL jika tagihannya sudah berhasil dibayar, lalu selang empat puluh lima menit kemudian signal XL Prioritas langsung hilang seketika. Jadi proses nya tidak akan memakan waktu yang sangat lama.

Kesimpulan

Berikut informasi yang telah kami jelaskan tentang cara merubah XL Pascabayar ke Prabayar. Dengan menggunakan prabayar, mungkin jaringan internet kamu tidak akan secepat ketika kamu menggunakan layanan XL Prioritas.

Namun mengganti layanan ke Prabayar bisa menolong kamu kebobolan biaya tagihan di akhir bulan akibat penggunaan yang melampaui batas paket.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Related posts

Leave a Reply