Home » Bayar » Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Jika kamu membeli mobil bekas atau seken, tentu Biaya Balik Nama BPKB Mobil menjadi salah satu poin yang patut diperhatikan. Pasalnya, hal ini yang nantinya akan mempermudah dalam pembayaran pajak setiap tahunnya.

Tidak bisa dipungkiri jika kendaraan menjadi moda transportasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik itu sepeda motor ataupun kendaraan roda empat seperti mobil.

Jika dibahas secara singkat, mobil mempunyai keunggulan tersendiri dibanding dengan motor. Salah satu yang paling mencolok ialah banyaknya anggota keluarga yang bisa diajak untuk berkendara.

Nah saat kamu membeli mobil bekas, maka data pada STNK dan BPKB masih memakai pemilik lama. Sehingga, bisa disebut kendaraan resmi menjadi milik kamu, saat sudah dilakukan balik nama.

Intinya, kamu jangan malas untuk melakukan balik nama supaya bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Namun sebelumnya, anda prosedur yang harus dilakukan untuk mutasi dan balik nama mobil bekas, bahkan ada besaran biaya yang juga harus dibayarkan.

Penting diketahui, saat melakukan balik nama kendaraan (motor ataupun mobil), akan ada biaya lumayan besar yang dibebankan. Umumnya, biaya tersebut menyesuaikan dari harga kendaraan. Agar informasi yang kamu peroleh lebih lengkap, simak ulasan yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Biaya Balik Nama BPKB Mobil

Selain melakukan balik nama bpkb mobil, ada pula biaya mutasi yang sangat umum dilakukan saat membeli mobil bekas.

Sebagai tahap awal tepatnya sebelum balik nama, kamu bisa melakukan prosedur mutasi mobil bekas terlebih dahulu. Dengan menerapkan prosedur ini, maka plat nomor mobil bekas yang sudah kamu beli, akan berubah menjadi yang terbaru saat pindah domisili.

Tentu langkah ini terbilang wajib untuk dilakukan, khususnya bagi kami yang membeli mobil dengan lokasi luar domisili tempat tinggal.

Sedangkan untuk biaya mutasi sendiri, setidaknya kamu harus menyiapkan sejumlah uang berdasar dengan PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP Polri.

Poin pertama, dikenakan biaya untuk menerbitkan STNK, yakni sebesar Rp 200.000,-. Untuk yang kedua, ada biaya penerbitan TNKB sebesar Rp 100.000,-.

Akan tetapi, tidak hanya sampai disitu saja. Sebab masih ada biaya lain seperti cetak atau ganti BPKB, sebesar Rp 375.000,-. Dan yang terakhir, ialah biaya untuk mengeluarkan surat mutasi sebesar Rp 250.000,-.

Jadi, jika ditotal secara keseluruhan, biaya yang perlu kamu siapkan untuk melakukan mutasi mobil bekas sebesar Rp 925.000,-.

Rincian Tarif Balik Nama BPKB Mobil

Bagaimana dengan biaya balik nama BPKB Mobil? Bisa disebut jika biaya balik nama mobil sangatlah bervariasi. Pasalnya semua masih tergantung dengan merek dan juga tipe kendaraan.

Akan tetapi, umumnya semua biaya tersebut tidak mempunyai perbedaan yang jauh. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak pada daftar dibawah ini :

  • Biaya pendaftaran balik nama mobil umumnya kira-kira sebesar Rp 100.000,-
  • Tarif balik nama kendaraan bermotor atau BBN KB. Ditetapkan sekitar 1% dari harga beli mobil tersebut. Sebagai contoh, jika mobil dibeli dengan harga Rp 200 juta, maka biaya yang dibebankan sebesar Rp 2 juta.
  • Biaya untuk pembuatan STNK baru sebesar Rp 200.000,-
  • Tarif TNKB yang dikenakan sebesar Rp 100.000,-
  • Biaya pembuatan BPKB baru sebesar Rp 375.000,-
  • Tarif untuk pengurusan surat atau dokumen mutasi berkisar sekitar Rp 250.000,-

Terlepas dari beberapa biaya yang dibebankan diatas, tentu sudah tidak ada lagi uang yang harus anda keluarkan. Jika memang masih ada biaya lain, maka coba ditanyakan terlebih dahulu pada petugas. Sebab ditakutkan ada biaya pungli.

Syarat Mengurus Balik Nama Mobil

Sebelum kamu putuskan untuk melakukan balik nama mobil, maka akan lebih baik jika menyiapkan beberapa berkas yang menjadi persyaratan untuk mengurusnya. Dokumen yang dibutuhkan mencakup :

  • Salinan atau fotokopi KTP pemilik baru dari mobil yang akan dibalik nama.
  • BPKB asli mobil yang juga dilengkapi dengan salinannya beberapa lembar.
  • STNK asli dan beberapa lembar yang sudah difotokopi.
  • Kwitansi atau bukti jual beli kendaraan yang sudah dilengkapi materai 6000. Harus ada tanda tangan asli pada kwitansi, sebab nantinya akan menjadi bukti. Siapkan pula beberapa fotokopinya.
  • Lampirkan hasil cek fisik dari kendaraan yang dikeluarkaan oleh Samsat setempat.

Nah setelah semua berkas persyaratan lengkap, maka selanjutnya bisa dibawa ke Samsat. Umumnya, akan ada pendaftaran serta verifikasi hingga proses balik nama akhirnya diproses.

Tahap Dan Prosedur Balik Nama

Ketika melakukan pengurusan balik nama mobil, sudah pasti akan melewati beberapa tahapan yang sudah kami rangkum dibawah ini :

  • Melakukan cek fisik kendaraan secara detailĀ  baik itu untuk cek mesin hingga nomor rangka kendaraan. Dalam hal ini, petugas Samsat yang sudah memang ditugaskan, akan melaksanakan pengecekan sesuai prosedur hingga menetapkan hasilnya.
  • Selanjutnya, petugas akan memberikan semacam formulir yang harus diisi dengan data kendaraan. Lakukan pengisian semua data sesuai sebenar-benarnya seperti yang tertera di STNK. Kemudian, data yang sudah diisi tersebut akan dibawa ke loket dan petugas akan mengarahkan kamu untuk melakukan apa selanjutnya.
  • Hafalkan nama yang tertera pada STNK, sebab masih menggunakan pemilik lama. Jika nama kamu dipanggil, segeralah datang ke lokasi yang sudah disiapkan sembari membawa semua berkas yang dibutuhkan.
  • Ketika bertemu dengan petugas, maka mereka akan meminta kamu untuk menunjukkan data hasil cek fisik kendaraan asli, STNK, BPKB, KTP Pemilik baru, serta semua berkas yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Kemudian, petugas akan melakukan pengecekan pada semua berkas satu persatu. Apabila sudah dinyatakan lengkap, maka kamu akan diarahkan pada loket khusus. Semua berkas yang sudah siap, akan diberikan atau diserahkan disana.
  • Selanjutnya, kamu akan dipanggil kembali ke loket utama serta membayar semua biaya balik nama mobil yang sudah ditetapkan rinciannya. Pembayaran harus dilakukan dan dinyatakan lunas. Dengan demikian, nantinya petugas akan memberikan tanda bukti yang nantinya bisa kamu pakai untuk pengambilan STNK dan BPKB baru.
  • Secara umum, pengerjaan akan memakan waktu sekitar 5 hari kerja. Terlepas dari itu, semua dokumen kendaraan yang baru sudah selesai dibuat.

Tips Lanjutan!

Sekedar untuk tambahan referensi, biaya balik nama mobil akan memakan biaya yang lumayan banyak. Apalagi mobil yang dimaksud tergolong pada jenis premium dan mewah.

Untuk biaya BBN KB saja, setidaknya sebesar 1% dari nilai atau harga pembelian dari mobil tersebut. Bahkan biaya tersebut masih harus diikuti oleh tarif lain yang sudah kami sebutkan diatas.

Dikarenakan biaya balik nama mobil sangatlah besar, tentu bisa menjadi bahan perhitungan sebelum kamu membeli mobil bekas.

Akan lebih baik jika kamu melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, kelebihan margin biaya yang masih ada, nantinya bisa dipakai untuk mensubsidi biaya balik nama mobil. Intinya, kamu tidak harus keluar uang yang lebih banyak.

Selain itu, langkah balik nama juga sangat penting untuk dilakukan. Khususnya untuk menjaga keamanan dari kendaraan pribadi yang kamu miliki.

Dan saat kamu hendak menjualnya kembali di kemudian hari, maka daya jual akan meningkat dikarenakan barang tersebut sudah tercatat sebagai milik sendiri dengan bukti BPKB dan STNK kendaraan tersebut.