Biaya Dak Bondek

  • Whatsapp

Rumah, seperti yang telah kalian ketahui merupakan bangunan atau tempat tinggal dimana manusia pasti membutuhkannya sebagai tempat berlindung. Terutama, jenis rumah yang sifatnya permanen. Lalu, berapa biaya dak bondek untuk rumah ukuran minimalis?

Pada dasarnya, model rumah yang terdapat di perkotaan lebih menerapkan sistem ukuran minimalis. Selain karena keterbatasan lahan kosong, biaya untuk membeli sepetak tanahnya saja sudah mahal. Belum lagi untuk membangun sebuah rumah utuh.

Read More

Biaya yang kalian butuhkan untuk merealisasikan semua hal tersebut, pastilah menghabiskan dana dalam jumlah besar. Tidak sampai disitu saja permasalahannya. Bila rumah berada dekat dengan bendungan air, atau dataran rendah, ada bencana yang sulit dihindari yaitu banjir.

Terkadang, didapati kasus adanya banjir kiriman atau banjir bandang yang membuat penduduk disekitarnya kesulitan untuk mengambil langkah menyelamatkan harta benda miliknya terlebih dahulu. Oleh karena itu, penting untuk membuat rumah menjadi bertingkat.

Entah itu tingkat 1 yang artinya kalian memiliki 2 lantai, ataupun bisa juga tingkat 2 yang berarti rumah terdiri dari 3 lantai. Penambahan lantai tersebut, dapat dilakukan dengan membuat cor dak pada bagian atap lantai sebelumnya.

Ada banyak teknik yang digunakan dalam melakukan cor dak tersebut. Salah satunya adalah teknik cor dak bondek. Masih awam dengan istilah-istilah dalam dunia konstruksi bangunan? Simak penjelasan cor bondek dan biaya dak bondek dibawah ini!

Apa sih dak bondek itu?

Pengertian dari dak dan bondek, sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Pertama, bondek sendiri merupakan suatu material atau bahan galvanis yang mirip dengan seng bergelombang. Bondek, berguna sebagai bahan pelapis pada bagian bawah lantai beton yang dicor.

Terkait:  Biaya Dak Rumah

Kedua, pengertian dak. Dak dapat diartikan sebagai bagian dari komponen dalam konstruksi bangunan, yang tujuannya digunakan untuk memisahkan antara lantai bawah dengan lantai yang ada diatasnya. Secara umum, masyarakat menggunakan model dak beton.

Teknik dak bondek ini, memiliki desain yang dikonversikan berdasakan penggunaan besaran dari diameter besi maupun besaran dari ketebalan cor beton. Bagian bergelombang atau tekuk platnya, dapat berguna untuk menjaga kekuatan dari struktur beton cor pada plat lantai. Berikut pembahasan mengenai biaya dak bondek.

Biaya Dak Bondek

Biaya dak bondek
Biaya dak bondek

Biaya dak bondek

Biaya yang kalian butuhkan untuk ngedak rumah dengan material bondek, dapat ditentukan berdasarkan kebutuhan material, luas lantai, hingga spesifikasi bahan. Berikut contoh harga dari penawaran toko yang tergabung dengan platform belanja online Tokopedia.

Produk harga alas cor bondek dengan ketebalan mencapai 0,7 mm asli x 5 meter, dikenakan tarif sebesar Rp 625.000,-. Lalu, produk bondek cor floordeck, ketebalan 0,75 mm material galvanis, yaitu Rp 111.000,-. Ada juga harga bondek cor 0,75 SNI sebesar Rp 500.000,-.

Harga cor bondek per m2

Penawaran lainnya hadir untuk kalian yang berlokasi di daerah Jabodetabek. Kisaran harga bondek galvalum atau floordeck 0,6 5 hingga 0,75 dapat ditaksir mulai dari Rp 92.000,- sampai dengan Rp 111.000,-. Baca juga biaya cor dak per m2 berdasarkan dari teknik dak lainnya.

Harga yang tertera, berlaku untuk pembelian bondek cor dengan jumlah satuan per lembar dengan ukuran per 6 meter. Material dasar pembuatan bondek, yakni terbuat dari baja yang dilapisi dengan galvanis. Selain itu, tegangan lelehnya mencapai 5.500 kg/cm2.

Proses pembuatannya menerapkan sistem hot dip galvanized. Ketebalannya mulai dari 0,77 mm sampai 1 mm (BMT). Berat lapisan galvanis Z-22 yaitu 220 gram/m2. Lebar efektifnya dapat menjangkau hingga 1000 mm. Kemudian tinggi gelombangnya, yakni sebesar 50 mm.

Terkait:  Biaya Ganti Jok Mobil

Panjang bondek galvanis, maksimalnya adalah 12 mm atau bisa juga dicustom berdasarkan panjang dari kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang. Keunggulan dari bondek cor, diantaranya ada:

  • Ketahanannya lebih kur hingga dapat meminimalisir pemakaian steger atau penyanggah
  • Mengurangi volume beton yang digunakan mulai dari 15% sampai dengan 25%
  • Tahan terhadap panas api
  • Hasilnya lebih rapih serta tidak mudah mengalami pelapukan ataupun kebocoran pada bagian bekisting
  • Berbeda dengan triplek yang mudah dibongkar kembali, bondek sulit dibongkar karena menyatu dengan struktur bangunan
  • Cara memasangny lebih mudah karena ukuran standar dari pabrik sangat membantu dalam proses pemasangan cor dak bondek, sehingga mengurangi tenaga kerja

Rincian dari simulasi harga untuk pembuatan cor dak bondek, dapat diambil contoh bila lantai yang akan dicor memiliki luas sebesar 5 x 11 meter. Misal, kalian menggunakan bahan-bahan atau material dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Pasir beton sebanyak 4 colt, dengan harga per coltnya sebesar Rp 220.000 menjadi Rp 880.000,-
  • Wiremash sebanyak 4 lembar, dikenakan tarif per lembarnya Rp 515.000,- menjadi Rp 2.060.000,-
  • Batu split sebanyak 5 colt, dengan harga per coltnya Rp 260.000,- menjadi Rp 1.300.000,-
  • Semen sebanyak 40 sak, dikenakan tarif per saknya Rp 55.000,- menjadi Rp 2.200.000,-
  • Bondek sebanyak 10 lembar, dengan harga per lembarnya Rp 540.000,- menjadi Rp 5.400.000,-

Sehingga, bila dijumlahkan secara keseluruhan, harga yang dibutuhkan untuk membangun dak bondek dalam ukuran 5 x 11 meter sebesar Rp 11.840.000,-. Semakin luas ukuran lantai yang akan didak oleh kalian, maka jumlah uangnya juga akan turut meningkat.

Perbandingan dak bondek dan konvensional

Dari segi bahan, material yang digunakan untuk mengerjakan pembangunan dak beton bondek berbeda dengan dak konvensional. Adapun material yang digunakan secara umum untuk dak bondek diantaranya bondek dan wiremash.

Sedangkan material untuk membangun dak beton, dibutuhkan semen, pasir, kerikil, tahu-tahu, dan perancah. Beikutnya, bahan-bahan yang dipakai dalam sistem konvensional seperti besi beton 2 arah (sistem penulangan 2 arah), beton, tahu-tahu, scaffolding, brekesting, dan steger.

Terkait:  Biaya Dak Rumah Ukuran 6 x 8

Akan tetapi, dibalik keunggulan yang dimiliki oleh bondek, terdapat kekurangan didalamnya. Sistem ini juga sulit diterapkan karena pada bagian plat kuantiliver atau lebih tepatnya di bagian sisi tepi bangunan perlu pengerjaan yang teliti dan baik.

Pemasangan bondek dikatakan memiliki kelemahan, karena membutuhkan perlakuan yang tepat. Pasalnya, bila ditangani oleh orang yang belum ahli di bidang konstruksi bangunan, material yang tersedia akan lebih banyak terbuang secara sia-sia.

Meskipun harganya relatif lebih murah dibandingkan sistem konvensional. Bahan yang terkandung didalam material bondek tidak mudah hancur atau diuraikan oleh hewan-hewan pengurai. Sehingga, dapat disebut bukan tergolong ke dalam bahan ramah lingkungan.

Selain itu, bila dipakai oleh rumah yang berada di daerah tropis atau cenderung memiliki cuaca cerah lebih panjang daripada daerah lainnya seperti halnya Kalimantan ataupun Papua. Maka, panas udara yang berasal dari luar ruangan, akan tertahan dalam ruangan tersebut.

Sehingga, bila pemilik rumah tidak memasang AC (air conditioner) didalam rumahnya. Otomatis rumah kalian akan terasa lebih panas dibandingkan sebelum didak atau hanya beratapkan genting yang terbuat dari tanah liat.

Oleh sebab itu ,sebelum kalian memutuskan menggunakan teknik bondek ini. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang ahli di bidang bangunan. Sekian pembahasan biaya dak bondek. harga cor bondek per meter hingga perbandingan dak bondek dan konvensional. Semoga bermanfaat.

Related posts