Home » Biaya » Biaya Cat Rumah

Biaya Cat Rumah

Kalian pasti belum tahu berapa harga biaya cat rumah untuk membuat tampilan hunian pribadi tetap indah dan cantik. Cat rumah pasti semakin memudar seiring usia bangunan yang kalian tempati bersama seluruh anggota keluarga.

Kamu bisa mencari tahu berapa biaya cat rumah sesuai merek dan ukuran yang beredar di toko bangunan. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti punya selera dalam memilih warna cat rumah sesuai merek masing-masing.

Seandainya warna cat rumah kalian memudar, solusi terbaik untuk menanganinya adalah melakukan pengecatan ulang. Walaupun tidak melakukan pembongkaran rumah secara besar, namun mengecat rumah membutuhkan budget tidak sedikit.

Bagaimana tidak, tukang bangunan cenderung menentukan anggaran sesuai luas bangunannya. Apabila rumah kamu berukuran besar dan mewah, tidak mungkin budget yang harus kalian siapkan terbilang banyak.

Jangan pernah menghitung biaya cat rumah sembarangan. Pasalnya, setiap merek dan warnanya punya harga berbeda dan tidak salah kalian perlu melakukan survei bersama tukang bangunan ke beberapa toko material terlebih dahulu.

Tujuannya supaya kamu bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga kompetitif. Di sisi lain kamu perlu mencatat alat dan bahan tambahan selain cat yang dipastikan akan dibutuhkan tukang bangunan dalam mempercepat pengecatan ulang rumah kalian.

Biaya Cat Rumah

Biaya Cat Rumah

Biaya Cat Rumah

Untuk melakukan pengecatan rumah memang tidak selalu dianggap mudah. Kalian harus mencari merek dan warna cat terbaik demi menghasilkan sebuah bangunan indah yang nyaman dipandang.

Disamping itu, pemilihan warnanya harus memperhatikan beberapa pertimbangan sesuai struktur bangunan. Kendati demikian, kalian pun perlu memperhatikan alat dan bahan apa saja yang bakal digunakan dalam mengecat ulang seluruh dinding rumah.

Apabila kamu baru pertama kali mengecat rumah, silakan bertanya kepada kerabat maupun tukang bangunan soal merek cat apa saja yang paling bagus dan warnanya tidak cepat pudar. Cat rumah mempunyai beragam merek dengan harga berbeda sesuai ukurannya masing-masing.

Jangan sampai kalian membelinya terlalu banyak lantaran bakal membuat pengeluaran saat mengecat rumah lebih boros, sedangkan jumlah cat bisa disesuaikan atas saran tukang bangunan yang sudah kamu percaya.

Biaya Cat Rumah, Berapa Harga yang Harus Kalian Bayar?

Pengecatan ulang rumah memang harus dilakukan seseorang yang mempunyai kondisi bangunan dengan warna dinding pudar dan kusam. Kamu bisa memilih warna cat serupa bahkan berbeda dari sebelumnya untuk memberi nuansa tersendiri bagi seluruh penghuni rumah.

Di sisi lain pemilihan alat, bahan sampai merek cat juga perlu dipertimbangkan agar kalian dapat menghemat anggaran selama proses pengerjaannya. Berikut merupakan informasi lengkap soal biaya cat rumah, antara lain :

Ciri-ciri Cat Dinding Berkualitas

Biasanya cat dinding berkualitas tidak mengandung timbal (Pb) maupun merkuri (Hg). Hal ini dikarenakan kedua zat kimia tersebut mengancam kesehatan siapa saja. Seandainya rumah kamu terdapat seorang penghuni anak-anak maupun bayi, dipastikan risiko penyakit gangguan kecerdasan sampai prilaku mengancam mereka.

Disamping itu, usahakan cat dinding yang kamu pilih tidak mengandung lem putih (ppAc), lantaran cepat larut dalam air dan terkelupas bila terkena air hujan.

Untuk memastikan cat dinding rumah berkualitas atau tidak, pastikan batas minimum pemakaiannya selama lima tahun hingga pengecatan ulang selanjutnya. Kamu harus mencari cat dinding yang bisa dibersihkan memakai lap basah bila kotor atau berdebu, serta tidak meninggalkan bekas di tangan.

Tak hanya itu, dinding luar ruangan juga harus dicat memakai pewarna dengan kanduan double UV protection sehingga tidak cepat pudar akibat sinar matahari maupun cuaca ekstrem.

Daftar Harga Cat Dinding

Cat Dinding Eksterior Mahal (20 Liter)Rp.1,200,000
Cat Dinding Eksterior Murah (3 Liter)Rp.70,000
Cat Dinding Interior (1 Liter)Rp.60,000

Daftar Alat yang Dibutuhkan Saat Cat Rumah

  • Kertas Koran.
  • Sarung Tangan.
  • Obeng.
  • Amplas.
  • Semen.
  • Pasir.
  • Ember.
  • Lembaran Kain / Plastisin.
  • Selotip / Lakban.
  • Cat Lateks.
  • Rol Cat dan Penutup Rol (3/8 inci).
  • Sabun Cair.
  • Tray Cat.
  • Kuas Tua.
  • Spakling.
  • Pisau Besar (Trowel / Cetok).

Prosedur Pengecatan Dinding

Urutan pertama adalah sterilkan dinding terlebih dahulu. Kamu harus membersihkannya dari hiasan, gambar, cermin, lukisan dan lainnya. Jangan lupa menutup stop kontak menggunakan lakban atau selotip.

Tujuannya supaya air yang menetes tidak masuk ke dalam lubang stop kontak dan menghindari gangguan listrik selama proses pengecatan dinding berlangsung, pastikan semuanya tertutup dengan rapat.

Kamu harus membersihkan dinding dan silakan sentuh dengan tanganmu terlebih dahulu. Seandainya terasa berminyak, bersihkan menggunakan air dan detergen.

Apabila terlihat serbuk putih di tangan setelah menyentuh dinding, dipastikan dinding rumah mengalami pengapuran. Pastikan dinding disemprot dan diamplas, serta biarkan semalaman sampai permukaannya kering sebelum dicat.

Jangan lupa menambal bagian permukaan yang berlubang. Tutuplah menggunakan dempul yang bisa kamu beli di toko material terdekat. Bersihkan lubangnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam dempul.

Untuk menutup lubang bekas paku yang dalam dan lebar, gunakan aduukan pasir, semen dan air agar tertutup. Masukkan adukan tersebut ke dalam lubang bekas paku tersebut. Silakan tunggu sampai benar-benar kering sebelum dicat.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menggunakan warna putih sebagai warna dasar. Hal ini dikarenakan warna putih terbilang netral dan masuk ke dalam semua pilihan warna cat yang kamu inginkan.

Apabila sudah diaplikasikan, silakan cat seluruh permukaan dinding dengan warna pilihanmu. Tak mustahil kamu bakal melakukan tiga kali pengecatan supaya warnanya bisa tahan lebih lama, serta terhindar pengelupasan bahkan pudar lebih cepat.

Contoh Perhitungan Biaya Cat Rumah

  • Luas Total Dinding (4 sisi) = 2 x (4 x 3 m) + 2 x (3 x 3 m) = 24 + 18 = 42 m2.
  • Jendela = 1 x (1 x 2 m) = 2 m2.
  • Pintu = 1 x (1 x 3 m) = 3 m2.
  • Tembok = 42 – 3 – 2 = 37 m2.

Untuk perhitungan biaya cat tembok sebagai berikut :

  • Biaya Tembok = Luas Tembok x Harga per Meter

= 42 m2 x Rp.27,500 / m2

= Rp.1,430,000.

Cara Mencegah Cat Dinding Bermasalah

Apabila kamu sudah mengecat seluruh permukaan dinding, tidak menutup kemungkinan masalah kecil bakal muncul beberapa waktu ke depan. Seandainya permukaannya mengelupas, kalian bisa mencari sumber kebocoran yang harus ditangani sebelum mengecatnya.

Pastikan seluruh lapisan harus dibersihkan atau dikerok dan lakukan sejumlah tahap pengecatan. Cat dinding rumah pakai cat alkali primer, catnya punya daya tahan tinggi dan elastisitas sangat baik. Cat ini pun tahan terhadap suhu panas maupun cuaca ekstrem sehingga disarankan untuk penerapan eksterior rumah kalian.

Demikian informasi mengenai biaya cat rumah beserta segala hal yang harus kamu ketahui sebelum memodifikasi hunian dengan warna baru. Jangan lupa gunakan cat dinding dengan kandungan acrylic, terutama untuk cat dinding eksterior yang menjadi daya tarik siapa saja saat melihat rumah kamu secara langsung.

Hal ini dikarenakan daya rekatnya cukup kuat dibandingkan bahan kimia mana pun. Tak bisa dipungkiri bagian eksterior punya risiko pengelupasan bahkan pudar lebih tinggi, lantaran bersentuhan langsung dengan sinar matahari atau terkena air hujan, informasi serupa bisa kamu akses via https://www.pindahlubang.com/.