Home » Biaya » Biaya Administrasi ATM BRI

Biaya Administrasi ATM BRI

Untuk saat ini, kartu ATM menjadi salah satu kebutuhan yang sangat melekat dengan transaksi. Biaya Administrasi ATM BRI pun menjadi tanda tanya dibalik kebutuhan tersebut.

Selayaknya lembaga perbankan pada umumnya, setiap orang yang membuka tabungan baru, maka pihak BRI akan memberikan kartu ATM pada nasabahnya. Kartu ini bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi di mesin ATM dan juga Electronic Data Capture (EDC).

Tidak hanya BRI saja, akan tetapi hampir semua bank mengeluarkan kartu ATM. Kesemuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lembaga perbankan dengan tagline Melayani Dengan Setulus Hati ini, selalu ditunjuk oleh pemerintah untuk menyalurkan kredit pada masyarakat.

Tidak terkecuali melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), sehingga bisa mempermudah kalangan masyarakat menengah ke bawah untuk bisa memperoleh tambahan modal usaha.

Selain dari pada itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabahnya.

Tidak terkecuali dalam mengeluarkan kartu ATM dengan batasan limit yang berbeda. Sekaligus memperluas jaringan ATM hingga semua pelosok Indonesia.

Untuk saat ini saja, BRI sudah mempunyai setidaknya 23 ribu lebih unit mesin ATM yang tersebar di Indonesia. Sehingga kondisi tersebut bisa memberikan kemudahan pada nasabah BRI.

Tidak terkecuali dalam hal transaksi menggunakan mesin ATM. Sebab fasilitas tersebut bisa ditemukan dengan mudah dimana-mana.

Lantaran alasan kemudahan tersebut, tidak sedikit masyarakat yang memberikan kepercayaan mereka untuk membuka tabungan di bank BRI. Bahkan saat ini sudah banyak orang dari pelosok desa yang sadar akan pentingnya budaya menabung.

Biaya Administrasi ATM BRI

Biaya Administrasi ATM BRI

Dilihat dari banyaknya nasabah tersebut, disini kami akan merangkum setidaknya beberapa jenis kartu ATM BRI yang bisa kamu pilih. Untuk lebih jelasnya mari kita simak daftar berikut :

Kartu ATM BRI Simpedes

Masuk pada produk tabungan yang pertama, sekaligus tabungan yang juga paling banyak diminati masyarakat ialah tabungan BRI Simpedes.

Label dari kartu ATM ini ialah private. Sehingga, apabila kamu hendak membuka tabungan BRI Simpedes, harus mengeluarkan setoran awal minimal sebesar Rp 100 ribu saja.

Setoran tersebut bukan suatu potongan atau sejenisnya. Melainkan akan masuk pada saldo tabungan yang bisa kamu tarik langsung di mesin ATM.

Sedangkan untuk biaya adminnya sendiri bisa disebut sangat murah. Sebab Kartu ATM Simpedes hanya menetapkan biaya admin per bulan sebesar Rp 5.500,-.

Uniknya, limit untuk tarik tunai kartu ATM per hari maksimal Rp 5 juta. Serta limit di merchant per hari Rp 10 juta untuk kebutuhan belanja dengan PIN dan Rp 2 juta untuk signature.

Terlepas dari itu, limit transfer ke sesama BRI sebesar Rp 2 juta, dan limit transfer antar bank (ke bank lain) sebesar Rp 10 juta per hari.

Dengan demikian, produk kartu ATM Simpedes merupakan pilihan yang cocok untuk digunakan. Khususnya bagi kamu yang tidak terlalu banyak melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Kartu ATM BritAma

Masuk pada jenis produk tabungan yang kedua ialah kartu ATM Britama. Bisa disebut jika layanan ini juga paling populer. Sebab tidak sedikit nasabah yang memilih jenis tabungan yang satu ini.

Sekedar untuk tambahan referensi, kartu ATM Britama sendiri masih terbagi menjadi dua varian. Yakni pilihan kartu Gold dan Classic.

Jika kamu memang hendak membuka tabungan BRI Britama, maka harus menyiapkan setoran awal yang berbeda pada kedua jenis kartu yang bisa dipilih.

Pada kartu jenis Gold, maka setoran awal minimal sebesar Rp 500 ribu. Sedangkan untuk setoran pada kartu Classic minimal sebesar Rp 250 ribu.

Bagaimana dengan besaran biaya admin per bulan? Pihak BRI menetapkan biaya admin yang terbilang sangat terjangkau.

Untuk jenis kartu Gold, hanya dibebankan biaya sebesar Rp 6.500 dan Classic sebesar Rp 2000 per bulan. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, bisa disimak pada tabel berikut :

  • ATM Britama Gold : Limit transaksi per hari sesama BRI Rp 100 juta, antar bank Rp 15 juta, tarik tunai Rp 10 juta, belanja di merchant (signature) Rp 5 juta, dan limit belanja di merchant (PIN) sebesar Rp 20 juta.
  • ATM Britama Classic : Limit transaksi per hari sesama BRi Rp 50 juta, antar bank Rp 10 juta, tarik tunai Rp 5 juta, belanja di merchant (signature) Rp 2 juta, serta lmit belanja di merchant (PIN) sebesar Rp 10 juta.

Apabila terjadi kerusakan pada kartu, maka kamu harus segera mengganti serta mengganti biaya pembuatan sebesar Rp 25 ribu.

Biaya Administrasi ATM BRI TKI

Secara khusus dibuat untuk nasabah yang bekerja sebagai TKI. Kartu ini sangat cocok dipergunakan dalam berbagai transaksi di luar negeri.

Bahkan jumlah setoran awal pun sangat terjangkau, yakni sebesar Rp 20 ribu saja. Uniknya, biaya admin kartu ATM Britama hanya TKI Rp 1 ribu per bulan. Daftar lengkapnya bisa kamu simak pada rincian berikut :

  • Batas transfer sesama BRI Rp 20 juta per hari.
  • Limit transfer antar bank (ke bank lain) sebesar Rp 10 juta per hari.
  • Batas tarik tunai per hari sebesar Rp 5 juta.
  • Limit belanja di merchant (signature) Rp 2 juta
  • Batas belanja di merchant (PIN) sebesar 10 juta per hari.

Terlepas dari pada daftar di atas, apabila kartu mengalami kerusakan. Maka akan dikenakan biaya untuk penggantian kartu baru.

Kartu ATM Britama Bisnis

Kartu ATM terakhir ialah Britama Bisnis. Produk ini ditujukan secara khusus bagi pebisnis yang ingin menabung serta melakukan transaksi melalui ATM BRI.

Terkhusus bagi kamu yang mempunyai atau sedang dalam kondisi merintis bisnis, maka bisa menggunakan jenis kartu yang satu ini. Sehingga bisa mendukung dan mempermudah setiap transaksi yang dilakukan.

Untuk proses pembuatan kartu ini sangatlah mudah, yakni dengan hanya menyiapkan setoran awal sebesar Rp 10 juta.

Yang menjadi pembeda kartu ATM Britama Bisnis dengan yang lainnya ialah benefit yang bisa diperoleh nasabah. Beberapa diantaranya ialah :

  • Terbebas dari biaya administrasi bulanan. Namun saldo rekening harus lebih dari Rp 5 juta.
  • Memperoleh asuransi kecelakaan secara gratis dari pihak BRI.

Pada kartu ATM Britama Bisnis sendiri, batas atau limit untuk tarik tunai mencapai maksimal Rp 10 juta per hari. Akan tetapi, jika kamu hendak mengunakannya untuk berbelanja, maka limit belanja di beberapa merchant sebesar Rp 50 juta (merchant yang sudah bekerjasama dengan BRI). Limit tersebut berlaku untuk penggunaan PIN ataupun Signature per hari.

Selain dari pada itu, penggunaan kartu ATM Britama Bisnis akan membebaskan kamu melakukan transfer ke sesama BRI hingga nominal Rp 100 juta per hari.

Bahkan batasan untuk transfer ke bank lain (antar bank) sangat besar, yakni hingga Rp 25 juta per hari. Cukup menarik dan patut dicoba bagi kalian yang mempunyai bisnis.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan tentang ulasan kali ini. Semoga poin-poin yang sudah kami tulis bisa menjadi referensi, sekaligus penambah informasi bagi kalian yang membutuhkan.