Biaya Ganti Thermal Paste Laptop

Seiring berjalan waktu, performa notebook biasanya menurun dan kalian harus tahu berapa biaya ganti thermal paste laptop untuk memaksimalkan kinerjanya. Apabila laptop sering dipakai dan jarang dibersihkan, kinerjanya dapat menurun bahkan rentan rusak lho.

Masalah utamanya adalah suhu perangkat yang meningkat dan kipas pendinginnya semakin bising, salah satunya disebabkan thermal paste yang mongering alias telah melampaui masa penggunaannya.

Apabila kalian sedang mengalami masalah tersebut, kamu bisa mengganti thermal paste laptop dengan yang baru, serta dijual secara bebas dengan harga lebih terjangkau.

Kamu pasti sudah tahu kalau laptop adalah salah satu kebutuhan semi primer bagi semua kalangan masyarakat, baik pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha sampai pihak-pihak profesional. Beberapa orang memilihnya daripada PC karena lebih fleksibel dan tidak memakan ruang.

Tak bisa dipungkiri bahwa harga laptop lebih murah dibandingkan desktop. Kamu perlu tahu kalau laptop sama dengan perangkat elektronik lainnya, di dalamnya terdapat beberapa komponen yang berhubungan satu sama lain yang memungkinkan perangkat bekerja secara optimal.

Kamu harus tahu kalau salah satu komponen terpenting nya adalah CPU (Central Processing Unit) yang biasa disebut sebagai prosesor. Ini menjadi komponen yang bikin laptop bisa hidup alias menyala untuk dipakai setiap hari.

Biaya Ganti Thermal Paste Laptop

Biaya Ganti Thermal Paste Laptop
Biaya Ganti Thermal Paste Laptop

Semakin banyak aplikasi yang dijalankan prosesor, maka suh notebook bisa dipastikan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan ruang sirkulasi udara begitu kecil, sedangkan perangkat nya juga lebih cepat panas daripada PC.

Suhu tinggi notebook membuat sistem bakal memproses kipas untuk berputar lebih cepat, sedangkan daya yang diambil pun lebih besar. Wajar saja kalau risiko kehabisan daya baterai bahkan kerusakan dengan cepat bakal kamu dapatkan.

Apabila kendala tersebut sudah masuk ke dalam stadium fatal, beberapa risiko pasti mengintai kalian sebagai pemilik laptop. Kinerjanya semakin lama dan lambat daripada saat awal-awal perangkatnya dibeli.

Biasanya notebook juga bakal mati otomatis saat memproses sebuah data pekerjaan maupun game online. Tak hanya itu, kipas pendinginnya juga berputar lebih kencang dan menimbulkan suara bising bahkan semakin lambat yang akhirnya tak berputar sama sekali.

Biaya Ganti Thermal Paste Laptop, Berapa Harganya?

Barangkali kalian penasaran berapa sebenarnya biaya ganti thermal paste laptop yang harus dikeluarkan untuk memaksimalkan performa notebook di rumah. Meski begitu, harganya tidak terlalu mahal lho, sedangkan angka termurahnya ditaksir mulai dari puluhan ribu rupiah saja.

Kalian bisa mendapatkannya di jasa service laptop atau toko elektronik terdekat yang ahli alias spesialis dalam menangani masalah tersebut. Daripada penasaran, silakan ikuti dan simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut :

Daftar Harga Thermal Paste Laptop

Merek / Tipe Thermal PasteHarga
Cooler Master HTK-002Rp.45,000
Deepcool Z3Rp.50,000
Cooler Master New MasterGel Regular 2.5Rp.70,000
Arctic Silver Ceramique 2.7 gRp.82,000
Deepcool Z9Rp.90,000
Cooler Master New MasterGel Pro 2.6Rp.100,000
Phanteks Compound PH-NDC 55.3 gRp.105,000
Thermal Grizzly Kryonaut 1 gRp.110,000
Noctua NT-H1Rp.120,000
Kingpin KPX 1 gRp.120,000
Gelid GC Extreme 3.5 gRp.130,000
Thermal Grizzly Conductonaut 1 gRp.130,000
Arctic Silver 5 AS5-3.5 g Thermal CompoundRp.135,000
Arctic Cooling MX4 4 gRp.165,000
Noctua NT-H2Rp.185,000
Gelid GC Extreme 10 gRp.300,000
Coollaboratory Liquid UltraRp.300,000
Arctic Cooling MX4 20 gRp.350,000
Thermal Grizzly HydronnautRp.475,000

Fungsi Thermal Paste Laptop

Seperti kita tahu kalau thermal paste laptop merupakan sebuah komponen yang berfungsi menyalurkan panas dari prosesor ke heatsink. Tanpa bantuan alat tersebut, transfer suhu dari prosesor ke HSF dipastikan tidak akan berjalan sempurna sehingga dapat mengakibatkan CPU lebih cepat panas.

Ujung-ujungnya perangkat notebook bakal mati otomatis seandainya suhunya terlalu panas, bahkan risikonya rusak dan semua data penting kalian di dalam tidak akan terselamatkan.

Cara Ganti Thermal Paste Laptop

  • Siapkan beberapa peralatan seperti set obeng beragam ukuran, tisu, cairan pembersih thermal paste atau tisu basah, thermal paste baru dan blower listrik maupun manual.
  • Kemudian, buka baut pada notebook (tidak disarankan untuk produk yang masih bergaransi).
  • Bersihkan komponen laptop menggunakan blower maupun kuas secara perlahan.
  • Buka baut pengunci heatsink fan laptop, buka paut pengunci yang ada di soket chip prosesor serta CPU.
  • Lepaskan heatsink pendingin dari notebook, lakukan secara perlahan lantaran membuat prosesor terlepas dari soket.
  • Selanjutnya, bukalah baut untuk melepaskan kipas pendingin dari heatsink, bersihkan fan aluminium heatsink dengan blower.
  • Jangan lupa bersihkan debu yang menempel pada komponen kipas pendingin.
  • Berikutnya, bersihkan sisa-sisa thermal paste lama yang berada di atas prosesor dan di dasar heatsink pendingin memakai cairan pembersih khusus dan tisu.
  • Silakan pasang kembali fan pendingin ke unit heatsink pendingin dan letakkan thermal paste baru di atas prosesor.
  • Terakhir, pasang dan kunci pendingin heatsink, tutup kembali casing bagian luar laptop.
  • Selesai.

Berapa Biaya Ganti Thermal Paste Laptop?

Secara umum harga thermal paste laptop yang beredar di pasaran terbilang variatif, sedangkan kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkan produknya. Hal ini dikarenakan setiap pemilik notebook bisa membeli produknya mulai dari harga Rp.50,000 saja.

Angka tersebut cukup murah mengingat produk thermal paste laptop punya andil besar dalam memaksimalkan kinerja perangkat notebook supaya bisa tahan lebih lama.

Apabila kamu belum pernah membongkar perangkat notebook bahkan laptop masih dalam masa garansi, maka kamu bisa mendatangi service center dari merek laptop yang sedang digunakan saat ini.

Kalian bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya penggantian komponen sama sekali karena laptop kesayangan masih punya masa garansi berlaku dari mereka. Akan tetapi, kalian harus merogoh kocek cukup dalam kalau mengandalkan jasa service pihak ketiga.

Biasanya setiap pemilik laptop yang mengandalkan jasa service pihak ketiga harus mengeluarkan budget tambahan sebagai ongkos pengerjaan yang dilakukan ahlinya. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal bahkan di bawah Rp.100,000.

Apabila kamu membeli thermal paste laptop yang harganya Rp.80 ribu dengan ongkos penggantian komponen sebesar Rp.100 ribu, maka kamu bisa siapkan budget sebesar Rp.180 ribu untuk mengganti thermal paste laptop dengan yang baru.

Cara Merawat Laptop dengan Benar

Untuk merawat perangkat notebook sebetulnya tidak terlalu rumit lho. Kamu hanya perlu membersihkannya secara berkala dengan menggunakan alat pembersih yang aman seperti tisu atau vacuum USB.

Selain itu, pastikan kamu tidak menyimpan beberapa data atau aplikasi tidak penting yang mengakibatkan performa laptop semakin lambat. Hal ini dikarenakan risikonya menimbulkan hang sejak perangkat dihidupkan, sedangkan notebook lebih cepat panas dan rusak.

Demikian informasi mengenai biaya ganti thermal paste laptop yang harus diperhatikan semua pemilik notebook. Jangan sampai kalian menghabiskan budget lebih akibat mengganti komponennya dengan tidak merawat laptop secara efektif.

Kamu bisa meminimalisir risiko kerusakan akibat prosesor yang tidak bekerja maksimal dengan menghapus data-data tidak penting. Jika kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...