Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Biaya Kirim Motor Via Kereta Api
Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Kirim motor ke luar kota sekarang semakin mudah. Bisa menggunakan berbagai ekspedisi ataupun kargo. Armada yang digunakan untuk kirim pun beragam, bisa truck, towing ataupun kereta api. Nah, dari ketiga pilihan, biaya kirim motor via kereta api termasuk yang paling murah. Selain itu juga lebih aman dari goncangan, sehingga motor terhindar dari lecet-lecet.

Namun, tak semua daerah memiliki akses kereta api, sehingga pengiriman motor lewat kereta api ini terbatas. Hanya untuk daerah-daerah yang dilewati kereta api dan sekitarnya. Lantas, daerah mana saja yang dapat dijangkau kereta api? Bagaimana cara kirim motor via kereta api? Dan berapa biaya kirim motor menggunakan kereta api?

Tenang saja, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab dalam artikel ini. Karena itu, yuk, simak pembahasan mengenai kirim motor via kereta api ini!

Cara Kirim Motor via Kereta Api

Sebelum membahas mengenai cara kirim motor, kamu perlu tahu jika ada 2 ekspedisi kereta yang dapat kamu pilih. Keduanya mematok harga yang relatif murah. Kedua ekspedisi tersebut adalah Rail Express yang merupakan ekspedisi resmi milik PT KAI dan KAI Logistik Express (KALOG) ekspedisi yang merupakan anak perusahaan PT KAI.

Nah, untuk kirim motor via kereta api, begini caranya:

  1. Cari informasi mengenai lokasi ekspedisi kereta api terdekat. Cari informasi juga, apakah tujuan pengiriman masuk dalam jangkauan ekspedisi tersebut. Jangan lupa cek biaya kirim sehingga kamu bisa memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan.
  2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu STNK asli dan pajak harus masih aktif. Tanpa adanya dokumen ini, motor tidak dapat dikirim.
  3. Kosongkan bagasi motor dan tangki bahan bakar. Bensin akan dikuras habis sebelum motor dikirim. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebakaran saat proses pengiriman.
  4. Datangi kantor ekspedisi terdekat, kirim motor tersebut sekaligus minta dipackingkan (tidak berlaku untuk Rail Express). Kamu harus packing sendiri jika memilih menggunakan Rail Express. Setelah siap dikirimi, nantinya kamu akan mendapatkan resi. Simpan resi tersebut untuk melacak kiriman atau sebagai bukti untuk pengambilan motor di lokasi tujuan.
  5. Khusus untuk Rail Express, pengambilan motor oleh pelanggan/penerima. Caranya dengan mendatangi stasiun tujuan. Kemudian di loket pengambilan barang silakan menunjukkan resi pengiriman dan kartu identitas asli. Sementara jika menggunakan KAI Logistik Express, motor akan diantar sampai ke alamat penerima.
Terkait:  Biaya Buka Rekening BCA Xpresi

Sekedar informasi, pengiriman menggunakan kereta api ini belum ada asuransinya, ya. Jadi, jika terjadi kerusakan, maka akan menjadi tanggung jawab dari pengirim.

Biaya Kirim Motor via Kereta Api

 

  1. Biaya Kirim Motor via Rail Express
Biaya Kirim Motor Rail Express
Biaya Kirim Motor Rail Express

Gambar di atas adalah biaya pengiriman motor melalui Rail Express. Jika dibandingkan dengan ekspedisi lain, harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Sayangnya,  Rail Express hanya melayani motor siap kirim, jadi kamu harus repot packing sendiri motor tersebut. Selain itu, layanan Rail Express terbatas hanya tersedia di 59 stasiun.

Daftar 59 stasiun yang melayani Rail Express:

  • DKI Jakarta : Jakarta Gudang, Jakarta Kota, Pasar Senen
  • Jawa Barat : Bandung, Kiaracondong, Gedebage, Leles, Tasikmalaya, Banjar, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan
  • Jawa Tengah : Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Cepu, Purwokerto, Kroya, Sidareja, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Solo Jebres, Sragen
  • DIY : Yogyakarta, Lempuyangan
  • Jawa Timur : Ngawi, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, Blitar, Babat, Bojonegoro, Sidoarjo, Bangil, Surabaya Kota, Surabaya Pasarturi, Mojokerto, Malang, Kepanjen, Wlingi, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalistail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, Ketapang

Dalam proses pengirimannya, ada 12 KA yang biasa digunakan untuk angkutan Rail Express, yaitu:

  • Parcel Utara (Jakarta Gudang-Surabaya Pasarturi PP)
  • Parcel Tengah (Jakarta Gudang-Surabaya Kota PP)
  • Parcel Selatan (Bandung–Surabaya Kota PP)
  • Argo Bromo Anggrek (Gambir–Surabaya Pasarturi PP)
  • Bangunkarta (Gambir Surabaya Gubeng PP)
  • Gajayana (Gambir–Malang PP)
  • Matarmaja (Pasarsenen–Malang PP)
  • Malabar (Pasarsenen–Malang PP)
  • Majapahit (Pasarsenen–Malang PP)
  • Harina (Bandung–Cikampek–Surabaya Pasarturi PP)
  • Mutiara Timur (Ketapang–Surabaya Pasarturi PP)
  1. Biaya Kirim Motor via KA Logistics Express

Berikut adalah daftar biaya kirim motor dari dan ke beberapa kota di Indonesia

Terkait:  Biaya Kuliah Arsitektur
Asal Tujuan Jenis Motor
Bebek Laki Besar/Sport
Jakarta Bandung Rp472.500 Rp577.500 Rp707.500
Tangerang Purwokerto Rp850.000 Rp1.039.500 Rp1.273.500
Bandung Semarang Rp661.500 Rp808.500 Rp990.500
Semarang Surabaya Rp472.500 Rp577.500 Rp707.500
Kebumen Madiun Rp567.000 Rp693.000 Rp849.000
Yogyakarta Jakarta Rp869.400 Rp1.062.600 Rp1.301.800
Banyuwangi Yogyakarta Rp661.500 Rp808.500 Rp990.500
Sidoarjo Banyuwangi Rp567.000 Rp693.000 Rp849.000
Surabaya Bojonegoro Rp378.000 Rp462.000 Rp566.000
Denpasar Surabaya Rp661.500 Rp808.500 Rp990.500
Karawang Denpasar Rp1.455.300 Rp1.778.700 Rp2.179.100

Kamu bisa cek biaya kirim dari dan ke kota lain di Pulau Jawa-Bali melalui website resmi KAI Logistik Express.

Caranya mudah, tinggal kunjungi website resminya, kemudian pada pilihan Cek Tarif, isi kolom yang tersedia. Kamu harus pilih jenis kiriman, dari (alamat pengirim), tujuan (alamat penerima), dan berat (untuk motor, isi saja jumlah motor yang akan dikirim). Masukkan kode yang tampil, lalu klik “Cek”. Informasi yang kamu butuhkan pun akan tampil.

Biaya kirim KAI Logistik Express sangat bervariasi, tergantung dari mana pengirimannya dan tujuan penerima. Selain itu, jenis motor yang akan dikirim juga akan mempengauhi biaya yang harus dikeluarkan. Motor bebek atau matic sejenis Supra, Vega R, Beat, Mio, Scoopy, atau Vario akan dikenakan biaya lebih murah dibanding motor laki dan motor besar/sport seperti Ninja, Honda CBR, atau Harley Davidson.

Cukup terjangkau kan biayanya? Sayangnya KAI Logistik Express baru bisa melayani wilayah Jawa-Bali. Saat ini KAI Logistik Express tersebar  di 79 titik di berbagai kota seperti Jakarta , Bandung, Semarang, Solo, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, dan kota lainnya di Pulau Jawa dan Bali.

Meskipun demikian, KAI Logistik Express berencana memperluas jangkauan hingga Sumatera dan secara berkesinambungan akan diperluas lagi hingga Sulawesi dan Kalimantan.

Terkait:  Biaya Langganan Spotify

Kirim Motor via Rail Express vs KALOG

Bila dibandingkan dengan Rail Express, biaya KAI Logistik Express (KALOG) memang lebih mahal. Namun, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan. Pertama, motor akan diantar sampai ke alamat penerima. Tak seperti Rail Express yang mengharuskan penerima untuk mengambil sendiri motor di stasiun tujuan.

Kedua, jangkauan KAI Logistik Express lebih luas. Jika Rail Express hanya tersedia di 59 stasiun di Pulau Jawa saja, KALOG tersebar di 79 titik di Pulau Jawa-Bali. Bahkan berencana memperluas jangkauan hingga Pulau Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan

Ketiga, KAI Logistik Express menyediakan jasa packing, sehingga memudahkan pelanggan. Kamu tak perlu repot untuk packing motor sendiri. Biaya packing motor KAI Logistik Express sangat terjangkau, berkisar Rp50.000. Berbeda dengan Rail Express yang hanya menerima barang sudah dipacking dan siap kirim. Sehingga kamu harus repot packing sendiri motor yang akan dikirim.

Demikian informasi tentang biaya kirim motor via kereta Api. Semoga membantu, ya.

 

 

Related posts