Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart

Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart

Jika kamu sedang mencari informasi Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart, maka sudah tepat dengan membuka artikel ini. Pasalnya disini kami akan menjelaskan tentang cara mengirim, mengambil, dan membatalkan proses kirim uang melalui Alfamart.

Nah jika kalian tidak mempunyai rekening bank, tentu akan sangat kesulitan saat hendak melakukan pengiriman uang. Akan tetapi, nyatanya kondisi tersebut masih bisa diakali dengan cara transfer uang lewat Alfamart.

Bisa disebut jika cara kirim uang lewat Alfamart ini sangat direkomendasikan untuk alternatif. Khususnya saat kamu tidak menemui fasilitas bank atau ATM terdekat.

Apalagi, uang yang hendak kamu kirim berada pada keperluarn yang mendesak. Sehingga mau tidak mau harus ada alternatif kirim uang yang digunakan.

Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart

Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart

Teruntuk kalian yang bukan nasabah bank manapun, namun tetap ingin bisa berkirim uang dengan teman, saudara, atau keluarga di rumah.

Tentu berkirim uang tersebut tidak harus menggunakan rekening bank ataupun ATM. Dalam hal ini, kamu masih bisa mencoba layanan transfer uang yang disediakan oleh Alfamart.

Sekedar tambahan informasi, saat ini Alfamart tidak hanya berperan sebagai minimarket. Akan tetapi juga menawarkan berbagai layanan keuangan. Tidak terkecuali layanan transfer uang.

Jika kalian memang merasa penasaran dengan apa yang kami maksud. Atau ingin mencoba langsung transfer uang via Alfamart. Ada baiknya jika menyimak ulasan berikut terlebih dahulu.

Rincian Tarif Transfer Uang Di Alfamart

Jika dipraktekkan secara langsung, pada dasarnya cara kirim uang lewat Alfamart sangatlah mudah. Dengan memanfaatkan layanan ini, tentu kamu tetap bisa melakukan transfer uang dengan mudah tanpa harus menggunakan kartu ATM ataupun buku tabungan.

Terkait:  5 Cara Mengirim Apk lewat Whatsapp Tanpa Aplikasi Tambahan

Layanan transfer uang ini tersedia pada seluruh gerai Alfamart di Indonesia. Nah yang menjadi pertanyaan disini ialah, apa saja syarat yang dibutuhkan saat transfer uang di Alfamart?

Jika kamu memang ingin transfer yang di Alfamart, tentunya wajib membawa beberapa syarat seperti :

  • Kartu identitas (KTP) atau SIM untuk WNI dan Paspor untuk WNA.
  • HP beserta nomornya yang masih aktif
  • Nomor ponsel penerima yang masih aktif
  • Sejumlah uang yang ingin ditransfer, nominal mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 5 juta.
  • Uang tunai untuk biaya admin.

Untuk layanan transfer uang yang disediakan Alfamart, dibebankan biaya sebesar Rp 15 ribu (untuk transfer di bawah Rp 1 juta).

Akan tetapi, biaya tersebut semakin besar, yakni Rp 25 ribu untuk jumlah transfer di atas Rp 1 juta. Tentunya biaya tersebut sudah termasuk biaya pengiriman Rp 10 ribu ditambahkan dengan biaya administrasi.

Jadi, sebagai contoh jika kamu hendak transfer uang sebesar Rp 250 ribu, maka jumlah uang yang harus disiapkan (disetor) ialah Rp 265.000,- (ditambah Rp 15 ribu yang berperan sebagai biaya admin transfer uang di bawah Rp 1 juta).

Cara Transfer Uang Di Alfamart

Saat kamu sudah paham dengan rincian biaya yang harus dibayar ketika mengirim uang melalui Alfamart. Maka selanjutnya mengetahui juga langkah dan cara yang bisa dilakukan.

Agar kamu tidak bingung saat hendak trasfer uang lewat Alfamart. Berikut panduan sederhana yang bisa dipelajari.

  • Siapkan dokumen penting yang dibutuhkan, lihat rincian yang sudah kami jelaskan di atas.
  • Pergi ke kasir Alfamart dan beri tahu jika kamu ingin melakukan transfer (kirim) uang.
  • Beritahu pula nomor HP kamu dan nomor HP penerima uang kepada kasir. (gunakan nomro HP yang masih aktif dibawah  namamu, ditambah dengan nomor HP dan juga nama lengkap orang yang akan menerima transferan uang). Poin ini akan sangat berguna jika terjadi gangguan dalam proses transfer, sehingga kamu akan memperoleh pemberitahuan. Bahkan jika proses transfer sudah selesai, kamu akan dihubungi melalui SMS.
  • Kemudian, setor uang sejumlah yang akan dikirim dan biaya admin yang dibutuhkan.
  • Berikan uang tunai yang ingin kamu transfer ke kasir. Rinciannya ialah jumlah uang yang dikirim ditambah biaya transfer sebesar Rp 15 ribu atau Rp 25 ribu kepada kasir.
  • Berikutnya, cukup tunggu hingga memperoleh notifikasi SMS. (selain sms, kamu juga akan memperoleh struk yang berisi kode bukti transaksi. Kode tersebut yang nantinya digunakan untuk menerima kiriman uang (MTCN). Kode ini dipergunakan oleh pihak penerima transfer untuk mencairkan uang di gerai Alfamart terdekat.
  • Selanjutnya, cukup kabari dan beritahu penerima uang kode MTCN tadi.
Terkait:  Biaya Transfer CIMB Niaga ke BCA

Catatan : Kode MTCN terdiri setidaknya 10 digit nomor dan sifatnya rahasia. Jadi, usahakan kode tersebut hanya diterima / diketahui oleh pengirim dan penerima transfer uang. Dan yang terpenting jangan sampai hilang!

Sekedar tambahan informasi, kode MTCN tersebut berlaku selama 30 hari. Sehingga kami tidak harus khawatir jika si penerima tidak langsung mengambil atau mencairkan uang yang sudah dikirim. Cukup tunggu saja hingga ada notifikasi melalui SMS.

Cara Mengambil Transfer Uang Di Alfamart

Beberapa keterangan di atas kami tulis sebagai pengirim uang. Akan tetapi, bagaimana dengan sisi penerima kiriman uang melalui Alfamart?

Nah, jika kamu bertindak sebagai penerima transfer uang serta ingin mengambil uang yang dikirim etrsebut. Maka kamu hanya perlu datang ke gerai Alfamart terdekat.

Sedangkan untuk tahap berikutnya, bisa kamu ikuti tutorial berikut :

  • Siapkan kartu identitas yang valid (KTP / SIM untuk WNI) dan Paspor untuk WNA.
  • Datangi kasir dan bilang jika kamu ingin menerima transferan uang.
  • Tanpa harus ditanya, langsung saja tunjukkan nomor kode penerimaan / MTCN ke kasir.
  • Tunggu hingga terkonfirmasi, jika kode yang diberikan benar maka uang akan diberikan kepada kamu
  • Terima uang dan struk tanda penerimaan uang.

Catatan : Ketika kamu berada di depan kasir, maka akan ditanya nama pengirim dan juga jumlah nominal transfer. Jika benar, kamu akan diberikan uang tunai transferan tersebut.

Panduan Membatalkan Transfer Uang Lewat Alfamart

Selain Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart, pertanyaan yang juga tidak lepas dari proses ini ialah membatalkan transfer.

Sebagai contoh karena alasan salah nama penerima, nomor ponsel tidak dikenal, atau bisa juga karena alasan yang lain.

Dalam hal ini, tentu kamu bisa mengajukan pembatalan dengan syarat si penerima belum mengambil uang sudah sudah kami transfer.

Terkait:  Biaya Halodoc

Cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan mendatangi gerai Alfamart tempat dimana kamu mengajukan transfer uang. Selanjutnya, tunjukkan struk pengiriman uang yang berisi kode pembatalan kepada kasir.

Yang menjadi poin paling penting ialah, jangan lupa tetap membawa kartu identitas diri seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Sebagai kesimpulan, pada dasarnya kamu bisa bertanya langsung ke petugas atau kasir Alfamart sebelum melakukan transfer uang.

Namun yang harus tetap kamu bawa ialah kartu identitas dan juga nomor hp yang masih aktif. Ditambahkan lagi, selain sejumlah nominal yang ingin kamu kirim. Jangan lupa bawa uang lebih untuk biaya admin yang dibutuhkan.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga bisa membantu!

Pilihan 10 Artikel Terbaru Untukmu:

» Biaya Endorse Artis
» Biaya Endorse Selebgram
» Biaya Fakultas Hukum UGM
» Biaya Facial Wajah
» Biaya Administrasi Tabungan BRI
» Biaya Facial di Erha Skin
» Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart
» Biaya Hidup di Bandung
» Biaya Administrasi CIMB Niaga
» Biaya Administrasi Britama X

Similar Posts