Cara Merawat Kura Kura

Cara Merawat Kura Kura

Siapapun pasti belum tahu cara merawat kura kura supaya bisa mengembang biakkan binatang ini agar dapat tumbuh dewasa. Kura-kura merupakan salah satu hewan peliharaan yang sedang naik daun dan digilai banyak orang.

Hal ini dikarenakan kura-kura termasuk binatang jinak dan siapapun bisa memeliharanya dengan mudah. Apabila kalian baru saja merawatnya, kalian harus tahu segalanya yang dibutuhkan dan dilakukan sehingga dapat membantu perkembangan kura-kura semakin optimal.

Secara umum memelihara kura-kura merupakan hobi menyenangkan dan seru. Bagaimana tidak, siapapun bebas memilih dan menentukan jenis kura-kura yang bakal dipelihara. Tak sedikit pesohor negeri bahkan tetap merawatnya walaupun banyak binatang peliharaan lebih lucu dan menarik daripada kura-kura.

Beberapa orang memang sudah lama memeliharanya karena hobi, namun juga sebaliknya mereka merawatnya karena tertarik melihat pencinta kura-kura telah melakukannya sejak lama.

Cara Merawat Kura Kura

Cara Merawat Kura Kura
Cara Merawat Kura Kura

Kura-kura merupakan salah satu hewan menarik dan unik. Hal ini dikarenakan bentuknya berbeda dengan binatang peliharaan mana pun bahkan kalian bisa mengajaknya bermain selama di rumah.

Tak hanya itu, kalian bisa menyentuh dan memegang langsung kura-kura tanpa khawatir digigit bahkan diterkam seperti hewan buas lainnya. Binatang ini tidak akan menggigit siapapun yang menyentuhnya, selama kamu memperlakukannya dengan baik dan penuh kasih sayang supaya bisa membantu perkembangannya.

Tak sedikit masyarakat belum tahu bahwa kura-kura merupakan salah satu dari sebagian kecil hewan yang sudah menempati bumi lebih dari 200 juta tahun silam. Kami bisa menyimpulkan bahwa kura-kura sudah hadir sejak zaman dinosaurus, tepatnya ketika era Trias.

Terkait:  Cara Merawat Aki Mobil

Kura-kura memiliki fakta menarik karena terdapat salah satu dari mereka yang berumur sampai 255 tahun, yakni kura-kura bernama Adwaita yang diperkirakan lahir pada tahun 1700-an. Kura-kura ini berukuran besar dengan bobot mencapai 250 kg dan tetap bertahan hidup sampai sekarang.

Cara Merawat Kura Kura dengan Baik dan Benar

Barangkali kalian baru pertama kali memelihara kura-kura dan kami bakal memberitahu informasi lengkap mengenai perawatan serta pemeliharaannya dengan benar. Kami akan bantu supaya kamu bisa mengurus kura-kura supaya bisa bertahan hidup lebih lama.

Kalian bukan sekadar memberi makan layaknya binatang peliharaan lainnya. Di samping itu, pastikan perawatannya dilakukan secara efektif dan jangan lupa berikan kasih sayang agar kura-kura dapat menjalin hubungan dekat dengan kalian sebagai pemiliknya.

Pilih Jenis Kura-kura yang Ingin Dipelihara

Secara umum kura-kura tidak hanya mempunyai satu spesies saja karena jenisnya beragam. Selain itu, setiap jenisnya mempunyai perawatannya masing-masing dan kalian tidak boleh melakukannya asal-asalan.

Biasanya kura-kura akan bertahan hidup pada suhu udara dingin dan sebagian besar orang cenderung merawat kura-kura berukuran kecil. Jenis kura-kura yang populer saat ini adalah sulcata, darat, aldabra, radiata, cherry head, Brazil dan Indian Star yang harganya berbeda satu sama lain.

Pahami Karakteristik Kura-kura

Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pahami karakteristik kura-kura peliharaan kalian. Tujuannya supaya kamu bisa tahu perlakukannya dengan baik dan benar karena tidak semua spesies bisa dipelihara dengan metode yang sama.

Secara umum kura-kura mempunyai tiga varian yang terdiri dari kura-kura amfibi, kura-kura akuatik dan kura-kura darat. Apabila kamu memelihara kura-kura akuatik, maka kamu bisa menyiapkan akuarium supaya hewan ini bisa berenang dan bertahan hidup di dalam air, namun untuk kura-kura darat harus disiapkan kandang khusus di halaman rumah.

Terkait:  Cara Merawat Kura Kura Brazil

Siapkan Kandang yang Benar

Kalian harus menyiapkan kandang khusus sesuai ukuran tubuhnya. Apabila kamu memelihara kura-kura akuatik, siapkan akuarium atau kolam berukuran medium sehingga dia dapat berkembang biak dan bertahan hidup lebih lama.

Biasanya ukuran kolam menyesuaikan dengan ukuran tubuh kura-kura supaya hewan peliharaan bisa bergerak lebih nyaman. Kamu juga bisa menyiapkan kandang bila memiliki kura-kura darat, sehingga dia dapat berinteraksi dengan manusia dengan mengajaknya bermain di depan rumah.

Jangan Biarkan Kura-kura Kesepian

Kura-kura mungkin bakal merasa kesepian saat kalian tidak bisa mengajaknya bermain. Oleh karena itu, solusinya adalah hitung jumlah kura-kura yang bakal dipelihara sehingga kalian dapat merawatnya dengan kasih sayang.

Apabila harganya cukup mahal, maka kamu bisa membeli satu ekor kura-kura terlebih dahulu. Untuk meminimalisir penggunaan budget terlalu besar, sebaiknya kalian membeli beberapa ekor kura-kura berukuran kecil sehingga kamu dapat memeliharanya sampai mereka tumbuh dewasa.

Berikan Makanan Bergizi

Kalian harus memberikan makanan bergizi kepada kura-kura setiap hari. Kalian bisa menyediakan pelet atau makanan khusus kura-kura yang dibeli melalui toko hewan terdekat. Kamu bisa menjaganya tetap sehat dengan memberikan makanan seperti cacing, ikan gupi, jangkrik dan belalang.

Kamu bahkan bisa memberinya sayuran seperti wortel atau selada untuk melengkapi asupan nutrisi hariannya. Apabila kura-kura peliharaan masih bayi, sebaiknya kamu memberi makan sehari sekali pada pagi hari.

Jemur secara Rutin

Kura-kura merupakan salah satu binatang peliharaan yang harus berada di bawah sinar matahari. Oleh sebab itu, kalian bisa mengajaknya berjemur saat pagi hari. Berjemur adalah kegiatan efektif yang membantu pertumbuhan kura-kura, serta menjaga kesehatan cangkangnya dan mencegah terkena penyakit.

Biasanya estimasi waktu berjemur yang dianjurkan sekitar 15-20 menit, bila kura-kura berada di dalam ruangan maka kamu bisa menjemurnya di bawah sinar lampu UV yang cukup terang.

Terkait:  Cara Merawat Laptop Asus

Perhatikan Kebersihan Kandang

Kamu bisa mencegah kura-kura terkena penyakit berbahaya dengan memperhatikan kebersihan kandangnya. Sebaiknya kalian membersihkan kandang kura-kura secara berkala, paling tidak seminggu sekali.

Apabila kamu memelihara kura-kura akuatik, pakailah jaring untuk membersihkan seluruh kotoran yang berada di dalam akuarium atau kolam. Kalian bisa mengganti air nya dengan yang baru supaya bisa terjaga kebersihan dan kemurniannya, namun kapasitas yang diganti hanya 25% dari jumlah sebenarnya.

Periksa ke Dokter Hewan

Tak menutup kemungkinan kura-kura bakal terkena gejala penyakit yang enggan dianggap serius. Kamu harus memeriksanya sehingga hewan peliharaan dapat tumbuh sehat dan terbebas dari penyakit apapun.

Walaupun kura-kura termasuk binatang yang sehat, tapi binatang ini rentan terkena infeksi, gangguan mata dan malnutrisi. Apabila kamu menemukan gejala tidak wajar, segera kunjungi dokter hewan terdekat untuk memeriksa kesehatan tubuhnya dan langsung mendapat perawatan intensif.

Jaga Persediaan Air

Air merupakan sumber kehidupan segala makhluk di bumi. Kalian tidak boleh melewatkannya supaya bisa menunjang pertumbuhan kura-kura peliharaan di rumah. Hal ini dikarenakan air adalah salah satu kebutuhan utama yang harus terpenuhi setiap hari.

Siapkan wadah khusus untuk menampung air minum kura-kura, usahakan air tersebut diganti setiap hari sehingga dapat menjaga kualitasnya. Kamu bisa menggantinya sehari sekali dan pastikan wadahnya bersih supaya mencegah air nya bau atau kotor.

Jangan Pegang Kura-kura Sembarangan

Jangan biarkan kura-kura terjatuh dari genggamanmu saat sedang digendong atau dipegang. Sebab, cangkang kura-kura mungkin bakal retak bahkan pecah bila kamu tidak bisa menjaganya dengan baik. Tak bisa dipungkiri retaknya cangkang kura-kura bisa menimbulkan infeksi bahkan kematian secara mendadak.

Maka dari itu, kalian harus tetap hati-hati saat memegang cangkangnya karena binatang ini tidak boleh dipegang sembarangan dan biarkan kura-kura berjalan kemana pun selama di rumah.

Similar Posts