Cara Merawat Kolam Renang

Cara Merawat Kolam Renang

Bagi sebagian orang mungkin mempunyai kolam renang pribadi adalah hal menyenangkan, tapi tak sedikit dari mereka justru kewalahan. Hal ini dikarenakan mereka belum tahu cara merawat kolam renang sehingga perawatan dapat dilakukan asal-asalan.

Apabila ditelusuri lebih lanjut, perawatannya tidak bisa sembarangan. Pasalnya, kolam renang merupakan salah satu fasilitas pribadi dan publik yang mana membawa suatu hal tertentu mungkin saja kesehatan bahkan penyakit sesuai metode perawatannya.

Apabila kamu tidak bisa merawatnya dengan baik dan benar, dipastikan kolam renang akan menjadi sumber penyakit yang berbahaya untuk seluruh anggota keluarga. Kami tegaskan perawatannya tidak terlalu rumit, apalagi sampai menguras kantong terlalu dalam.

Hal ini dikarenakan cara merawat kolam renang butuh ketekunan sehingga kamu dapat meminimalisir munculnya penyakit akibat bakteri, kuman dan virus yang bersarang dalam kolam renang, apalagi kalau pemakaiannya bukan hanya untuk dirimu sendiri.

Cara Merawat Kolam Renang

Cara Merawat Kolam Renang
Cara Merawat Kolam Renang

Untuk memaksimalkan pemakaian kolam renang yang aman dan sehat, kalian hanya butuh konsistensi selama merawatnya. Pasalnya, kolam renang yang aman digunakan pasti selalu dibersihkan dan dirawat secara rutin.

Usahakan melakukan penjernihan air dengan menggunakan zat-zat kimia yang aman tanpa menimbulkan efek samping terhadap air bila bersentuhan dengan kulit. Bukan rahasia umum kolam renang selalu disebut sebagai sumber penyakit bila kalian tidak bisa merawatnya dengan baik.

Kami sarankan kalian tidak boleh pengiritan alias pelit terhadap pemberian obat-obatan yang membantu membasmi bakteri dan kuman pada permukaan air maupun dinding kolam renang. Selain itu, hindari pemakaian listrik berlebihan selama kolam renang masih aktif digunakan.

Terkait:  Cara Merawat Sepatu Kulit

Tak sedikit orang lalai terhadap hal ini, sedangkan mereka harus mengeluarkan budget lebih banyak supaya bisa menjaga dan merawatnya dengan maksimal. Kalian hanya perlu memastikan kolam renang tetap sehat dengan menggunakan sumber air berkualitas.

Cara Merawat Kolam Renang agar Tetap Bersih dan Sehat

Apabila kamu memiliki kolam renang pribadi dan tidak tahu perawatannya, kami siap membantu semua permasalahannya supaya bisa menjaga kebersihan dan kesehatan kolam renang di rumah.

Tak hanya itu, perawatannya tidak rumit seperti bayangan karena membersihkan dan menjaga keindahan kolam renang enggan habiskan budget tinggi. Kalian harus konsisten dan melakukan perawatan secara berkala, karena kolam renang tidak hanya digunakan satu orang dan usahakan dibersihkan setiap bulan.

Perawatan Berkala Kolam Renang

Bukan rahasia umum bahwa kalian harus membersihkan kolam renang secara rutin. Perawatannya tidak akan memancing bakteri dan kuman untuk berkembang biak, termasuk lumut. Kami sarankan kalian membersihkan kolam renang sekitar 2 kali sehari baik pagi maupun sore hari.

Tak menutup kemungkinan dedaunan atau ranting pohon di sekitar kolam renang akan jatuh ke atas permukaan air kolamnya, kalian harus langsung mengambilnya dengan membersihkan setiap sudutnya setelah dipakai.

Gunakan Filter Air

Gunakan filter air supaya bisa membersihkan dan merawat kolam renang dengan maksimal. Apabila kinerjanya semakin tinggi, kualitas air yang dihasilkan juga semakin baik. Pemakaiannya sangat penting karena membantu proses penyaringan air dari berbagai macam kotoran yang berada pada kolam renang.

Jika kolam renang bersih pasti kamu dan seluruh anggota keluarga bisa berenang dengan aman dan nyaman, bahkan betah berlama-lama bermain air sambil bersenda gurau di sana.

Atur Kadar Klorin

Langkah berikutnya yang merupakan salah satu cara merawat kolam renang adalah mengatur kadar klorin dan pH dengan seimbang. Sesuaikan dengan rekomendasi dari pakar kolam renang supaya bisa menghindari bakteri dan kotoran tidak menempel pada air maupun dinding kolam.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus Koboi

Secara umum pH yang digunakan untuk kolam renang berkisar 7,2-7,4. Klorin dalam air hanya berkisar 1,0-3,0 Bagian Per Juta (BPJ) serta asam sianurat hanya 40 BPJ, karena kalian harus menguras dan mengganti air dengan yang baru bila tidak memenuhi standar tersebut.

Tanam Pohon Dekat Kolam Renang

Kamu bisa mengurangi intensitas sinar matahari dengan menanam pohon di dekat kolam renang. Jika kolam renang terlalu sering terpapar sinar matahari, penguapan akan sering terjadi dan kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan.

Tanaman yang rimbun di sekitar kolam renang akan membantu melindunginya dari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, pepohonan yang ditanam dekat kolam renang akan memberikan nilai estetika tinggi untuk keasrian dan kenyamanan di sekitar rumah.

Gunakan Lampu Ultraviolet

Untuk memaksimalkan perawatan kolam renang, kalian bisa menggunakan lampu ultraviolet supaya bisa lebih bersih dan membunuh bakteri maupun kuman di dalam air. Tak hanya itu, lampu ultraviolet terbukti ampuh membasmi dan mengangkat bibit-bibit lumut dan ganggang sehingga dapat menggumpal menjadi satu.

Kalian bisa membersihkannya dengan cepat dan mudah, pastikan kalian menempatkan lampu-lampu ini dengan benar supaya proses pembersihan bisa dilakukan secara efektif.

Bersihkan Kerak pada Dinding Kolam

Ketika kalian hendak menguras kolam renang, pastikan seluruh kerak membandel yang menempel pada dinding kolam sudah dibersihkan. Kalian harus membersihkannya secara merata supaya permukaan dinding maupun lantai kolam renang terlihat lebih cerah dan mengkilat.

Untuk memudahkan proses pembersihannya, gunakan cairan khusus seperti karbol pembersih kamar mandi atau lantai. Sikat sampai bersih dan bilas dengan menggunakan air bersih untuk diisi kembali seperti biasa.

Pakai Alat Penyaring Manual

Jangan membiarkan dedaunan atau ranting pohon yang terjatuh ke kolam renang diabaikan terlalu lama. Hal ini dikarenakan kolam renang akan tidak sedap dipandang, seluruh anggota keluarga bahkan tamu yang datang mungkin enggan mencoba menikmati fasilitas tersebut di rumah.

Terkait:  Cara Merawat Hamster

Kalian bisa menghilangkannya dengan menggunakan alat penyaring manual sebanyak dua kali sehari. Kalian tidak perlu terjun langsung ke dalam kolam renang karena pekerjaannya bisa dilakukan dari tepi kolam.

Jaga Kadar PH Tetap Stabil

Kadar PH tidak selalu sama, kalian harus mengaturnya supaya tetap seimbang dan stabil dengan menggunakan HCL Acid sedikit demi sedikit. Biasanya perubahan PH kolam renang disebabkan hujan, panas terus menerus dan lainnya.

Di samping itu, kalian bisa menggunakan obat-obatan lainnya seperti Soda Ash sedikit demi sedikit bila tidak menemukan HCL Acid di pasaran. Meski begitu, kedua bahan aktif tersebut membantu menyeimbangkan kadar PH air kolam renang agar dapat bersih setiap hari.

Amati Kadar Kaporit Tetap Ideal

Cara merawat kolam renang berikutnya adalah mengamati dan menjaga kadar kaporit tetap ideal setiap hari. Biasanya kadar kaporit bakal berkurang jika tidak ada penambahan air atau penguapan sinar matahari. Maka dari itu, pemberian kaporit dilakukan saat sore atau malam hari.

Umumnya orang-orang akan berenang saat siang hari sehingga mata terasa perih dengan air yang mengandung kaporit. Apabila kolam renang dikhususkan untuk umum, pastikan kadar kaporit nya tetap ideal sepanjang hari.

Sirkulasi Kolam Renang secara Teratur

Langkah terakhir adalah pastikan sirkulasi kolam air tetap teratur minimal 6 jam per hari. Tujuannya supaya kolam renang bisa terjaga kebersihan dan kejernihannya. Bukan rahasia umum air kolam renang harus melalui proses sirkulasi setiap hari supaya kotoran bisa tersaring dengan optimal, serta mengandung oksigen yang cukup.

Untuk kolam renang pribadi maupun umum dengan ukuran lebih kecil, sikulasinya dilakukan minimal 6 jam sehari karena semakin lama proses sirkulasi maka jauh lebih baik.

Similar Posts