Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Fold

By On Wednesday, December 4th, 2019 Categories : Samsung
Bagikan Ke:

Samsung Galaxy Fold menjadi produk smartphone berbasis android buatan Samsung yang belum lama ini rilis. Akan jadi ulasan kami tentang apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold yang fenomenal ini.

Galaxy Fold tengah diumumkan pada Februari 2019 lalu, akan tetapi sedikit membutuhkan waktu yang lama untuk rilis. Hingga pada akhirnya bulan September 2019 lah menjadi bulan perilisan Galaxy Fold ini lur.

Sekilas Tentang Samsung Galaxy Fold

 

Samsung Galaxy Fold merupakan sebuah ponsel pintar berbasis android dengan layar yang dapat dilipat. Berdasarkan uji coba, layar Galaxy Fold ini dapat dilipat hingga 200 ribu kali. Akan tetapi, dalam uji coba lain menyatakan tak didapati jumlah lipatan yang sebanyak itu lur.

Apakah kamu menyukai Samsung Galaxy Fold?

Bagi kamu yang menyukai akan hadirnya Samsung Galaxy Fold dan ingin segera meminangnya, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu spesifikasi Samsung Galaxy Fold secara singkat berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold

Rilis : September 2019
Ukuran Layar: 7.3 inci
Tipe Layar: Foldable Dynamic AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
GPU: Adreno 640
OS: Android 9.0 (Pie)
Internal: 512GB 12GB RAM
Eksternal: Tidak Ada
Kamera Utama: (Triple)

  • 12 MP, f/1.5-2.4, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS
  • 12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.6″, 1.0µm, AF, OIS, 2x optical zoom
  • 16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.0µm

Kamera Depan: (Dual)

  • 10 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3″, 1.22µm
  • 8 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1.22µm, depth sensor

Baterai: Li-Po 4380 mAh (Fast battery charging 15W, Fast wireless charging 15W, Power bank/Reverse wireless charging 9W)

Nah setelah mengetahui sekilas spesifikasi diatas, ada baiknya juga untuk kamu agar mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold agar dapat referensi sebagai bahan pertimbangan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Fold

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Fold

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Fold

Berikut ini kami sertakan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold yang dapat dijadikan bahan acuan kamu sebelum membeli ponsel baru dari Samsung.

Kelebihan Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold telah membawa banyak kecanggihan yang mutakhir, berikut beberapa kelebihan dari Galaxy Fold untuk kamu ketahui lur.

1. Layar Dynamic AMOLED

Layar Samsung Galaxy Fold | Solopos.com

Kelebihan Galaxy Fold pertama kali adalah adanya layar display Dynamic AMOLED yang dipakai ponsel ini. Dimana layar Dinamis AMOLED satu ini adalah layar Super AMOLED dengan dukungan HDR10 + tambahan. Samsung mengatakan bahwa panel layar OLED generasi terbaru ini mencakup “sertifikasi HDR10 + untuk warna dan kontras tingkat bioskop”.

2. Varian Warna Sederhana Tapi Elegan

Varian Warna Galaxy Fold | https://www.sammobile.com/

Varian warna Samsung Galaxy Fold hadir dalam empat pilihan yang sederhana, tapi tetap membawa kesan yang elegan. Keempat pilihan warna tersebut ialah Space Silver, Cosmos Black, Martian Green, dan Astro Blue. Memakai gradasi warna yang cukup epic, juga sangat mengundang minat konsumen untuk segera memilikinya. Bagaimana denganmu lur?

3. Kapasitas Baterai Besar

Baterai Galaxy Fold | https://www.elppas.com

Menjadi satu kelebihan bagi Samsung Galaxy Fold adalah dengan adanya baterai yang dibawanya berkapasitas besar. Berapa kapasitasnya? Samsung membenamkan sebuah baterai Li-Po berkapasitas 4380 mAh pada Galaxy Fold miliknya.

4. Fast Battery Charging 15W

Ini yang banyak dicari oleh sebagian besar orang, adalah adanya kecepatan pengisian baterai yang super cepat. Samsung Galaxy Fold sudah didukung dengan fitur fast battery charging dengan output 15W. Tentu saja, baterai akan cepat penuh saat pengisian. Dan, ini tentu saja yang kamu butuhkan bukan lur?

5. Fast wireless charging 15W

Fast Wireless Charging adalah standar pengisian nirkabel baru dari Samsung. Menghasilkan muatan 15W, membuat ponsel seri Galaxy Fold lebih cepat diisi secara nirkabel, artinya tidak harus menunggu lama.

6. Power bank/Reverse wireless charging 9W

Sudah ada yang tau belum apa itu Reverse wireless charging? Reverse wireless charging adalah sebuah fitur yang memungkinkan satu perangkat untuk mengisi daya perangkat lain yang memiliki teknologi wireless charging.

7. Fingerprint Ready

Fingerprint Galaxy Fold | Androidcentral.com

Kelebihan Samsung Galaxy Fold selanjutnya adalah dibagian keamanan. Galaxy Fold dibawai dengan sensor sidik jari atau yang lebih akrab disebut dengan fingerprint yang terletak pada bagian samping bodi.

8. Bixby natural language commands and dictation

Kami belum menemukan penjelasan yang lebih spesifik mengenai apa itu Bixby natural language commands and dictation, akan tetapi menurut kami hal ini tentu menjadi satu kelebihan tersendiri untuk Galaxy Fold.

9. Memakai USB Type-C 3.1

Sudah tau dong kalau Galaxy Fold ini fast charging? Hal yang berkaitan dengan fast charging adalah adanya dukungan perangkat yang juga memiliki kecepatan transfer super. Nah, Samsung Galaxy Fold juga didukung dengan adanya USB Type-C 3.1 yang mana kecepatan transfernya sangat dapat diandalkan.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab 3V

10. Tersedia Fitur NFC

NFC adalah singkatan dari “Near Field Communication” atau bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat. Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel, satu bertindak sebagai transmitter dan satu penangkap sinyal. Cara kerjanya hampir sama dengan adanya Bluetooth, yakni bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi.

11. Dolby Atmos Sound

Dolby Atmos Galaxy Fold | https://www.sammobile.com

Apakah kamu memikirkan kejernihan audio yang dihasilkan pada Galaxy Fold? Tenang saja lur. Samsung Galaxy Fold sudah didukung dengan Dolby Atmos sound, dimana ini menjadi teknologi surround sound yang membawakan pengalaman sinematik 3D untuk kamu. Yang jelas, dengan adanya Dolby Atmos ini suara/audio yang dihasilkannya akan terasa lebih jernih dan berkualitas. Sebagai informasi, Dolby Atmos hanya bisa kamu rasakan saat menggunakan headset/earphone saja.

12. Dual Camera Selfie dengan Resolusi Besar

Ingin keperluan hasil selfie mu lebih berkelas? Galaxy Fold solusi terbaiknya. Kenapa? Hal ini dikarenakan Samsung Galaxy Fold membawa dual kamera depan yang mana resolusinya sangat besar. Kamera selfie yang dipakai Galaxy Fold ini beresolusi 10 MP dan 8 MP. Juga masih ada cover kamera dengan resolusi 10 MP. Oh iya, dual kamera tersebut juga mendukung kamera wide semuanya lur. Jadi, tidak perlu khawatir mau dipakai dari jarak dekat dan jauh tak akan jadi masalah. 😀

13. Triple Primary Camera dengan Resolusi Paling Oke

Kelebihan Galaxy Fold selanjutnya terletak pada sektor kamera utama yang dibawanya. Samsung Galaxy Fold membawa triple kamera yang terletak pada bagian belakang bodi. Ketiga kamera tersebut masing masing beresolusi 12 MP (kamera wide), 12 MP (telephoto), dan 16 MP (kamera ultrawide).

Saat hendak digunakan memotret, kamu juga diberikan pilihan fitur LED flash, HDR, dan panorama. Dan ketika kamu ingin merekam sebuah video, juga bisa kamu atur sesuai keinginan mau 2160p@60fps, 1080p@60/240fps (gyro-EIS), dan atau 720p@960fps.

14. Kapasitas Penyimpanan Internal Jumbo

Suka mengeluh dengan adanya penyimpanan android yang terbatas? Samsung Galaxy Fold hadir dengan kapasitas penyimpanan super jumbo menurut kami. Galaxy Fold dibawai dengan memori internal berkapasitas 512GB. Untuk kebutuhan penyimpanan foto dan video, sudah sangat memadahi.

Untuk kebutuhan multitasking dan gaming juga sangat memadahi, karena Galaxy Fold membawa RAM dengan kapasitas 12GB. Menurut kami, ini menjadi RAM terbesar yang berhasil dibenamkan Samsung pada Galaxy Fold miliknya.

15. Memakai OS Terbaru

Kelebihan Galaxy Fold selanjutnya adalah sistem operasi yang dibawanya sudah yang paling baru saat ini. OS Samsung Galaxy Fold adalah Android 9.0 (Pie), meski belum dapat diupgrade ke Android 10.0 akan tetapi ini masih menjadi kelebihan yang cukup oke menurut kami.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70S

16. Resolusi HDR10+

HDR10+ dikembangkan oleh konsorsium tiga perusahaan – 20th Century Fox, Panasonic, dan Samsung. Dengan demikian, kompatibilitas HDR10+ sejauh ini terbatas pada model TV oleh Samsung dan Panasonic. Di sisi konten persamaan, belum ada banyak dukungan untuk HDR10+, meskipun itu mulai berubah.

Kekurangan Samsung Galaxy Fold

Meskipun membawa banyak kelebihan yang futuristik, tak dapat dipungkiri bahwa Galaxy Fold masih membawa beberapa kekurangan diantaranya sebagai berikut.

1. Layar Sangat Besar

Samsung Galaxy Fold

Layar Galaxy Fold | https://www.harapanrakyat.com

Meski sebagian besar orang menyukai layar besar dan lebar, hal ini memungkinkan mereka dapat melihat tampilan grafis yang lebih jelas dan jernih. Akan tetapi tidak bagi kami. Kami justru sebaliknya, dengan adanya layar yang sangat besar akan memungkinkanmu kerepotan saat membawa dan mengoperasikannya. Sehingga, ini menjadi kekurangan bagi Samsung Galaxy Fold. Layar Galaxy Fold 7.3 inci membuat penggunanya sedikit kerepotan saat pemakaian.

2. Tidak Ada Memori Eksternal

Menjadi satu kekurangan Galaxy Fold selanjutnya adalah tidak dijumpai adanya slot memori eksternal. Galaxy Fold memang membawa ruang penyimpanan internal yang sangat luas, akan tetapi hal ini menjadikan kelemahan tersendiri karena tidak adanya ruang memori eksternal untuk menambah kapasitas penyimpanan tambahan.

3. Tidak Ada FM Radio

Radio menjadi satu kelangkaan tersendiri dimasa kini. Radio juga sudah jarang dijumpai, hal ini karena memang keberadaan radio sudah digantikan oleh perangkat lain yang fungsinya melebihi radio. Sama halnya dengan Samsung Galaxy Fold, kami tidak menjumpai adanya fitur Radio FM didalamnya. Sehingga ini menjadi kekurangan Galaxy Fold.

4. Baterai Tanam

Lagi dan lagi, kami menemui adanya baterai tanam di smartphone baru berbasis android. Samsung Galaxy Fold dibawai dengan baterai tanam yang tentu saja tidak dapat dilepas. Dan hanya tukang reparasi saja yang dapat melepasnya. Jadi, jika suatu saat terjadi kerusakan lubang charger akan sedikit kerepotan untuk membawa ke service center.

Kesimpulan – Apakah Galaxy Fold Cocok Dimiliki?

Samsung Galaxy Fold memang sangat futuristik dan membawa banyak kelebihan, akan tetapi juga tak dapat dipungkiri bahwa ponsel canggih satu ini masih ada bberapa kekurangan. Jadi, jika ditanya apakah Samsung Galaxy Fold ini cocok dimiliki itu tergantung dari kebutuhan dan budget kamu ya lur.

Menurut kami, sangat cocok dimiliki jika kamu memiliki budget yang cukup untuk membelinya. Namun kurang praktis karena Galaxy Fold ini flip n flop (buka tutup), jadi sedikit membuat kita kerepotan saat penggunaan. Bagi yang suka show-off, mungkin ponsel ini dapat diandalkan. 😀 karena ponsel satu ini cukup berkelas.

Mungkin cukup itu saja ulasan kami mengenai berbagai macam kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold yang dapat diketahui untuk menjadi referensi dan acuanmu sebelum membeli. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga terinspirasi ya slur. 😉

Bagikan Ke:
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Fold | kangreview | 4.5