Pinjaman Online Mahasiswa

Pinjaman Online Mahasiswa

Kamu seorang pelajar dan ingin meminjam dana syarat mudah dan cepat? Pas banget, baca artikel  ini hingga akhir karena akan membahas seputar pinjaman online mahasiswa secara lengkap dan juga update! So, jangan lewatkan.

Masalah keuangan kerap dialami mahasiswa. Terutama, mahasiswa rantau yang tinggal jauh dari keluarga atau mahasiswa yang harus membiayai kuliah dengan penghasilannya sendiri. Kebutuhan dana darurat mengusik ketika kiriman uang dari orangtua telat atau penghasilan yang diterima tidak mencukupi untuk membayar biaya kuliah semester, biaya kost bulanan, hingga kebutuhan perkuliahan lainnya. Dalam kondisi ini, mendapatkan pinjaman online untuk mahasiswa menjadi solusi yang sering dicari.

Sebelum membahas lebih dalam, tentang tips mengajukan pinjaman online untuk mahasiswa, kira-kira apa sih kebutuhan yang dibutuhkan mahasiswa?

  • Dana pendidikan atau biaya kuliah
  • Kebutuhan belajar, seperti smartphone, laptop, buku, penelitian, skripsi, les, komunitas, dan lainnya
  • Kebutuhan logistik harian, misalnya untuk bertahan hidup sehari-hari di kost

Adakah pinjaman online untuk mahasiswa yang cepat cair, tanpa jaminan, dan tetap aman? Pertumbuhan fintech di Indonesia kini menawarkan banyak pilihan pinjaman online untuk mahasiswa dengan persyaratan dan proses pengajuan yang mudah dan praktis. Bila kamu tengah mencari pinjaman online untuk mahasiswa, simak beberapa pilihan fintech legal dalam artikel ini. Pahami juga faktor-faktor yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman online agar tidak terjerat praktik penipuan.

Pinjaman Online Mahasiswa

Pinjaman Online Mahasiswa
Pinjaman Online Mahasiswa

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi pinjaman yang terverifikasi OJK sehingga kamu akan lebih mudah mendapatkan pinjaman untuk keperluanmu.

Tidak perlu kemana-mana, kamu hanya perlu mengumpulkan persyaratan yang diperlukan seperti KTP dan mengikuti proses singkat.

KoinPintar

P2P lending KoinWorks menawarkan pinjaman online mahasiswa melalui KoinPintar. Mengemban misi untuk melahirkan generasi muda yang siap dalam persaingan global, KoinPintar memberikan program pinjaman untuk mahasiswa D3, S1 dan pendidikan informal (kursus). Pinjaman online untuk mahasiswa ini bisa mencapai hingga Rp200.000 dengan tenor cicilan tiga hingga 10 tahun. Suku bunga yang ditetapkan KoinPintar mulai dari 9% per tahun.

Terkait:  Pinjaman Online KSP Sejahtera Bersama

Perlu dicatat, pinjaman online untuk mahasiswa dari KoinPintar ini harus diproses melalui institusi pendidikan yang telah bekerjasama dengan KoinPintar. Dana pinjaman yang disetujui akan dikirimkan ke pihak institusi. Nah, bila kamu sedang mencari pinjaman online untuk umur 17 tahun, program KoinPintar ini bisa menjadi solusi lho. Karena pengajuan bisa dilakukan dengan batas minimal usia 17 tahun. Berikut persyaratan lainnya:

  • Warga negara Indonesia;
  • Memiliki KTP aktif;
  • Fotokopi KTP orangtua;
  • Memiliki rekening pribadi aktif;
  • Kartu Keluarga;
  • Memiliki sumber pendapatan atau jatah bulanan dari orangtua;
  • Mutasi rekening (tiga bulan terakhir).

DanaRupiah

Tak hanya memberikan pinjaman produktif untuk industri pertanian, DanaRupiah juga membiayai pinjaman online untuk mahasiswa. Pembiayaan untuk pendidikan ini merupakan bentuk kontribusi DanaRupiah untuk memudahkan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dana pinjaman mulai dari Rp400.000 hingga Rp8.000.000 dan peminjam harus menyertai bukti status kemahasiswaan di mitra pendidikan DanaRupiah. Bunga pinjaman mulai dari 22-23% per tahun, dan 3% biaya administrasi.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman untuk mahasiswa melalui DanaRupiah terbilang mudah, yaitu,

  • Memiliki KTP aktif.
  • Telah diterima dalam program atau kelas mitra pendidikan.
  • Memiliki keinginan untuk belajar dan etos kerja.
  • Diutamakan yang memiliki penjamin dengan penghasilan tetap.

CICIL

Butuh pinjaman online untuk biaya kuliah? Tak perlu khawatir. CICIL merupakan P2P lending khusus yang memberikan pinjaman pendidikan bagi mahasiswa. Menariknya, pinjaman yang ditawarkan tidak hanya untuk biaya cicilan uang kuliah, tetapi juga untuk cicilan barang yang diperlukan untuk aktivitas belajar dan berorganisasi, serta cicilan kursus pelatihan.

Mahasiswa dapat meminjam dana hingga 80% dari biaya kuliah, dengan membayar uang muka 20%, dan bunga 1-1.5% per bulan. Untuk dana pinjaman kuliah semester bisa diajukan dengan tenor satu hingga enam bulan. Sementara, pinjaman uang pangkal bisa dicicil hingga 36 bulan. Tenor pinjaman online untuk mahasiswa membeli perlengkapan kuliah seperti laptop ditetapkan hingga 24 bulan.

Dengan proses yang cepat kurun dua hingga tiga hari kerja dan telah berizin OJK, pinjaman mahasiswa melalui CICIL telah digunakan di kurang lebih 268 universitas swasta dan negeri di seluruh Indonesia. Untuk pengajuan pinjaman mahasiswa, kamu cukup mendaftarkan diri di laman CICIL menggunakan alamat email dan nomor ponsel. Setelah melengkapi profil, kamu bisa mengajukan pinjaman mahasiswa. Untuk metode pembayaran, kamu bisa transfer bank atau melalui gerai Alfamart.

Terkait:  Pinjaman Online Limit Besar

DANAdidik

Pinjaman online untuk mahasiswa dengan sistem penggalangan dana ditawarkan DANAdidik. Kamu dapat mengajukan pinjaman mahasiswa melalui kampanye pembiayaan secara online di laman DANAdidik. Para pendana yang telah bergabung dalam DANAdidik akan memilih calon peminjam dananya melalui kampanye tersebut. Menariknya, satu peminjam bisa mendapatkan pendana lebih dari satu.

DANAdidik memberikan pinjaman minimal 70% untuk biaya pendidikan yang akan dialokasikan langsung ke lembaga pendidikan. Ada juga pinjaman mahasiswa maksimal 30% untuk biaya penunjang, seperti pembelian peralatan kuliah dan biaya sewa tempat tinggal, yang akan dialokasikan ke rekening pribadi peminjam.

Bagaimana dengan sistem pengembaliannya? Peminjam harus membagi hasil pendapatannya selama 30 bulan setelah lulus dari pendidikan. Hasil pendapatan ini dihitung dari jumlah pinjaman dan persentase penghasilan. Persentase terendah adalah 10% dari penghasilan untuk pinjaman kurang dari Rp2.000.000. Sedangkan peminjaman lebih dari Rp10.000.000 dikenai 30%. Catat, ya, selama masa peminjaman tidak ada bunga.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk pinjaman online mahasiswa melalui pendanaan di DANAdidik, yaitu,

  • Terdaftar di perguruan tinggi dengan program pendidikan Diploma (D1, D2, D3, D4), Akademi, Si, S2, dan LPK;
  • Memiliki orangtua atau wali sebagai penjamin yang telah berpenghasilan;
  • Menyiapkan dua referensi dari keluarga yang tidak tinggal satu rumah;
  • Melengkapi proses pengajuan online (foto KTP, tagihan dari perguruan tinggi atau LPL, Kartu Keluarga, dan lain-lain).

Kredit Pintar

Kredit Pintar memberikan kemudahan dan kecepatan pinjaman secara online. Kamu bisa meminjam dana hingga limit Rp8.000.000 tanpa jaminan. Kredit Pintar mengklaim proses pengajuan pinjaman berlangsung cepat hanya dalam waktu 5 menit maka dana akan cair. Pilihan yang menarik untuk mahasiswa yang butuh dana cepat, kan? Terlebih, selain tanpa jaminan, syarat pengajuannya juga tidak membutuhkan slip gaji. Berikut persyaratan pengajuannya:

  • Warga negara Indonesia (WNI);
  • Berusia 18-55 tahun;
  • Memiliki KTP aktif;
  • Memiliki rekening pribadi;
  • Berdomisili di Indonesia.

Untuk mempermudah pinjaman, Kredit Pintar memberikan varian tenor yang cukup bersahabat. Yaitu, cicilan pembayaran selama 30 hari, tiga, enam, dan 12 bulan. Kredit Pintar juga menawarkan beberapa keuntungan berupa diskon cicilan, voucher, dan pulsa dengan ketentuan yang berlaku. Bila kamu tertarik meminjam melalui Kredit Pintar, kamu harus mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store. Lalu, lakukan registrasi menggunakan KTP dan rekening bank, isi data diri, dan ajukan pinjaman.

Terkait:  Pinjaman Online LinkAja

Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman Online Untuk Mahasiswa

Sebelum memutuskan untuk meminjam dana melalui fintech, ada baiknya kamu mengikuti sedikit tips-tips berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Lakukan riset dan bandingkan antar platform penyedia pinjaman. Riset bisa kamu lakukan pada Playstore atau iOS, website atau testimoni yang ada. Beri catatan penting pada masing-masing penyedia sesuai kriteria kamu.
  • Pilihlah yang menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Ini penting, karena menyangkut posisi mahasiswa yang sangat jarang punya barang atau harta sebagai agunan pinjaman.
  • Pastikan berapa besar biaya tambahan ketika akan dan setelah pencairan dana pinjaman. Berapa biaya administrasinya, berapa biaya provisinya, berapa biaya keterlambatan pembayaran angsuran dan pemotongan lainnya.
  • Bunga yang akan dikenakan pada peminjam, wajib kamu ketahui. Dan pastikan bagaimana sistem bunga itu akan melekat pada pinjaman kamu. Apakah sama seterusnya (flat), ataukah
  • Bila fintech menawarkan banyak macam peruntukkan peminjaman, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan yang sedang kamu cari. Jangan memaksakan diri memilih penawaran yang sekiranya malah akan menyulitkan kamu ke depannya.
  • Pastikan penyedia pinjaman online itu mempunyai akses yang bisa dihubungi. Misalnya ; alamat yang jelas ada, nomor telpon yang dapat dihubungi dan email yang benar.
  • Sesuaikan pembayaran angsuran kamu dengan kemampuan yang kamu miliki untuk mengangsurnya. Ini juga berhubungan dengan tenor atau jangka waktu pengembalian pinjaman. Jangan memaksakan diri.
  • Silakan akes Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memastikan bahwa fintech yang kamu cari memang sudah terdaftar di OJK, sehingga akan selalu dalam pengawasan OJK dalam pengelolaan dananya.

Demikianlah informasi mengenai pinjaman online mahasiswa beserta tips sebelum mengajukan pinjaman supaya kamu tidak terjebak pinjaman yang tidak diinginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. See u!

Similar Posts