Cara Enter di Google Form

Cara Enter di Google Form

Belakangan ini orang-orang sedang dibuat penasaran dengan cara enter di Google Form. Seperti kamu tahu bahwa aplikasi besutan Google ini bisa digunakan untuk membuat absensi, soal-soal sampai kuesioner dengan cepat dan mudah.

Secara umum kamu mampu membuatnya lebih efektif dan efisien tanpa keluar rumah, bahkan cukup menggunakan PC atau notebook. Selain itu, pemakaian enter sendiri hanya berlaku ke dalam kolom bertuliskan Untitled Form saja. Pasalnya, kolom tersebut bersifat blank alias belum diberikan judul sama sekali.

Penggunaan Google Form bisa dibilang efektif dan signifikan untuk membantu berbagai macam tugas pekerjaan maupun sekolah. Kamu bahkan tidak perlu menghabiskan kertas dan uang karena semua akan tersimpan di dalam PC atau smartphone.

Penyimpanan Google Form juga sudah terintegrasi langsung ke Google Drive. Kamu juga bisa membuat beberapa file tertentu dengan Google Form yang diakses melalui laman resminya. Namun, kamu harus memiliki akun Google (Gmail) terlebih dulu supaya bisa mengakses semua fiturnya agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Cara Enter di Google Form
Cara Enter di Google Form

Apa itu Google Form?

Google Form merupakan software administrasi administrasi survei yang disertakan sebagai bagian pada rangkaian penyuntingan Google Dokumen berbasis website gratis yang disediakan Google. Formulirnya menampilkan semua fitur berbagi yang ditemukan pada Slide, Spreadsheet maupun Dokumen untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan sekolah setiap penggunanya.

Google Form juga adalah tools yang memungkinkan kalian dalam mengumpulkan berbagai macam informasi dari pengguna lewat survei maupun kuis yang sudah dipersonalisasi. Informasinya bakal langsung dikumpulkan otomatis ke spreadsheet. Selain itu, spreadsheet akan diisi dengan survei maupun respon kuis dari orang-orang tertentu.

Terkait:  Cara Dikte di Google Docs

Tips dan Trik Membuat Google Form

Apabila kamu akan membuat pertanyaan pilihan ganda di Google Form, sebaiknya responden hanya bisa memilih satu opsi saja. Kamu bisa meminta mereka memilih pilihan dari pertanyaanmu dengan menekan tombol +. Kamu juga dapat membuat pertanyaan memakai skala dengan rasio 1 hingga 10.

Cara Buat Kunci Jawaban di Google Form

  • Pastikan kamu telah membuat soal pada Google Form seperti petunjuk sebelumnya.
  • Klik Answer Key.
  • Apabila tombolnya tidak muncul, klik
  • Pilih menu
  • Kemudian, beri tanda centang pada bagian Make This a Quiz.
  • Silakan tentukan jawaban paling tepat untuk soal tersebut, berikan pula besaran poin untuk setiap jawaban yang benar.
  • Jika semua kunci jawaban sudah dilampirkan, klik

Cara Share Google Form

  • Buka Google Form terlebih dulu.
  • Klik
  • Berikutnya, salin dan simpan URL Google Form untuk dibagikan ke responden melalui platform yang diinginkan.

Cara Enter di Google Form

Kamu harus tahu bahwa cara enter di Google Form sebenarnya gampang dan simpel, bahkan lebih mudah dibandingkan asumsi orang lain yang belum pernah menggunakan layanannya. Tak sedikit orang jarang bahkan tidak pernah memakai semua fitur Google Form sampai sekarang.

Mereka justru selalu mengandalkan pembuatan kuesioner, soal sampai daftar absensi secara manual dan habiskan lembaran kertas yang banyak. Padahal, kamu tidak perlu repot menghamburkan kertas dan uang karena semuanya akan langsung tersimpan ke dalam Google Drive.

Kamu juga bisa memasukkan dan menyimpan berbagai macam data dari Google Form ke Google Sheet untuk memaksimalkan kinerjanya secara efektif. Fitur Google semuanya tetap terhubung sehingga kamu tidak perlu khawatir bila data yang sudah dikerjakan bakal hilang.

Terkait:  Cara Gestun Akulaku

Sebab, semuanya akan tersimpan ke dalam Google Drive yang diakses dengan akun Gmail terlebih dulu. Kamu juga bisa mengolah data dari Google Form untuk keperluan lainnya sehingga hasil pekerjaan dapat digunakan sesuai kebutuhan secara maksimal.

Cara Enter di Google Form Kuesioner

  • Akses Google Docs Terlebih Dulu
    Akses Google Docs dan pilih menu Form. Kemudian, kamu bakal menerima berbagai macam pilihan template. Cari salah satu template yang benar-benar kamu butuhkan, sedangkan kamu bisa memilih blank template dengan warna latar belakang putih dan gambar di dalamnya.
  • Isi Judul Kuesioner
    Langkah berikutnya adalah isi kuesioner sesuai keinginan. Kamu bakal melihat kotak dialog bertuliskan Untitled Form. Berikutnya, klik kolom kosong tersebut dan ketik judul kuesioner yang kamu inginkan. Apabila kuesioner ditambah deskripsi lain, kamu cukup klik enter.
  • Buat Pertanyaan
    Apabila kamu sudah membuat judul dan deskripsi, kamu bisa membuat pertanyaan kuesioner. Klik Form Description di dalam kolom yang bertuliskan Question dan isi dengan pertanyaan tertentu. Kamu boleh pilih jenis pertanyaan seperti jawaban singkat atau pilihan ganda.
  • Kirim Kuesioner
    Jika semua tutorial tersebut sudah dilakukan, kamu harus mengirim link Google Form kepada responden atau penerima. Kamu bisa salin langsung link nya atau kirim via email dengan klik Send. Kamu akan melihat pengiriman form via email dengan tulis email tujuan dan subject nya.

Cara Enter di Google Form Formulir Registrasi

  • Cari Template Formulir Registrasi
    Kamu harus mencari dan menentukan salah satu template untuk formulir registrasi. Meski begitu, kamu harus masuk ke akun Gmail terlebih dulu supaya bisa mengakses laman Google Docs melalui PC atau smartphone dan mendapatkan template form yang kamu inginkan.
  • Isi Judul dan Deskripsi
    Buatlah judul dan deskripsi yang jelas dan lengkap. Kamu harus menjelaskan alasan membuat formulir registrasi dengan tepat. Gunanya supaya para responden bisa memahami dan tahu segalanya yang berkaitan dengan formulir tersebut sesuai acara atau kegiatan tertentu.
  • Buat Daftar Pertanyaan
    Kamu bisa membuat berbagai macam pertanyaan dengan menu Short Answer maupun Paragraph. Secara umum informasi yang hampir sering ditanyakan adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, umur dan hal-hal lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  • Share Formulir Registrasi
    Jika kamu sudah membuat formulir registrasi dengan daftar pertanyaan yang jelas dan lengkap, silakan kirim kepada penerima atau responden dengan menekan tombol Send. Kamu bisa salin URL ke beberapa platform sampai chat sesuai kebutuhan dan keinginan pribadi.
Terkait:  Cara Cek 3uTools iPhone, Ketahui Keaslian Ponselmu

Cara Enter di Google Form Soal Pilihan Ganda

  • Kunjungi situs resmi Google Form via google.com/intl/id/forms/about.
  • Kemudian, tentukan layanan Google Form yang bakal digunakan yaitu Bisnis dan Pribadi.
  • Apabila penggunaannya bersifat pribadi, klik tombol di samping kiri layar.
  • Klik + untuk menambah formulir yang bakal diubah menjadi media ujian online.
  • Silakan tulis judul ujian ke dalam kolom paling atas dan hapus kaliimat Untitled Form.
  • Berikutnya, masukkan soal dan opsi pilihan ganda. Pastikan pengaturan soal yang dipilih telah Multiple Choices.
  • Untuk menambah soal, klik +.
  • Atur konfigurasi supaya pelajar bisa memakai soal dari Google Form, klik
  • Tunggu beberapa saat sampai laman pop-up yang meliputi kolom Presentation, Quizzes dan General.
  • Atur General terlebih dulu, pindah ke menu Quizzes untuk aktifkan beberapa tombol yang ada.

Sedangkan angka 1 untuk nilai terburuk dan nomor 10 untuk nilai terbaik. Selain itu, kamu bisa memakai pertanyaan checkboxes dengan menyediakan beberapa kolom yang perlu dicentang, biasanya seputar kegemaran sampai minat tertentu.

Similar Posts