Cara Lacak Paket J&T

Cara Lacak Paket J&T
Cara Lacak Paket J&T

Perkembangan e-commerce membuat sebagian besar jasa ekspedisi semakin diminati banyak orang, salah satunya adalah J&T. Namun, beberapa orang belum tahu cara lacak paket J&T agar dapat memastikan barang yang dikirim oleh penjual bisa diterima pembeli.

Seperti kalian tahu kalau semua pedagang online memang sering menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim pesanan kepada konsumen. J&T Express menjadi salah satu kurir barang yang mana keberadaannya semakin naik daun dan diperhitungkan para seller online shop.

Read More

J&T Express sama dengan jasa ekspedisi mana pun yang mana setiap pengirim bakal menerima nomor resi sesudah barang diberikan kepada kurir. Selain itu, nomor resi berisi informasi lengkap tentang barang yang dikirim sehingga kalian dapat mengetahui waktu penerimaannya oleh konsumen.

J&T akan membantu semua pelanggan setianya yang belum tahu cara melacak paketnya masing-masing, sedangkan kalian bisa melakukannya tanpa nomor resi sekalipun supaya bisa memastikan barang akan tiba sesuai waktu yang ditentukan.

Cara Lacak Paket J&T
Cara Lacak Paket J&T

Sekilas Tentang J&T Express

PT.Global Jet Express atau J&T Express adalah salah satu jasa ekspedisi terbaik dan terkemuka saat ini. Di Indonesia, jumlah penggunanya semakin banyak dan beberapa platform e-commerce bahkan sudah menggunakan mereka untuk mengirim barang antar kota maupun provinsi.

Apabila barang sudah dikirim, pihak pengirim bakal memberi nomor resi yang bisa dilihat dan diperiksa oleh penerima dan pengirim. Selain itu, cara cek resi J&T juga cepat dan mudah agar kalian dapat melacak letak keberadaan barang yang sedang dikirim nanti.

Terkait:  Cara Kerja Antena TV

Apa itu Nomor Resi?

Nomor resi merupakan nomor yang diberikan pihak pengirim atau jasa ekspedisi sebagai identitas dari barang yang dipesan. Selain itu, nomor resi dipakai sebagai bukti pertanggungjawaban bahwa barang benar-benar sudah dikirim.

Penerima paket bisa memeriksa resi secara berkala untuk melacak letak keberadaan paket yang sedang dipesan. Umumnya nomor resi resmi dari J&T terdiri dari 12 karakter, baik itu kombinasi 10 angka dan 2 huruf maupun 12 digit angka yang satu sama lain tetap menjadi tanpa bukti pengiriman asli.

Daftar Istilah pada Pengiriman Paket J&T Express

Apabila kalian bakal melacak paket kiriman dengan menggunakan nomor resi J&T, biasanya muncul beberapa istilah yang asing diketahui. Maka dari itu, kalian harus tahu beberapa istilah beserta artian sebenarnya sebagai berikut :

  • Transit Center
    Transit Center merupakan tempat singgah paket yang sedang dikumpulkan dari semua Drop Point dalam satu wilayah. Secara umum Transit Center berguna sebagai pusat penyimpanan barang sementara untuk dikirim ke kota berikutnya.

    Pihak J&T akan selalu menjamin semua barang yang dikumpulkan tidak bakal rusak apalagi tertukar. Pasalnya, satu sama lain dipisah berdasarkan kategorinya masing-masing dengan melihatkan SDM handal dan berpengalaman.

  • Drop Point
    Drop Poin adalah kantor cabang atau agen pengiriman J&T terdekat. Pengirim bisa mengirim paket lewat Drop Point, petugas akan melayani dan menimbang barang sebelum dikirim.

    Cek ongkos kirim dulu sebelum paket dikirim melalui laman resmi agar dapat menyiapkannya terlebih dulu. Kalian akan selalu dianjurkan memeriksa jumlah biaya pengiriman sebelum paket dikirim, sehingga dapat langsung memproses paket untuk dikirim ke alamat tujuan.

Jenis-jenis Layanan J&T Express

J&T Express mempunyai berbagai macam layanan pengiriman yang bagus, lho. Pelanggan bisa mendapatkan salah satu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika kalian belum tahu semuanya, silakan simak rinciannya sebagai berikut :

  • Jemari
    Layanan ini ditujukan kepada pembeli supaya bisa mengambil paket ke agen J&T Express terdekat dalam waktu pengiriman selama 2-7 hari kerja. Layanan Jemari hanya meminta kurir untuk mengantarkan barang dari Drop Point pertama ke agen J&T Express terdekat sesuai domisili masing-masing.

    Maka dari itu, kalian tidak bisa menunggu kurir mengantarkan barang sampai ke depan rumah. Kalian sendiri yang harus menjemput barangnya ke agen J&T Express terdekat melalui konfirmasi via pesan atau telepon.

  • Economy
    Layanan ini memberikan ongkos kirim lebih murah dengan pengiriman barang ke luar Jawa dengan durasi pengiriman selama 2-14 hari. Kalian bakal dikenakan ongkos kirim sebesar Rp.14,000 per kg dengan bobot barang yang dikirim maksimum 50 kg.

    Layanan Economy semakin dipilih banyak orang, apalagi kalau jumlah paket yang dikirim cukup banyak. Kalian bisa mengirim barang apapun kepada sanak keluarga dan kerabat di kampung halaman dengan J&T.

  • Express
    Layanan ini menjadi pilihan terbaik mayoritas pelanggan setia J&T Express. Kalian akan menerima pelayanan pengiriman reguler ke semua wilayah Tanah Air dengan durasi lebih singkat, yakni selama 2-7 hari kerja.

    Waktunya tergantung wilayah tujuan pengiriman yang bakal ditempuh pihak kurir. Selain itu, kalian cukup menghabiskan ongkos kirim sebesar Rp.10,000 per kg dengan bobot barang yang dikirim mencapai 50 kg dengan layanan pengiriman Express.

Cara Lacak Paket J&T

Kemajuan informasi dan teknologi membuat cara lacak paket J&T bukan menjadi sebuah informasi yang sulit dipecahkan. Kini, siapa saja bisa mengetahuinya dengan cepat dan mudah. Kalian harus selalu menggunakan nomor resi untuk mencari tahu keberadaan paket yang sedang dikirim.

Pihak J&T Express selalu memastikan bahwa semua barang pengiriman tidak akan rusak, sedangkan jangkauan pengirimannya mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan batas waktu selama 2-14 hari kerja.

Cara Lacak Paket J&T via Google

Google sudah menyediakan layanan pemeriksaa nomor resi, lho. Kalian bisa langsung memeriksa nomor resi untuk mengetahui keberadaan paket barang yang sedang dikirim dengan cepat, sedangkan prosedurnya adalah :

  • Kunjungi laman resmi Google melalui smartphone atau PC kalian.
  • Ketik Cek Resi J&T ke dalam kolom pencarian.
  • Kemudian, Google bakal menampilkan layanan Lacak Paket Anda dengan data valid dari J&T Express.
  • Silakan masukkan nomor resi ke dalam kolom Masukkan Nomor Pelacakan.
  • Pilih menu Lacak Paket.
  • Terakhir, muncul informasi mengenai proses pengiriman dan lokasi paket dari layar.

Cara Lacak Paket J&T via Aplikasi J&T Express Indonesia

J&T Express menyediakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak paket barang ke seluruh Indonesia. Apabila kalian belum pernah memakainya, maka bisa menyimak panduannya sebagai berikut :

  • Unduh aplikasi J&T Express Indonesia melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) sesuai tipe smartphone kalian.
  • Jalankan dan buka aplikasi J&T Express.
  • Jika ingin mengecek resi, klik Tracking.
  • Silakan masukkan nomor resi ke dalam kolom yang sudah tersedia.
  • Pilih menu Cari.
  • Terakhir, informasi mengenai paket dengan nomor resmi bakal ditampilkan secara otomatis.

Cara Lacak Paket J&T via Website Resmi

Langkah termudah melacak paket yang sedang dikirim adalah menggunakan situs resmi J&T. Kalian cukup mengakses laman utama J&T Express dengan mengikuti tutorial berikut :

  • Kunjungi situs resmi J&T Express via jet.co.id/track.
  • Silakan masukkan nomor resi ke dalam kolom tersedia.
  • Pilih menu Cari.
  • Informasi tentang detail dan proses pengiriman barang akan ditampilkan secara otomatis.

Demikian pembahasan mengenai cara lacak paket J&T Express yang benar dan cepat. Sebaiknya kalian menyimpan nomor resi dari pihak pengirim supaya barang bisa dilacak keberadaannya. Selain itu, kalian berhak mengajukan klaim dengan nomor resi tersebut bila paketnya tiba melampaui estimasi yang sudah ditentukan.

Related posts