Biaya Kirim Laptop J&T

Biaya Kirim Laptop J&T

Sedang ingin memulai usaha jual beli laptop? Atau sedang ingin membeli laptop secara online? Atau justru mau kirim laptop ke service centre karena butuh perbaikan? Berencana menggunakan J&T, namun belum tau berapa biaya kirim laptop J&T?

J&T Express memang bisa menjadi salah satu alternatif pilihan ekspedisi untuk kirim laptop. Selain karena waktu pengiriman yang terbilang cepat, J&T juga menyediakan asuransi untuk pengiriman barang-barang elektronik seperti laptop. Kamu pun tak perlu khawatir lagi karena ada jaminannya jika terjadi hal tak diinginkan terhadap laptopmu.

Nah. lewat artikel ini akan mengupas secara tuntas tentang kirim laptop menggunakan J&T dan berapa biaya kirimnya. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!

Cara Packing Laptop yang Aman

Laptop adalah barang elektronik yang rawan rusak ataupun terguncang saat pengiriman. Oleh karena itu, sebelum kirim laptop, kamu harus tahu bagaimana cara packing laptop yang aman. Tentu saja sangat disayangkan jika laptop yang kamu kirim rusak saat pengiriman karena packing yang kurang aman. Berikut cara packing laptop yang aman:

  • Gunakan bubble wrap atau styrofoam

Bubble wrap dan styrofoam berfungsi menahan paket yang dikirim tetap aman terhadap benturan dan goncangan. Jika kamu akan kirim laptop, pastikan gunakan ekstra packing. Kamu bisa memilih menggunakan bubble wrap ataupun styrofoam untuk packing laptop.

Lapisi laptop yang akan kamu kirim dengan bubble wrap yang tebal, sekitar 4-5 lapis. Hal ini untuk meminimalisir laptop rusak selama pengiriman. Kamu juga bisa menggunakan styrofoam karena memiliki fungsi yang sama dengan bubble wrap, namun lebih kokoh.

  • Sesuaikan kardus dengan ukuran laptop
Terkait:  Cara Mengirim Tugas ke Google Classroom

Sebisa mungkin gunakan kardus bawaan dari laptop tersebut. Jika memang tidak ada, bisa menggunaan kardus yang seukuran dengan laptop. Adanya ruang kosong dalam kardus akan meningkatkan risiko kardus robek karena terhimpit saat pengiriman. Selain itu, kardus dengan ukuran sesuai meminimalisir laptop terbentur saat pengiriman.

  • Packing serapi mungkin

Setelah memastikan bagian dalam paket rapi dan aman, bagian luar paket juga harus dipacking serapi mungkin. Isolasi pinggir kardus agar benar-benar aman dan tidak berpeluang terbuka atau sobek. Jika ingin lebih aman, kamu juga bisa isolasi seluruh lapisan kardus dengan rapi. Jangan lupa beri tanda bisa berupa sticker atau tulisan “Jangan Dibanting”.

  • Gunakan packing kayu

Ketika akan mengirim laptop, sangat disarankan menggunakan packing kayu. Packing kayu dapat melindungi laptop dari benturan yang dapat menyebabkan kerusakan. Meskipun packing menggunakan bubble wrap/styrofoam plus kardus sudah cukup aman, namun masih rawan terjadi kerusakan. Kamu bisa packing kayu sendiri ataupun meminta pihak J&T untuk melakukan packing. Tentu saja dengan biaya tambahan, ya.

 

Biaya Kirim Laptop J&T

Biaya Kirim Laptop J&T
Biaya Kirim Laptop J&T

Setelah tahu cara packing yang aman, selanjutnya kamu harus tahu berapa sih biaya kirim laptop J&T? Pertama,  harus tahu dulu berapa berat laptop yang akan dikirim. Biasanya laptop memiliki berat 2-4 kg.

Nah, kemudian akan dikirim menggunakan layanan J&T apa laptop tersebut? Apakah ecoomy, regular, atau express? Misalnya, laptop akan dikirim menggunakan J&T reguler, maka dikenakan biaya mulai dari Rp9.000 per kg tergantung daerah tujuan. Jika berat laptop 3 kg, maka dikenakan biaya mulai dari Rp27.000 hingga ratusan ribu tergantung tujuan.

Pada prinsipnya, perhitungan biaya tetap sama. Bedanya, perhitungan berat paket mungkin akan dihitung secara volumetrik, apalagi jika menggunakan packing kayu. Paket akan dikenakan volumetrik jika volume paket lebih besar dari berat aktualnya.

Terkait:  Biaya Fakultas Kedokteran UNPAD

Paket berupa laptop dikenakan tambahan biaya berupa asuransi dan biaya packing kayu jika minta dipackingkan kayu pihak J&T. Jadi, ketika kamu akan mengirimkan laptop lewat J&T, maka akan dikenakan biaya kirim ditambah biaya asuransi. Untuk biaya packing sifatnya opsional saja, jika memang minta dipackingkan pihak J&T.

Biaya Asuransi Kirim Laptop J&T

Barang-barang dengan nilai harga tinggi diharuskan untuk diasuransikan, begitu pula dengan laptop. Asuransi akan membuat kita merasa lebih aman dengan laptop yang kita kirim. Pasalnya, dengan asuransi, ketika terjadi kerusakan, kehilangan, dan kelalaian lain yang menyebabkan kerugian, maka J&T akan bertanggung jawab.

Tanggung jawab yang dilakukan oleh J&T berupa ganti rugi sesuai dengan nilai harga dari laptop yang kamu kirm. Jaminan ini tentu membuat kamu sebagai pengirim lebih tenang dan tak terlalu khawatir, kan?

Untuk besarnya biaya asuransi sendiri yaitu 0,2% dari harga laptop yang akan dikirim. Kamu juga akan dikenakan tambahan biaya penanganan sebesar Rp5.000. Sebagai contoh, misalnya saja harga laptop yang akan kamu kirim adalah Rp7 juta, maka perhitungannya sebagai berikut: (0,2 % x Rp7.000.000) + Rp5.000 = Rp19.000. Jadi, biaya asuransi yang harus kamu keluarkan sebesar Rp19.000.

Tambahan Biaya Kirim Laptop J&T

Tambahan biaya ini akan dikenakan jika kamu minta dipackingkan kayu oleh pihak J&T. Jika kamu sudah packing kayu sendiri, maka tidak dikenakan lagi biaya tambahan ini. Packing kayu direkomendasikan untuk kirim laptop agar lebih terlindungi, sehingga laptop terhindar dari risiko rusak di perjalanan. Biaya packing kayu untuk laptop berkisar mulai dari Rp45.000, tergantung lokasi dan ukuran laptop yang dikirim.

Paket yang dipacking kayu biasanya dihitung volumetriknya, bukan berat aktualnya. Berat aktual adalah berat asli dari laptop yang sudah dipacking kayu. Sedangkan berat volumetrik (berat dimensi) adalah perhitungan berat secara volume, dengan rumus (P x L x T) / 6000.

Terkait:  Cara Lacak Paket J&T

Perhitungan biaya kirim biasanya menggunakan berat tertinggi. Agar lebih paham, berikut contoh perhitungan berat laptop yang telah dipacking kayu:

Berat aktual                 = 6 kg

Berat volumetrik         = (40 x 40 x 30) / 6000 = 8 kg

Nah, yang akan dihitung sebagai biaya kirim yaitu berat volumetriknya, karena lebih besar dari berat aktualnya. Sehingga, perhitungan biaya kirim akan dikalikan 8 kg.

Total Biaya Kirim Laptop J&T

Berdasarkan penjelasan di atas, maka untuk menghitung biaya kirim J&T, maka perlu dilakukan perhitungan berat/volumetrik setelah packing kayu. Kemudian perhitungan biaya asuransi dan biaya jasa packing kayu. Agar lebih jelas, maka berikut simulasi contoh perhitungan biaya kirim laptop J&T:

Septian berhasil menjual laptop lamanya seharga Rp7 juta melalui sosial media. Saat ini Septian tinggal di Surabaya, sementara pembeli laptop berdomisili di Malang. Septian berencana mengirim laptop tersebut menggunakan layanan J&T regular sekaligus minta dipackingkan kayu oleh pihak J&T. Setelah dipacking kayu, berat aktual paket tersebut menjadi 6 kg dan berat volumetriknya menjadi 8 kg, maka perhitungannya sebagai berikut:

Packing kayu Rp45.000
Biaya asuransi = 0,2 % x Rp7.000.000 + Rp5.000 Rp19.000
Biaya kirim Surabaya-Malang  = 8 kg x Rp10.000 Rp80.000

TOTAL BIAYA

Rp144.000

Jadi, total biaya yang harus dikeluarkan Septian untuk kirim laptop tersebut adalah Rp144.000. Meskipun biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal, namun paket laptop dikirim lebih aman dengan menggunakan packing kayu dan asuransi.

Demikian penjelasan mengenai biaya kirim laptop J&T. Semoga membantu dan bermanfaat, ya .

Cek Ulasan Terbaru:

Similar Posts