Cara Naik Kereta Api

Cara Naik Kereta Api

Bagaimana cara naik kereta api untuk pemula dengan benar? Apabila kamu belum pernah menaiki kendaraan ini, biasanya akan bingung bahkan khawatir mengalami berbagai macam hal tidak diinginkan.

Beberapa orang masih enggan menggunakan kereta api saat pergi ke tempat tujuan, khususnya saat mudik ke kampung halaman jelang Idul Fitri. Pasalnya, banyak orang selalu salah saat baik gerbong dan tidak tahu tempat duduknya masing-masing. Orang-orang tertentu bahkan malu bertanya kepada petugas terkait akibat takut disangka ‘norak’, lho.

Secara umum cara naik kereta api untuk pemula yang baru pertama kali berpergian dengan kendaraan ini sebenarnya gampang dan praktis, lho. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah supaya bisa menaikinya sampai ke lokasi tujuan.

Calon penumpang juga wajib tahu cara beli tiket kereta api sehingga dapat mengetahui jadwal keberadangkatan dan uang yang dikeluarkan. Selain itu, kamu bisa membeli tiket kereta api secara offline atau online, sedangkan petugas biasanya bakal mengarahkanmu sejak awal pemesanan hingga saat keberangkatan nanti.

Cara Naik Kereta Api
Cara Naik Kereta Api

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Website

Jika kamu sudah punya rencana ingin mudik dengan menggunakan kereta api, sebaiknya ketahui cara pesan tiket kereta api secara online di bawah ini:

  • Kunjungi website booking.kai.id melalui browser pada HP kamu.
  • Silakan ketik nama stasiun asal dan stasiun tujuan.
  • Kemudian, tentukan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.
  • Pilih menu Cari dan Pesan Tiket.
  • Cari kereta sesuai dengan kota tujuan, klik Pesan dan tentukan kursi yang bakal ditempati.
  • Terakhir, segera bayar tiket kereta api sesuai dengan metode pembayaran yang tersedia.
Terkait:  Cara Naik Limit Kredivo

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Aplikasi

Tiket kereta api juga bisa dipesan melalui aplikasi, lho. Simak langkah-langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi KAI Access melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi KAI Access.
  • Lakukan pendaftaran untuk membuat akun dengan email dan password yang aktif.
  • Jika akun sudah dibuat, segera login menggunakan akun kamu.
  • Kemudian, tentukan stasiun asal dan stasiun tujuan.
  • Silakan pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.
  • Pilih menu Cari untuk mencari kereta, isi data pemesan dan data penumpang dengan benar.
  • Klik Pilih Kursi.
  • Pilih menu Bayar Sekarang.
  • Cari metode pembayaran yang diinginkan.
  • Terakhir, segera konfirmasi pembayaran agar pemesanan tiket kereta dapat terkonfirmasi.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Lewat Stasiun

Calon penumpang juga bisa memesan tiket kereta api dengan mendatangi stasiun keberangkatan terlebih dulu. Simak cara pesan tiket kereta api lewat stasiun sebagai berikut:

  • Datangi stasiun kereta api terdekat di kotamu.
  • Cari loket stasiun dan pilih loket yang melayani kereta lokal beserta antarkota.
  • Beritahu informasi detail mulai dari stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, waktu keberangkatan dan jumlah penumpang kepada petugas loket.
  • Petugas akan memproses semua data pesananmu dan memberitahu harga tiket yang wajib dibayar.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan harga tiket kereta api, kamu akan menerima kode pesanan yang dicetak saat hari keberangkatan nanti.

Ketentuan dan Syarat Naik Kereta Api Terbaru

Jika kamu sudah memesan tiket kereta api, maka bisa menyimak ketentuan dan syarat naik kereta api terbaru di bawah ini:

  • Calon penumpang sudah divaksin minimum dosis kedua.
  • Surat keteragan hasil negatif.
  • Rapid Test Antigen maksimum 1×24 jam atau RT-PCR 3×24 jam untuk calon penumpang yang baru saja divaksin dosis pertama.
  • Calon penumpang berumur di bawah 6 tahun harus didampingi oleh orang tua dan menerapkan protokol kesehatan secara efektif.
  • Calon penumpang yang belum atau tidak divaksin dengan alasan medis wajib melampirkan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.
Terkait:  Cara Naik Eskalator

Cara Naik Kereta Api

Cara naik kereta api sebenarnya mudah, asalkan kamu sudah memesan tiketnya dan mengikuti himbauan dari petugas di stasiun terdekat. Calon penumpang tidak boleh menunggangi kereta api sembarangan tanpa petunjuk yang berlaku.

Kamu akan mendapatkan tiket saat hari keberangkatan yang melampirkan informasi mengenai nomor kursi, kode booking dan stasiun tujuan. Kami akan memberitahu panduan naik kereta api untuk pemula pertama kali supaya kamu bisa sampai lokasi tujuan dengan selamat.

Langkah 1: Memesan Tiket

Cara naik kereta api untuk pemula yang pertama adalah memesan tiket terlebih dulu. Kamu bisa menggunakan salah satu panduan di atas supaya bisa memesan tiket kereta api untuk pergi saat hari keberangkatan nanti.

Kamu biasanya akan diminta informasi mengenai stasiun asal dan stasiun tujuan, waktu serta jumlah kursi yang dipesan. Selain itu, siapkan nomor KTP dan tentukan letak kursi yang bakal ditempati saat berangkat nanti. Kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan harga tiket yang sudah dipesan.

Langkah 2: Mencetak Tiket

Jika hari keberangkatan sudah tiba, maka kamu bisa langsung mencetak tiket kereta api yang telah dipesan di stasiun. Kami anjurkan kamu mencetak tiketnya paling tidak 15 menit sebelum jadwal keberangkatan. Pencetakan ini bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan mesin cetak yang telah disediakan, lho.

Apabila kamu baru pertama kali naik kereta api dan tidak tahu pemakaiannya, maka bisa meminta bantuan petugas stasiun sehingga ia dapat mengarahkanmu untuk mencetak tiketnya sesuai dengan pesananmu.

Langkah 3: Menunggu dan Naik Kereta Api

Cara naik kereta api untuk pemula selanjutnya adalah menunggu sampai kereta api datang menuju stasiun keberangkatan. Kamu bisa menantinya dengan menduduki kursi-kursi yang tersedia di dekat rel. Apabila kereta api sudah tiba, silakan naik ke dalam gerbong sesuai dengan informasi yang tercantum pada tiketmu.

Terkait:  Cara Naik Kereta Api

Kamu juga bisa masuk ke gerbong melalui gerbong lain, namun risikonya adalah berdesakan dengan penumpang lainnya yang mana kamu harus tetap hati-hati terhadap barang-barang bawaanmu.

Langkah 4: Menikmati Perjalanan

Jika kamu sudah duduk di kursi sesuai dengan gerbong dan nomor pada tiket kereta apimu, langkah selanjutnya adalah berdiam diri dan menunggu sampai keretanya membawamu sampai ke stasiun tujuan.

Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil duduk dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang lezat. Apabila kamu mengantuk, tidurlah sebentar dan tetap menjaga semua barang bawaan agar tidak dapat diambil orang lain. Kamu cukup istirahat paling tidak 30 menit sebelum tiba di stasiun tujuan.

Langkah 5: Meninggalkan Kereta

Cara naik kereta api terakhir adalah memeriksa semua barang bawaan dan pastikan tidak ada yang tertinggal satu pun. Jika kereta api yang membawamu sudah tiba di stasiun tujuan, silakan keluar dari gerbong dan pergi meninggalkan keretanya untuk masuk ke dalam stasiunnya terlebih dulu.

Kamu biasanya akan diarahkan untuk turun dari kereta api melalui arah kiri ke kanan supaya bisa menuju ke pintu keluar stasiun. Kamu bisa melakukan hal yang sama saat akan kembali ke kota asal dengan menaiki kereta api lagi.

Demikian tutorial cara naik kereta api untuk pemula pertama kali yang benar dan mudah. Semoga bermanfaat!

Similar Posts