Cara Naik Pesawat

Cara Naik Pesawat

Cara naik pesawat sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Sayangnya, banyak orang masih belum tahu prosedur menaiki pesawat terbang berdasarkan maskapai dan rute masing-masing. Tak bisa dimungkiri orang-orang tertentu sering salah naik pesawat bahkan dibawa ke destinasi lain.

Pesawat sudah menjadi salah satu alat transportasi umum pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, kendaraan ini tidak mengenal ‘macet’ seperti kendaraan darat bak mobil dan motor, sehingga kamu dapat menikmati perjalanan dengan cepat dan nyaman.

Jika kamu gemar travelling seorang diri, pesawat alat sarana transportasi terbaik untuk menunjang perjalananmu. Kini, beberapa maskapai sudah mulai membuka rute penerbangan ke luar negeri lagi, lho. Kamu bukan hanya terbang ke wilayah domestik, namun juga internasional.

Apabila kamu ingin segera menikmati perjalanan dari atas udara yang keren dan menakjubkan, sebaiknya ketahui cara naik pesawat beserta persyaratannya supaya bisa memesan tiket pesawat terbang untuk duduk di salah satu kursi penumpang dari maskapai pilihanmu.

Cara Naik Pesawat
Cara Naik Pesawat

Cara Pesan Tiket Pesawat Lewat Website Maskapai

Kini, sebagian besar maskapai sudah menyediakan website resmi supaya calon penumpang bisa pesan tiket pesawat atau berinteraksi dengan petugas tentang hal lain. Simak cara pesan tiket pesawat via website di bawah ini:

  • Kunjungi website maskapai penerbangan yang bakal digunakan.
  • Silakan isi informasi mengenai bandara asal dan tujuan, waktu keberangkatan, jenis keberangkatan (satu arah atau pulang-pergi), jumlah penumpang dan mata uang yang diinginkan.
  • Klik Cari Penerbangan.
  • Cari penerbangan sesuai dengan jam terbang dan kedatangan yang diinginkan.
  • Kemudian, tentukan tarif tiket sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan budgetmu.
  • Pilih menu Lanjutkan.
  • Sistem website akan mengarahkanmu ke halaman Passenger Information, segera isi data dirimu dengan benar dan lengkap.
  • Berikutnya, pilih fasilitas tambahan yang dibutuhkan mulai dari bagasi ekstra, tempat duduk serta perlindungan asuransi.
  • Silakan tentukan metode pembayaran yang diinginkan.
  • Lakukan pembayaran dan klik Lanjutkan.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai pihak maskapai penerbangan memproses tiketmu.
Terkait:  Cara Naik Kereta Api

Cara Pesan Tiket Pesawat Lewat Traveloka

Traveloka merupakan agen perjalanan online terbaik dan terpercaya di Indonesia. Kamu bisa pesan tiket pesawat melalui Traveloka seperti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs resmi Tokopedia via traveloka.com melalui browser pada HP kamu.
  • Pilih menu Tiket Pesawat.
  • Berikutnya, pilih tujuan penerbangan (kota asal dan tujuan), waktu penerbangan sampai jumlah penumpang.
  • Klik Cari Tiket.
  • Kemudian, tentukan penerbangan yang diinginkan.
  • Pilih menu Pesan Sekarang untuk lanjut ke tahap pemesanan dengan mengisi data pemesan dan kontak yang bisa dihubungi.
  • Klik Lanjutkan.
  • Isi data diri penumpang dengan benar dan lengkap, klik Lanjut ke Pemesanan.
  • Jika data sudah diproses, klik Lanjut ke Pembayaran.
  • Kemudian, tentukan metode pembayaran yang tersedia.
  • Klik Bayar.
  • Terakhir, gunakan promo dan masukkan kode promo ke kolom yang tersedia (bila ada).

Cara Pesan Tiket Pesawat Lewat Call Center Maskapai Penerbangan

Jika kamu tidak bisa mengakses website maskapai dan agen perjalanan online, cara pesan tiket pesawatn bisa dengan menghubungi call center maskapai penerbangan di bawah ini:

  • Garuda Indonesia: 0804-180-7807.
  • Air Asia Indonesia: 021-2927-0999.
  • Lion Air: 021-6379-8000.
  • Citilink: 0804-108-0808.
  • Sriwijaya Air: 0804-177-7777.
  • Batavia Air: 0804-122-2888.

Cara Naik Pesawat

Cara naik pesawat sebenarnya tidak sulit dan menakutkan, apalagi kalau kamu baru pertama kali menggunakan alat transportasi ini untuk pergi ke area domestik atau mancanegara. Pesawat sudah menjadi kendaraan umum yang bisa digunakan untuk mengantarkanmu ke tempat tujuan dengan aman.

Walaupun harga tiketnya cukup mahal, tapi kamu akan disuguhkan dengan pelayanan terbaik dari pilot dan pramugara/i yang bertugas membantumu sejak pergi dan tiba di tujuan. Kamu bisa menikmati perjalanan di atas awan dengan menyenangkan.

Terkait:  Cara Naik Limit Kartu Kredit BCA

Langkah 1: Pahami Peraturan Bagasi

Maskapai mana pun mempunyai kebijakan tentang batas bagasi gratis. Maka dari itu, sebelum berangkat pastikan kamu sudah memahami dan mengetahui muatan bagasi pesawat yang bakal ditumpangi. Perhatikan barang-barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat seperti benda tajam, rokok, korek dan lainnya.

Langkah 2: Siapkan Identitas dan Tiket Pesawat

Kamu harus siapkan kode booking pesawat dan identitas sebelum berangkat ke bandara. Check ini bisa dilakukan dengan beragam langkah, yakni secara manual di bandara atau online via website maskapai yang ditumpangi.

Kamu harus tunjukkan e-KTP dan paspor bila akan ke luar negeri dan kamu juga akan dapat boarding pass yang ditunjukkan saat naik pesawat.

Langkah 3: Datang ke Bandara Lebih Awal

Jika hari keberangkatan tiba, sebaiknya datang ke bandara lebih awal. Hal ini dikarenakan kamu tidak akan pernah tahu apakah timbul hambatan saat dalam perjalanan. Tak hanya itu, kamu akan tenang lantaran tidak tergesa-gesa datang lebih awal membantumu untuk mencegah hal-hal diluar dugaan sebelumnya.

Langkah 4: Cek Gerbang Keberangkatan

Cara naik pesawat untuk pemula selanjutnya adalah mengecek gerbang keberangkatanmu. Gerbang keberangkatan biasanya tercantum pada boarding pass yang diperoleh ketika check in. Jika kamu sudah mengetahuinya, pastikan tidak menunggu terlalu jauh supaya kamu bisa tahu informasi khusus seperti perubahan jadwal atau pindah gate.

Jika kamu mengalami ketertinggalan informasi soal itu, jangan malu bertanya kepada petugas bandara sampai kamu berhasil mendapatkan keterangan bahwa maskapaimu akan segera tiba di bandara.

Langkah 5: Siapkan Boarding Pass dan KTP Saat Masuk Pesawat

Petugas akan memeriksa KTP dan boarding pass kamu sebelum naik pesawat. Kamu harus siapkan kedua dokumen tersebut dan berjalan menuju pesawat. Jika sudah masuk ke dalam pesawat, pilih kursi sesuai dengan data pada boarding pass.

Terkait:  Cara Naik Limit Kredivo

Jika kamu sulit menemukannya, jangan sungkan dan tanyakan kepada petugas bila kesulitan mencari kursinya. Kamu akan diarahkan sampai menemukan kursi yang bakal diduduki, serta meletakkan beberapa barang-barang kecil dengan benar.

Langkah 6: Pahami Prosedur Keamanan Penerbangan

Sebelum lepas landas, biasanya pramugari bakal menjelaskan prosedur keamanan penerbangan seperti pemakaian sabuk pengaman dan pelampung, letak pintu darurat dan penggunaan masker.

Tak bisa dimungkiri hal-hal sederhana tersebut wajib diketahui, sedangkan kamu harus patuhi peraturan yang telah ditetapkan pihak maskapai. Jika kamu menemukan salah seorang penumpang yang melanggar aturannya, jangan sungkan menegur atau melapornya ke pramugari.

Langkah 7: Ambil Barang di Bagasi

Jika kamu sudah tiba di tujuan, jangan langsung meninggalkan bandara. Ambil semua barang di bagasi berdasarkan nomor penerbanganmu, ingat dan periksa lagi semua barang yang dititipkan di sana.

Cek lagi nomor bagasi yang diberikan ketika check in, biasanya berbentuk stiker yang ditempel di boarding pass kamu. Kamu harus memastikan tidak ada satu barang pun yang tertinggal apalagi tertukar dengan penumpang lain.

Demikian informasi lengkap tentang cara naik pesawat untuk pemula dan cara pesan tiket pesawat yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya siapa saja bisa booking dan naik pesawat terbang dengan aman. Semoga bermanfaat!

Similar Posts