Cara Refund Google Play

Kamu memiliki aplikasi atau item di Google Play yang ingin dikembalikan dan tidak tahu bagaimana cara refund Google Play? Yuk, temukan jawabannya di sini.

Cara Refund Google Play
Cara Refund Google Play

Google Play Store adalah toko digital Android yang menyediakan berbagai aplikasi dan item gratis maupun berbayar. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara monetisasi dari pihak developer (pengembang). Para pengguna yang membeli item atau aplikasi (in app-purchased) bisa melakukan refund atau mengajukan pengembalian dana.

Beberapa alasan mengapa pengguna ingin melakukan refund pembelian aplikasi atau item di Google Play, antara lain:

  • Pembelian secara tidak sengaja yang dilakukan oleh keluarga atau teman.
  • Pembelian yang dilakukan oleh orang tidak dikenal dengan metode pembayaran atau kartu kamu.
  • Aplikasi tidak dapat berfungsi di perangkat.
  • Aplikasi tidak bekerja sesuai dengan klaim yang disebutkan.
  • Kecewa atau menyesal dengan aplikasi atau item yang sudah terlanjur dibeli.

Bagi kamu yang ingin melakukan refund Google Play, sebaiknya memahami kebijakan yang diberlakukan oleh Google.

Kebijakan Refund di Google Play

Google dapat menyetujui refund atau pengembalian dana untuk pengguna yang melakukan pembelian di Google Play sesuai dengan kebijakan Google. Pengguna juga bisa langsung menghubungi pihak developer. Adapun kebijakan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Apabila pembelian dilakukan dengan tidak sengaja oleh keluarga atau teman dengan akun Google Play milikmu, maka ajukanlah refund melalui situs Google Play.
  2. Apabila pembelian item atau aplikasi di Google Play tidak dilakukan olehmu melainkan orang lain yang tidak dikenal menggunakan metode pembayaran atau kartu milikmu, maka segera buat laporan tagihan tidak sah selama kurun waktu 120 hari setelah transaksi pembelian.
  3. Apabila pengajuan pengembalian dana kamu telah disetujui, periksa berapa lamanya waktu yang diperlukan untuk pengembalian dana.
  4. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa kebijakan pengembalian dana bisa saja berbeda-beda sesuai dengan item yang dibeli. Kamu bisa mengunjungi laman resmi Google Support untuk informasi selengkapnya mengenai kebijakan yang berlaku.
  5. Pengguna bisa mendapatkan pengembalian dana secara otomatis apabila segera melakukan uninstal aplikasi berbayar (in app purchased) setelah membelinya untuk pertama kali.
  6. Apabila ingin menginstal kembali aplikasi, kamu harus membelinya lagi. Selain itu, mungkin saja kamu tidak masuk dalam kriteria jika ingin melakukan refund atas pembelian aplikasi itu.
  7. Jika kamu memberikan detail pembayaran atau akun kepada orang lain itu termasuk melanggar kebijakan Google Play. Di samping itu, pengguna yang tidak melindungi akun dengan autentikasi juga tidak bisa meminta pengembalian dana Google Play.
Terkait:  Cara Mengganti Akun Google

Cara Refund Google Play

Dikutip dari laman resmi support.google.com, terdapat tiga cara refund Google Play, yaitu melalui situs Google Play, Asisten Google, dan lewat developer.

Dari ketiga pilihan yang diberikan oleh Google dalam pengembalian dana Google Play, mengajukan refund melalui situs Google Play Store adalah metode yang paling direkomendasikan.

Akan tetapi, ada dua hal yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Kamu dapat melakukan pengembalian dana lewat Google Play apabila membeli aplikasi atau melakukan pembelian di aplikasi selama kurun waktu kurang dari 48 jam.
  • Kamu melakukan pembelian buku, film, musik, atau konten lainnya, maka dapat mengajukan refund setelah lebih dari 48 jam.

Sementara itu, untuk memastikan bahwa itu bisa di-refund atau tidak biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Namun,  proses keputusan pengembalian dana memakan waktu 1 hari hingga 4 hari kerja.

Adapun cara refund Google Play adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka komputer lalu akses alamat play.google.com/store/account.
  • Selanjutnya, kamu pilih opsi Histori Pesanan.
  • Lalu, cari pesanan yang ingin kamu kembalikan atau refund.
  • Plihlah opsi Minta pengembalian dana atau Laporkan masalah.
  • Kemudian, klik opsi yang menjelaskan atau paling menunjukkan masalah kamu.
  • Isilah formulir dan sampaikan bahwa kamu ingin melakukan refund atau pengembalian dana.
  • Setelah itu, kamu akan mendapat pesan yang berisi “Terima kasih telah menyampaikan masalah Anda”. Lalu, email tentang keputusan pengembalian dana akan dikirimkan. Umumnya, email bisa kamu terima dalam waktu 15 menit, tetapi prosesnya bisa memakan waktu sampai 4 hari kerja.

Sedangkan untuk perangkat hardware, apabila pengguna ingin mengembalikan atau mendapatkan refund atas perangkat yang dibeli di Google Play tersebur, maka langsung saja akses laman pengembalian dana Google Store https://support.google.com/store/answer/2411741 ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Terkait:  Cara Membuka Play Store

Apabila kamu memiliki beberapa item atau aplikasi yang ingin di-refund, silakan ulangi langkah-langkah tersebut untuk masing-masing produk yang kamu beli. Jika pesanan tidak ditemukan, mungkin saja kamu membelinya menggunakan akun Google Play yang lain.

Cara Refund untuk Pembelian dalam Waktu 2 Jam

  • Pada smartphone, buka aplikasi Google Play Store lalu arahkan ke menu aplikasi atau game yang ingin dikembalikan atau mendapatkan pengembalian dana.
  • Lalu, klik menu Pengembalian Uang.
  • Prompt akan muncul yang memberitahukan bahwa aplikasi akan dihapus
  • Lakukan konfirmasi dengan klik menu Permintaan Pengembalian Uang
  • Setelah itu, Play Store akan segera memproses pengembalian dana dan halaman aplikasi akan kembali refresh seakan-akan kamu tidak pernah membelinya.

Cara Refund Melebihi Batas 2 Jam, tapi Masih Dalam Kurun Waktu 48 jam

Lalu, bagaimana jika pembelian aplikasi atau item di google Play telah melewati batas 2 jam tapi masih dalam durasi 48 jam? Silakan kamu ikuti langkah-langkah berikut:

  • Langsung saja kamu klik link ini untuk mengakses ke laman pengajuan pengembalian dana Google Play.
  • Lalu, klik menu Permintaan Pengembalian Uang.
  • Setelah itu, kamu akan diberikan formulir dan isilah sesuai dengan prosedur. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk sesuai yang ada di halaman web Google Play. Waktu yang dibutuhkan mungkin sekitar 5 menit.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Google akan melakukan proses pengembalian dana kurang lebih 1 hingga 4 hari jika tidak ada sesuatu yang salah.

Pihak Google bisa saja menolak permintaan pengembalian dana yang kamu ajukan apabila terdeteksi ada penyalahgunaan. Jika terjadi hal demikian, maka kamu sampaikan langsung  ke pihak Google dengan alasan yang masuk akal dan tetap teguh memohon untuk pengajuan dana agar disetujui.

Terkait:  Cara Melacak HP Samsung yang Hilang dengan Gmail

Cara Refund Google Play Melebihi Batas Waktu 48 jam

Apabila sudah melebihi 48 jam setelah pembelian, cara yang direkomendasikan untuk kamu lakukan adalah mengisi formulir seperti yang diarahkan oleh Google.

Jika terdeteksi bahwa developer aplikasi melakukan kecurangan atau hal yang salah, Google Play akan melakukan pengembalian dana kamu.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa mengirimkan email ke pihak developer langsung. Caranya adalah dengan membuka Play Store, lalu arahkan ke aplikasi atau game yang ingin di-refund. Di sana ada menu yang dapat digunakan untuk menghubungi developer langsung. Gunakanlah fitur tersebut untuk menghubungi developer dan meminta pengembalian dana serta berikan alasan yang masuk akal.

Pihak developer bisa saja menyetujui permintaan pengembalian dana yang kamu ajukan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Namun, perlu kamu ingat bahwa cara yang paling direkomendasikan adalah melalui situs resmi Google Play.

Demikian cara refund Google Play untuk meminta pengembalian dana atas aplikasi atau produk lainnya yang telah dibeli. 

Related posts