Cara Sewa Apartemen Harian

Cara Sewa Apartemen Harian yang Aman dan Nyaman

PindahLubang.com – Bagaimana cara sewa apartemen harian yang hemat dan mudah? Barangkali pertanyaan ini hampir sering terlintas dalam benak kalian, terutama siapa saja yang sering pergi ke luar kota untuk urusan bisnis maupun pekerjaan.

Apabila kamu punya suatu kegiatan bisnis atau usaha di luar kota, terkadang kamu harus mencari lokasi strategis sebagai tempat tinggal di pusat kota. Oleh sebab itu, sebagian besar orang memutuskan untuk memilih apartemen menjadi tempat bermukim sementara sampai urusan tersebut selesai.

Apartemen bahkan disebut sebagai salah satu pilihan terbaik, di mana konsep dan suasananya seperti rumah sendiri. Jangan heran banyak orang ingin tahu cara sewa apartemen harian tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Apartemen mempunyai lingkungan lebih asri dan nyaman, serta terbebas dari bisingnya lingkungan luar, lho. Maka dari itu, sebaiknya ketahui cara menyewa apartemen sesuai dengan kebutuhan sehingga kamu dapat beristirahat lebih nyaman dan tenang saat berpergian ke luar kota.

Cara Sewa Apartemen Harian

Cara Sewa Apartemen Harian
Cara Sewa Apartemen Harian

Barangkali kamu sedang mencari informasi seputar cara sewa apartemen harian, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami sudah merangkum panduan lengkapnya agar kamu dapat segera menemukan apartemen yang nyaman dan terbaik sesuai dengan keinginan.

Beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Medan dan lainnya menghadirkan berbagai macam apartemen yang layak huni. Mereka menawarkan harga lebih terjangkau bila kamu menyewa secara harian, lho.

Terkait:  Cara Hemat Uang

Langkah 1: Menghubungi Pemilik

Cara sewa apartemen harian pertama yang wajib dilakukan adalah menghubungi pemiliknya terlebih dulu. Kamu bisa menghubungi salah satu pihak terkait melalui media sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp) atau akses website apartemen itu sendiri.

Apabila kamu sudah mendapatkan nomor teleponnya, segera hubungi sang pemilik untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Selain itu, kamu bisa menghubungi agen yang mengelola langsung beberapa unit apartemen secara harian agar kamu dapat menyewanya nanti.

Langkah 2: Menanyakan Ketersediaan Unit

Jika kamu sudah berhasil mendapatkan nomor telepon pemilik atau pengelola apartemen, cara sewa apartemen harian selanjutnya adalah menanyakan ketersediaan unit. Kamu harus mencari tahu apakah masih ada ketersediaan unit apartemen untuk waktu yang diinginkan.

Tahap ini biasanya selalu dilakukan para penyewa apartemen harian, lho. Walaupun tampak sepele, tapi sangat penting karena banyak orang enggan bahkan lupa menanyakan ketersediaan unit apartemen saat berada di luar kota.

Langkah 3: Mencari Unit

Jika unit apartemen masih tersedia, maka kamu bisa mencari salah satu yang sesuai dengan budget dan keinginanmu. Kamu harus mempertimbangkan berbagai macam aspek seperti harga, transportasi sampai kenyamanan selama menyewa apartemen tersebut secara harian.

Apabila kamu sudah mengantongi tiga poin penting tersebut dengan rating positif, sedangkan unit apartemen cocok maka bisa langsung menghubungi pengelola bahkan pemiliknya lagi bila kamu benar-benar akan segera menyewanya.

Langkah 4: Meminimalisir Biaya Sewa

Kamu pasti ingin berdiam diri di sebuah apartemen yang nyaman tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kan? Maka dari itu, kamu perlu meminimalisir biaya sewa sehingga dapat bermukim tanpa kerepotan menghabiskan uang banyak.

Secara umum sebagian besar penghuni apartemen, apalagi mereka yang menerapkan sistem harian akan selalu mempertimbangkan dan mengurangi beberapa biaya seperti transportasi, lokasi apartemen sampai mengajak keluarga atau kerabat yang mungkin saja menambah pengeluaran.

Terkait:  Cara Menyambungkan HP ke TV yang Tidak Support MHL, Mudah!

Langkah 5: Memeriksa Apartemen

Siapa saja pasti ingin menghuni sebuah apartemen yang bersih dan nyaman, bukan? Oleh sebab itu, sebelum kamu memberikan uang muka alias Down Payment (DP), sebaiknya crosscheck apartemen secara menyeluruh.

Tak bisa dimungkiri banyak orang kurang bahkan lupa memperhatikan ruang lingkup apartemen yang bakal ditempati nanti. Kamu bukan hanya memeriksa lingkungannya saja, melainkan fasilitas apa saja yang bisa didapatkan selama mendiami apartemen secara harian atau lebih lama.

Langkah 6: Membaca Surat Perjanjian Kerjasama

Cara sewa apartemen harian selanjutnya adalah memastikan surat perjanjian Kerjasama telah disediakan. Surat tersebut biasanya berisi poin-poin penting mulai dari data kedua belah pihak, tarif sewa, durasi sewa sampai sanksi bila melanggar aturan berlaku.

Kamu harus memahami dan membaca semua isi yang terkandung di dalamnya. Gunannya agar dapat meminimalisir sesuatu diluar kendali saat menyewa apartemen secara harian, supaya mencegah pengeluaran biaya tambahan akibat kerusakan item apartemen itu sendiri.

Langkah 7: Menyiapkan Dokumen

Jika kamu sudah membaca dan mengerti semua kebijakan yang tercantum pada surat perjanjian Kerjasama, cara sewa apartemen harian berikutnya adalah menyiapkan dokumen persyaratannya sekarang.

Kamu biasanya akan diminta beberapa berkas seperti fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan dokumen pendukung lainnya. Selain itu, persiapan semua surat-surat ini sifatnya universal di mana semua pemilik maupun pengelola apartemen akan membutuhkannya untuk menjaga identitas penyewa demi kepentingan bersama.

Langkah 8: Memberikan Uang Muka

Cara sewa apartemen harian berikutnya adalah memberikan uang muka sebagai tanda jadi berdasarkan kesepakatan. Secara umum mayoritas pemilik atau pengelola akan meminta budget sebesar 50% dari uang sewa, namun tergantung lokasi tujuan masing-masing.

Pemberian DP bertujuan supaya kamu bisa mengamankan unit yang bakal ditempati. Meski begitu, sebelum memberikan uang muka pastikan unit apartemen yang akan disewa sesuai dengan kebutuhan dan mampu memenuhi keinginanmu nanti.

Terkait:  Cara Mengubah Video Menjadi Link di HP dan Laptop, Mudah!

Langkah 9: Menyerahkan Uang Pelunasan

Biasanya penyerahan pelunasan akan dilakukan bersama dengan pemberian kunci. Namun, banyak orang perlu mengeluarkan uang tambahan untuk deposit sebagai jaminan kerusakan barang, bahkan kunci yang hilang.

Biaya deposit tersebut bersifat lumrah dilakukan semua pemilik properti, gunanya sebagai dana cadangan bila penyewa melakukan kesalahan yang berujung kerusakan terhadap fasilitas apartemen. Deposit tersebut pasti akan dikembalikan bila kamu terbukti tidak menimbulkan kerusakan apapun.

Langkah 10: Melakukan Pemeriksaan Terakhir

Apabila kamu sudah melakukan semua langkah di atas, aksi selanjutnya adalah memeriksa kembali segalanya yang terdapat pada unit apartemen. Meski begitu, kamu tidak boleh lepas dari pemilik atau pengelola guna mengajukan keluhan bila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan perjanjian.

Kamu harus memeriksa berbagai macam aspek penting seperti kondisi fasilitas yang disediakan pemilik apartemen, kualitas sinyal ponsel di setiap sudut ruangan, stop kontak berfungsi dengan baik sampai komponen desain interior atau eksterior yang ada.

Langkah 11: Mematuhi Kebijakan yang Berlaku

Cara sewa apartemen harian yang terakhir adalah mematuhi semua kebijakan berlaku. Kamu harus selalu menjaga ketertiban dan tidak pernah mengganggu kenyamanan penghuni apartemen lain. Jika kamu bermukim hanya sehari bahkan lebih, kesan positif yang ditinggalkan akan berdampak baik bagi dirimu sendiri.

Selain itu, kamu juga berkesempatan mengajukan diri sebagai calon penyewa untuk unit apartemen yang sama, lho. Jagalah norma dan sopan santun selama menyewa dan tidak meninggalkan kerusakan apapun di apartemen nanti.

Demikian panduan cara sewa apartemen harian yang wajib kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel kami agar semua orang dapat menyewa apartemen per hari dengan mudah dan terjangkau. Semoga bermanfaat!

Similar Posts