Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

5+ Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus (Mudah) ✅

Pindahlubang.com | Cara mengembalikan kontak hp yang terhapus, bicara tentang hal ini mungkin sebagian dari kita masih agak bingung atau tak tau langkah dan cara apa yang harus dilakukan terlebih ketika tak sengaja kontak yang ada di dalamnya terhapus akibat reset, format ke setelan pabrik, kerusakan, error, ataupun hal lain yang menyebabkan beberapa daftar kontak yang ada di smartphone harus hilang dan tak bisa dikembalikan lagi.

Seperti yang kita tau, adanya kontak atau daftar pengguna di dalam buku telepon memang menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Terlepas dari bagaimana mereka memiliki kontak di dalamnya, hal ini juga berpengaruh ke bagaimana para pengguna bisa tetap terhubung dengan pengguna lain karena biasanya kontak yang tersimpan di dalam smartphone juga terhubung dengan aplikasi lain seperti whatsapp, telegram, dan lain sebagainya.

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus
Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus

Itulah mengapa, tak heran kalau banyak pengguna yang merasa panik dan bingung ketika kontak di ponsel mereka terhapus akibat ketidak sengajaan, atau beberapa hal lain. Yang mana, biasanya hal ini juga menjadi salah satu hal yang cukup menyebalkan jika terjadi pada kalian. Untuk itu, jika kamu juga mungkin mengalami hal yang sama, mungkin cara mengatasi kotak hp yang terhapus berikut ini bisa jadi solusi atau cara yang bisa kamu gunakan, seperti.

Metode 1. Lewat Pengaturan 🧐

Source: https://www.perseus.de

Metode paling pertama yang kami sarankan untuk mengembalikan kontak yang terhapus secara tidak sengaja adalah lewat menu Pengaturan ponsel. Kamu bisa kembalikan kontak hp yang terhapus melalui Setting/Pengaturan di masing-masing smartphone kalian. Agar lebih jelas, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Step-by-Step: Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Melalui Pengaturan
  1. Sebelum mulai, buka menu Pengaturan / Setting di smartphone kamu
  2. Cari dan pilih menu Google
  3. Pilih Set Up and Restore
  4. Pilih Restore Contact
  5. Pilih akun Google yang digunakan untuk menyimpan kontak baru
  6. Kontak yang terhapus akan segera dimunculkan
  7. Pilih satu atau beberapa nomor kontak yang terhapus lalu klik Restore
Terkait:  Cara Mendapatkan HP Vivo V15 Gratis Tanpa Aplikasi dan Modal

Metode 2. Lewat vCard atau Virtual Contact Card 🧐

vCard
Source: https://www.qrcodechimp.com

Metode berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kontak yang sudah terhapus adalah dengan menggunakan bantuan dari vCard atau virtual contact card yang mana memang cukup dikenal sebagai salah satu alternatif untuk para pengguna bisa mengembalikan kontak yang sudah terhapus di perangkat mereka dengan melakukan backup sebelumnya. Nah, untuk caranya juga mudah banget kok.

Step-by-Step: Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Melalui vCard
  1. Pastikan kamu sudah melakukan backup kontak di smartphone kamu, jika belum kamu bisa melakukannya terlebih dahulu saat ini, untuk berjaga-jaga
  2. Kemudian jika sudah, kamu bisa memenyimpan hasil backup kontak ke dalam bentuk vCard atau Virtual Contact Card, dengan cara buka aplikasi kontak kemudian pilih pada settings lalu pilih import contact
  3. Nantinya kamu akan menemukan beragam pilihan untuk melakukan import contact
  4. Karena di sini kita akan menggunakan virtual contact card, kamu bisa langsung pilih pada opsi vCard
  5. Lalu pilih pada vCard hasil backup kontak yang sebelumnya sudah kamu lakukan tadi
  6. Tunggu beberapa saat dan kontak yang terhapus di smartphone kamu akan kembali seperti semula seperti yang ada di backup kontak sebelumnya

Jika kamu memang belum melakukan back up, kamu bisa menggunakan cara lain dengan menggunakan email, ataupun media penyimpanan lain yang sesuai dengan ketentuan dari aplikasi kontak untuk melakukan backup kontak. Walaupun demikian, kamu tetap disarankan untuk melakukan backup kontak atau export kontak dalam bentuk vCard, agar memudahkan kamu ketika kontak yang ada di dalamnya terhapus tanpa disengaja.

Metode 3. Lewat Google Contact 🧐

Source: https://www.engadget.com

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan bantuan dari Google Contact yang mana sebenarnya aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi bawaan pada tiap ponsel yang saat ini menggunakan operating system android 12 di smartphone mereka, dan bisa kamu install secara manual juga dari google play store. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk urusan sinkronisasi kontak dan salah satunya adalah mengembalikan kontak yang sudah terhapus.

Terkait:  Cara Dapat Uang dari Google Drive (3 Langkah) Cepat dan Mudah!
Step-by-Step: Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Melalui Google Contact
  1. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi google contact di smartphone kalian
  2. Setelah itu pastikan juga kamu masih mengingat email/akun google yang digunakan
  3. Kemudian lanjut untuk menambahkan akun google yang terkait dengan daftar kontak di smartphone kamu tadi
  4. Selanjutnya jika akun google tadi sudah ditambahkan, kamu bisa langsung membuka aplikasi Google Contact di smartphone kalian
  5. Jika kamu memiliki banyak akun google, silakan tap pada icon profile di bagian pojok kanan atas atau klik pada menu garis 3 di pojok kiri atas, lalu pilih pada akun google yang sudah tersinkron dengan kontak yang ada di smartphone kalian
  6. Secara otomatis, kontak yang tampil tadi merupakan kontak dari akun yang tersinkron dan terhapus di perangkat kamu akibat melakukan reset atau lain hal.

Selain mengembalikan kontak yang sudah terhapus, cara ini juga bisa menjadi sarana untuk kamu melakukan back up kontak agar memudahkan kamu ketika mengalami masalah kontak yang terhapus baik sengaja maupun tidak. Karena cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menampilkan kontak yang tersinkron dengan akun google di perangkat lain loh. Keren banget kan?

Metode 4. Lewat Cloud Storage 🧐

Source: https://www.jotform.com

Kemudian untuk cara yang ketiga, di sini kita akan menggunakan bantuan dari cloud storage seperti Google Drive, atau lain sebagainya. Karena memang cara ini bisa jadi alternatif ketika pengguna smartphone mengalami masalah pada kontak yang mereka miliki, dan ingin mengembalikan kontak yang mungkin sangat penting dan mempengaruhi pekerjaan mereka atau lain sebagianya, caranya juga mudah banget kok.

Step-by-Step: Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Melalui vCard
  1. Cara pertama adalah kamu bisa melakukan backup terlebih dahulu atau melakukan ekspor pada kontak yang sudah ada, ke dalam memori internal atau penyimpanan smartphone kalian.
  2. Setelah mendapatkan hasil backup dari kontak di Smartphone kalian, kamu bisa langsung menguploadnya ke Google Drive ataupun ke Cloud storage lain seperti misalnya iCloud pada pengguna iPhone
  3. Kemudian kamu bisa mendownload lagi hasil dari backup kontak yang ada di Smartphone kalian
  4. Jika sudah kamu tinggal membuka aplikasi kontak, dan kemudian kamu bisa memilih pada opsi import kontak
  5. Pada pilihan import kontak, kamu bisa memilih opsi  Cloud storage seperti Google Drive ataupun penyimpanan online lain  (jika ada)
  6. Setelah itu kamu tinggal menunggu sampai proses impornya selesai, dan setelah itu kamu bisa melakukan restart perangkat untuk melakukan penyesuaian sistem dan juga kontak yang baru saja kamu import
Terkait:  Cara Mendapatkan Uang dari Spotify untuk Pemula, Wajib Tahu!

Walaupun saat ini kita bisa menemukan banyak sekali Cloud storage atau penyimpanan awan, yang bisa digunakan di smartphone Android atau iPhone, pilihan dari Cloud storage yang mimin sarankan disini adalah menggunakan Google Drive. Namun kamu bisa menyesuaikan dengan cloud storage atau penyimpanan awan lain yang memang support untuk melakukan importing pada kontak yang terhapus di Smartphone kalian masing-masing.

Metode 5. Lewat Akun Ponsel 🧐

Source: https://teknoflasher.com

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan bantuan dari akun ponsel yang mana memang jadi salah satu alternatif untuk melakukan backup, dan mengembalikan akun atau kontak yang terhapus di smartphone kalian.

Seperti xiaomi misalnya, kamu bisa menemukan akun MI yang mana menjadi salah satu syarat untuk para pengguna bisa masuk atau menggunakan smartphone xiaomi mereka. Selain itu akun ini juga berguna untuk melakukan backup pada kontak secara otomatis, dan melakukan restore atau mengembalikan kontak yang mungkin terhapus secara tidak sengaja. Caranya juga mudah banget kok.

Step-by-Step: Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus Melalui Akun Ponsel
  1. Pertama pastikan kamu memiliki akun ponsel entah itu akun MI, akun samsung, akun vivo ataupun akun smartphone lain
  2. Kemudian pastikan kamu sudah melakukan sinkronisasi secara otomatis, untuk beberapa data yang ada di smartphone kalian, salah satunya adalah kontak
  3. Untuk mengembalikan kontak yang sudah terhapus, kamu bisa login ke dalam akun ponsel yang kalian gunakan kemudian kamu tinggal melakukan import pada kontak yang sudah ter sinkronisasi dengan akun ponsel kalian tadi

Dengan menggunakan cara ini, sekalipun kontak yang ada di ponsel kalian terhapus kamu tetap bisa melihat kontak yang tersimpan atau tersinkron ke dalam akun ponsel kalian. Sisanya kamu tinggal melakukan impor ataupun melakukan penyimpanan ulang secara manual ke dalam daftar kontak kalian seperti biasa.

Nah itulah tadi cara mengembalikan kontak hp yang terhapus, silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts