Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Bagaimana cara masuk recovery mode Samsung? Bagi kamu yang belum mengetahui cara masuk ke recovery mode, khususnya ponsel Samsung maka kamu bisa membaca artikel ini secara keseluruhan, karena terdapat informasi seputar Recovery Mode. Biasanya, Recovery Mode ini digunakan untuk melakukan hard reset di mana pengguna ponsel lupa dengan sandi atau password untuk membuka kunci ponsel sehingga cara satu-satunya adalah dengan melakukan hard reset. Namun, ada beberapa tujuan lain yang bisa kamu lakukan selain digunakan untuk hard reset.

Selain itu, pada Recovery Mode kamu bisa juga melakukan root Android, melakukan reset untuk mengatasi software yang bermasalah pada sistemnya, dan sebagainya. Kamu bsia masuk ke Recovery Mode hanya dengan beberapa langkah yang mudah. Pada ponsel Samsung milikmu, kamu bisa masuk ke fitur Recovery mode untuk melakukan perbaikan pada ponselmu jika terjadi kerusakan atau error pada sistem Androidnya. Jadi kamu bisa tetap masuk ke Recovery Mode untuk melakuakn perbaikan meskipun ponsel kamu dalam keadaan tidak bisa hidup.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Cara Masuk Recovery Mode Samsung
Cara Masuk Recovery Mode Samsung

Silakan untuk membaca dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara masuk recovery mode Samsung. Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa itu Recovery Mode? Recovery Mode adalah perangkat lunak yang disediakan pabrikan smartphone untuk memulihkan hp ke pengaturan pabrik atau untuk melakukan update firmware.

Terkait: Cara Melihat Link Instagram Sendiri di Android

Cara Masuk Recovery Mode Samsung Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Setiap merek ponsel sebenarnya memiliki caranya sendiri untuk masuk ke Recovery Mode. Untuk melakukannya, kamu hanya tinggal menekan kombinasi tombol fisik Samsung kamu. Nah, kamu juga harus memastikan apakah tombol fisik ponsel Samsung milikmu berfungsi dengan baik ketika ditekan. Untuk cara yang lebih lengkap, silakan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Nonaktifkan atau Matikan Hp Samsung

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke Recovery Mode adalah dengan mematikan atau menonaktifkan ponsel Samsung milikmu. Untuk cara menonaktifkannya, kamu hanya tinggal menekan tombol Power selama beberapa detik hingga layar ponsel kamu berubah menjadi hitam yang menandakan sudah berhasil dinonaktifkan.

Langkah 2: Tekan Tombol Power dan Volume Atas atau Home + Power + Volume Atas

Langkah selanjutnya, untuk masuk ke Recovery Mode ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Cara ini bisa kamu ikuti yang sesuai dengan tipe ponsel Samsung yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan ponsel Samsung dengan tipe yang tidak menggunakan tombol fisik Home, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

  • Silakan tekan kombinasi tombol Power dan Volume Atas selama beberapa detik
  • Jangan lepaskan tombol yang kamu tekan hingga ponsel kamu bergetar dan akan muncul logo Samsung
  • Jika ponselmu sudah bergetar dan muncul logo Samsung, silakan lepaskan kedua tombol yang kamu tekan

Sementara, jika kamu masih menggunakan ponsel Samsung dengan tipe yang ada tombol fisik Home, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan tekan kombinasi tombol Home, Power, dan Volume Atas selama beberapa detik
  • Jangan lepaskan tombol hingga muncul logo Samsung
  • Silakan lepaskan ketiga tombol tersebut jika sudah muncul logo Samsung
  • Proses menonaktifkan ponsel selesai

Langkah 3: Tunggu Hingga Muncul Recovery Mode

Kemudian, langkah selanjutnya silakan untuk menunggu beberapa saat hingga muncul menu dari Recovery Mode di layar ponsel kamu.

Terkait: Cara Mematikan HP Samsung A52

Langkah 4: Selesai

Kamu berhasil untuk melihat Recovery Mode di mana di dalamnya terdapat menu yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan kamu. Silakan untuk menggunakan tombol Volume sebagai navigasi atas dan bawah, sementara tombol Power untuk konfirmasiatau OK

Cara Masuk Recovery Mode Samsung Menggunakan Bixby

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke Recovery Mode di ponsel Samsung adalah melalui Bixby. Ini merupakan fitur asisten yang diciptakan oleh Samsung untuk memudahkan penggunanya. Kurang lebih Bixby ini mirip dengan Siri yang dimiliki oleh iPhone dan juga Google Assistant yang dimiliki oleh Google. Jadi, kamu bisa memerintahkan Bixby dengan suara. Untuk cara masuk ke Recovery Mode melalui Bixby, berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Nonaktifkan atau Matikan Hp Samsung

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke Recovery Mode adalah dengan mematikan atau menonaktifkan ponsel Samsung milikmu. Untuk cara menonaktifkannya, kamu hanya tinggal menekan tombol Power selama beberapa detik hingga layar ponsel kamu berubah menjadi hitam yang menandakan sudah berhasil dinonaktifkan.

Langkah 2: Tekan Tombol Volume + Bixby + Power secara bersamaan

Seanjutnya, langkah kedua adalah silakan untuk menekan tombol Volume + Bixby + Power secara bersamaan selama kurang lebih lima detik. Jangan lepaskan dulu tombol yang kamu tekan tersebut hingga muncul logo Samsung pada layar. Lalu, jika logo Samsung sudah muncul maka kamu baru bisa melepaskan ketiga tombol yang kamu tekan sebelumnya.

Langkah 3:Tunggu Hingga Muncul Recovery Mode

Kemudian, selanjutnya adalah kamu tingga menunggu beberapa saat hingga Recovery Mode muncul pada layarmu. Jika sudah muncul, maka kamu akan menemukan menu dari Recovery Mode.

Langkah 4: Selesai

Kamu berhasil untuk melihat Recovery Mode di mana di dalamnya terdapat menu yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan kamu. Silakan untuk menggunakan tombol Volume sebagai navigasi atas dan bawah, sementara tombol Power untuk konfirmasi atau OK.

Terkait: Cara Restart HP Oppo

Namun, tidak semua ponsel Samsung sudah dilengkapi dengan fitur Bixby. Jadi, pilihannya adalah jika ponsel Samsung kamu belum terdapat fitur Bixby, maka kamu bisa mengikuti cara yang pertama. Nah, perlu kamu ketahui, selain kamu bisa menggunakan kedua cara di atas untuk masuk ke Recovery Mode, kamu juga bisa melakukannya melalui Kabel USB Type C dan dihubungkan ke komputer atau laptop.

Menu-menu yang Terdapat di Recovery Mode

Jadi, pada Recovery Mode tersebut kamu bisa menemukan menu dengan beberapa opsi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah kamu masuk ke Recovery Mode kamu bisa melakukan beberapa tindakan. Untuk lebih lengkapnya, berikut isi dari menu di Recovery Mode.

  1. Reboot system now: digunakan untuk keluar dari Mode Recovery dan masuk kembali kehomescreen / menu utama
  2. Reboot to bootloader: digunakan untuk masuk ke mode fastboot / bootloader
  3. Apply update from ADB: digunakan untuk upgrade firmware melalui mode ADB
  4. Apply update from SD Card: digunakan untuk update / upgrade firmware melalui SD Card
  5. Wipe data/factory reset: untuk mengembalikan ke pengaturan / setelan pabrik dan berguna juga untuk mengatasi lupa Pola / PIN / Pattern ataupun Password lock screen
  6. Wipe cache partition: untukmembersihkan partisicache atau data sampah
  7. Mount / system: digunakan untuk memasukkan data system
  8. View recovery logs: digunakan untuk melihat log dari proses recovery
  9. Run graphic test: untuk menguji / tes graphic dari Samsung kamu
  10. Power off: digunakan untuk mematikan smartphone

Jadi, dari beberapa pilihan pada menu Recovery Mode tersbeut, silakan untuk memilih opsi yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Kesimpulan

Itulah cara masuk recovery mode Samsung. Silakan untuk memilih cara yang sesuai dengan tipe ponsel Samsung yang kamu gunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Related posts