Cara Setting Camera Vivo Y15

Cara Setting Kamera Vivo Y15

Bicara tentang cara setting kamera vivo y15, tentu hal ini menjadi cara yang cukup banyak diperbincangkan di ranah pengguna smartphone, terutama untuk merk vivo. Hal ini juga menjadi salah satu trik di mana para pengguna bisa memaksimalkan hasil jepretan dari kamera bawaan ponsel mereka, dan menghasilkan foto ataupun video yang baik tentunya.

Sebagaimana kita tau, saat ini smartphone sudah menjadi salah satu hal yang bisa digunakan untuk banyak hal. Terlebih untuk mereka yang merasa terbantu dengan beragam fitur ataupun fasilitas yang ada di smartphone seperti camera, membuat para pengguna bisa berfoto, ataupun merekam video untuk memenuhi kebutuhan mereka dan lain sebagainya.

Cara Setting Kamera Vivo Y15

Cara Setting Camera Vivo Y15
Cara Setting Kamera Vivo Y15

Karena hal inilah juga, banyak para pengguna smartphone terutama merk vivo yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari kamera bawaan mereka dengan mencari cara setting kamera vivo y15 untuk beragam kebutuhan. Mulai dari sekedar merekam video untuk kebutuhan pribadi, foto untuk sekedar laporan, atau bahkan membuat video cinematic untuk dibagikan ke platform sosial media.

Untuk itu, jika mungkin kamu adalah pengguna ponsel Vivo juga, mungkin beberapa cara berikut ini bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil dari kamera yang kamu miliki, seperti

Maksimalkan Fitur Kamera Bawaan Ponsel

Tak bisa dipungkiri memang, semakin canggihnya teknologi saat ini membuat banyak aplikasi ataupun fitur bawaan dari ponsel yang bisa kita atur ataupun setting untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan salah satunya adalah fitur kamera smartphone.

Terkait:  Cara Ketuk 2 Kali Samsung untuk Menghidupkan & Mematikan Layar

Untuk kamu yang menggunakan ponsel Vivo terutama, kamu bisa memaksimalkan fitur bawaan yang ada di kamera pada ponsel vivo, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa masuk ke pengaturan kamera, lalu atur beberapa hal berikut ini.

Untuk Foto 

  • Frame: gunakan ukuran 4:3 atau 9:16
  • Grid: gunakan 4 mode atau golden ratio
  • Auto White Balance: hidupkan
  • Shutter sound: OFF
  • JPG Quality: 95%
  • RAW File (Opsional): ON

Untuk Video

  • FPS: 30
  • Frame Size: 6:19
  • Bitrate: auto
  • Auto Focus: ON

Beberapa pengaturan atau mode yang di atas tadi, bisa kamu akses dari pengaturan kamera, yang tentu saja bisa kamu sesuaikan sendiri sesuai dengan keinginanmu. Pastikan dalam melakukan pengaturan ini, kamu melakukan capture untuk tiap setting atau pengetesan dari setting 1, ke setting 2 dan lain sebagainya untuk mendapatkan perbandingan yang signifikan dan bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan.

Selain itu, untuk mode pengaturan video juga bisa kamu sesuaikan dengan kondisi tempat agar mendapatkan hasil dan pencahayaan yang lebih baik.

Perhatikan dan Atur Pencahayaan

Kemudian untuk yang kedua ketika hendak mengambil gambar ataupun video, penting sekali untuk kamu memperhatikan pencahayaan. Karena hal ini akan berpengaruh pada bagaimana hasil foto atau video kamu.

Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada kondisi pengambilan foto atau video, semisal kamu melakukan pengambilan gambar pada pagi hari di ruangan outdoor, pastikan kamu tidak mendapati spot foto yang backlight ataupun over exposure, sedangkan jika kamu mengambil foto atau video pada malam hari, pastikan kamu mendapatkn cahaya atau penerangan yang cukup, agar tidak terjadi noise pada gambar.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan bantuan alat lighting ataupun ring light ponsel sebagai pencahayaan, dan kamu juga bisa mengatur intensitas terang atau gelapnya gambar, dari kameramu dengan mengatur slider pencahayaan.

Terkait:  Cara Membatakan Secret Chat di Telegram

Dengan begitu, kamu bisa mendaptkan hasil foto ataupun video yang lebih bagus tentunya.

Gunakan Mode Pro

Selanjutnya adalah kamu juga bisa kok menggunakan mode pro pada kamera Vivo yang mana mode ini menjadi favorit para pengguna ketika hendak mengambil foto, dengan menggunakan smartphone.

Setidaknya, ada beberapa mode pro yang bisa kamu pakai, seperti

  • Mode Pro (manual)
  • Mode HDR
  • Mode Potrait (bokeh)
  • Mode Astrophotography
  • Mode Night Sight (mode malam)

Baik dari beberapa mode ini, yang paling sering digunakan ialah mode pro manual, karena para pengguna bisa leluasa mengatur kamera yang mereka gunakan baik dari segi ISO, shutter speed, f/stop, white balance, dan lain sebagainya.

Namun kembali lagi karena mode pro ini tersedia di smartphone, tentu saja pengaturan yang tersedia tidak selengkap pada kamera DSLR. Namun kendati demikian, setidaknya cara ini bisa berguna untuk kamu yang senang mengambil foto pada malam hari, dengan hasil yang memuaskan.

Untuk beberapa mode lain seperti HDR, Night Sight, dan Astrophotograph, pastikan ketika hendak mengambil foto atau gambar menggunakan kamera ponsel, kamu menggunakan tripod karena memang harus stabil serta agar mengurangi motion blur ketika mengambil gambar.

Selain itu saat menggunakan mode pro, pastikan juga kamu sudah mengerti cara kerja atau perhitungan segitiga exposure untuk mendapatkan hasil gambar yang makin baik lagi tentunya.

Tambahkan Equipment Pendukung

Kamudian untuk kamu yang mungkin bekerja di bidang creative menggunakan smartphone, selain melakukan beberapa setting atau konfigurasi dari kamera bawaan tadi, kamu juga bisa menambahkan beberapa equipment atau peralatan pendukung yang membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seperti

  • Tripod handphone
  • Ring light
  • Stabilizer atau Gimbal (untuk pengambilan video)
  • Dan lain sebagainya
Terkait:  Cara Upgrade Android Samsung ke Versi Terbaru, Simpel!

Dengan menambahkan atau menggunakan beberapa equipment di atas, tentu saja hal ini bisa menunjang dan membantu kamu mendapatkan hasil yang lebih baik, sekalipun hanya menggunakan smartphone saja.

Edit Foto / Video Sesuai Tones

Kemudian yang terakhir adalah kamu bisa melakukan pegeditan atau retouch pada hasil foto atau video yang sudah kamu ambil menggunakan kamera ponsel sesuai dengan tones atau vibes yang kamu mau.

Di sini, kamu bisa menggunakan beragam aplikasi edit foto yang mudah untuk digunakan, mulai dari PicsArt, Snapseed, Lightroom mobile, VSCO, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk komputer atau laptop, kamu bisa menggunakan adobe photoshop atau lightroom untuk pengeditan.

Dengan memaksimalkan kamera bawaan smartphone, tentu saja hal ini bisa menjadi hal yang meningkatkan produktifitas untuk para pengguna yang memiliki smartphone.

Tak bisa dipungkiri lagi memang, bahkan saat ini saja banyak para content creator baik di TikTok ataupun Youtube, yang hanya bermodalkan ponsel, namun mereka bisa memberikan hasil yang lebih maksimal untuk dinikmati banyak audiens.

Terlepas dari bagaimana kamera ponsel memang tidak sebagus atau se-perfect hasil dari kamera DSLR atau Mirrorles, setidaknya dengan memaksimalkan pengaturan dan settings dari kamera ponsel, kamu bisa membuat sebuah hasil foto ataupun video yang setidaknya mendekati hasil dari kamera DSLR ataupun Mirrorless.

Kesimpulan

Dan ya, mungkin segitu saja dulu beberapa cara setting kamera vivo y15 yang bisa mimin bagikan, untuk beberapa implementasi yang mimin bagikan tadi mungkin bisa menjadi altenatif untuk kamu yang ingin mendapatkan hasil maksimal lewat kamera bawaan.

Silakan kembangkan lagi dari beberapa cara yang mimin jabarkan tadi, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts