Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo Semua Tipe dengan Mudah

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

PindahLubang.com | Kamu mungkin tidak bisa mengakses jaringan ketika sedang berada di suatu tempat tertentu, apalagi kalau memasuki wilayah pedesaan. Oleh karena itu, sebaiknya cek cara mengunci jaringan 4G Vivo supaya kamu bisa tetap terhubung ke koneksi 4G LTE yang paling kencang dan stabil.

Smartphone Vivo tidak berbeda dengan HP Android lain seperti Realme, Samsung, dsb. Pasalnya, kamu bisa tersambung dengan jaringan 2G, 3G, atau 4G. Jika sambungan koneksinya semakin tinggi, kamu bakal mendapat kualitas nirkabel dengan kecepatan lebih maksimal lagi.

Read More

Jika terdapat perubahan jaringan secara terus menerus, penggunaan energi seperti daya baterai pun semakin besar, lho. Tak bisa dimungkiri kalau pemakaian jaringan 4G LTE yang diterapkan dalam jangka panjang bakal berdampak terhadap konsumsi baterai yang cepat habis.

Cara mengunci jaringan 4G Vivo sendiri bisa dilakukan dengan fitur bawaan maupun aplikasi ketiga. Selain itu, kamu tidak perlu waktu lama untuk mengamankan koneksinya ke 4G LTE. Jadi, kamu bisa mendapatkan kualitas jaringan paling cepat dan stabil di mana saja dan kapan saja.

Alasan Mengunci Jaringan 4G

Jika kamu masih penasaran mengapa para pengguna HP Vivo ingin mengunci jaringan selulernya ke 4G LTE, maka bisa menyimak poin-poin penting di bawah ini:

  • Cocok untuk Semua Tipe HP
    Pengguna HP Vivo sepertinya akan senang karena jaringan 4G LTE bisa diakses oleh semua model dan serinya, lho. Koneksi tersebut dapat digunakan dan dijangkau melalui semua jenis smartphone, baik Android maupun iOS. Jadi, kamu mampu mendapat informasi lebih cepat.
  • Dapat Dijangkau di Lokasi Terpencil
    Jika kamu sedang mengunjungi suatu tempat yang sulit menjangkau koneksi seluler, seperti pedesaan atau pedalaman maka bisa mengunci jaringan 4G LTE dari HP Vivo mu. Siapa sangka kalau koneksinya mampu terdeteksi sampai kawasan tersebut, sehingga kamu dapat akses internet dengan mudah.
  • Gunakan Kuota 4G Tanpa Masalah
    Kamu punya kuota 4G namun koneksinya tidak stabil, pasti sangat menyebalkan. Oleh karena itu, kamu perlu mengunci jaringannya ke 4G LTE agar paket datanya dapat diakses dan digunakan dengan leluasa. Jadi, kamu mampu terhubung ke internet untuk mencari informasi atau sekadar main media sosial lebih mudah.
Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Syarat Mengunci Jaringan 4G

Kamu perlu mengetahui semua ketentuan dan syarat sebelum benar-benar mengunci jaringan ke 4G LTE. Pasalnya, tidak semua provider menunjang atau mendukung keinginanmu untuk itu. Simak hal-hal penting tersebut sebagai berikut:

  • Kartu SIM mendukung penggunaan jaringan 4G LTE.
  • Jika menggunakan kartu SIM baru, pastikan sudah didaftarkan sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Kalau SIM card belum menunjang layanannya, kunjungi gerai provider terdekat untuk upgrade kartu atau layanan terkait.
  • Proses penguncian jaringan 4G LTE akan lebih baik dilakukan pada tempat-tempat yang punya kekuatan sinyal lebih kencang dan stabil.
  • Pastikan SIM card yang digunakan punya kuota data mumpuni, sehingga proses penguncian koneksi 4G LTE dapat berjalan lancar dan mudah.

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Barangkali kamu masih belum tahu bagaimana cara mengunci jaringan 4G Vivo yang benar dan mudah, maka kami bisa membantumu untuk mengamankan koneksi tersebut lewat pembahasan artikel ini.

Kami sudah merangkum panduan lengkapnya supaya kamu bisa mempraktikkan langsung proses penguncian jaringannya sejak awal sampai akhir. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi kalau suat waktu koneksi internet lemot. Semuanya hanya butuh waktu lima menit saja sampai SIM card mendeteksi sambungan nirkabel 4G LTE.

Langkah 1: Buka Menu Telepon

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Cara mengunci jaringan 4G Vivo pertama adalah membuka menu Telepon atau Phone pada home screen. Kamu bisa menemukan aplikasi dial up tersebut dengan logo telepon berwarna hijau di samping kiri bawah. Kemudian, ketik *#*#4636#*#* dan tekan tombol Call/OK/Yes untuk menghubungi USSD tersebut.

Langkah 2: Masuk Halaman Testing

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Jika kamu sudah menghubungi kode rahasia tersebut, cara mengunci jaringan 4G Vivo selanjutnya adalah tunggu beberapa saat sampai kamu diarahkan ke halaman testing. Kemudian, kamu bisa pilih menu Informasi Telepon atau Phone Information kalau sudah masuk ke laman tersebut, lalu ikuti instruksi berikutnya.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Langkah 3: Tentukan Jenis Koneksi

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Cara mengunci jaringan 4G Vivo berikutnya adalah memilih dan menentukan koneksi yang bakal digunakan. HP Vivo atau smartphone mana pun menyediakan berbagai macam opsi jaringan sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari 2G hingga 5G (hanya berlaku untuk kawasan tertentu saja). Pilih menu Atur Jenis Jaringan yang Disukai atau Set Preferred Network Type dalam memilihnya.

Langkah 4: Kunci Jaringan 4G LTE

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo
Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

Cara kunci jaringan 4G Vivo terakhir adalah mencari salah satu koneksi yang tersedia. Seperti tujuan sebelumnya, kamu ingin mengamankan jaringan 4G untuk mendapatkan kecepatan koneksi paling bagus dan stabil. Maka dari itu, tekan tombol 4G LTE atau LTE Only sehingga jaringan tersebut dapat langsung dikunci secara otomatis.

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo Lewat Pengaturan

Jika kamu mengalami masalah jaringan ketika menghubungi kode rahasia tersebut, sebaiknya coba cara kunci jaringan 4G Vivo melalui setelan perangkatnya. Kamu tidak perlu aplikasi apapun untuk mengamankan koneksi tersebut karena semuanya cukup dengan pengaturan saja. Simak langkah-langkahnya yang bisa dicoba sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Vivo kamu.
  • Pilih menu Jaringan Seluler atau Mobile Network.
  • Jika kamu menggunakan dua kartu SIM, pilihlah salah satu yang bakal digunakan untuk mengunci jaringan 4G LTE.
  • Pilih menu Pengaturan Kartu SIM atau SIM Card Setting.
  • Klik Mode Jaringan atau Network Mode.
  • Pilih menu 4G/3G/2G (Otomatis).
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai kartu SIM berhasil mengunci jaringan ke 4G LTE secara otomatis.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo Lewat Aplikasi 4G Only Network Mode

Jaringan 4G LTE bisa dikunci dengan menggunakan aplikasi ketiga, salah satunya adalah 4G Only Network Mode yang diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Aplikasinya ringan dan dapat mengamankan langsung koneksi 4G LTE dengan cepat. Simak cara kunci jaringan 4G Vivo melalui aplikasi tersebut di bawah ini:

  • Download aplikasi 4G Only Network Mode melalui Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Klik Mulai atau Start pada halaman utamanya.
  • Pilih menu 5G/4G Setting.
  • Klik 4G/3G Setting.
  • Jika muncul halaman Informasi Telepon atau Phone Information, pilih menu Atur Jenis Jaringan yang Disukai atau Set Preferred Mobile Type.
  • Klik LTE Only.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai jaringannya sudah diubah menjadi 4G LTE.
Terkait:  Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo Supaya Tidak Lemot

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo Lewat Aplikasi Force LTE Only

Metode berikutnya yang menjadi cara kunci jaringan 4G Vivo terakhir adalah menggunakan aplikasi Force LTE Only. Aplikasi ini cocok untuk pengguna smartphone Vivo yang menerapkan OS Android 11 ke atas. Simak cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Download aplikasi Force LTE Only melalui Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi tersebut.
  • Pada bagian Important, centang opsi Accept Usage Policy.
  • Jika sudah masuk halaman utama, terdapat dua opsi untuk mengunci jaringan 4G LTE.
  • Klik Method 2 kalau HP Vivo kamu menggunakan OS Android 11, dan klik Method 1 kalau perangkatnya memakai versi di bawahnya.
  • Terakhir, koneksi 4G LTE akan langsung terkunci secara otomatis.

Demikian panduan lengkap tentang cara mengunci jaringan 4G Vivo dengan benar dan mudah, baik menggunakan fitur bawaan atau aplikasi yang perlu diketahui. Semoga membantu!

Related posts