Cara Setting WiFi Extender Xiaomi

Cara Setting WiFi Extender Xiaomi

Bagaimana cara setting wifi extender xiaomi dengan mudah? Apa saja yang harus dilakukan untuk bisa menggunakan wifi exterder xiaomi sebagai repeater? Apa yang harus dipersiapkan untuk mensetting wifi extener xiaomi? Tentunya, pertanyaan pertanyaan ini sering kali ditanyakan pengguna yang mungkin baru saja menggunakan WiFi Extender Xiaomi, pada rumah atau kantor mereka yang berkaitan erat dengan internet.

Sesuai dengan namanya, WiFi Extender sendiri ialah sebuah alat yang mana mampu membuat jaringan internet atau WiFi dari router utama mampu terbagi secara maksimal ke pelosok ruangan lain, yang mungkin tidak terjangkau dengan jaringan WiFi. Hal ini sendiri berkaitan erat dengan bagaimana jaringan WiFi yang kadang sering kali lemot akibat terlalu jauh, atau bahkan terhalang oleh tembok atau plafon.

Maka dari itu, tak jarang sebagian dari mereka memilih untuk menggunakan WiFi Extender atau yang lebih dikenal dengan repeater, untuk menyebarkan jaringan internet dari router utama, agar bisa dinikmati pengguna lain di ruangan yang mungkin tidak terjangkau radiusnya oleh router utama.

Cara Setting WiFi Extender Xiaomi

Cara Setting WiFi Extender Xiaomi
Cara Setting WiFi Extender Xiaomi

Hanya saja, tidak banyak pengguna mengetahui betul tentang cara setting wifi extender xiaomi, maka dari itulah tak jarang juga mereka akhirnya memilih untuk membeli router baru yang jelas harganya lebih mahal daripada wifi extender dari xiaomi misalnya.

Tapi tak masalah, jika mungkin kamu juga merasa bingung dengan cara setting atau konfigurasi WiFi Extender dari xiaomi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Terkait:  Harga Xiaomi Redmi 5A Terbaru

Langkah 1 – Setting WiFi Extender

Sebelum masuk ke bagian router utama, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengkonfigurasi atau mensetting wifi extender xiaomi yang kamu miliki. Tak usah bingung untuk konfigurasinya, karena di sini kamu tidak akan mengatur IP atau apapun, melainkan hanya mengecek untuk USSID atau username yang akan muncul di WiFi Extender, serta memastikan jika WiFi Extender bekerja dengan baik.

Silakan hubungkan kabel power dari WiFi Extender ke stop kontak, lalu tunggu beberapa saat sampai WiFi Extender booting dan menampilkan indikator lampu led kecil berwarna hijau, yang menandakan jika WiFi Extender sudah menyala dengan baik.

Langkah 2 – Setting Router Utama

Barulah setelah WiFi Extender selesai di setup, langkah selanjutnya kamu harus mensetting Router utama kamu. Untuk proses settingnya sendiri, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Mi Home untuk masuk ke dalam pengaturan router xiaomi (utama) atau juga melalui layanan website.

Pada langkah ini, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, seperti

  • Setting USSID atau Nama WiFi – Berguna untuk perangkat lain seperti handphone, komputer, atau laptop bisa terhubung dengan internet
  • Setting Password WiFi (jika dibutuhkan) – Berguna jika kamu ingin membatasi hanya orang orang yang mengetahui passwordnya saja yang bisa connect
  • Atur APN (opsional) – Bisa dalam bentuk APN, atau juga konfigurasi lain berupa IP Address, DNS, Submask, dan lain sebagainya yang biasanya hal ini sudah di berikan oleh pihak provider internet.

Dan jika sudah, kamu bisa membuka aplikasi Mi Home di ponsel yang terhubung dengan jaringan router utama, dan cari perangkat WiFi Extender dengan nama yang sudah kamu buat tadi.

Jika belum terdeteksi, kamu bisa mencarinya secara otomatis dengan cara Add DeviceTekan Icon + untuk memulai pencarian perangkat WiFi Extender. Nah, setelah ketemu kamu tinggal mengklik pada perangkat WiFi Extender Xiaomi yang kamu miliki, dan tunggu sampai terhubung.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi (2 Metode) Praktis

Langkah 3- Hubungkan WiFi Extender dengan Router Utama

Setelah terhubung, nanti kamu akan diminta untuk melakukan restart perangkat baik di Router utama, ataupun WiFi Extender Xiaomi kalian, ikuti saja instruksi yang diberikan.

Nah setelah perangkat berhasil di restart, kamu bisa langsung terhubung dengan jaringan router utama, dan memeriksa apakah WiFi Extendernya juga sudah terhubung atau belum. Apabila perangkat WiFi Extender sudah terhubung, maka kamu akan melihat nama WiFi sesuai yang ada di Extender.

Langkah 4 – Deteksi Jaringan dari WiFi Extender

Barulah di langkah terakhir, kamu tinggal mencoba untuk connect ke nama APN dari WiFi Extender yang sudah terhubung dengan router utama tadi, dengan masukkan password sesuai dengan yang ada di Router utama. Dan tunggu sampai perangkatmu terhubung, dan kamu sudah berhasil melakukan konfigurasi pada WiFi Extender Xiaomi.

Apabila dalam proses mendeteksi jaringan dari WiFi Extender ini kamu tidak menemukan USSID yang sesuai dengan Extender WiFi, kamu bisa melakukan reboot pada perangkat router utama, ataupun WiFi Extender dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Kelebihan Menggunakan WiFi Extender

Bicara soal kelebihan, tentunya ada beberapa manfaat dan keuntungan yang kamu dapat dari menggunakan WiFi Extender ini, salah satunya adalah banyak ruang atau tempat yang jadi lebih mudah terjangkau dengan jaringan WiFi, dan tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih untuk membeli router tambahan.

Selain itu, WiFi Extender ini juga tidak memerlukan setting yang terlalu sulit baik dari IP, DNS, dan juga Konfigurasi lain, sebab sistem kerja dari alat ini hanyalah meneruskan jaringan internet dari router utama, agar menjangkau area yang lebih luas.

Kekurangan Menggunakan WiFi Extender

Sedangkan untuk kekurangannya, jelas perangkat ini tidak bisa lepas dari router utama. Sehingga, jika mungkin terjadi masalah pada router utama, maka secara otomatis juga jaringan internet yang dibagikan akan terputus secara otomatis.

Terkait:  Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Dan belum lagi, jika router utama tidak dapat menyala, WiFi Extender tidak dapat membagikan jaringan internet secara mandiri. Jadi, kamu harus mengerti dulu sistem kerja dari WiFi Extender ini ya.

Selanjutnya juga, karena WiFi Extender Xiaomi ini kebanyakan baru mendukung beberapa perangkat router xiaomi saja, tentunya hal ini menjadi pertanyaan untuk mereka yang mungkin menggunakan router dengan merk selain xiaomi, apakah bisa terhubung dengan WiFi Extender dari xiaomi atau tidak.

Masalah WiFi Extender Xiaomi

Selain daripada kelebihan dan kekurangannya, WiFi Extender Xiaomi juga kadang memiliki masalah yang sering kali di temukan oleh pengguna. Mulai dari

  • WiFi Extender Xiaomi Tidak Terdeteksi – Biasanya hal ini disebabkan karena perangkat belum tersetting dengan baik, atau tidak diatur untuk terlihat di seluruh perangkat, jadi tidak bisa terbaca dari router utama
  • WiFi Extender Xiaomi Connect, Namun tidak Ada Internet – Nah, masalah ini juga sering banget dialami pengguna WiFi Extender yang mungkin terhubung, namun tidak mendapatkan jaringan internet. Biasanya, hal ini disebabkan oleh APN yang disetting, tidak sesuai dengan koneksi router utama, sehingga tidak mendapatkan IP Address. Untuk settingnya, kamu bisa cek dari Router utama.

Jika mungkin kamu mengalami beberapa masalah seperti di atas, tentu kamu bisa mengecek di kedua perangkat tersebut, baik dari router utama, ataupun dari WiFi extender nya itu sendiri. Atau jika kamu sudah mentok, kamu bisa menghubungi pusat bantuan dari Xiaomi, untuk masalah yang kamu alami.

Dan itulah tadi beberapa cara setting wifi extender xiaomi yang bisa mimin bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts