Cara Cek Garansi iPhone

Thursday, February 20th, 2020 - Cara Cek, Garansi, iOS, iPhone
Bagikan Ke:

Cara cek garansi iPhone sering digunakan untuk mengetahui masa berlaku service gratis yang didapat pada waktu awal pembelian. Sebagian besar orang, baik pengguna maupun bukan seringkali menanyakan cara cek garansi iphone resmi atau distributor. Hal ini pun sering dikaitkan dengan tanggal pembelian iphone.

Dalam membeli ponsel pintar baru, terkhusus iPhone, tentu saja kita akan mendapatkan garansi dengan jangka waktu yang telah ditentukan.

Jika terjadi sesuatu kerusakan ponsel misalnya, dan masih disaat waktu garansi, kita sebagai pembeli berhak untuk mengajukan klaim. Itu saja? Bukan. Konsep aturan yang berlaku mengenai garansi sebenarnya tak seperti itu.

Umumnya setahun. 12 bulan penuh yang diberikan untuk sebuah masa garansi ponsel, begitupun dengan iPhone. Jika masih dalam rentang waktu tersebut tiba-tiba terjadi kerusakan, maka tetap dapat digaransikan. Dengan catatan, kerusakan tersebut bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna.

Nah, biasanya dalam proses garansi kita tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Bahkan untuk biaya pemeriksaan, perbaikan, penggantian suku cadang seluruhnya digratiskan.

Garansi akan dinyatakan hangus apabila kerusakan ponsel disebabkan atas hal-hal yang lazim dianggap sebagai kesalahan pengguna (misuse). Sebagai contoh, layar pecah disebabkan oleh ponsel terjatuh dan bodi retak karena tertindih.

Mengenal Jenis Garansi iPhone

Pada dasarnya, iPhone memiliki beberapa macam jenis garansi yang bisa kita ketahui. Beberapa diantaranya yaitu garansi resmi, garansi distributor, garansi toko/penjual, dan garansi internasional. Sementara di Indonesia sendiri, iPhone yang beredar tidak semuanya asli. Untuk itu mari ketahui lebih dalam mengenai jenis garansi iPhone secara umum dan di Indonesia.

Jenis-Jenis Garansi iPhone

1. Garansi Resmi

Adalah sebuah garansi yang diberikan secara langsung oleh pihak Apple untuk perusahaan atau distributor di suatu negara. Pengguna perangkat Apple asli akan diberikan garansi dengan jangka waktu yang ditentukan oleh distributor resmi Apple di Indonesia.

Terkait:  Cara Cek HP Xiaomi

Bagaimana cara dapat garansi resmi Apple? Salah satu caranya yaitu dengan membeli perangkat Apple di gerai resmi Apple atau authorized reseller di Indonesia. Sementara untuk dapat mengklaim garansinya, dapat berlaku untuk semua negara yang bersifat internasional. Akan tetapi, sebagian seri tertentu hanya dapat diklaim di negara tempat membelinya saja.

2. Garansi Distributor

Adalah sebuah garansi yang telah dihadiahkan oleh distributor yang memasukkan produk Apple secara tidak resmi ke Indonesia. Garansi ini hanya ditanggung distributor saja, dalam artian kita tidak dapat klaim garansi ke service center Apple namun hanya dapat mengklaim garansi ke pihak distributor saja.

Bagi yang ingin membeli iPhone dengan harga yang cukup murah, bisa beli ke pihak distributor. Akan tetapi, kita harus tetap waspada akan produk Apple refurbish atau rekondisi yang dijual atas nama garansi distributor.

3. Garansi Toko/Penjual

Adalah sebuah garansi yang diberlakukan untuk produk Apple yang palsu, Black Market (BM), KW, Supercopy, atau refurbish. Garansi Toko hanya akan diberikan selama satu bulan saja dari waktu pembelian. Jenis garansi satu ini pun hanya didasari oleh kepercayaan pembeli dan penjual saja.

4. Garansi Internasional

Menjadi satu-satunya garansi yang sangat fleksibel. Artinya, saat kita mempunyai iPhone bergaransi internasional, kita tetap dapat mengklaim garansi di seluruh authorized reseller Apple di setiap negara. Biasanya, garansi ini juga kita dapatkan saat membeli iPhone di luar negeri.

Kenali Jenis Garansi iPhone di Indonesia

Setelah mengetahui jenis garansi iPhone secara umum, kita juga harus tau apa saja jenis garansi iPhone yang tengah ada di negara sendiri Indonesia. Mungkin banyak dari kita yang sudah tau mengenai iPhone jenis rekondisi, black market (BM), refurbish, dan supercopy atau KW. Bagi yang belum tau, simak penjelasan berikut.

1. iPhone Rekondisi

iPhone rekondisi yaitu iPhone dalam bentuk sparepart bekas yang dipugar ulang sehingga tampak lebih fresh seperti baru. Pada dasarnya, iPhone rekondisi diambil dari beberapa seri iPhone yang sudah tak laku diluar negeri, seperti iPhone CDMA, 4, 4S, dan 5.

Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

2. iPhone Black Market (BM)

Berbeda dengan iPhone rekondisi yang umumnya bergaransi 1 tahun, iPhone Black Market (BM) biasanya hanya bergaransi 1 bulan saja. Harga yang dibanderol cenderung lebih murah jika dibandingkan iPhone rekondisi dengan garansi distributor. Perlu berhati-hati, karena iPhone BM seringkali dijual tanpa adanya kartu garansi.

3. iPhone Refurbish

iPhone Refurbish hampir menyerupai iPhone Rekondisi. Hanya saja, proses manufakturnya yang membedakan keduanya. Refurbish direkondisikan oleh Apple sendiri, sehingga garansi yang didapat tetap resmi dan utuh. Namun mesin dan jeroan yang dipakai bekas atau gagal produksi.

4. iPhone Supercopy , Palsu, dan KW

Jika ada yang menjual iPhone dengan harga murah sekitaran 1-2 jutaan saja, tentu saja kita harus mencurigainya. Bisa dipastikan jika produk tersebut adalah iPhone palsu, supercopy, atau KW. Secara sekilas, tampilan iPhone jenis ini hampir sama atau malah sama persis dengan aslinya. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih mendetail, terdapat banyak perbedaan yang signifikan dengan iPhone asli.

Sebagai contoh, material iPhone yang palsu atau supercopy seringkali terbuat dari bahan plastik, tak memakai App Store namun Google Play Store, serta sistem operasinya Android sementara semua produk iPhone yang asli menggunakan iOS.

Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone

Cek Garansi iPhone

Nah, setelah mengetahui apa saja jenis garansi dari iPhone yang telah banyak bereda di setiap negara. Sekarang tiba saatnya kita untuk mengetahui bagaimanakah cara cek garansi iPhone yang mudah dan benar. Tahapan pengecekannya adalah seperti ini:

1. Cek IMEI iPhone

Sebelum dapat mengetahui garansinya, terlebih dahulu kita harus tau nomor seri alias IMEI dari iPhone yang hendak kita cek garansinya. Banyak metode yang dapat dilakukan seperti pada ulasan kami sebelumnya mengenai cara cek IMEI iPhone. Namun, kali ini kita akan ambil cara yang mudah dan cepat, perhatikan step by step berikut.

  • Buka menu Telepon / Dial Up.
  • Input dan masukkan kode *#06#
  • Tanpa menekan tombol Panggil, akan langsung muncul nomor IMEI iPhone.
  • Catat IMEI tersebut, untuk selanjutnya digunakan mengecek garansi iPhone.

2. Cek Garansi iPhone

Nah, setelah mencatat serial number atau IMEI iPhone, selanjutnya kita bisa langsung mengetahui garansi Iphone dengan sangat mudah. Caranya:

  • Pastikan IMEI iPhone yang tadi di cek sudah dicatat dengan baik.
  • Jika belum sempat dicatat, bisa ulangi langkah pertama yakni cara cek IMEI iPhone.
  • Setelah mengetahui nomor seri atau IMEI, selanjutnya buka browser favoritmu.
  • Kunjungi situs web https://checkcoverage.apple.com/id/in/
  • Input dan masukkan nomor seri atau IMEI iPhone yang telah dicatat tadi.
  • Masukkan kode captcha (huruf dan angka unik) yang tersedia.
  • Klik atau tekan Lanjutkan.
  • Lanjut dengan memasukkan negara kita, kemudian pilih See your service and support coverage yang terdapat di menu Service and Repair.
  • Jika sudah, maka layar akan menampilkan detail dari garansi iPhone yang kita pegang saat ini.
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan iPhone 6

Tips Membeli iPhone Asli

Seiring dengan banyaknya produk iPhone palsu yang beredar, berikut ini diberikan beberapa tips dan trik dalam membeli ponsel iPhone yang baik dan benar.

  1. Harus melakukan pembelian produk iPhone secara offline di distributor resmi Apple atau di toko virtual.
  2. Box iPhone harus dibuka di toko saat itu juga, agar bisa cek keasliannya bersama dengan petugas toko.
  3. Cek apakah ada kartu garansi didalam box dusbook (harus ada).
  4. Cek langsung garansi iPhone yang hendak dibeli menggunakan cara diatas.
  5. Cocokkan IMEI mulai dari sistem, dusbook, slot SIM Card, hingga bodi iPhone, semuanya harus sama.

Lengkap sudah pembahasan mengenai ragam cara cek garansi iPhone asli atau palsu yang mudah dan benar. Jika masih ada kebingungan bisa ditanyakan melalui form komentar berikut. Jangan lupa untuk selalu membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu ya slur!

Apa Pendapatmu?

Topik Terkait:

  • cara cek garansi iphone
Latest posts by Bidan Review (see all)
Bagikan Ke:
Cara Cek Garansi iPhone | Bidan Review | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...