Cara Merekam Telepon Whatsapp

Cara Merekam Telepon Whatsapp

Cara merekam telepon whatsapp, adalah cara yang kini cukup banyak ditanyakan oleh para pengguna smartphone, di mana mereka ingin merekam percakapan yang mana memang menjadi momen ataupun sebagai dokumentasi pribadi agar mereka bisa mendengarkan ulang apa-apa saja yang dibicarakan ketika mereka menelpon pengguna whatsapp lain. Bahkan tak jarang, cara ini bisa jadi barang bukti ketika ada tindak penipuan dari pihak yang mengaku-ngaku sebagai salah satu perusahaan atau brand yang dengan tujuan tidak baik.

Terlepas dari itu semua, kadang memang ada saja pengguna whatsapp yang memang ingin merekam percakapan telepon mereka untuk bisa kembali di dengar, ataupun sebagai dokumentasi pribadi, yang bisa didengarkan ulang ketika mereka kangen ataupun ingin mendengarkan kembali apa saja percakapan yang sudah dibicarakan. Hanya saja, tidak semua orang mengetahui tata cara atau metode yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini.

Cara Merekam Telepon Whatsapp

Cara Merekam Telepon Whatsapp
Cara Merekam Telepon Whatsapp

Karena sebenarnya, percakapan telepon di whatsapp memang beda dengan panggilan suara yang biasa dilakukan ketika kita menggunakan panggilan suara dari pulsa, untuk itulah cara merekam telepon whatsapp sering ditanyakan pengguna smartphone yang ingin merekam percakapan yang terjadi ketika mereka melakukan panggilan suara dengan pengguna whatsapp lainnya. Dan tentu saja, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa merekam percakapan telepon di whatsapp, yang akan mimin bagikan di ulasan berikut ini.

Cara Merekam Telepon Whatsapp lewat Screen Recorder

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan bantuan screen recorder yang mana sebenarnya cara ini cukup lumrah dilakukan para pengguna whatsapp ketika mereka ingin merekam percakapan atau telepon mereka dengan pengguna whatsapp yang lainnya. Dan jujur saja, cara ini cukup terbilang mudah, karena kamu hanya perlu.

  1. Siapkan ponsel kamu yang nantinya akan digunakan untuk menelpon pengguna whatsapp lainnya
  2. Kemudian jika sudah, kamu bisa menyiapkan aplikasi screen recorder baik itu screen recorder bawaan atau kamu juga bisa kok menggunakan screen recorder lain seperti xRecorder, Mobizen, atau bahkan yang lainnya.
  3. Setelah itu, silakan lakukan panggilan seperti biasa namun sebelumnya pastikan kamu sudah merekam layar dari aplikasi screen recorder dengan menggunakan audio source berupa microphone atau speaker
  4. Tunggu hingga panggilan whatsapp kamu tersambung dengan pengguna yang ingin kamu rekam percakapannya dan kemudian mulailah berbicara seperti biasa
  5. Setelah pembicaraan telepon selesai dilakukan, kamu bisa langsung mengklik stop pada screen recorder yang mana hasil rekaman tadi akan berbentuk screen record atau layar yang direkam dengan menggunakan aplikasi tadi
  6. Untuk melihat hasil dari screen recorder yang sudah kamu buat, kamu bisa cek di galeri ponsel kalian masing-masing.
Terkait:  Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android, Praktis!

Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu melakukan perekaman layar ketika kamu sedang melakukan panggilan telepon di whatsapp. Namun perlu untuk di ketahui, jika ukuran video mungkin saja akan lebih besar tergantung dari berapa lama durasi kamu menelpon pengguna whatsapp tadi. Dan jangan lupa untuk memilih audio sourcenya antara microphone (untuk merekam obrolanmu sendiri) atau speaker (jika ingin merekam percakapan dua arah).

Cara Merekam Telepon Whatsapp lewat Perekam Suara Bawaan

Kemudian untuk cara yang kedua, di sini kamu bisa menggunakan aplikasi perekam suara yang mana memang biasa di temukan pada beberapa jenis ponsel yang menjadi aplikasi bawaan dari smartphone. Dan tentu saja, cara ini bisa kamu lakukan lewat aplikasi perekam suara bawaan dari ponsel, ataupun kamu juga bisa menggunakan aplikasi Easy Voice Recorder, ataupun Google Sound. Dan caranya juga mudah kok.

  1. Siapkan aplikasi perekam suara bawaan ponsel (jika ada) dan jika belum ada, kamu bisa mendownload 2 aplikasi yang mimin rekomendasikan, yakni Easy Voice Recorder ataupun Google Sound
  2. Kemudian jika sudah memiliki salah satu aplikasi atau perekam suara di ponsel, kamu bisa langsung membuka aplikasi whatsapp dan lakukan panggilan suara dengan orang yang ingin kamu rekam percakapannya
  3. Tunggu sampai panggilan telepon whatsapp kamu tersambung dan klik pada icon speaker lalu klik tombol home
  4. Setelah masuk di home screen ponsel, buka aplikasi perekam suara tadi, dan silakan klik pada record
  5. Tunggu hingga proses perekaman di mulai, dan kamu bisa berbicara seperti biasa dengan pengguna whatsapp yang kamu telepon tadi
  6. Dan untuk menyelesaikan rekaman, kamu bisa membuka aplikasi sound recorder tadi, dan klik pada tombol stop 
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Ada Notifikasi di HP Android dan iPhone

Nantinya, secara otomatis hasil rekaman suara yang kamu lakukan di percakapan atau telepon whatsapp tadi akan tersimpan dalam format audio yang bisa kamu dengarkan baik dari pemutar audio di hp kalian, ataupun dari aplikasi lain yang memang diguanakan untuk memutar media dalam bentuk audio. Selain itu, kamu juga harus mengetahui jika hal ini sama seperti cara pertama, yang mana ukuran file hasil rekaman bisa saja lebih besar tergantung dari durasi telepon whatsapp yang kamu lakukan.

Cara Merekam Telepon Whatsapp lewat Kamera Ponsel Lain

Kemudian untuk cara yang ketiga, di sini kamu bisa menggunakan bantuan dari kamera. Loh gimana maksudnya? Tenang dulu, jadi di sini kita akan menggunakan 2 ponsel yang berbeda, yang mana salah satu ponsel yang digunakan akan melakukan perekaman pada saat kamu melakukan panggilan suara. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Pada ponsel pertama, silakan lakukan panggilan whatsapp ke pengguna lain
  2. Kemudian, tunggu hingga panggilanmu terhubung seperti biasa
  3. Setelah terhubung, kamu bisa tap pada icon speaker agar suara telepon bisa didengar dari speaker
  4. Siapkan ponsel kedua, dan buka aplikasi kamera lalu arahkan atau ganti ke mode video
  5. Setelah mode video diaktifkan, silakan rekam ponsel yang sedang melakukan panggilan whatsapp, dan tunggu hingga panggilan suara selesai dilakukan
  6. Terakhir, jika percakapan sudah beres kamu bisa klik tombol stop pada perekam video, dan untuk hasilnya bisa kamu lihat di galeri ponsel kedua tadi
  7. Selesai.

Selain menjadi cara yang cukup tricky untuk dilakukan, tapi cara ketiga ini memang sering kali jadi alternatif untuk beberapa orang yang sering mendapatkan panggilan whatsapp dari orang yang tidak dikenal ataupun memang berniat untuk menipu atau untuk tujuan yang negatif. Dengan cara ini juga, kamu bisa mendapatkan barang bukti dalam bentuk video, sehingga bisa memudahkan kamu ketika harus menujukkan barang bukti atau untuk sekedar dokumentasi pribadi saja.

Terkait:  Cara Melamar Kerja Lewat WA: 4 Langkah Mudah & Tepat!

Untuk mendapatkan hasil rekaman video yang maksimal, usahakan pada ponsel kedua yang merekam video tadi untuk menggunakan mode pesawat agar tidak ada notifikasi yang masuk, dan mengganggu proses perekaman video untuk percakapan whatsapp yang direkam.

Dan itulah tadi beberapa cara merekam telepon whatsapp yang bisa kamu coba. Dari beberapa cara tadi, kamu bisa memilih salah satu yang mana menurutmu paling mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts