Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Bagaimana cara menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power? Apa hp Samsung tetap bisa menyala tanpa menekan tombol Power? Pertanyaan tersebut muncul mungkin ketika tombol Power di hp Samsung kamu sedang tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan. Namun, kamu tidak perlu bingung dan khawatir hp Samsung kamu tidak bisa menyala lagi karena kamu masih bisa kok menghidupkan hp Samsung tanpa tombol Power.

Tombol Power sendiri memiliki fungsi untuk menonaktifkan hp, sebagai salah satu tombol yang digunakan untuk screenshot, dan fungsi lainnya. Nah, kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menyalakan kembali hp Samsung kamu dengan beberapa cara. Di bawah ini telah dirangkum beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan atau menghidupkan kembali hp Samsung kamu.

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power

Bicara mengenai cara menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara yang mudah. Memang menghidupkan hp tanpa tombol power bisa menjadi alternatif bagi para pengguna ponsel yang tombol power-nya sedang rusak atau sedang tidak berfungsi. Nah, beriut beberapa cara menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power.

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Lewat Double Tap Screen

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power adalah melalui Double Tap Screen. Cara ini juga disebut dengan gesture, karena kamu hanya perlu mengetuk layar sebanyak dua kali hingga layar menyala dan kamu bisa langsung unlock hp Samsung kamu. Jadi, caar ini hanya berlaku bagi kamu yang ingin membuka lock screen hp Samsung kamu.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hp Samsung kamu
  • Silakan gulir ke bawah lalu cari dan pilih menu Fitur lanjutan
  • Selanjutnya, pilih Gerakan dan gestur
  • Terakhir, silakan aktifkan opsi Ketuk 2x untuk menghidupkan layar dan Ketuk 2x untuk mematikan layar
  • Apabila sudah aktif, kamu bisa me-lock hp Samsung kamu seperti biasa dan silakan laukan double tap pada bagian layar ketika layar dalam mode lock
  • Silakan tunggu hingga layar Samsung kamu menyala dna kamu bisa membuka ponsel kamu seperti biasa
  • Selesai
Terkait:  Cara Screenshot Samsung M21 (5 Metode) Mudah

Dengan kamu melakukan double tap di layar saat terkunci, maka tentunya kamu tidak membutuhkan tombol Power lagi untuk menghidupkan hp Samsung kamu. Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa fitur double tap ini tidak bisa dilakukan di semua tipe hp Samsung. Fitur ini bisa digunakan pada hp Samsung yang sudah menggunakan sistem antarmuka One UI. Jadi, kemungkinan hp Samsung yang masuk dalam kategori “lawas” atau yang belum menggunakan sistem antarmuka One UI, fitur ini belum bisa ditemukan.

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Lewat Mode Pengisian Daya

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power adalah melalui Mode Pengisian Daya atau Mode Charging. Cara ini adalah cara yang paling umum dilakukan oleh para pengguna hp yang tombol powernya mengalami masalah. Di mana masalahnya adalah kamu tidak bisa menyalakan hp Samsung kamu setelah dilock atau dikunci karena tombol power yang bermasalah. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan hp Samsung kamu tanpa tombol power.

  • Langkah pertama, silakan siapkan hp Samsung yang mengalami masalah pada tombol power-nya
  • Kemudian, kamu bisa siapkan charger atau power bank sebagai media charging beserta kabel data untuk mengisi daya
  • Lalu apabila sudah kamu siapkan, hubungkan charger atau power bank ke socket charger dari hp Samsung kamu
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga layar hp Samsung kamu menyala
  • Setelah layar hp menyala, silakan lakukan swipe to unlock atau swipe to open
  • Masukkan pola atau kata sandi dari hp yang kamu miliki jika memang kamu menggunakannya untuk unlock hp

Karena tombol power kamu memang sedang tidak berfungsi, untuk berjaga-jaga, kamu bisa mengatur atau mengganti durasi lock screen hp Samsung kamu dari yang sebelumnya beberapa menit dan sekarang menjadi never atau tidak pernah. Usahakan juga dalam pemakaian ponselnya, jangan sampai daya atau baterai hp Samsung kamu habis. Hal ini untuk mempermudah kamu ketika ingin menyalakan hp Samsung kamu.

Terkait:  Cara Melihat QR WiFi di HP Oppo

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Lewat SIM Ejector

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power adalah menggunakan SIM Ejector. Cara ini cukuplah mudah dan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang hp Samsungnya belum support fitur Double Tap Screen dan juga bisa menjadi alternatif jika kamu sedang berpergian dna tidak terdapat tempat untuk menghubungkan charger hp kamu ke colokan.

Namun, jika kamu tidak memiliki SIM Ejector, kamu bisa kok menggunakan benda lain seperti peniti atau jarum, yang terpenting muat dimasukkan ke lubang SIM Ejector. Langsung saja, berikut langkah-langkah menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power menggunakan SIM Ejector.

  • Persiapkan SIM Ejector atau jarum apa saja
  • Kemudian, silakan masukkan SIM Ejector tersebut ke lubang slot SIM Card
  • Lalu, silakan keluarkan slot SIM card dan layar hp Samsung kamu akan otomatis menyala
  • Di posisi inilah hp Samsung kamu akan mengoperasikan kembali dan kamu bisa mulai membuka lock hp kamu
  • Jangan lupa untuk memasukkan kembali slot SIM Card yang sebelumnya kamu lepas

Cara ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang berpergian. Nah, selanjutnya kamu bisa mengatur atau mengganti durasi lock screen hp Samsung kamu dari yang sebelumnya beberapa menit dan sekarang menjadi never atau tidak pernah. Usahakan juga agar penggunaan hp Samsung kamu tidak sampai daya habis atau bahkan mati total karena mengingat tombol Power yang rusak.

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Lewat Sensor Biometrik

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan sensor biometrik untuk menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power. Beberapa hp Samsung memang sudah dilengkapi dengan sensor biometrik, salah satunya adalah sensor fingerprint atau sidik jari. Nah, untuk menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power bisa kamu lakukan dengan sensor sidik jari ini. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, silakan letakkan jari kamu pada tempat sensor fingerprint selama beberapa saat
  • Tunggu hingga layar kamu ter-unlock dan kamu tidak perlu menekan tombol power lagi
Terkait:  Cara Membuat File Zip di Android dan Laptop, Praktis!

Mudah bukan? Namun, memang cara ini hanya bisa digunakan oleh hp Samsung yang sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Cara Menghidupkan Hp Samsung Tanpa Tombol Power Lewat Home+Volume+Charger

Terakhir, kamu bisa menghidupkan hp Samsung kamu tanpa tombol power dengan menekan tombol Home+Volume dan juga kamu perlu menyiapkan charger sebagai pancingan untuk menghidupkan kembali layar hp kamu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, siapkan Charger Original hp Samsung kamu
  • Kemudian, silakan tekan tombol Home+Volume, tekan kedua tombol tersebut dalam kondisi hp di-charge
  • Maka dengan otomatis hp akan menyala
  • Di posisi inilah kamu berarti sudah bisa menggunakan hp samsung lagi tanpa harus menggunakan tombol power

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa kamu hanya bisa menggunakan cara ini pada hp Samsung yang masih memiliki tombol Home. Jika hp Samsung yang kamu gunakan sudah tidak menggunakan tombol fisik Home lagi, maka silakan mencoba cara lain.

Kesimpulan

Demikian cara menghidupkan hp Samsung tanpa tombol power yang telah dijelaskan. Silakan pilih cara yang menurutmu mudah dan selamat mencoba.

Related posts