Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Tombol, Simpel!

Cara Menonaktifkan Talkback Vivo
Cara Menonaktifkan Talkback Vivo

PindahLubang.com | Bagaimana cara menonaktifkan talkback Vivo dengan tombol? Pengguna HP Vivo mana pun masih belum tahu tentang ini lho. Seperti kamu tahu bahwa fitur ini biasanya sering kamu aktifkan tanpa disengaja. Jika sudah terjadi, fitur talkback sebenarnya dapat dinonaktifkan dengan cepat dan mudah.

Kamu bisa mematikannya melalui setelan perangkat sampai tombol fisik lho. Selain itu, talkback yang sudah kamu nonaktifkan pun tidak akan memberikan dampak apapun terhadap HP Vivo kamu. Kamu bisa tetap menggunakan ponsel dengan aman dan nyaman.

Read More

Cara mematikan talkback Vivo bahkan tidak jauh beda dengan mematikannya pada merk smartphone lainnya seperti Oppo, Xiaomi, Samsung dan lainnya. Kamu tidak perlu bingung untuk mematikan fitur tersebut, karena panduannya sudah kami rangkum secara lengkap lewat artikel ini.

Sekilas Tentang Talkback Vivo

Tak berbeda dengan HP Android mana pun, Vivo mempunyai fitur talkback untuk memudahkan penggunaan perangkat bagi pengguna tertentu. Talkback sudah menjadi salah satu bagian penting di mana fiturnya dapat memudahkanmu untuk mendengar keterangan dari opsi yang disentuh.

Fitur ini biasanya sering dimanfaatkan orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan, bahkan pengidap tunanetra. Oleh karena itu, mereka tidak perlu khawatir sulit mengoperasikan ponsel karena fitur ini akan membantunya.

Terkait:  Cara Menonaktifkan OVO di Grab (3 Langkah) Aman dan Mudah

Fitur ini bisa dibilang tidak dapat dihapus dari HP Vivo kamu. Pasalnya, talkback sudah menjadi bagian bawaan pada semua HP Android. Orang lain yang mengalami gangguan penglihatan akan sangat terbantu dengan fitur ini, sehingga dapat mengoperasikan gadget untuk kebutuhan masing-masing.

Jika kamu ingin mencobanya, cara mengaktifkan talkback Vivo pun hanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi setelan ponselnya saja. Alhasil, kamu dapat membuka aplikasi dan menu apapun dengan dua kali ketuk untuk mendengar perintah suara otomatis.

Cara Mengaktifkan Talkback Vivo

Jika kamu belum pernah menggunakan fitur talkback dan ingin menggunakannya, maka bisa mencoba cara mengaktifkan talkback Vivo dengan benar dan mudah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Vivo kamu.
  • Geser ke bawah sampai menemukan menu Pengaturan Lainnya atau Other Setting.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.
  • Pilih menu Aksesibilitas atau Accessibilty.
  • Pada bagian tersebut, klik Talkback.
  • Geser toogle ke kanan untuk mengaktifkannya.
  • Terakhir, fitur talkback sudah aktif dan HP Vivo dapat digunakan dengan perintah suara otomatis.

Masalah Ketika Mengaktifkan Talkback Vivo

Tak dapat dimungkiri bahwa fitur talkback yang kamu aktifkan bisa saja menimbulkan masalah dalam waktu tertentu. Masalah ini sudah menjadi pemandangan umum yang hampir sering dialami para pengguna HP Vivo, bahkan smartphone Android lain yang mengaktifkan fitur tersebut. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui dan mengidentifikasi beberapa masalahnya sebagai berikut:

  • Layar tidak bisa digerakkan bahkan disentuh yang menyulitkan pengoperasikan perangkat HP. Penggunaannya harus menunggu garis hijau muncul di sekitar opsinya, lalu supaya navigasi bisa digunakan biasanya kamu wajib mengetuk dua kali pada opsi yang akan dibuka.
  • Smartphone kerap bicara sendiri jika disentuh.
  • Navigasi atau tombol geser ke bawah, atas maupun samping harus kamu gunakan dengan dua jari secara bersamaan. Tempelkan satu jari pada layar, sedangkan jari lainnya bekerja untuk mengaktifkan perintah scroll layar.
Terkait:  Cara Blokir Nomor di HP Vivo Tanpa Aplikasi (3 Metode)

Cara Menonaktifkan Talkback Vivo

Cara Menonaktifkan Talkback Vivo
Cara Menonaktifkan Talkback Vivo

Barangkali kamu masih tidak tahu cara mematikan talkback Vivo dengan tombol atau setelan, maka bisa mengikuti informasi artikel kami sampai selesai. Kamu sekarang tidak perlu khawatir lagi kalau fiturnya tiba-tiba diaktifkan tanpa sengaja.

Talkback bukan suatu masalah yang wajib disikapi secara serius lho. Kamu masih bisa mengoperasikan HP Vivo dengan nyaman tanpa bantuan perintah suara tersebut. Pengguna ponselnya dapat mengaktifkannya lagi jika benar-benar dibutuhkan sesuai dengan panduan sebelumnya.

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara menonaktifkan talkback Vivo yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kamu dapat menemukan aplikasinya pada halaman utama atau home screen dengan logo roda gerigi di bagian atas.

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan Lainnya

Pada halaman Pengaturan, cara menonaktifkan talkback Vivo berikutnya adalah menggeser layar ke bawah sampai menemukan opsi Pengaturan Lainnya atau Other Setting. Kamu bisa menekan tombol tersebut dua kali.

Langkah 3: Klik Aksesibilitas

Kamu dapat menggeser kembali layar ke bawah secara perlahan. Tugasmu selanjutnya adalah mencari opsi Aksesibilitas atau Accesibility. Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut untuk membuka laman berikutnya.

Langkah 4: Cari Opsi Talkback

Cara menonaktifkan talkback Vivo selanjutnya adalah mencari opsi Talkback pada halaman Aksesibilitas yang sudah dibuka sebelumnya. Menu ini bisa terletak di bagian atas atau bawah, tergantung model dan tipe HP Vivo yang kamu gunakan.

Langkah 5: Geser Toogle ke Kiri

Jika opsi Talkback sudah ketemu, kamu harus menggeser toogle atau slider nya yang berada di samping kanan. Geser toogle nya ke samping kiri sampai berubah warna menjadi abu-abu yang berarti fiturnya sudah dimatikan.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Talkback Samsung yang Terkunci, Mudah!

Langkah 6: Klik OK

Kalau sudah dinonaktifkan, tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up konfirmasi mengenai fitur tersebut. Kamu dapat menekan tombol OK untuk menyetujui bahwa talkback benar-benar akan dinonaktifkan.

Langkah 7: Fitur Talkback Sudah Dinonaktifkan

Cara menonaktifkan talkback Vivo yang terakhir adalah fiturnya sudah berhasil dimatikan. Kamu sekarang bisa menggunakan HP Vivo seperti biasa tanpa bergantung pada perintah suara. Selain itu, semua aplikasi dan menu dapat dibuka dengan sekali klik saja.

Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Tombol Power

Talkback bukan hanya dimatikan melalui setelan perangkat ponsel kamu saja lho. Fitur ini ternyata dapat dinonaktifkan dengan satu tombol juga. Cara menonaktikan talkback Vivo dengan tombol power adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka kunci layar HP Vivo kamu.
  • Jika sudah dibuka, tekan dan tahan tombol Power selama 3-5 detik.
  • Layar akan menampilkan beberapa menu yang dapat dipilih.
  • Pilih menu Matikan Talkback atau Turn Off Talkback.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai fitur talkback HP Vivo kamu sudah dinonaktifkan secara otomatis.

Cara Menonaktifkan Talkback Vivo dengan Tombol Power dan Volume

Kamu ternyata bukan hanya menggunakan tombol power untuk mematikan talkback, melainkan kombinasi antara tombol power dan volume juga. Bagaimana caranya? Simak cara menonaktifkan talkback Vivo dengan tombol power dan volume di bawah ini:

  • Hidupkan HP Vivo kamu terlebih dulu.
  • Jika kunci layar sudah dibuka, tekan sekaligus tahan tombol Power dan Volume selama 3-5 detik.
  • Layar akan menampilkan perintah untuk mematikan daya (turn off) perangkat.
  • Klik Matikan Talkback atau Turn Off Talkback dari daftar opsi yang tersedia.
  • Terakhir, fitur talkback sudah nonaktif dan penggunaan HP Vivo tidak perlu menggunakan perintah suara lagi.

Demikian panduan seputar cara menonaktifkan talkback Vivo dengan tombol dan setelan yang mudah. Kamu tidak perlu khawatir jika mengaktifkan fiturnya tanpa disengaja, talkback dapat dimatikan dengan cepat bahkan tanpa aplikasi ketiga. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Related posts