Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja? Kegiatan apa saja yang harus dilakukan?

Mengantuk saat bekerja merupakan suatu hal yang sering dialami oleh pekerja, terlebih lagi setelah jam makan siang. Biasanya di jam-jam ini, banyak karyawan yang mulai sering menguap, mata mulai berair, dan sayup.

Meski kamu merasa cukup tidur di malam hari, kadang tetap saja ngantuk dapat menyerang di siang hari. Tentu saja ini tidak boleh dibiarkan, kamu pasti tidak mau atasanmu memergoki kamu mengantuk saat jam kerja. Sebab hal tersebut dapat menimbulkan pandangan negatif dari atasan mu, karena kamu akan dinilai tidak professional dan menghilangkan konsentrasi saat bekerja.

Kalau kamu termasuk yang sering mengalami ngantuk di siang hari, langsung saja simak bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja dibawah ini.

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja
Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja | IMG: Freepik.com

Minum Kopi

Biasanya, banyak dari pekerja akan mengatasi atau menghilangkan rasa ngantuk dengan cara menyeruput secangkir kopi. Kopi dipercaya menghasilkan kafein yang dapat memberikan energi pada tubuh yang sedang kelelahan. Sebagai Stimulan, Kopi mampu meningkatkan aktivitas pada otak serta sistem saraf . Namun, alangkah baiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.

Karena kadar kafein yang terlalu banyak justru akan membuat ransangan yang berlebihan pada tubuh serta membuat kamu terasa gelisah, yang nantinya akan berakibat kepada tingkat produktivitas kamu.

Terkait:  Cara Mengetahui Orang yang Stalking Instagram Kita Tanpa Aplikasi

Minum Air Putih

Rasa ngantuk bisa juga dihasilkan akibat dehidrasi yang menyebabkan otak kehilangan fokus. Hal ini terjadi karena oksigen terhambat pada peredarannya.

Alangkah baiknya kamu mengkonsumsi air putih yang mengandung oksigen untuk hasil yang lebih maksimal. Dijamin deh, kamu akan lebih fokus bekerja dan rasa kantuk hilang

Mencuci Muka

Tentunya, tidak ada salahnya bila rasa kantuk mendera Anda segera pergi ke toliet untuk mencuci muka. Kamu bisa menghilangkan ngantuk dengan cara mencuci muka, terutama dengan menggunakan air bersuhu dingin.

Air dingin yang kamu bilas pada wajah, akan membuat kamu segar dan tidak mengantuk. Tips ini sudah menjadi kebiasaan orang-orang untuk menghilangkan rasa kantuk dalam beraktifitas.

Untuk kalian yang menggunakan riasan make up, kalian bisa menggunakan botol spray yang terisi oleh air dingin sehingga tidak mengganggu penampilan.

Mendengarkan Musik

Kesunyian dalam suasana ruang kerja biasanya salah satu faktor yang membuat rasa kantuk menyerang pekerja. Hal ini bisa diatasi dengan cara menyetel musik, terutama musik musik yang ceria dan bertempo cepat seperti genre rock, hip-hop, ataupun EDM. Musik seperti itu dipercaya dapat membangunkan otak.

Melakukan Teknik Pernafasan

Teknik ini bermanfaat dalam meningkatkan kadar oksigen yang terdapat dalam tubuh, juga memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan aliran darah. Ini akan membantu kamu meningkatkan energi saat bekerja.

Berikut cara melakukan teknik pernafasannya

  1. Duduklah dengan sikap tegak di kursi, lalu fokus bernafas menggunakan perut
  2. Posisikan tangan kanan pada perut tepat dibawah rusuk
  3. Posisikan tangan kiri pada dada
  4. Tarik nafas dalam dalam melalui hidung, lalu biarkan perut mendorong tangan kanan. Serta, jangan biarkan dada anda bergerak
  5. Hembuskan nafas melalui bibir yang mengerucut
  6. Lakukan berulang-ulang hingga kira-kira 10 (sepuluh kali) ataupun sampai rasa kantuk hilang
Terkait:  Cara Mengetahui Nomor IndiHome

Mengobrol Dengan Rekan Kerja

Selain melalukan teknik pernafasan, cara paling mudah adalah dengan mengobrol. Mengobrol dengan rekan kerja dapat membuat fisik kita bekerja, dan menciptakan suasana yang lebih mengasyikan. Cari beberapa topik yang sekiranya membuat obrolanmu lebih seru, agar otak tidak diam. Namun, jangan berlarut-larut agar pekerjaanmu bisa cepat selesai.

Istirahatkan Mata Sejenak

Mata yang letih serta pikiran yang mengeruh akibat terus-menerus menatap layar komputer bisa menyebabkan lelah dan mengantuk. Jadi, kamu bisa mengalihkan mata dan perhatian sejenak dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

Lakukan Peregangan Ringan

Cara menghilangkan ngantuk berikutnya adalah dengan mencari aktivitas fisik ringan untuk membangunkan kesegaran badan.

Kita pasti tahu, rasa kantuk yang datang menghampiri diakibatkan karena kita merasa bosan dan badan tidak bergerak dalam waktu yang lama.

Ketika kamu sudah mulai merasa mengantuk, bangun dan gerakkan badan. Mulai dengan aktivitas kecil seperti melakukan peregangan, memijat badan sendiri, atau berjalan-jalan. Semakin lama tubuh bergerak, rasa kantuk akan cepat hilang.

Mengkonsumsi Permen rasa Masam

Ada satu cara alternatif yang lumayan efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja, yakni dengan mengkonsumsi permen yang memiliki rasa masam. Banyak produsen permen yang temui di warung-warung atau minimarket.

Permen juga bisa menghilangkan rasa jenuh akibat pekerjaan yang memumpuk, rasa masam pada kandungan permen bisa membuat mata melotot dan fokus.

Bekerja di Ruang yang Terang

Salah satu penyebab lainnya dari rasa ngantuk adalah disebabkan oleh ruang kerja yang gelap. Mata kita bereaksi terhadap cahaya yang ada di sekitar, dan ternyata semakin gelap ruangan, semakin membuat rileks otot dan saraf mata sehingga kita pun lebih mudah mengantuk.

Terkait:  Biaya Bikin Rumah Minimalis

Alangkah baiknya, kamu segera mengganti lampu ruang kerja atau buka jendela agar cahaya matahari masuk ke dalam ruangan.

Menyemprotkan Aroma Terapi ataupun Parfum

Menyemprotkan aroma terapi atau parfum ternyata bisa menghilangkan ngantuk saat kerja. Aroma terapi yang dipilih bisa berupa aroma bunga, buah-buahan, ataupun lain sebagainya.

Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk meningkatkan mood, konsentrasi, dan juga produktivitas kamu dalam bekerja.

Tidur Siang Sejenak

Obat dari segala obat untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja adalah tidur siang. Ini merupakan cara yang paling efektif, karena bagaimana pun kamu adalah manusia yang memiliki batasan batasan dalam tubuhmu.

Ini adalah pilihan terakhir jika cara-cara diatas masih kurang efektif menurut mu. Kamu bisa tidur siang sejenak dalam waktu 15-20 menit untuk mengistirahatkan tubuhmu. Kamu baiknya meminta izin kepada keatasan atau rekan kerja  terlebih dahulu sebelum istirahat, agar tidak diganggu dan tenang saat sedang beristirahat.

Memang tidur siang sejenak di kantor, tidak senyaman ketika tidur di rumah, karena kamu tidak bisa rebahan di kasur yang empuk, namun efeknya lumayan untuk mengisi daya tubuh mu. Karena itu tak ada salahnya untuk tidur sejenak selama disekeliling Anda tidak terganggu dan setelahnya Anda bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Beberapa cara lainnya agar tidak sering mengantuk saat jam bekerja

  1. Mengurangi asupan karbohidrat pada makan siang
  2. Tidur malam yang cukup dan berkualitas
  3. Berolahraga ringan setelah makan siang
  4. Rajin minum air putih saat bekerja
  5. Tidak tidur kecuali jika sudah benar-benar mengantuk

Kesimpulan

Letih dan mengantuk merupakan hal yang manusiawi, karena bekerja memerlukan fokus otak dan stamina tubuh. Namun, jangan sampai rasa kantuk membuat anda kehilangan produktivitas dalam bekerja.

Dengan, beberapa cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang dijabarkan di atas, semoga bisa menjadi referensi kamu dan bermanfaat. Terima Kasih dan Selamat mencoba!

Similar Posts