Cara Cek Kartu 3G atau 4G Telkomsel

Cara Cek Kartu 3G atau 4G Telkomsel: Ternyata Mudah

Cara cek kartu 3G atau 4G Telkomsel adalah pembahasan penting yang harus Kamu ketahui. Pasalnya, kedua jenis jaringan tersebut memiliki perbedaan. Sinyal 4G tentunya jauh lebih cepat digunakan untuk akses internet dibandingkan dengan 3G.

Kamu bisa melihat sendiri apakah kartu yang Kamu gunakan sudah 4G ataukah masih 3G. Karena kalau masih 3G, akan lebih baik untuk segera upgrade. Terlebih lagi jika seluruh pekerjaan memerlukan akses internet dan butuh sinyal yang stabil dan cepat. 

Berikut ini dijelaskan bagaimana cara untuk melihat kartu Telkomsel yang Kamu gunakan sudah 4G atau 3G. Selain itu juga akan diberikan panduan bagaimana cara untuk meng-upgrade dan mengaktifkan jaringan 4G. Lihat penjelasannya di bawah ini. 

Cara Cek Kartu 3G atau 4G Telkomsel

Cara Cek Kartu 3G atau 4G Telkomsel
Cara Cek Kartu 3G atau 4G Telkomsel

Untuk tahu jaringan yang digunakan pada kartu Telkomsel, ada berbagai cara yang bisa Kamu coba. Mulai dari cara yang paling sederhana dan simpel atau mengeceknya dari menu tertentu. Lihat saja cara-caranya di bawah ini. 

1. Cek dengan Kode USSD

Cara pertama untuk cek kartu Telkomsel yang Kamu gunakan yaitu dengan menggunakan kode USSD. Dari sini Kamu akan mendapatkan notifikasi apakah kartu tersebut sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Jika masih 3G, disarankan untuk segera upgrade agar bisa merasakan sinyal yang lebih baik. 

Kartu Telkomsel yang sudah 4G dinamakan dengan USIM. Dengan kartu tersebut Kamu akan memperoleh banyak keuntungan. Berikut ini cara cek kartu 3G atau 4G Telkomsel:

  • Buka aplikasi Telepon yang ada di HP. 
  • Selanjutnya masukkan kode *888*47# pada papan telepon. 
  • Kemudian tekan OK atau ikon untuk memanggil. 
  • Pada beberapa opsi yang ditampilkan, tulis angka 1 untuk Cek Kartu. 
  • Berikutnya akan diberikan informasi apakah kartumu sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Jika tidak mendapatkan informasi tersebut, berarti masih 3G.
Terkait:  Cara Daftar Telkomsel Prabayar Online dan Offline: Penting!💘

2. Cek Lewat 4G Coverage

Cara cek kartu 3G atau 4G Telkomsel juga bisa lewat layanan 4G Coverage. Sebenarnya layanan ini digunakan untuk melihat jangkauan sinyal 4G. Namun dengan cara tersebut, Kamu dapat memastikan kalau wilayahmu sudah ter-cover jaringan 4G, sehingga kartumu bisa memakai sinyal 4G.

Untuk cara ini sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka halaman 4G Coverage, lalu memasukkan nama wilayah. Setelah itu, sistem akan menampilkan informasi yang Kamu inginkan. Jika daerah yang Kamu maksud sudah terjangkau sinyal ini, maka keterangannya akan muncul di layar. 

3. Cek Lewat Ikon Sinyal

Kalau yang ketiga ini, bisa dikatakan sebagai cara cek kartu 3G atau 4G Telkomsel yang sangat mudah. Sebab Kamu tidak perlu membuka atau mengakses apa pun. Cukup lihat ikon yang dimunculkan pada layar ponsel. Berikut ini panduan lengkapnya:

  • Nyalakan ponselmu dengan menekan tombol power
  • Kemudian aktifkan data seluler lewat panel kontrol dengan menggeser layar ke bawah atau atas. 
  • Setelah diaktifkan, lihat signal bar yang terdapat di atas layar sebelah kiri. 
  • Lihat tanda yang ada di sampingnya, apakah yang muncul sinyal 3G ataukah 4G.

4. Cek Lewat Pengaturan

Berikutnya bisa Kamu lihat pada menu Pengaturan. Seperti yang lain, Kamu dapat cek apakah kartu Telkomsel tersebut sudah USIM atau belum. Jika sudah USIM, maka bisa akses internet menggunakan sinyal 4G yang lebih cepat dibandingkan 3G.

Cara pengecekan ini juga terbilang simpel, sebab tidak perlu membuka situs online atau semacamnya. Lebih jelasnya, lihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan yang ditandai dengan ikon tiga gerigi. 
  • Kemudian masuk ke menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler. 
  • Setelah itu, ketuk kartu Telkomsel yang Kamu gunakan. 
  • Selanjutnya klik menu Mode Jaringan. 
  • Cek pilihan jaringan yang ditampilkan. Biasanya kartu USIM mendapatkan pilihan 2G, 3G, dan 4G atau LTE. 
Terkait:  Cek Cara Daftar Paket Combo Telkomsel 25 Ribu Berikut Ini!

5. Cek Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek kartu 3G atau 4G Telkomsel selanjutnya dari aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh provider satu ini sebenarnya untuk cek layanan dan promo terbaru. Tapi ternyata Kamu bisa lihat pula kesiapan jaringan 4G.

Dari hasil yang ditampilkan di layar, Kamu bisa tahu perlu tidaknya untuk migrasi ke 4G kalau kartu masih 3G. Berikut ini cara untuk mengeceknya yang bisa Kamu ikuti:

  • Download dulu aplikasi MyTelkomsel
  • Setelah itu, instal dan buka aplikasinya. 
  • Kemudian di halaman awal, login dengan menuliskan nomor Telkomsel. 
  • Centang kolom Syarat dan Ketentuan. 
  • Sistem akan mengirimkan kode OTP lewat SMS. 
  • Cek pesan masuk dan tuliskan kode pada kolom yang disediakan. 
  • Setelah berhasil login, cek simbol 4G Ready pada halaman utama. 
  • Kamu dapat melihat kesiapan dalam menggunakan jaringan 4G LTE dari sisi kartu SIM dan HP. 

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G

Yang harus Kamu lakukan jika ternyata kartu masih 3G adalah segera bermigrasi ke 4G. Mungkin kartu 3G bisa digunakan untuk mengakses internet. Tapi pengalaman yang Kamu dapatkan pasti berbeda jika memakai 4G.

Untuk meng-upgrade kartu Telkomsel, ada beberapa hal penting juga untuk diketahui. Lihat saja cara lengkapnya di bawah ini:

1. Pastikan Kartu Sudah Mendukung Sinyal 4G

Tahapan yang pertama yaitu memastikan kartu Telkomsel milikmu sudah mendukung sinyal 4G. Cara melihatnya seperti yang dijelaskan di atas. Pastikan kartu tersebut mampu menangkap jaringan 4G.

Untuk kartu-kartu baru sepertinya semua sudah mendukung sinyal 4G. Hanya kartu Telkomsel lama yang masih 3G. Jika Kamu masih menggunakan SIM card tersebut, bisa segera melakukan upgrade

Terkait:  Cara Input Token Listrik

2. Pastikan HP Sudah Support Sinyal 4G

Percuma kalau kartu sudah 4G, tapi HP tidak support. Karena lewat ponsel itulah kartu akan dipasang dan menangkap jaringan yang dimaksudkan. Pastikan bahwa sekarang Kamu sudah menggunakan HP yang support sinyal 4G.

Kalau melihat ponsel yang keluar saat ini, sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Karena rata-rata semua sudah mendukung jaringan 4G. Hanya ponsel jadul yang masih mampu menangkap sinyal 3G saja. Untuk mengecek HP, ikuti cara berikut:

  • Buka aplikasi Telepon dan masukkan kode *888*47#.
  • Tekan tombol untuk memanggil.
  • Selanjutnya pilih kode nomor 2 untuk Cek Ponsel. 
  • Lihat hasil yang ditampilkan pada layar. 
  • Pada HP keluaran baru yang sudah mendukung layanan 4G LTE, biasanya indikator muncul di bar atas bagian sinyal. 

3. Pastikan Lokasi Sudah Ter-cover Sinyal 4G

Hal lain yang perlu Kamu pastikan adalah kesiapan dari sisi lokasi. Sebenarnya Telkomsel sudah memperluas wilayah jangkauan sinyal 4G di Indonesia. Tapi masih ada beberapa lokasi yang tidak ter-cover, contohnya daerah terpencil. Cara mengeceknya lewat halaman 4G Coverage. 

4. Upgrade Kartu 3G ke 4G

Setelah memastikan ketiga hal tersebut, baru Kamu bisa meng-upgrade kartu. Di sini Kamu dapatkan membeli kartu baru secara mandiri. Kamu juga dapat datang ke GraPARI terdekat untuk mendapatkan pelayanan langsung dari petugas. 

Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan layanan migrasi kartu 3G secara online. Buka saja alamat https://tsel.me/gantikartu. Jangan lupa setelah itu mengaktifkan dan mengunci jaringan 4G.

Demikian penjelasan cara cek kartu 3G atau 4G Telkomsel. Jika masih 3G, disarankan untuk segera bermigrasi. Sebab kartu 4G lebih cepat dan stabil digunakan untuk akses internet. 

Similar Posts