Cara Cek Pajak Motor

  • Whatsapp

Seseorang yang sudah menjadi wajib pajak harus menjalankan kewajibannya dengan bayar pajak secara rutin, termasuk kendaraan. Apabila kamu mempunyai kendaraan roda dua, kamu harus tahu cara cek pajak motor supaya bisa terhindar dari tunggakan maupun hal-hal tidak diinginkan nanti.

Kami beritahu bahwa kebijakan mengenai pajak kendaraan bermotor sudah tercantum pada Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 mengenai subjek pajak yang punya sepeda motor, baik pribadi maupun badan usaha harus bayar pajaknya tepat waktu.

Read More

Kami beritahu bahwa siapa saja yang berstatus sebagai individu maupun kelompok (badan usaha), bila mempunyai kendaraan roda dua sudah menjadi wajib pajak. Maka dari itu, kamu tidak boleh lepas tanggung jawab hanya dengan menggunakan sepeda motor tanpa bayar iuran pajak bulanan atau tahunannya.

Hal ini dikarenakan setiap wajib pajak bakal dikenakan sanksi sesuai kebijakan yang sudah ditetapkan. Tak menutup kemungkinan bila kelalaianmu dalam membayar pajak motor bakal berdampak terhadap kenyamanan saat berkendara di jalan raya.

Cara Cek Pajak Motor

Cara Cek Pajak Motor
Cara Cek Pajak Motor

Tak sedikit pemilik kendaraan roda dua bakal dikenakan denda bila telat membayar pajak motor. Namun, kamu bisa terhindar dari sanksi tersebut selama sudah tahu cara cek pajak motor yang sudah ditetapkan.

Kami beritahu bahwa seorang wajib pajak yang telah dijatuhkan denda pasti harus menyediakan budget tidak sedikit, bahkan mencapai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Oleh karena itu, kamu perlu memeriksa batas tempo pembayaran pajak motor dengan mendatangi kantor samsat di domisili masing-masing.

Terkait:  Cara Cari Uang Tambahan

Apabila kamu tidak punya waktu untuk datang ke kantor samsat terdekat, kamu bisa ambil nomor antrian ke samsat drive thru yang singgah di tempat tertentu. Secara umum samsat drive thru akan selalu berdiam diri di pusat perbelanjaan atau lokasi tertentu yang bisa dijangkau masyarakat.

Jika kamu ingin tahu berapa iuran yang harus dibayarkan, kamu harus memeriksa pajak motor dengan metode beragam. Kamu bahkan tidak perlu keluar rumah untuk mengeceknya, prosedurnya cepat dan mudah tanpa habiskan kuota data banyak.

Cara Cek Pajak Motor Online, Jenis-jenisnya yang Harus Kamu Tahu

Barangkali kamu belum tahu bagaimana cara cek pajak motor online supaya bisa memastikan kamu sudah bayar iurannya sebelum batas tempo yang berlaku. Kamu bisa mengetahuinya melalui website resmi sesuai domisili atau provinsi masing-masing.

Kamu bahkan mampu memeriksanya melalui SMS sampai e-commerce yang diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Setiap wajib pajak sebaiknya melakukannya secara berkala, supaya kamu bisa mengantisipasi denda atau sanksi tertentu bila ternyata setoran dilakukan sesudah batas tempo berakhir.

Cara Cek Pajak Motor Lewat SMS

  • Buka menu Message atau Pesan dari smartphone kamu.
  • Klik Buat Pesan Baru.
  • Kemudian, tulis pesan dengan format Info(spasi)Kode Plat Nomor/Nomor Polisi/Kode Seri Plat Motor/Warna Motor (contoh : Info B/1234/SAL/Putih).
  • Kirim ke nomor 0811-211-9211.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul SMS balasa berisi nominal pajak dan jatuh tempo yang berlaku.

Cara Cek Pajak Motor Lewat Aplikasi

  • Unduh aplikasi pajak resmi melalui Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Kemudian, siapkan plat nomor kendaraan yang ingin diperiksa.
  • Tentukan wilayah kendaraannya.
  • Silakan masukkan nomor plat kendaraan.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai tanggal jatuh tempo pajak yang berlaku.
Terkait:  Penyebab Speedometer Mobil Mati

Cara Cek Pajak Motor Lewat Website

Cara Cek Pajak Motor Lewat Bukalapak

  • Unduh aplikasi Bukalapak via Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi Bukalapak.
  • Kemudian, daftarkan diri dengan nomor telepon atau email serta password yang aktif.
  • Pilih menu E-Samsat.
  • Silakan tentukan daerah pajak kendaraan yang bakal dibayar (Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah atau Kepulauan Riau).
  • Berikutnya, masukkan kode pembayaran atau data yang dibutuhkan seperti KTP dan nomor rangka.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai rincian tagihan pajak yang dimasukkan sudah benar.

Cara Cek Pajak Motor Lewat Tokopedia

  • Unduh aplikasi Tokopedia via Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi Tokopedia.
  • Silakan daftarkan diri dengan nomor ponsel atau email dan password yang aktif.
  • Kemudian, pilih menu E-Samsat.
  • Tentukan wilayah yang sesuai dengan data kendaraan bermotor.
  • Silakan masukkan data kendaraan yang benar dan lengkap.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan sampai muncul informasi mengenai pajak kendaraanmu dari layar smartphone.

Jenis-jenis Pajak Kendaraan Bermotor

  • Pajak Tahunan
    Pajak ini merupakan pajak untuk mengesahkan STNK tahunan. Pajak ini mampu diurus melalui kantor samsat secara langsung atau online. Kamu harus menyiapkan beberapa dokumen untuk membayarnya.

    Kamu biasanya cukup melampirkan KTP, STNK asli dan dokumen yang berisi KTP dan STNK yang sesuai. Kamu tidak bisa mengurus pajak tahunan bila membawa dokumen tersebut atau berkas sejenisnya yang melampirkan data berisi KTP dan STNK tidak sesuai.

  • Pajak Lima Tahunan
    Kamu juga bisa membayar pajak lima tahunan di kantor samsat. Kendaraan bakal diperiksa oleh petugas setempat untuk memastikan kesesuaian dengan informasi kendaraan yang tercantum pada STNK. Kamu juga perlu menyiapkan beberapa berkas supaya bisa membayar pajak lima tahunan.

    Jika kamu hendak membayar pajak lima tahunan, maka kamu bakal terima tanda bukti lunas dan informasi kapan plat nomor kendaraan dan STNK bisa diambil. Namun, kamu tidak bisa bayar pajak 5 tahunan online karena metodenya hanya secara offline.

Cara Cek Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Peraturan mengenai pajak progresif sudah berlaku sejak tahun 2015. Apabila kamu baru mempunyai kendaraan pertama, pajaknya adalah 2%. Tak hanya itu, sepeda motor dan mobil kedua bakal diberi iuran sebesar 2,5% dan bertambah terus menerus. Semakin banyak kendaraan yang dimiliki, pajaknya akan semakin tinggi.

Kebijakan ini sudah disahkan melalui Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015. Kamu bisa tahu tentang apakah kendaraan kamu bakal dikenakan pajak progresif pada STNK. Hal ini dikarenakan segalanya menyesuaikan dengan kebijakan yang sudah ditetapkan.

Kamu biasanya akan melihat kode tertentu pada STNK yang menjelaskan tentang pajak progresif. Kode ini bakal muncul pada lembar Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN-KB serta SWDKLLJ yang berwarna coklat. Kamu juga bisa melihat bagian bawah terdapat kendaraan adalah kepemilikan ke berapa, entah pertama, kedua dan seterusnya.

Secara umum ada 3 angka yang tercantum di dalam surat tersebut. Jika angka yang tertera adalah 002, maka kendaraan bermotor kedua bakal dikenakan pajak sebesar 2,5 dari Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan. DPP ini hanya bisa ditentukan oleh pemerintah setempat dengan melihat harga pasaran dari kendaraan yang kamu miliki.

Related posts