Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel

4 Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel Terbaru, Mudah dan Cepat!

Informasi mengenai cara cek NIK di kartu Telkomsel banyak dicari karena beberapa alasan. Salah satunya adalah untuk mengetahui jumlah NIK yang terdaftar di nomor Telkomsel. Dengan begitu, pengguna dapat memastikan registrasi nomor baru tidak akan mengalami kendala. Pasalnya, Kominfo telah memberlakukan pembatasan penggunaan NIK yang hanya dapat digunakan maksimal tiga nomor pada satu provider yang sama.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin memastikan NIK yang terdaftar pada kartu sebelum mendaftar kartu perdana baru, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel

Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel
Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel

Seperti diketahui bahwa registrasi kartu perdana wajib menyertakan NIK dan Kartu Keluarga. Registrasi kartu akan gagal apabila NIK atau nomor KK yang dicantumkan sudah melebihi batas maksimal.

Untuk memastikan bahwa NIK kamu digunakan sesuai dengan batasan yang diberlakukan oleh Kominfo, maka perlu untuk memeriksanya terlebih dahulu

Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel Lewat Dial Up

Kode dial up *444# adalah akses untuk mengecek NIK yang paling umum digunakan. Kamu bisa mengakses kode ini lewat menu dialer telepon. Selain untuk registrasi nomor baru, kode *444# dapat digunakan untuk mengetahui apakah kartu tersebut telah didaftarkan atau belum termasuk NIK yang tercantum.

Adapun panduan cara cek NIK Telkomsel lewat kode dial adalah sebagai berikut:

  • Buka menu telepon, lalu tekan tombol *444#.
  • Setelah masuk ke Layanan Registrasi, pilih menu Cek Status Registrasi atau mengetik nomor nomor 2 pada kolom dan tekan tombol Send.
  • Selanjutnya, kamu akan mendapat balasan nantinya SMS yang berisi informasi mengenai status registrasi dari nomor yang digunakan.
Terkait:  Cara Hubungi Halo BCA

Apabila kamu menerima pesan yang berisi nomor belum melakukan registrasi, maka bisa mengikuti langkah selanjutnya berikut ini.

  • Buka menu Pesan (Message) di handphone.
  • Buat Pesan baru, lalu tulis pesan dengan format RegNIK#NomorKK#.
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 4444.

Jika pesan tersebut dinyatakan valid, selanjutnya nomor kamu akan diaktifkan oleh Telkomsel dalam waktu 1×24 jam.

Cara Cek NIK di Kartu Telkomsel Lewat Website

Selain lewat kode dial up, cek NIK yang telah diregistrasi juga bisa dilakukan lewat situs web resmi Telkomsel. Sedangkan langkah-langkah untuk melakukan pengecekan NIK adalah sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi peramban atau browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lainnya. Kamu bisa mengakses browser lewat perangkat smartphone atau laptop.
  • Kunjungi website Telkomsel di alamat https://telkomsel.com/cek-prepaid. Kamu juga bisa mencari website tersebut di laman pencarian Google.
  • Pada halaman utama website, pilih menu Cek Data Registrasi Pelanggan Prabayar.
  • Masukkan informasi seperti nomor HP dan NIK yang digunakan pada saat mendaftarkan kartu perdana Telkomsel pada kolom yang tersedia.
  • Tekan tombol Dapatkan Password.
  • Setelah itu, password akan dikirimkan ke nomor telepon yang dimasukan lewat SMS. 
  • Cek kotak masuk pesan untuk melihat password, lalu masukkan password ke kolom Password
  • Setelah informasi data telah terisi semua, klik menu Cek Nomor Saya

Perlu diketahui bahwa layanan mengecek NIK yang telah di registrasi lewat website resmi Telkomsel, harus segera memasukkan password yang yang dikirimkan lewat SMS. Sebab, pasword tersebut hanya berlaku selama 3 menit.

Cek NIK Telkomsel Melalui Asisten Virtual (Veronika)

Pada tahun 2019, Telkomsel menghadirkan layanan asisten virtual bernama “Veronika” yang merupakan bagian dari inisiatif mereka untuk menyediakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan interaktif. Veronika adalah asisten virtual yang berbasis teks berfungsi sebagai chatbot yang dikembangkan menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Terkait:  Cara Buat Paket Darurat Telkomsel (5 Metode), Ini Syaratnya!

Sebagai chatbot, Veronika dirancang untuk memberikan dukungan dan jawaban otomatis terhadap pertanyaan dan permintaan umum dari pelanggan Telkomsel. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan Veronika melalui pesan teks untuk mendapatkan informasi tentang berbagai layanan dan produk Telkomsel, termasuk mengecek NIK yang terdaftar pada kartu.

Berikut ini adalah langkah-langkah cek NIK lewat Asisten Virtual Veronika, antara lain:

  • Buka aplikasi peramban atau browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lainnya. Kamu bisa mengakses browser lewat perangkat smartphone atau laptop.
  • Kunjungi website Telkomsel di alamat https://telkomsel.com/cek-prepaid. Kamu juga bisa mencari website tersebut di laman pencarian Google.
  • Pada halaman utama website, pilih menu Bantuan.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan opsi Asisten Virtual Telkomsel.
  • Klik tombol Selengkapnya.
  • Pilih ikon Asisten Virtual yang ada di bagian pojok kanan bawah layar.
  • Selanjutnya, isi nama kamu dan klik tombol Mulai.
  • Tulis keperluan kamu, contohnya adalah cara mengecek nomor NIK yang terdaftar pada kartu Telkomsel. 
  • Nantinya, Veronika akan membalas chat kamu dengan cepat.

Cek NIK Telkomsel di GraPari

Cara lain untuk mengecek NIK adalah dengan mendatangi GraPari langsung. Jika cara-cara sebelumnya gagal dilakukan, maka ini adalah opsi terakhir yang bisa dicoba. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi gerai GraPari terdekat dari tempat tinggal kamu.
  • Pastikan untuk membawa kartu Telkomsel yang ingin diperiksa, serta membawa dokumen identitas resmi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dokumen identitas ini diperlukan untuk proses verifikasi.
  • Setibanya di gerai Telkomsel, sampaikan niat dan tujuan kamu adalah untuk memeriksa data registrasi kartu Telkomsel dan tanyakan kepada petugas layanan di sana tentang prosedur yang berlaku untuk memeriksa NIK yang terdaftar pada kartu tersebut. Pihak GraPari akan membantu melakukan pengecekan NIK pada kartu Telkomsel hingga berhasil. 
Terkait:  4 Cara Cek No Telkomsel Atas Nama Siapa Pasti Berhasil

FAQ

Cara Mengetahui No HP terdaftar atas NIK siapa?

Ada 4 cara yang bisa kamu coba untuk mengecek No HP terdaftar atas nama siapa, yaitu lewat menu dial up, website resmi Telkomsel, Asisten Virtual Telkomsel (Veronika), dan datang ke GraPari langsung.

Bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang hangus?

Cara untuk mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah hangus atau diblokir adalah dengan mendatangi kantor GraPari terdekat. Pastikan kamu membawa dokumen pendukung, seperti KTP, KK, dan kartu SIM dari kartu Telkomsel yang hangus tersebut.

Bagaimana cara cek nomor di kartu Telkomsel?

Cek nomor Telkomsel sangatlah mudah, yaitu dengan menekan kode dial up *888#.

Apakah bisa registrasi kartu Telkomsel tanpa KK?

Sejak aturan pendaftaran kartu SIM prabayar di Indonesia diperketat pada tahun 2018, kartu SIM prabayar harus terdaftar dengan data pribadi pemiliknya, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Keluarga (KK). Oleh karena itu, untuk registrasi kartu Telkomsel atau kartu SIM prabayar dari operator telekomunikasi lainnya di Indonesia memerlukan data pribadi pemilik kartu, seperti NIK atau KK.

Jadi, apakah bisa registrasi kartu Telkomsel tanpa kk?Tentu saja tidak bisa. 

Jika kamu tidak memiliki NIK atau KK, mungkin perlu mencari solusi alternatif atau menyesuaikan dengan aturan pendaftaran yang berlaku. Pastikan untuk selalu mengikuti peraturan pendaftaran kartu SIM prabayar yang ditetapkan oleh pemerintah dan operator telekomunikasi untuk tetap berada dalam batas hukum dan menghindari masalah di kemudian hari.

Informasi dan beberapa pertanyaan terkait cara cek NIK di kartu Telkomsel. Semoga membantu!

Similar Posts