Cara Cek Samsung Asli

Cara Cek Samsung Asli, Jangan Sampai Salah Beli!

PindahLubang.com – Samsung adalah brand smartphone Android asal Korea Selatan yang paling keren saat ini. Tak ayal, beberapa produsen gadget justru memanfaatkannya dengan merilis barang palsu. Kamu harus tahu cara cek Samsung asli dengan baik dan benar, sehingga tidak dapat ditipu.

Seperti kamu ketahui kalau jumlah pengguna HP Samsung paling banyak di dunia. Bahkan, popularitasnya semakin meroket dan melibas beberapa merk ponsel Android. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari sejutaan hingga puluhan juta rupiah lho.

Beberapa orang yang sangat fanatik alias menggilai semua produk Samsung, khususnya smartphone nya harus lebih teliti sebelum membelinya. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan kalau produk yang kamu beli adalah barang palsu atau replika. Kamu perlu memperhatikan semua elemen luar dan dalam, sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakannya.

Cara Cek Samsung Asli

Cara Cek Samsung Asli
Cara Cek Samsung Asli

Samsung adalah pelopor dari semua merk HP Android yang sudah tersebar luas di seluruh dunia. Tak dapat dimungkiri eksistensinya sulit redup, bahkan semakin booming dengan menghadirkan beragam model HP baru.

Samsung Galaxy S23 Ultra dan Samsung Galaxy Z Flip 5 adalah kedua model ponsel, di mana satu sama lain besutan brand terkemuka ini. Harganya yang cukup mencengangkan, ternyata tidak mustahil membuat pihak tertentu membuat replikanya. Kamu harus tahu barangnya yang asli dengan mengikuti pembahasan artikel ini.

Cara Cek Samsung Asli dengan IMEI

IMEI adalah sebuah nomor rahasia yang sudah pasti ada pada semua merk HP. Kamu dapat memeriksa dan mengetahui keaslian ponsel menggunakan nomor tersebut. Simak panduannya dengan benar di bawah ini:

Terkait:  Cara Cek Spesifikasi HP Samsung Semua Tipe, Mudah!

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

Kamu bisa membuka aplikasi Telepon atau Phone melalui HP Samsung yang digunakan. Nomor IMEI pun dapat diperiksa dengan menggunakan fitur panggilan bawaan secara gratis.

Langkah 2: Hubungi *#06#

Jika aplikasinya sudah dibuka, ketik *#06# dan tunggu beberapa saat sampai nomor IMEI akan muncul pada layar ponselmu secara otomatis. Jangan lupa untuk menyalin atau menyimpan nomornya.

Langkah 3: Cocokkan dengan IMEI di Dusbook

Jangan lupa untuk menyesuaikan nomor IMEI yang sudah didapatkan tadi dengan keterangan di dusbook. Kamu bisa melihat nomornya di bagian belakang kardus HP, jika sama maka bisa dipastikan benar.

Langkah 4: Akses Website IMEI.info

Untuk memastikan nomor IMEI yang didapatkan benar-benar asli, maka bisa mengakses website www.imei.info melalui browser di HP Samsung kamu. Website ini berguna untuk memeriksa keaslian ponsel merk apa pun.

Langkah 5: Masukkan Nomor IMEI

Pada halaman utama, masukkan nomor IMEI yang sudah disalin dan disesuaikan tadi ke kolom tersedia. Periksa kembali kalau angkanya terdiri dari 15-17 digit, kemudian tekan tombol Check.

Langkah 6: Cek Status Perangkat

Sistem akan memproses permintaanmu, tunggu beberapa saat sampai informasi tentang status dan keaslian HP Samsung kamu muncul di layar. Pastikan datanya sama dengan spesifikasi umum yang dimiliki ponselmu.

Cara Cek Samsung Asli dengan LCD Test

Kalau IMEI tidak cukup memberikan hasil yang meyakinkan, maka kamu bisa menggunakan LCD test untuk mengetahui keaslian HP Samsung milikmu. Simak tutorialnya dengan baik dan benar sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

LCD test hanya bisa dilakukan dengan panggilan saja. Alhasil, kamu wajib membuka aplikasi Telepon atau Phone dari HP Samsung kamu terlebih dulu.

Terkait:  Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Langkah 2: Hubungi *#0*#

Kamu bisa mengetik *#0*# dan tidak perlu menekan tombol Call. Selain itu, panggilan ini tidak dikenakan tarif apa pun alias gratis untuk semua operator seluler lho.

Langkah 3: Cek Informasi LCD Test

Informasi tentang LCD test akan langsung muncul di layar secara otomatis. Di samping itu, kamu dapat melihat keterangan lain mulai dari kamera, layar sentuh, suara sampai getaran secara lengkap.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Kode Rahasia

Tak berbeda dengan beberapa panduan sebelumnya, kamu masih dapat menggunakan kode rahasia untuk mengetahui keaslian HP Samsung lewat tutorial berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telepon atau Phone melalui HP Samsung kamu.
  • Ketik *#1234#.
  • Informasi tentang tipe HP Samsung kamu akan muncul di layar.
  • Cocokkan data tipe perangkat dengan keterangan pada dusbook.
  • Jika datanya sama, HP Samsung berarti asli dan kalau informasinya berbeda kemungkinan besar barangnya palsu.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Fisik Perangkat

HP Samsung adalah salah satu dari beberapa merk smartphone Android berstatus premium. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati ketika akan membelinya. Jangan sampai produk yang dibeli adalah barang replika atau tiruan. Pembeli sekaligus calon pengguna harus cerdas ketika menentukan pilihannya.

HP Samsung semua tipe yang asli, biasanya berbahan dasar cukup keras dan materialnya lebih tebal. Brand ini sangat jarang, bahkan hampir tidak pernah membuat produk gadget dengan material plastik. Teksturnya lebih kasar dan ketika diketuk pun suaranya lebih dalam.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Layar

Beberapa orang sering tidak memperhatikan, bahkan kurang menyadari kalau tampilan layar sangat mempengaruhi keaslian merk HP. Bagi pengguna HP Samsung, produk yang asli biasanya dibuat dengan teknologi Super Amoled, di mana tampilannya lebih jernih dan tajam.

Terkait:  Cara Cek IMEI Samsung yang Harus Kamu Ketahui: Penting!

HP Samsung palsu justru termasuk seri flagship, kualitasnya pun jauh lebih rendah. Produk Samsung yang asli biasanya memiliki kualitas layar yang anti panas. Alhasil, berapa lama pun kamu menggunakannya tetap tidak akan overheat lho.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Kamera

Tak sedikit orang masih konsisten menggunakan Samsung sebagai HP Android favoritnya. Pasalnya, kameranya memiliki kualitas lebih tajam dan jernih. Beberapa orang bahkan sering menyainginya dengan mayoritas merk HP mahal, termasuk Apple.

Produk Samsung yang asli biasanya memiliki tingkat kejernihan gambar sangat tinggi, bahkan tidak pecah ketika diperbesar. HP Samsung original pun didukung fitur zoom jauh lho. Kondisi ini berbanding terbalik dengan produk replika, di mana fitur serupa hanya bisa diperbesar dua kali saja.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Kecepatan Internet

Secara umum kecepatan internet sangat bergantung terhadap jenis provider seluler yang digunakan. Akan tetapi, sebagian besar pengguna HP Samsung asli pasti tahu, aksesibilitas browsing nya lebih tinggi daripada merk ponsel Android lainnya.

Bagi kamu yang menggunakan smartphone Samsung asli, biasanya mampu mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Jangan khawatir lagi kalau main media sosial sering lemot, asalkan produknya asli dan didukung oleh operator seluler yang jaringannya stabil.

Cara Mengecek Samsung Asli dengan Bloatware

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah disematkan oleh setiap merk atau produsen smartphone. Untuk mengetahui apakah HP Samsung kamu asli atau palsu, periksa semua aplikasi dan fitur bawaannya.

Secara umum produk original biasanya memiliki beberapa tools bawaan seperti Samsung Store, Samsung Pay dan bloatware bawaan Samsung lainnya. Kalau HP Samsung kamu tidak ada salah satu atau bahkan semuanya, jangan heran kalau produk yang digunakan adalah barang palsu.

Bagi kamu yang masih bingung membedakan HP Samsung original atau replika, cara cek Samsung asli di atas adalah jawabannya. Hasil yang diberikan sudah pasti akurat dan terpercaya. Semoga bermanfaat!

Similar Posts