Home » Android » Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Bagaimanakah cara melacak Hp Samsung yang hilang? Samsung merupakan salah satu provider elektronik sekaligus ponsel genggam yang terpopuler. Mempunyai smartphone yang berharga mahal menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian masyarakat.

Maka dari itu, ponsel merupakan barang berharga sekaligus dibutuhkan oleh setiap orang. Apalagi jika kita kehilangan HP, tentu membuat kita ketar ketir mencarinya. Belum lagi jika kita menyimpan banyak data penting baik untuk urusan pekerjaa maupun urusan pribadi.

Karena pentingnya peranan ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita sebagai pengguna harus bijak memberikan proteksi untuk smartphone kita.

Adapun hal terpenting ialah dengan cara melakukan backup ponel. Kita bisa melakukan back up lewat berbagai macam cara, misalnya saja dengan memakai bantuan aplikasi dari Google Foto sebagai media untuk membackup video maupun foto di perangkat ponsel pintar.

Bagaimana Cara Melacak HP Samsung yang Hilang?

Apapun jenis merk Ponsel pintar yang kita gunakan, entah itu berbasis iOS, android, hingga Windows Mobile sekalipun, masing-masing menawarkan fitur untuk melacak Hp.

Ada banyak sekali cara yang digunakan untuk melacak hp atau smartphone yang hilang, biasanya tergantung dari fitur yang disediakan oleh masing-masing produsen HP itu sendiri, termasuk OS atau sistem operasi yang disematkannya.

Samsung sendiri merupakan provider telepon genggam yang saat ini mengalami perkembangan yang begitu pesat. Bahkan kini Samsung sendiri bersaing dengan iPhone untuk menggaet para pengguna ponsel.

Tidak hanya itu saja, Samsung yang disematkan OS android dari Google kini menjadi raja ponsel dunia yang juga menyandang gelar Hp sejuta umat sampai saat ini.

Seperti kita ketahui, kehilangan ponsel genggam bisa dibilang sama seperti kehilangan gaya hidup, kehilangan teman, hingga data-data pribadi.

Berbeda seperti era Blackberry ataupun Nokia yang kala itu merajai, semua produk ponsel yang berbasis android, Windows, maupun iOS sudah dilengkapi fitur untuk melakukan pelacakan Hp, apabila Hp tersebut dicuri atau hilang. Tidak terkecuali untuk vendor Samsung.

Samsung menawarkan cara melacak HP Samsung yang hilang dengan menawarkan fitur Find My Mobile. Untuk lebih mudah penggunaannya, berikut Kami ulas penjelasannya berikut ini.

Aktifkan Fitur Find My Mobile

Sebelum ponsel kamu hilang, untuk mengantisipasinya kamu bisa aktifkan fitur bawaan Samsung Find My Mobile melalui pengaturan telepon. Langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan. Kamu bisa membukanya lewat aplikasi – Pengaturan, atau melalui panel notifikasi.
  • Pilih Layar kunci dan keamanan atau dalam bahasa inggris Biometrics and security.
  • Selanjutnya tap Temukan Ponsel Saya atau dalam bahasa inggris Find My Mobile.
  • Pilih Tambahkan Akun ยป Buat Akun atau Login Menggunakan Akun Samsung kamu.

Selesai, setelah fitur Find My Mobile ini diaktifkan maka kamu dapat mengontrol keberadaan ponselmu kapanpun dan dimanapun berada. Juga dapat mengantisipasi jikalau terjadi hilang atau tengah dicuri. Lalu, bagaimana jika HP Samsung telah hilang? Simak panduannya dibawah.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Melacak HP Samsung yang Hilang

Cara untuk dapat melacak HP Samsung yang hilang sebenarnya sangat mudah sekali. Kami pun telah merangkum beragam metode dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi yang mana bisa kamu coba sesuka hati. Adapun metode dan tahapan mudah untuk melacak keberadaan HP Samsung yang hilang diantaranya:

Menggunakan Find My Mobile

Metode pertama yang terbilang efektif dilakukan saat HP Samsung kita tengah hilang adalah dengan memanfaatkan website Samsung Find My Mobile. Web ini didesain khusus untuk melacak HP Samsung yang hilang.

Cara Penggunaan :

  • Tahap awal, kamu bisa siapkan smartphone lain entah itu pinjam ataupun milik sendiri. Jika dirumah ada perangkat laptop/komputer juga dapat digunakan.
  • Langsung saja buka website https://findmymobile.samsung.com
  • Login menggunakan akun Samsung di HP mu yang hilang.
  • Biarkan website bekerja sesuai tugasnya untuk melacak keberadaan HP Samsung milikmu.
  • Lalu, setelah beberapa saat web tersebut akan langsung menampilkan titik lokasi HP Samsung mu berada.
  • Tampilannya sendiri berbentuk Maps atau Peta, jadi kamu harus mengerti dalam membaca peta lokasi agar dapat menemukan HP Samsung mu kembali.

Menggunakan Android Device Manager

Cara kedua untuk melacak HP Samsung yang hilang adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Sama seperti sebelumnya, untuk mengetahui keberadaan ponsel Samsung yang hilang kita diharuskan mengunjungi sebuah website. Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Pinjamlah smartphone android teman/keluarga kamu. Atau, bisa menggunakan laptop/komputer jika dirumah punya.
  • Untuk memulai langkah, buka browser di perangkat yang kamu pakai saat ini. Disarankan buka Google Chrome ya.
  • Lalu, kunjungi website Android Device Manager dengan link url www.google.com/android/devicemanager
  • Login menggunakan akun Google yang tertanam di HP Samsung yang hilang.
  • Setelahnya, website tersebut akan langsung menampilkan lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang secara detail dengan peta dan titik lokasi.
  • Klik titik lokasi yang ditunjukkan, kemudian kamu akan dialihkan ke Google Maps untuk mengarahkanmu ke lokasi HP kamu.
  • Jika titik lokasinya masih dirumah kamu sendiri, kemungkinan terselip. Nah, kamu bisa klik PUTAR SUARA di website Android Device Manager untuk membunyikan ponselmu. Perangkatmu akan tetap berdering selama 5 menit meski dalam keadaan mati.
  • Jika khawatir, web Android Device Manager juga memberikan fitur kunci ponsel. Klik saja AMANKAN PERANGKAT agar perangkatmu yang hilang terkunci otomatis dan logout dari semua akun Google kamu,

Menggunakan Google Temukan Perangkat Saya

Ada metode lain yang juga mudah untuk membantu melacak HP Samsung yang hilang, yakni menggunakan aplikasi bernama Google Temukan Perangkat Saya. Satu sisi kelemahan dari metode ini adalah, kita harus memiliki minimal 2 HP android. Karena kita harus download dan instal aplikasinya terlebih dahulu sebelum memakai. Simak panduan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Download dan install aplikasi Google Temukan Perangkat Saya di android kamu yang lain (yang digunakan saat ini).
  • Setelah terinstal, kamu bisa langsung buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Login menggunakan akun Google di HP Samsung yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berjalan sesuai tugasnya.
  • Setelahnya, aplikasi Google Temukan Perangkat Saya akan langsung menampilkan titik lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang.
  • Setelahnya kamu bisa langsung cek dan ketahui lokasi keberadaan HP Samsung milikmu.

Mungkin itu saja, sekarang bagaimana? Apakah HP Samsung milikmu sudah ketemu dengan cara-cara diatas? Jika ketemu, bagikan/share artikel ini ke teman-teman yang membutuhkan ya bangs.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara melacak Hp Samsung yang hilang dengan memakai beragam metode yang sangat mudah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *