Cara Cek TV Digital

4+ Cara Cek TV Digital 📺 (Yang Benar) Paling Baru

🛠️Tools:
  • TV Android / TV STB / Smart TV 📺
  • Set Top Box 🔍
  • Smartphone Android/iPhone 📱
  • Koneksi Internet 📶
  • PopCorn & Camilan 🍿
  • Kopi ☕️
👣Langkah-langkah: Mengecek TV Digital
  1. Siapkan smartphone atau laptop
  2. Buka browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id
  3. Klik menu Sertifikasi STB
  4. Cek Set Top Box berdasarkan merk dan tipe yang digunakan
  5. Mulai nonton TV dengan penuh keceriaan
Gimana sudah bisa belum? Ingin lebih jelas dan detail?
Biar lebih paham lagi, bisa lanjutkan membaca artikel dibawah ini yaa…

PindahLubang.com | Pemerintah resmi mengalihkan semua saluran televisi analog ke digital sejak tahun 2022. Oleh karena itu, cara cek TV digital dengan benar wajib diketahui. Jangan sampai kamu masih menggunakan TV analog, di mana kualitas gambarnya pun sudah menurun.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menegaskan bahwa masyarakat Indonesia sudah dapat beralih menonton televisi digital. Pasalnya, tayangannya lebih bagus dan lengkap untuk menghiburmu saat mengisi waktu kosong dengan keluarga di rumah.

Masyarakat bisa menggunakan dan menikmati TV digital, asalkan sudah membeli Set Top Box (STB) yang berguna sebagai penangkap sinyal tayangannya. Meski begitu, kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hal ini dikarenakan STB bisa dibeli dengan harga kurang dari Rp.200 ribuan, di mana jumlah saluran televisinya sangat lengkap.

Kelebihan TV Digital

Penggunaan TV digital ternyata memberikan beragam manfaat yang menguntungkan lho. Bagi yang penasaran, semua keutamaan tersebut dapat diketahui lewat poin-poin di bawah ini:

  • Jaringan Lebih Stabil
    TV digital sudah terbukti mempunyai jaringan lebih stabil. Tak jauh beda dengan sistem analog, guna mentransmisikan semua konten siaran, televisi digital masih memakai frekuensi analog. Meski begitu, berkat kompresi data yang ditransmisikan, dipastikan siaran yang ditampilkan lebih stabil.
  • Kualitas Gambar dan Suara Lebih Bagus
    Jangan heran masyarakat semakin tertarik menggunakan TV digital. Pasalnya, jaringannya yang stabil membuat kualitas gambar, bahkan suara yang ditampilkan lebih bagus dan jernih. Bagi pengguna TV dengan dukungan gambar HD, gambar siarannya sudah pasti lebih bening dan nyaman dipandang.
  • Channel Lebih Banyak
    Penggunaan TV digital sudah terbukti memanjakan masyarakat. Pasalnya, kamu bisa memilih dan menonton channel apa saja sepuasnya. Kamu bahkan dapat menonton konten khusus usia masing-masing, mulai anak-anak sampai orang dewasa supaya kamu bisa menyaksikan acara yang tidak membosankan setiap hari.
Terkait:  Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat HP

Kekurangan TV Digital

Kamu harus tahu kalau televisi digital mempunyai kekurangan, di mana hal-hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik. Informasi selengkapnya bisa diketahui dan disimak di bawah ini:

  • Harga Cukup Mahal
    Beberapa orang masih berpikir keras untuk beralih menggunakan TV digital. Pasalnya, harga yang ditawarkan relatif mahal lho. Kondisi tersebut membuat mayoritas masyarakat menengah ke bawah, terpaksa masih menonton siaran analog karena sulit mendapatkan barang tersebut.
  • Sistem Pengoperasian Kurang Dipahami
    Bagi kamu yang masih awam terhadap TV digital, biasanya akan kesulitan mengoperasikan produk tersebut. Alhasil, seluruh anggota keluarga akan sulit menyaksikan konten acara favorit setiap hari. Pemandangan ini sudah sering terjadi karena masyarakat harus mengatur setelannya sendiri.
  • Letak Geografis
    Kamu harus tahu kalau letak geografis dari tempat tinggalmu sangat berdampak terhadap sinyal yang akan didapatkan. Tak ayal, banyak orang sulit menonton acara favorit karena lokasinya sangat sulit dijangkau oleh jaringan TV digital. Kamu pun terpaksa untuk tetap menggunakan televisi analog.

Cara Mengatur TV Analog ke Digital

Bagi kamu yang ingin mengatur setelan televisi analog ke digital, maka bisa mengikuti tutorial lengkapnya dari kami di bawah ini:

  • Pertama, pastikan wilayahmu sudah tersedia siaran televisi digital.
  • Gunakan antena UHF, baik di dalam atau luar ruangan.
  • TV harus dilengkapi dengan STB DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.
  • Jika televisi sudah tersambung dengan STB, nyalakan STB dan ubah mode ke AV.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Terakhir, tekan tombol Auto Scan untuk memindai semua saluran televisi digital.

Cara Cek TV Digital

Cara Cek TV Digital
Cara Cek TV Digital

TV digital memang sudah terbukti memberikan kenyamanan untuk semua penggunanya. Kamu bisa menonton acara kesayangan dengan jelas, bahkan tidak pecah sama sekali. Sayangnya, televisi di rumahmu belum tentu sudah mendukung jaringan dan siaran digital lho.

Terkait:  Cara Cicilan di Lazada

Untuk mengetahuinya, kami akan membantumu dalam memeriksa perangkat tersebut dengan mudah. Artikel ini akan menjelaskan beberapa panduan, guna memeriksa dan mengidentifikasi perangkat televisi sudah siap beralih ke siaran digital atau tidak.

Cara Cek TV Digital Lewat Situs Kominfo

Kamu akan mengetahui perangkat televisi di rumah mendukung sinyal digital, atau tidak sama sekali melalui situs resmi Kominfo. Tutorialnya dapat diikuti dan disimak dengan baik seperti berikut:

Langkah 1: Kunjungi Situs Resmi Kominfo

Kamu dapat mengakses website https://siarandigital.kominfo.go.id/ melalui peramban browser HP atau laptop terlebih dulu. Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan akun apa pun untuk masuk ke layanannya.

Langkah 2: Pilih Menu Sertifikasi STB

Pada halaman utama, kamu dapat mengetuk opsi Sertifikasi STB yang berada di bagian atas layar. Kamu pun bakal diarahkan lagi ke halaman selanjutnya.

Langkah 3: Cek Set Top Box

Kamu akan melihat Daftar Set Top Box Bersertifikat Perangkat dari Kominfo beserta nama perangkat, merk, hingga model/tipe. STB yang akan kamu gunakan pun dapat diperiksa dengan mudah. Perangkat ini berperan sebagai pengubah sinyal digital, supaya alatnya bisa diguanak pada TV analog alias televisi biasanya yang ada di rumahmu.

Langkah 5: Mulai Nonton TV

Jika TV kamu sudah mendukung siaran digital, jangan menunggu lama lagi karena semua acara kesayanganmu dapat langsung ditampilkan dan ditonton bersama seluruh anggota keluarga di rumah setiap hari.

Cara Cek TV Digital Lewat Stiker

Kamu mungkin masih kurang menyadari, bahkan menganggap kalau semua merk TV yang beredar luas sama saja. Padahal, internal dan sistemnya berbeda satu sama lain lho. Kamu harus selektif ketika akan menonton siaran televisi digital dari perangkatnya.

Terkait:  Cara Beralih ke TV Digital (4 Langkah), Begini Panduannya

Kamu dapat memperhatikan bagian kardus pembelian, maupun beberapa bagian kecil di dalamnya. Selain itu, pastikan ada stiker bertuliskan DTV, Digital Ready, DVB-T2 maupun HD Ready. Jika kamu menemukan salah satunya, berarti TV kamu mendukung siaran digital.

Cara Cek TV Digital Lewat Spesifikasi

Secara umum setiap perangkat TV memiliki spesifikasinya masing-masing. Kamu harus tahu perbedaan satu sama lain dengan benar. Pasalnya, sebagian besar sudah beralih ke sistem digital dan masih analog. Kamu dapat memeriksa spesifikasi umum dari televisi yang digunakan.

Gunakan buku panduan, maupun alat pendukung yang sudah disematkan ke perangkatnya. Jika perlu, kamu bisa searching di internet mengenai merk TV nya. Baca dan pahami spesifikasi, guna mengetahui apakah bersistem analog atau digital.

Cara Cek TV Digital Lewat Channel

Sebagai informasi, kamu akan tahu sistem televisi yang ada di rumah melalui daftar dan jumlah saluran atau channel nya. Perbedaannya terletak dari kualitas gambar dan tayangan yang ditampilkan antar salurannya lho.

Jika kamu menemukan channel bertuliskan HD, maka bisa dipastikan kalau televisinya sudah mendukung sinyal digital. Hal ini dikarenakan hanya TV digital saja yang mampu menjangkau, sekaligus menanyakan acara dengan gambar kualitas tinggi. Berbanding terbalik dengan TV analog yang kualitasnya standar.

Demikian panduan lengkap tentang cara cek TV digital melalui situs resmi Kominfo, spesifikasi, hingga channel yang ditayangkan. Kamu dapat mengatur setelannya dari analog ke digital menggunakan tutorial kami di atas. Selamat mencoba!

Similar Posts