Cara Dapat Siaran TV Digital dengan atau Tanpa Set Top Box ๐Ÿ’˜

Cara Dapat Siaran TV Digital
Cara Dapat Siaran TV Digital

Pindahlubang.com | Secara umum cara dapat siaran TV digital bukan sesuatu hal yang sulit, apalagi menguras tenaga dan waktu yang lama. Kamu bisa menemukan salurannya dengan atau tanpa Set Top Box (STB).

Penggunaan TV digital memang sudah diwajibkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pasalnya, masyarakat akan mendapatkan tayangan lebih jernih, lengkap dan berkualitas dibandingkan siaran analog. Kamu pun dapat mengatur acara yang akan ditonton berdasarkan usianya masing-masing.

Read More

Tak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan TV digital semakin meningkat sejak kebijakan tersebut dikeluarkan. Namun, banyak orang justru gagal mendapatkan siarannya karena beberapa faktor. Kamu perlu mengetahuinya, supaya bisa diatasi dan diminimalisir agar tayangan favorit dapat ditonton bersama seluruh anggota keluarga di rumah.

Kenapa Tidak Bisa Dapat Siaran TV Digital?

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan kamu tidak dapat menangkap siaran TV digital di rumah. Masalah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Antena Rusak
    Masalah umum yang hampir tidak pernah disadari banyak orang adalah antena sudah rusak. Jika kerusakannya sudah parah, jangan didiamkan dan kamu wajib memperbaikinya atau menggantinya dengan barang yang baru.
  • Lokasi Antena Salah
    Tak menutup kemungkinan kalau lokasi atau penempatan antenamu tidak tepat, sehingga sinyal digital sulit didapatkan secara maksimal. Oleh sebab itu, kamu wajib mengikuti posisi yang sama dengan antena tetangga lainnya.
  • Kabel Antena Rusak
    Jika antenanya masih bagus dan diletakkan dengan benar, tapi tetap tidak dapat menangkap sinyal digital, kemungkinan besar kabelnya rusak. Adanya kerusakan tersebut membuat jaringan sulit diperoleh secara sempurna.
  • Pemasangan Antena di Dalam Rumah
    Jangan pernah menyimpan antena di dalam rumah, apalagi kalau kamu ingin memperoleh sinyal TV digital. Pasalnya, perangkat akan sulit melakukannya dan jaringan tidak dapat terbaca oleh sensor televisi di rumahmu.
  • Posisi Antena Salah
    Jangan sekadar memperhatikan lokasinya saja, namun pastikan penempatan antenanya disimpan dengan benar. Seperti kami sebutkan bahwa kamu harus meletakkannya sama seperti posisi antena TV tetangga lainnya, alias searah.
  • Booster Rusak
    Kamu harus tahu kalau booster adalah alat penting yang berguna untuk memaksimalkan sinyal, serta tampilan gambar yang muncul di TV. Jika booster mengalami kerusakan, biasanya siaran TV digital akan sulit diperoleh lho.
  • Cuaca Ekstrem
    Jangan menyepelekan kondisi cuaca di sekitar rumahmu. Pasalnya, cuaca yang tidak menentu, apalagi sangat buruk ternyata dapat mempengaruhi proses penangkapan siaran TV digital, bahkan berisiko memperlambat aktivitas tersebut.
Terkait:  Cara Mendapatkan Nomor Luar Negeri untuk Telegram Gratis

Cara Dapat Siaran TV Digital

Cara Dapat Siaran TV Digital
Cara Dapat Siaran TV Digital

Penggunaan TV digital yang semakin meroket membuat siapa saja, bahkan kamu sendiri dituntut untuk memilikinya di rumah. Bagi kamu yang gemar menonton tayangan televisi, kepemilikan benda ini akan sangat membantumu dalam menampilkan tayangan berkualitas dan menghibur.

Kami sudah menyiapkan beberapa panduan, supaya kamu bisa mendapatkan sekaligus menonton siaran TV digital dengan cepat dan mudah. Jangan khawatir kalau tidak ada STB, lantaran kamu dapat melakukannya tanpa alat tersebut.

Metode 1. Menggunakan Set Top Box

Bagi kamu yang ingin mendapatkan banyak channel siaran TV digital yang lebih banyak, maka bisa ikuti tutorial di bawah ini:

  • Masuk ke menu utama, lalu pilih Pencarian
    Hidupkan Daya Antena ke ON
    FTA pilih Semua
    Cari Otomatis – Pencarian Lengkap
  • Pencet Cari Otomatis, lalu tekan OK
  • Setelah berhasil dapat saluran dengan jumlah yang terbatas, buka saluran/channel tersebut.
  • Pilih channel paling bawah, lihat keterangan frekuensi yang tampil lalu Catat terlebih dahulu.

Cara Dapat Siaran TV Digital by pindahlubang.com

  • Buka menu Pencarian lagi
  • Kemudian pilih Cari Manual
    Di bagian Frekuensi (MHz), masukkan angka frekuensinya yang sudah dicatat tadi
    Di bagian Bandwidth (M), masukkan juga angka yang tadi muncul
  • Perhatikan bagian Kekuatan dan Kualitas, pastikan angka kualitasnya diatas 70%. Jika dibawahnya, silahkan putar dulu antena TV kamu hingga mendapatkan angka diatas 70%
  • Kembali ke menu Pencarian, lalu tekan Cari Otomatis dan tekan OK
  • Tunggu hasilnya, apakah berhasil mendapatkan siaran TV Digital yang lebih banyak? ๐Ÿ™‚

Metode 2. Menggunakan TV Analog (Tanpa Set Top Box)

Bagi yang (mungkin) belum ada uang untuk beli Set Top Box, jangan risau. Kamu tetap dapat menikmati siaran TV digital tanpa STB kok. Bagaimana caranya? Daripada penasaran, ikuti tutorialnya dengan baik dan benar di bawah ini:

  • Pastikan dulu bahwa sinyal TV digital sudah tersedia di wilayah kamu.
  • Gunakan antena TV UHF biasa, baik yang dipasang di luar atau di dalam rumah. Pasang antena dengan posisi yang tepat, baik dari segi ketinggian maupun arah, agar sesuai dengan lokasi pemancar multipleksing.
  • Setelah itu, sambungkan kabel antara antena dan TV kamu.
  • Sekarang, hidupkan TV dan navigasikan ke menu Pengaturanย untuk mencari sinyal.
  • Pilih opsi DTV untuk siaran digital, yang biasanya terletak berdampingan dengan opsi ATV untuk siaran analog.
  • Selanjutnya, klik Auto Scan untuk melakukan pemindaian otomatis terhadap program TV digital.
  • Tunggu sampai pencarian channel TV digital selesai.
  • Jika sudah selesai, siaran TV akan tersimpan secara otomatis, dan Anda dapat menikmatinya sekarang dengan nyaman.
Terkait:  Cara Mendapatkan Saldo OVO Gratis (3 Metode) Aman dan Mudah

Antena UHF dapat digunakan untuk menonton siaran televisi digital dengan jelas dan jernih. Oleh sebab itu, jangan langsung membuang antenanya begitu saja karena kamu masih dapat memanfaatkannya untuk memperoleh, sekaligus menangkap sinyal TV digital. Tak hanya itu, kamu bisa menggunakannya di luar maupun dalam ruangan lho.

Demikian informasi lengkap mengenai cara dapat siaran TV digital, serta beberapa penyebab jaringannya tidak bisa diterima dengan mudah. Kamu bisa mengikuti tutorial di atas untuk menangkap siarannya, baik menggunakan STB atau tidak. Selamat mencoba!

Related posts